Jenis-Jenis Prosesor yang Digunakan di HP Android

Apakah HP yang kamu gunakan memiliki performa tinggi? Pastinya ponsel kamu tersebut memiliki prosesor yang berkualitas. Pasalnya, semakin tinggi kualitas prosesor ponsel, maka performa yang ditawarkan juga akan semakin baik. Namun, tahukah kamu jenis-Jenis Prosesor Yang Digunakan Di HP terutama HP Android?  

Mengenal beragam jenis prosesor ponsel perlu untuk kamu lakukan agar kamu dapat memilih smartphone terbaik sesuai dengan fungsi dan kebutuhan kamu. Simak info di bawah ini agar kamu dapat mengenal dan mempelajari beberapa jenis prosesor android berikut.

Jenis-Jenis Prosesor Yang Digunakan Di HP Android

Prosesor umumnya kita kenal dengan sebutan CPU (Central Processing Unit) yaitu otak dari smartphone kamu. Secara garis besar fungsi cpu pada HP adalah untuk memproses data serta menjalankan semua perintah yang terhubung dengan sistem operasi dari gadget kamu tersebut.  

Tentu saja CPU pada laptop dan komputer berbeda dengan prosesor HP. 

Berikut jenis prosesor untuk HP Android yang perlu untuk kamu ketahui:

Qualcomm Snapdragon

Qualcomm Snapdragon

CPU atau prosesor Qualcomm Snapdragon banyak digunakan oleh bermacam jenis smartphone masa kini. Pasalnya, prosesor besutan perusahaan dari Amerika ini berkualitas tinggi dan menawarkan performa yang mumpuni. Bahkan, untuk saat ini Qualcomm masih merupakan prosesor terbaik untuk game.

Jadi, pertimbangkan untuk memilih smartphone yang memiliki prosesor jenis ini buat kamu penyuka game agar dapat bermain maksimal.

Produksi Qualcomm Snapdragon terbagi menjadi 5 generasi yaitu:

1. Seri 200

Pembuatan chipset Snapdragon seri 200 bertujuan untuk memberikan performa dan konektivitas yang lebih baik sehubungan dengan daya tahan baterai pada ponsel kelas bawah. 

2. Seri 400

Berbeda dengan seri sebelumnya, Snapdragon seri 400 bertujuan untuk meningkatkan performa ponsel kelas menengah.

3. Seri 600

Untuk seri 600, Qualcomm menargetkan performa mumpuni untuk pemakaian pada game dan aplikasi grafis yang tinggi. Selain itu, seri ini juga meningkatkan kecepatan berselancar di dunia maya serta memperbaiki konektivitas ponsel menjadi lebih baik.

4. Seri 700

Menjadi produk penengah antara seri 600 dan 800, maka seri 700 ini menawarkan performa tinggi serta efisiensi penggunaan baterai sebesaar 30%.

5. Seri 800

Seri terkini dari Qualcomm Snapdragon yang menawarkan kemampuan, kecepatan browsing tingkat tinggi serta grafis yang sangat baik dibanding dengan seri-seri sebelumnya. Selain itu menawarkan performa terbaik untuk multimedia serta efisiensi baterai sehingga banyak digunakan pada ponsel kelas atas.

MediaTek

Mediatek

Perusahaan MediaTek berdiri pada tahun 1997 dengan mengusung misi menyediakan teknologi premium untuk ponsel kelas menengah. Kendati demikian, kini perusahaan ini mampu menawarkan prosesor berteknologi tinggi untuk berbagai ponsel pintar. 

Produk smartphone pabrikan China seperti Xiaomi, LeEco dan lainnya banyak menggunakan prosesor besutan MediaTek.

Mau tahu generasi prosesor keluaran pabrikan Cina ini? Berikut daftarnya:

1. MediaTek Helio Seri A

Prosesor ini banyak digunakan pada ponsel kelas menengah dengan keunggulan seperti kamera berkualitas bagus, efisiensi serta harga yang relatif murah.

