5 Ide Usaha Kerja Sampingan untuk Pelajar dan Mahasiswa Terbaik

5 Ide Usaha Kerja Sampingan untuk Pelajar dan Mahasiswa Terbaik – Ketika masih menempuh pendidikan, baik itu di bangku sekolah atau perguruan tinggi, ada banyak sekali kesempatan yang harus dimanfaatkan. Salah satunya adalah waktu.

Terlebih lagi ketika anda tinggal jauh dari orang tua. Karena bagaimanapun, semakin dewasa, anda akan semakin merasa sungkan dan nggak enakan jika terus terusan minta uang ke mereka ketika jatah bulanan sudah habis sebelum tanggal kiriman. Iya kan?

Karena tidak bisa dipungkiri, bahwasanya kehabisan uang di tengah tengah bulan adalah salah satu permasalahan yang sering terjadi dan dialami oleh mahasiswa dan pelajar.

Dan kadang, uang bulanan yang habis di tengah bulan bukan lantaran anda terlalu boros, tapi karena memang ada banyak pengeluaran dadakan. Kayak harus beli buku yang diminta guru, harus ngeprint, ngejilid, dan ban bocor, ganti oli, dan yang lainnya.

Nah, daripada terus menerus merasa nggak enak dan kehabisan uang di tengah bulan, mending mulai bekerja. Karena menariknya, dengan bekerja anda nggak cuma bisa menambah uang bulanan, tapi juga bisa memberikan pengalaman berharga bagi anda, yang sudah pasti akan berharga untuk beberapa tahun ke depan.

Kalau masih bingung, anda bisa kok simak beberapa ide usaha kerja sampingan untuk pelajar dan mahasiswa berikut. 

Ide Usaha Kerja Sampingan untuk Pelajar dan Mahasiswa

Mungkin beberapa di antara anda ada yang berpikir, kenapa harus kerja, nggak bisnis saja? So, sebenarnya kedua pilihan tersebut baik kok. Entah itu anda memilih untuk berbisnis ataupun bekerja.

Karena keduanya punya kelebihan dan kekurangannya masing masing. Ketika memilih berbisnis, maka penghasilan yang anda dapat akan berbeda setiap harinya. Karena yang namanya bisnis pasti ada pasang surutnya. Kadang ya dapat banyak, kadang pula sebaliknya.

Sementara ketika memilih kerja, uang yang didapatkan cukup stabil, tapi dengan risiko anda meski merasakan lelah bekerja. Namun, jika memang anda membutuhkan uang segera, bekerja adalah pilihan yang tepat. Karena ketika memilih berbisnis, anda meski merintisnya dulu kan?

Nah bagi anda yang lebih memilih bekerja, tapi masih bingung mau kerja apa, simak ide usaha kerja sampingan untuk pelajar dan mahasiswa berikut ini ya. 

Guru Les

Guru les atau tutor merupakan salah satu ide usaha kerja sampingan untuk pelajar dan mahasiswa yang paling sederhana dan paling mudah. Bahkan kalau kita perhatikan, pekerjaan satu ini merupakan salah satu pekerjaan yang paling sering dilakoni oleh mahasiswa.

Lantas kalau pelajar, apakah bisa? Tentu saja, sangat bisa. Yang penting, anda punya kemampuan mengajar yang baik, plus pemahaman materi yang baik pula. Apalagi nih, pekerjaan les seperti ini memang sedang marak maraknya semenjak pandemi.

Hal ini karena banyak orang tua yang merasa jam belajar anaknya di sekolah masih sangat kurang, sehingga lebih memilih untuk mendaftarkan anaknya ke tempat les saja. Dan anda pasti tahu akan hal ini. Maka dari itu, anda bisa mengambil kesempatan ini untuk ikutan menjadi seorang guru les.

Pekerjaan sampingan yang satu ini tergolong sangat menarik kok buat dijalankan. Dalam hal ini, anda bisa mendaftarkan diri ke sebuah lembaga, atau bisa juga dengan membuka layanan privat sendiri. Keduanya punya kelebihan dan kekurangannya masing masing.

Namun kalau dari kami sendiri sih, akan lebih mudah jika daftar ke lembaga. Karena dengan mendaftar ke lembaga, maka anda nggak perlu repot repot mencari murid sendiri.

Karena nantinya, pihak lembaga yang bakalan memberikan murid kepada anda. So, gimana? Apakah anda tertarik buat menjalankan ide usaha kerja sampingan untuk pelajar dan mahasiswa yang satu ini?

Penyiar radio

Yang berikutnya adalah penyiar radio. Salah satu hal yang menarik dari ide usaha kerja sampingan untuk pelajar dan mahasiswa ini adalah jam kerjanya yang bisa dikatakan agak fleksibel, dan kadang bisa menyesuaikan dengan jadwal belajar anda di sekolah maupun di kampus.

Baca Juga :  Internet Marketing: Pengertian dan Penjelasannya

Untuk penghasilannya juga lumayan lah ya. Bisa buat nambah nambah ngeprint tugas atau beli buku. Hanya saja, kalau mau menjadi seorang penyiar radio, tentu ada beberapa hal yang meski anda perhatikan. Karena pasti ada beberapa syarat dan ketentuan yang diberikan oleh pihak stasiun radionya.

