Letak Astronomis Indonesia, Penting Diketahui Generasi Muda

Letak Astronomis Indonesia, Penting Diketahui Generasi 2023 – Pengetahuan seputar letak astronomi Indonesia menjadi salah satu pengetahuan umum yang seharusnya diketahui oleh semua generasi. Terlebih lagi generasi masa kini, alias generasi Z ya.

Namun sayangnya, masih banyak nih yang belum tahu letak astronomi Indonesia. Sehingga, akan lebih baik jika kita bahas sekarang, agar bisa menambah pengetahuan generasi Z.

Jadi, perlu diketahui bahwasanya letak astronomi Indonesia ini telah membuat negara kita punya beberapa zona waktu, plus iklim tropis. Dan negara kita sendiri mempunyai pemerintahan dalam bentuk republik, atau yang biasa kita sebut dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia, atau NKRI.

Sistem pemerintahan yang diterapkan di Indonesia adalah presidensial. Dalam artian, kita atau negara ini diatur oleh negara yang dipimpin oleh seseorang yang disebut dengan presiden.

Kemudian, ada juga Dewan Perwakilan Rakyat, hingga Majelis Permusyawaratan Rakyat, yang mana semua elemen elemen tersebut merupakan hasil dari pilihan masyarakat Indonesia. Nah bagi anda yang penasaran, dan belum tahu letak astronomi Indonesia, bisa simak ulasannya berikut ini ya.

Letak Astronomis Indonesia

Secara astronomis Indonesia terletak pada 60 Lintang Utara-110 Lintang Selatan dan 950 Bujur Timur – 1410 Bujur Timur. Nah letak inilah yang membuat negara kita beriklim tropis, dan dilalui oleh garis khatulistiwa.

Materi letak astronomis Indonesia ini sebenarnya sudah anda dapatkan ketika duduk di bangku sekolah menengah pertama loh. Namun mungkin, karena banyaknya materi materi yang masuk dan harus dipelajari berhasil membuat anda lupa akan materi letak astronomis Indonesia.

Selain itu, letak bujurnya telah membuat negara kita ini mempunyai tiga zona atau tiga wilayah waktu. Yakni ada yang waktu Indonesia Barat, kemudian ada waktu Indonesia Timur, dan yang terakhir adalah waktu Indonesia Tenggara.

Dengan masing masing, (GMT+7) untuk yang waktu Indonesia Barat, kemudian (GMT+8) untuk yang waktu Indonesia Tenggara, dan (GMT+9) untuk yang waktu Indonesia Timur.  Tentu, istilah istilah ini merupakan istilah yang sudah sangat familiar bagi kita.

Karena biasanya, kita kerap mendengar pembawa berita di televisi televisi menggunakan istilah pembagian zona waktu tersebut. Untuk masing masing zona waktunya memiliki selisih berapa jam ya. Terutama antara yang waktu Indonesia Barat dengan Timur, dengan selisih yang bisa mencapai beberapa jam.

Itu artinya, jika anda hidup atau tinggal di daerah yang masuk ke dalam zona waktu Indonesia Barat, baru pukul 09 pagi maka anda akan mendapati orang yang hidup di zona waktu Indonesia Timur sudah di atas jam 09 pagi. Dikarenakan selisih yang ada.

Kemudian, karena ada di daerah khatulistiwa, akhirnya membuat negara kita mempunyai salah satu hutan hujan tropis terbesar loh se dunia. Letaknya ada di Kalimantan dengan Sumatera. Bukankah ini sangat sangat menarik?

Dan siapa sangka, jika akhirnya hutan tersebut merupakan paru paru dunia, dikarenakan keanekaragaman hayatinya yang sangat sangat melimpah. Di dalamnya, ada banyak sekali jenis tumbuh tumbuhan, kemudian ada juga banyak jenis binatang. Mulai dari reptil, kemudian burung, mamalia, dan yang lainnya.

Baca Juga :  Contoh Flowchart Sederhana

Keuntungan Letak Astronomis Indonesia

Kabar baiknya, karena letak astronomis Indonesia yang demikian, ternyata memberikan keuntungan kepada negara kita loh. Apa saja sih keuntungan yang diberikan oleh letak astronomis Indonesia tersebut? Berikut ulasannya: 

Punya Banyak Spot Wisata Alam

Keuntungan pertama kita ada di garis khatulistiwa dan juga dengan iklim yang ada ternyata berhasil membuat negara kita memiliki segudang pegunungan dan hutan yang sangat sangat indah. Saking indahnya, tidak sedikit orang luar yang datang ke tanah air kita untuk menikmati keindahan keindahan yang tidak ada habisnya.

Kita punya segudang wisata alam yang keren dan menakjubkan. Mulai dari wisata pantainya, pegunungannya, air terjunnya, dan lain sebagainya. Sebagai orang yang suka healing ke alam, anda pasti tahu betul bagaimana indahnya ciptaan Tuhan ini. 

Punya Hutan Hujan Tropis

Keuntungan yang kedua adalah membuat negara kita memiliki hutan hujan tropis, sebagaimana yang sudah disiunggu sebelumnya. Hutan hujan tropis sendiri merupakan vegetasi tutupan hutan yang isinya adalah pohon pohon yang sangat besar dengan usia yang sangat panjang.

Yakni bisa sampai ratusan tahun loh. Dan hutan hutan ini mempunyai cadangan oksigen yang besar sekali, sehingga disebut sebagai paru paru dunia. Nggak cuma itu saja, hutan hujan tropis ini juga merupakan tempat yang sangat berarti bagi flora dan fauna yang ada.

Pertanian Subur

Kita tidak bisa memungkiri, bahwasanya letak astronomi Indonesia yang sangat baik ternyata memberikan banyak sekali keuntungan. Salah satunya adalah keuntungan dari pertanian. Yes, letak astronomi Indonesia tersebut telah membuat lahan pertanian di negara kita sangat sangat subur.

Apalagi dengan curah hujan yang sangat cukup. Sehingga, banyak sekali tumbuh tumbuhan yang bisa hidup subur di tanah kita. Dan ternyata, hal ini juga memberikan dampak yang sangat baik terhadap perekonomian masyarakat yang notabenenya adalah petani sayur dan buah buahan di tanah air.

Tidak Ada Musim Dingin

Beberapa di antara kita pasti sangat menyayangkan hal ini kan? Padahal, seharusnya kita bersyukur, karena dengan iklim yang ada, kita tidak memiliki musim dingin, yang notabenenya akan sangat menyiksa kita ketika ia mulai datang.

Karena di musim tersebut, semuanya akan susah dilakukan. Termasuk untuk mendapatkan bahan bahan pokok yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari hari. 

Nah itulah dia sekilas tentang letak astronomi Indonesia yang meski dipahami, semoga bermanfaat ya.