Mengatasi IDM Tidak Muncul di YouTube

Deskripsi: Apa Penyebab IDM tidak muncul di YouTube? Masalahnya bisa di software IDM, di browser atau integrasi yang bermasalah. Cara memunculkan kembali IDM di YouTube dengan mudah.

Buat kamu yang sering melakukan download baik di youtube atau browser secara umum tentu sudah tidak asing dengan software IDM (internet download manager) bukan?

Sayangnya, software yang berfungsi untuk mempercepat proses download ini terkadang tidak muncul dan bermasalah. IDM tidak muncul di youtube ada sebab dan cara mengatasinya.

Software yang dibuat oleh perusahaan bernama Tonec Inc. Asal Amerika Serikat ini secara khusus dirancang untuk para pengguna windows.

Cara kerjanya dengan membagi proses download menjadi enam belas bagian. Tampilan grafisnya yang sederhana membuat semua orang bisa menggunakannya dengan mudah.

Mengapa IDM tidak muncul di kanal youtube?

Penyebab IDM Tidak Muncul di Youtube

Penyebab IDM YouTube Tidak Muncul

Saat akan download tetapi IDM tidak muncul tentu menjadi hal repot buat kamu bukan? Proses download biasa bisa memakan waktu yang lebih lama.

Masalah penyebab IDM tidak muncul di youtube ini memang berbeda-beda kondisinya, tetapi secara umum dapat disebabkan oleh beberapa alasan berikut:

1. Ekstensi IDM Terpasang tidak Benar

Seringkali masalahnya disebabkan ekstensi dari IDM tidak terpasang dengan benar sehingga menyebabkan tombol IDM yang ada pada youtube browser menjadi tidak muncul. Tombol ini seharusnya muncul secara otomatis jika ekstensi terpasang dengan benar.

2. Belum Update Software ke Versi Terbaru

Software IDM yang belum ditingkatkan ke versi terbaru terkadang juga menyebabkan tombol IDM tidak muncul. Bisa juga kondisi PC atau laptop yang tidak support dengan versi terbaru IDM tersebut. Pada umumnya jika software ini sudah terintegrasi dengan browser, tombolnya akan muncul secara otomatis.

3. Software Belum Diaktivasi

Jika kamu baru pertama kali mendownload dan memasang IDM di laptop atau PC pastikan langsung diaktivasi agar bisa digunakan.

Baca Juga:

Cara Memunculkan IDM di Youtube

Cara Memunculkan IDM di Youtube

Jangan bingung saat kamu tidak menemukan tombol IDM di youtube yang kamu gunakan. Ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi hal ini, simak langkah-langkahnya:

1. Update Software

Cara memunculkan IDM di youtube yang pertama harus kamu pastikan adalah upgrade software IDM ke versi terbaru di browser agar tidak bermasalah dalam hal compatible. Setelah hal ini kamu selesaikan, baru melangkah ke tahap selanjutnya.

Install software ke laptop atau PC yang kamu gunakan. Sebaiknya mengunduh software resmi langsung di situs IDM. Biasanya akan tersedia versi trial alias gratisan selama 30 hari. Selanjutnya untuk versi premium akan ditawarkan secara berbayar.

2. Install Ulang IDM Extension

Setelah software terupgrade ke versi terbaru, maka selanjutnya hal yang perlu kamu lakukan adalah install ulang IDM extension yang ada pada browser.

Cara install ulang IDM extension pada chrome misalnya dilakukan dengan membuka menu ‘extension’ dengan cara mengklik titik tiga yang ada, pilih ‘more tools’ lalu ambil ‘extension’.

Selanjutnya perhatikan kolom IDM Integration Module lalu klik menu remove. Muncul pop-up untuk konfirmasi lalu klik remove lagi hingga selesai. Saat ini software tersebut telah terhapus dari browser kamu.

Langkah selanjutnya adalah menginstall kembali software yang sudah kamu hapus. Caranya buka menu program file yang ada di komputer (biasanya disk C) lalu cari file bernama ‘IDMGCExt.crx’ lalu selanjutnya drag file tersebut ke kolom IDM Integration Module yang masih terbuka sebelumnya.

Selanjutnya, akan muncul pop-up install ulang, klik hingga proses install ulang selesai dilakukan. Sebelumnya akan muncul menu ‘Add IDM Integration Module’ lalu pilih tombol ‘Add extension’.

Perlu diketahui cara install ulang ini akan berbeda pada setiap browser. Mozilla dan Internet explorer misalnya berbeda caranya.

Pada dasarnya sebelum menginstall ulang software ini di browser, pastikan lebih dulu kamu hapus versi yang sebelumnya, baru kemudian install ulang.

Baca Juga:

IDM di Youtube Masih Belum Muncul?

IDM Belum Muncul

Sebenarnya dua langkah di atas yakni pertama dengan meningkatkan IDM ke versi terbaru yang ada di browser lalu dilanjutkan dengan install ulang software pada browser sudah cukup untuk memunculkan tombol IDM pada youtube.

Bila software sudah terintegrasi secara sesuai dengan browser biasanya tombol akan muncul secara otomatis. Namun, jika dalam hal ini masih belum muncul, kemungkinan penyebabnya adalah software kamu yang sudah rusak.

Cara untuk memastikannya, kamu perlu unduh ulang software ini di laman resmi IDM seperti yang sudah dijelaskan di atas. Download dan lakukan install ke laptop atau komputer.

Jangan lupa, pastikan kamu menghapus software lama yang ada di komputer atau laptop sebelum mengunduh ulang.

Masalah yang ada terkadang bukan hanya karena versi IDM yang tidak update, tetapi bisa juga software dari browser yang perlu ditingkatkan.

Misalnya chrome dan mozilla kamu yang sudah lawas dan perlu ditingkatkan ke versi yang baru. Sesuaikan versi dari masing-masing software baik browser maupun IDM.

Selain itu pastikan juga versi PC atau laptop kamu memiliki windows yang support dengan software terbaru dari IDM maupun browser.

Jika semua sudah kompetibel dan tak ada masalah, bisa dipastikan tombol IDM akan selalu muncul di halaman youtube yang ingin kamu download.

Keuntungan menggunakan software IDM sudah pasti kecepatan proses download yang lebih bagus dan efesien. Tak perlu menunggu lama untuk mengunduh sebuah file berukuran besar.

Kamu bisa download apa saja melalui youtube dengan mudah dan lebih cepat prosesnya. Bila IDM tidak muncul di youtube, kamu bisa coba langkah di atas satu persatu untuk mengatasinya.

Bila semua dilakukan dengan benar, sudah pasti tombol IDM akan keluar. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Cara Menghapus Akun Instagram

Pusat Bantuan Instagram / Cara Menghapus Akun Instagram / Hapus Secara Permanen atau Sementara. Menonaktifkan Instagram Lewat HP / Laptop dengan Mudah. Instagram merupakan salah satu platform media sosial yang…
Selengkapnya

Cara Registrasi Kartu 3 (Tri)

Banyak pengguna provider seluler prabayar yang merasa bingung sejak diberlakukannya peraturan menteri mengenai kebijakan untuk melakukan registrasi ulang kartunya. Tidak hanya itu, pengguna kartu baru pun diberlakukan hal yang sama.…
Selengkapnya
VPN untuk Laptop

VPN untuk Laptop

Deskripsi: Rekomendasi VPN untuk Laptop / PC yang Paling Bagus. VPN yang Aman untuk Membuka dan Mengakses Situs yang Diblokir. Istilah VPN kini tak asing lagi bagi banyak orang semenjak…
Selengkapnya