2. MediaTek Helio Seri P

Untuk seri P ini MediaTek lebih menekankan pada efisiensi penggunaan baterai, namun tetap mengutamakan performa kelas wahid. Prosesor ini umumnya digunakan pada smartphone yang memiliki desain ramping agar pengguna puas dengan performanya.

3. MediaTek Helio Seri X

Prosesor ini menyerbu pasar dengan menawarkan performa super tinggi serta beragam fitur baru yang di update. Akibatnya, ponsel dengan prosesor seri X ini memiliki peningkatan drastis pada performa kamera, tampilan layar, game dan fitur lainnya.

4. MediaTek Helio Seri G

Untuk prosesor yang satu ini fokus utamanya adalah untuk game yaitu dengan menyediakan performa tingkat tinggi dan FPS yang jauh lebih baik. Seri ini banyak dipakai pada ponsel kelas atas agar pengguna dapat memperoleh experience terbaik mereka.

5. MediaTek Dimensity Seri 5G

Sesuai dengan Namanya, prosesor yang satu ini merupakan prosesor SOC yang cepat dan canggih dengan kemampuan untuk 5G untuk pengalaman terbaik penggunanya.

Samsung Exynos

Samsung Exynos

Prosesor Exynos adalah produk dari perusahaan terkemuka Samsung yang digunakan di hampir semua smartphone Samsung. Prosesor ini menawarkan performa teknologi yang tinggi sehingga membuat Samsung menjadi perangkat terkemuka di seluruh dunia.

Berikut jenis-jenis prosesor HP keluaran Exynos yang perlu kamu tahu:

1. Exynos Seri 7

Prosesor ini untuk semua ponsel pintar kelas menengah Samsung agar memiliki performa bagus.

2. Exynos Seri 8 Octa

Teknologi chipset terbaru Samsung menawarkan performa yang tinggi yang mampu memberikan tampilan hingga 4k UHD. Jenis ini untuk ponsel pintar kelas menengah ke atas agar performanya menjadi sangat baik dan cepat.

3. Exynos Seri 9

Prosesor ini hadir untuk memberi kinerja tanpa batas dengan fitur terbaru untuk ponsel pintar kelas atas.

Prosesor Kirin

Kirin

Jika kamu pemilik ponsel pintar Honor dan Huawei, maka dapat dipastikan bahwa prosesor pada HP kamu menggunakan merk Kirin. Merk ini merupakan produk dari perusahaan semikonduktor dari Cina Bernama Hisilicon

Ponsel dengan prosesor Kirin menawarkan tidak hanya performa terbaiknya tetapi juga kualitas tampilan yang mantap. Hingga kini, Kirin masih menjadi prosesor berteknologi semikonduktor terbaik seperti MediaTek dan Snapdragon.

Prosesor Kirin memiliki empat jenis model yaitu:

1. Kirin Seri 600

Jenis ini umumnya dapat kamu temui pada ponsel Honor dan Huawei kelas menengah ke bawah. Pasalnya, seri 600 dirancang untuk memenuhi kebutuhan pasar akan ponsel dengan kualitas standar secara umum.  

2. Kirin Seri 700

Berbeda dengan pendahulunya, maka seri 700 ini dapat kamu temui di ponsel Huawei dan Honor kelas menengah ke atas. Seri ini dirancang untuk memberikan performa terbaik pada pengguna yang membutuhkan ponsel untuk multitasking. Selain itu, ponsel pintar dengan prosesor ini juga bagus untuk bermain game.

3. Kirin Seri 800

Prosesor yang rilis pada tahun 2019 ini merupakan chipset terkuat nomor dua pada seri keluaran Kirin. Jenis ini banyak kamu temui di ponsel Honor dan Huawei kelas atas karena mampu memberikan performa maksimalnya.

4. Kirin Seri 900

Buat kamu yang memiliki ponsel Honor dan Huawei kelas wahid, maka sudah pasti menggunakan kirin seri 900 sebagai prosesornya. Seri ini sudah mendukung teknologi 5G.