Dengan menjadi seorang penyiar radio, maka pengalaman ini nantinya bisa anda cantumkan ke dalam CV loh, biar lebih menarik dan lebih mudah mencari kerja.

Karena bagaimanapun, perusahaan perusahaan masa kini lebih mencari yang berpengalaman. Maka dari itu, jangan lupa untuk mengumpulkan pengalaman sebanyak banyaknya. 

Ojek Online

Ide usaha kerja sampingan untuk pelajar dan mahasiswa yang selanjutnya adalah dengan menjadi ojek online. Untuk saat ini, ojek online adalah salah satu layanan yang sangat sering dan banyak digunakan oleh masyarakat kita. Terutama oleh mereka yang tinggal di kota kota besar.

Karena dengan menggunakan layanan tersebut, mereka bisa kemana mana dengan mudah meski tidak punya kendaraan. Nah, tingginya angka pengguna layanan ini menjadi salah satu peluang besar bagi anda yang ingin mencari penghasilan tambahan.

Dan yang menariknya, proses daftar menjadi drivernya juga terbilang sangat mudah. Ditambah lagi dengan jam kerja yang super fleksibel.

Dalam hal ini, anda bisa dengan bebas memilih kapan akan bekerja, sehingga bisa disesuaikan dengan jadwal kuliah dan sekolah anda. Dijamin nggak bakalan mengganggu waktu belajar deh. Ketika mau narik, tinggal aktifkan saja akun anda, dan kalau lagi kuliah, tinggal dinonaktifkan. Gampang banget kan?

Barista

Dewasa ini semakin banyak kedai kopi di sekitaran kita kan? Mulai dari yang di daerah daerah kota besar, sampai dengan kota kecil.

Nah ini menjadi salah satu peluang kerja yang sangat menarik. Karena memang menjamurnya kedai kedai kopi ini membuka peluang kerja bagi para mahasiswa yang sedang mencari uang atau penghasilan tambahan, yakni dengan cara menjadi barista.

Sistem kerjanya menyesuaikan tempat anda bekerja. Namun secara umum, anda hanya perlu menyuguhkan kopi kepada pengunjung, sesuai dengan shift yang anda pilih.

Yes, biasanya, pihak coffee shop memang lebih memilih merekrut para mahasiswa, karena mungkin berniat membantu para mahasiswa yang kesulitan dalam ekonomi. Dan biasanya pula pihak owner memberikan pilihan shift kerja.

Sehingga nantinya, para siswa dan mahasiswa yang tertarik bisa memilih shift yang sesuai dengan waktu senggangnya. Untuk gaji yang ditawarkan biasanya sesuai dengan shift yang anda pilih, dan cukuplah buat nambahin uang bayar kos. 

MUA

Ada yang bisa dandan? Kalau bisa, kayaknya anda meski mencoba ide usaha kerja sampingan untuk pelajar dan mahasiswa yang satu ini deh. Karena nggak bisa dipungkiri, bahwasanya ide usaha kerja sampingan untuk pelajar dan mahasiswa yang satu ini merupakan salah satu ide pekerjaan yang sangat menarik buat dicoba.

Apalagi dengan target market yang sangat besar. Atau, buat yang tertarik melakukan pekerjaan satu ini tapi masih belum punya skill, anda bisa banget kok melakukannya juga. Yakni dengan cara mengikuti kursus kursus yang ada.

Dan saat ini sudah banyak sekali kursus merias yang tersebar di sekitar kita. Sistem kerja menjadi seorang MUA sangat fleksibel, karena bisa menyesuaikan jadwal anda, dna jadwal orang yang akan menggunakan jawa tersebut.

Fotografer/videografer

Ide usaha kerja sampingan untuk pelajar dan mahasiswa yang lainnya adalah dengan menjadi seorang fotografer ataupun videografer. Nah ide usaha kerja sampingan untuk pelajar dan mahasiswa  yang satu ini juga terbilang sangat menguntungkan loh.

Karena banyak sekali orang orang yang mencari jasa tersebut. Jika anda punya kemampuan buat mengambil gambar dan video dengan baik, kami rekomendasikan untuk memilih ide usaha kerja sampingan untuk pelajar dan mahasiswa  yang satu ini saja.

Karena penghasilannya yang lumayan loh. Apalagi kalau kemampuan anda sudah sangat sangat baik. Maka anda bisa menentukan rate card yang tinggi. Untuk memulainya juga gampang, yakni dengan memilih dari yang paling sederhana dulu.

Baca Juga :  Mengenal Entrepreneur dan Tips Menjadi Entrepreneur Sukses

Misalnya adalah dengan menjadi fotografer di acara acara wisuda teman anda, atau mengabadikan momen wisuda mereka menjadi sebuah video yang keren. Gimana, gampang banget kan? 

Nah itulah dia beberapa ide usaha kerja sampingan untuk pelajar dan mahasiswa  yang bisa anda coba. Intinya, cobalah cari kecenderungan bekerja anda di bidang apa. Kemudian kembangkan. Demikian ide usaha kerja sampingan untuk pelajar dan mahasiswa, semoga bermanfaat, semoga membantu, dan selamat bekerja ya.