Pengertian Internet of Things (IoT), Manfaat dan Cara Kerjanya

Apa itu IoT?

IoT atau Internet of things adalah sebuah konsep komputasi, yang terhubung langsung ke internet mengenai objek sehari-hari, juga mampu mengidentifikasikan dirinya ke perangkat yang lain.

Segala hal yang awalnya hanya dapat dibayangkan saja, kini bisa terwujud dengan adanya IoT ini. Misalnya adanya aplikasi Dompet Pintar, yang bisa menemukan kembali dompet yang hilang dengan jaringan internet yang ada.

Itulah konsep sederhananya, yang memanfaatkan kecanggihan teknologi internet. Karena internet kini telah menjadi sesuatu hal penting dan dibutuhkan oleh hampir semua orang. Ada banyak hal yang bisa dilakukan melalui internet, salah satunya yaitu pekerjaan.

Dalam hal ini IoT atau internet of things memiliki peranan yang penting di dalamnya. Lalu, apakah Anda bertanya-tanya apa itu Internet of Things? Apa manfaatnya? Apa saja unsur-unsurnya dan bagaimana cara kerjanya?

Pelajari pengertian dari IoT, manfaat, unsur yang terkandung dan cara kerjanya di halaman ini.

Apa Itu Internet of Things?

Internet of Things

Apa pengertian dari Internet of Things?

Ada banyak sumber yang menyebutkan tentang pengertian dari IoT itu sendiri. Misalnya pengertian IoT menurut Coordination and Support Action for Global RFID-Related Activities and Standardisation:

Internet of things adalah infrastruktur yang terdapat di dalam suatu jaringan secara global, yang memiliki kemampuan dalam menghubungkan virtual dan hardware melalui kemampuan komunikasi. Dalam infrastruktur tersebut terdapat beberapa jaringan serta pengembangan dari jaringan internet itu sendiri.

Internet of things ini juga menawarkan banyak hal pada para pengguna internet seperti sensor, objek, dan kemampuan koneksi yang bertujuan untuk menyediakan aplikasi dan juga layanan kooperatif yang sifatnya independen.

Pengertian lainnya yaitu, beberapa jenis benda dari perangkat keras yang telah diintegrasikan ke dalam jaringan informasi, yang sifatnya berkesinambungan serta memiliki peran yang aktif di dalam sebuah proses bisnis.

Perkembangan selanjutnya telah memasuki teknologi yang lebih canggih lagi, seperti misalnya teknologi nirkabel, Micro Electro Mechanical System dan juga internet itu sendiri. Koneksi internet menjadi hal yang luar biasa, sehingga keberadaannya menjadi hal yang penting.

Adanya IoT ini menjadikan konsepnya dalam teknologi komunikasinya menjadi lebih sederhana, karena seluruh objek fisik dapat disambungkan dengan kehidupan sehari-hari pada internet tersebut.

Pelajari juga apa itu Machine Learning dan bagaimana cara kerjanya.

Manfaat Internet of Things

Manfaat Internet of Things

Seperti yang telah dibahas sebelumnya mengenai banyaknya manfaat yang dimiliki untuk kehidupan manusia sehari-hari. Berikut ini adalah di antaranya:

1. Sebagai Monitoring Lingkungan

Dapat digunakan untuk proses pengecekan kondisi air di sebuah waduk, dalam hal irigasi khusus untuk para petani/peternak. Kegunaannya adalah untuk melihat apakah jumlah debit airnya masih banyak atau tinggal sedikit.

Monitoring lingkungan yang menggunakan internet of things di laut biasanya berguna untuk media mitigasi bencana, pada setiap pelaut/nelayan. Pergerakan jenis usaha apapun dapat dilihat dengan baik, baik pergerakan harian, bulananan ataupun tahunan.

2. Sebagai Pengelolaan Infrastruktur

Contoh pengelolaan infrastruktur misalnya dibuatnya MRT di Jakarta. Lantaran menggunakan kereta rel listrik yang ada di Jakarta, maka kini MRT menjadi sistem transportasi tercepat.

Kereta cepat ini bisa dideteksi kondisi keamanannya pada jalur kereta tersebut.  Hal ini bisa meminimalisasi kecelakaan yang tidak diinginkan.

3. Sebagai Media Sensor Peralatan

Penggunaan pada perusahaan pertambangan, membuat mereka dapat mengukur jenis peralatan mana saja yang bahan BBM-nya sudah akan habis, peralatan mana saja yang yang olinya sudah harus diganti, ada berapa banyak jumlah stok BBM, dan sebagainya.

Penggunaan IoT ini akan membuat proses pengukuran menjadi lebih cepat dan akurat. Modul dari internet of thingsnya juga akan memberi informasi yang berasal dari peralatan/mesin secara langsung.

Pelajari Juga: Apa Itu Big Data?

Unsur dalam Internet of Things

Unsur dalam Internet of Things

Ada beberapa unsur di dalam internet of things yang harus diketahui. Unsur tersebut menjadi bagian dari pembuatan IoT itu sendiri, dan perangkat yang ada di dalamnya akan memengaruhi cara kerja internet of thing tersebut. Unsurnya adalah sebagai berikut:

1. Sensor

Perangkat yang sangat canggih pada IoT adalah sensor yang alatnya mampu menangkap dan memeroleh informasi yang berhubungan dengan hal tertentu yang berupa sensor gerak, panas, udara, dan sebagainya.

2. Konektivitas

Fungsi dari konektivitasnya adalah sebagai penghubung atau pertukaran informasi di dalamnya. Biasanya, konektivitas ini juga harus dalam keadaan stabil, tapi tidak harus dalam bentuk yang besar.

3. Perangkat Berukuran Kecil

Peningkatan skalabilitas, ketepatan dan juga fleksibel di dalam pengembangan internet of things, telah didukung oleh perangkat yang satu ini. Terknologi seperti ini harganya akan semakin murah jika ukurannya semakin kecil, dan tentunya menjadi lebih kuat.

Cara Kerja Internet of Things

Cara Kerja Sistem IoT

Cara kerjanya adalah dengan memanfaatkan instruksi pada suatu pemrograman, yang masing-masing perintahnya bisa menghasilkan interaksi antar perangkat yang telah saling terhubung. Di sini, anda juga perlu mempelajari Apa Itu Artificial Intelligence.

Cara kerja tersebut sifatnya otomatis dan tidak harus menggunakan campur tangan dari manusia. Internet bisa menjadi penghubung kedua interaksi pada suatu perangkat jarak jauh. Manusia hanya menjadi pengatur dan pengawas ketika alat tersebut sedang bekerja.

Penyusunan jaringan komunikasinya yang terbilang cukup kompleks menjadi tantangan paling besar dalam internet of things, sehingga membutuhkan sistem keamanan yang cukup ketat.

Ada banyak manfaat yang bisa kita peroleh dalam kehidupan sehari-hari. Seperti yang telah dibahas tadi, yaitu jaringan yang telah terbentuk oleh benda yang memiliki identitas. Fungsi utamanya adalah untuk memudahkan seluruh kegiatan sehari-hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like