Xiaomi Surge

Xiaomi Surge

Prosesor keluaran perusahaan ponsel Xiaomi ini masih terhitung baru dan belum banyak dikenal umum. Kendati demikian, keberanian perusahaan dalam memproduksi sendiri prosesor mereka patut kita acungi jempol. 

Meskipun masih harus melewati banyak pengembangan dan perbaikan, prosesor sudah digunakan pada salah satu ponsel keluaran Xiaomi yaitu Xiaomi Mi 5C. Untuk saat ini Xiaomi Surge baru memiliki satu generasi saja yaitu Surge seri S. Xiaomi sendiri menyematkan prosesor ini pada ponsel kelas menengah mereka.

Nvidia Tegra

Nvidia Tegra

Prosesor Nvidia Tegra adalah produk keluaran dari perusahaan Nvidia yang berpusat di California, Amerika Serikat. Prosesor Bernama Tegra ini merupakan prosesor andalan untuk para gamers karena performa grafisnya yang mumpuni. 

Beberapa nama besar smartphone seperti Acer, Xiaomi, Asus bahkan Samsung pernah menggunakan prosesor besutan perusahaan Nvidia ini. Namun, belakangan Nvidia tidak lagi memproduksi prosesor untuk ponsel. 

Seri prosesor keluaran Nvidia ada 5, yaitu:

1. Nvidia Tegra Seri 2

Merupakan generasi ke 2 dari Tegra yang masih memiliki dukungan terbatas terhadap format HD sehingga menimbulkan masalah ketika dengan melakukan video streaming

2. Nvidia Tegra Seri 3

Model yang rilis pada November 2011 ini merupakan prosesor Tegra pertama yang mendukung ekstensi SIMD ARM, NEON. Perusahaan sekelas Asus dan LG menggunakan prosesor model ini untuk beberapa jenis smartphone dan tablet mereka.

3. Nvidia Tegra Seri 4

Perusahaan ini merilis Tegra seri 4 pada Januari 2013 dengan nama Wayne yang menawarkan banyak fitur tambahan dan peningkatan efisiensi.

4. Nvidia Tegra Seri K1

Memiliki sebutan Logan, produsen mengklaim bahwa model ini memiliki performa yang unggul.

5. Nvidia Tegra Seri X1

Model ini merupakan prosesor dasar dari video konsol Nintendo Switch.

Intel

Intel

Kamu pasti sudah sangat tahu nama perusahaan yang satu ini karena nama Intel identic dengan prosesor di hampir semua sistem operasi komputer. Namun, satu hal yang kamu mungkin belum tahu adalah Intel juga memproduksi prosesor untuk HP. 

Perusahaan seperti Asus dan Lenovo pernah menggunakan mobile processor besutan Intel ini. Sayangnya, kini Intel tidak lagi memproduksi prosesor untuk ponsel dan lebih fokus pada prosesor untuk laptop dan komputer.

Ranking 1-10 Prosesor Android Terkini

Setelah kamu mengenal beberapa jenis prosesor ponsel yang ada, berikut informasi mengenai urutan prosesor hP terendah sampai tertinggi untuk Android:

  1. Qualcomm Snapdragon 888
  2. Samsung Exynos 2100
  3. Huawei HiSilicon Kirin 9000
  4. Samsung Exynos 1080
  5. Huawei Hisilicon Kirin 9000E
  6. Qualcomm Snapdragon 870
  7. Qualcomm Snapdragon 865+
  8. MediaTek Dimensity 1200
  9. Qualcomm Snapdragon 865
  10. MediaTek Dimensity 1100+

Seiring dengan perkembangan teknologi, pastinya jenis dan varian CPU ponsel pintar akan semakin berkembang, baik dari segi kuantitas maupun kualitas. Hal ini pastinya bakal menguntungkan pengguna karena menawarkan performa yang semakin baik untuk menunjang aktivitas mereka. 

Semoga informasi mengenai jenis-jenis prosesor yang digunakan di HP di atas bermanfaat bagi kamu.