Grab vs Gojek, Ini Perbandingannya

Grab vs Gojek

Apa saja perbedaan Grab dan Gojek? Jika dibandingkan, siapa yang lebih murah dan lebih baik? Yuk simak pembahasan Grab vs Gojek ini!


Jasa transportasi online sekarang ini kian menjamur di dalam negeri, dimana persaingan antar perusahaan juga semakin ketat.

Salah satunya adalah persaingan antara Grab vs Gojek, kedua perusahaan raksasa ini sudah menjadi rival sejak beberapa tahun terakhir.

Persaingan Grab dan Gojek

Persaingan Grab dan Gojek

Persaingan antara Grab dan Gojek di Indonesia memang sangat tinggi, dimana setiap hari keduanya terus memberikan pelayanan terbaik untuk menambah konsumen.

Beragam fitur dan layanan terbaru juga dibuat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang semakin beragam.

Adanya rivalitas antara Grab dan Gojek, tentunya menimbulkan dampak positif untuk para penggunanya.

Hal ini karena masyarakat bisa mengambil keuntungan dari hal tersebut, seperti mendapatkan tarif terjangkau, layanan yang lebih ramah, hingga seringnya promo dan diskon.

Perbedaan Grab vs Gojek

Banyak masyarakat yang sudah menentukan jasa transportasi online favorit mereka, namun bagi Anda yang belum tahu lebih memilih yang mana.

Maka Anda patut untuk menyimak perbedaan antara Grab dan Gojek seperti berikut :

1. Fitur dan Layanan

Fitur dan Layanan

Dari segi fitur dan layanan jelas Gojek unggul sangat jauh, mengingat Gojek memiliki banyak sekali jenis layanan. Mulai dari Goride, Gocar, Gosend, Gobox, Gofood, Gomart, Goclean, dan masih banyak lagi lainnya.

Sedangkan Grab hanya menyediakan layanan untuk transportasi saja, seperti GrabBike, GrabCar, GarbTaxi, ataupun GrabeXpress saja. Tentunya tidak bisa memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia yang sangat bervariasi.

Setidaknya terdapat 17 layanan yang diberikan oleh Gojek, semuanya ditunjukkan untuk segala kebutuhan Anda. Bagi Anda yang memiliki segudang kebutuhan yang membutuhkan jasa, maka tidak ada salahnya memilih Gojek sebagai Favorit Anda.

2. Tarif yang Berlaku

Tarif yang Berlaku

Disisi lain tarif yang berlaku di Grab dan Gojek sangatlah berbeda, baik dari jumlah ataupun sistem yang digunakan. Walaupun tidak terlalu jauh dan berbeda, namun selera dan minat para pengguna sangat bergantung pada sistem tarif tersebut.

Grab cenderung memiliki fleksibilitas terhadap tarifnya, dimana tarif dikenakan sesuai jarak tempuh yang dimilikinya. Grab menghitung Rp.1500 per kilometernya dan minimum sebesar Rp.10.000, bilamana Anda menempuh jarak hanya 2 Km saja Anda akan tetap dikenakan tarif sebesar Rp.10.000.

Namun bila sudah melebihi minimum tarif, maka akan dikenakan biaya Rp.1500 per Km. Harga tersebut akan tetap sama, walaupun sejauh apapun Anda menggunakan transportasi ini.

Sedangkan Gojek memiliki sistem yang berbeda, yaitu tarifnya Rp.12.000 untuk 1-10 Km dan Rp.15.000 untuk 10-15 Km.

Namun bila lebih dari 15 Km akan diberi tambahan biaya Rp.2000 per kilometernya. Penerapan tarif keduanya sedikit berbeda, sehingga bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

3. Jangkauan

Jangkauan

Perlu Anda ketahui juga bahwa Grab dan Gojek mempunyai batas maksimum jangkauan, dimana hal ini dilakukan untuk mencegah adanya kecurangan dari driver.

Keduanya memiliki batas yang berbeda, tentu saja sebelum menggunakan jasa ojek online Anda terlebih dahulu harus mengetahuinya.

Perusahaan Grab menentukan bahwa layanan untuk GrabBike tidak memiliki batas jangkauan, hanya saja sangat tidak dianjurkan sampai keluar kota atau provinsi.

Selain itu GrabCar sendiri tidak memiliki batasan sama sekali dan bisa digunakan hingga luar kota sekalipun.

Sedangkan Gojek lebih mempunyai peraturan yang ketat, dimana driver Goride hanya bisa mengantar penumpang hingga 30-35 Km saja. Lalu untuk Gocar juga hanya memiliki jangkauan tidak lebih dari 100 Km.

4. Promo atau Diskon

Promo atau Diskon

Persaingan Grab vs Gojek sangat terasa di promo dan diskon yang diberikan, dimana keduanya tidak mau kalah memberi promo menarik bagi penggunanya. Bahkan masing-masing memiliki fokus yang berbeda pula.

Misalnya saja Grab yang lebih sering memberi promo di layanan Grabfood miliknya, seperti diskon, beli 2 gratis 1, cashback, dan lain sebagainya.

Berbagai restoran atau tempat makan juga sering memberikan promo bagi pengguna Grab yang ingin memesan menu terbaru.

Sedangkan Gojek cenderung memiliki promo yang lebih luas, baik pengguna, driver, ataupun mitra semua bisa merasakan yang namanya promo dari Gojek.

Bahkan di laman web Gojek terdapat halaman khusus yang menyediakan promo-promo terbaru, promo disini juga selalu update setiap harinya.

5. Sistem Gaji Driver

Sistem Gaji Driver

Umumnya gaji setiap driver Grab maupun Gojek berbeda-beda, tergantung banyaknya orderan yang bisa diambil oleh driver tersebut.

Namun secara garis besar Grab dan Gojek telah memberikan sistem yang jelas untuk gaji masing-masing driver.

Grab memberikan gaji yang layak untuk drivernya, dimana perbandingannya ialah 90% untuk driver dan 10% untuk perusahaan.

Tidak hanya itu saja, namun driver bisa mendapatkan bonus bila mencapai target tertentu. Apalagi bila kinerjanya baik maka akan di apresiasi oleh Grab tersebut.

Sedangkan Gojek juga tak mau kalah untuk menarik orang masuk sebagai driver Gojek, disini setiap driver Gojek mendapatkan 80% dan perusahaan sebesar 20%.

Walaupun dari persentase lebih kecil, namun dari segi pendapatan tentunya lebih besar, mengingat Gojek memiliki layanan yang lebih banyak.

Plus-Minus Grab dan Gojek

1. Kelebihan dan Kekurangan Grab

Kelebihan dan Kekurangan Grab

Hadir di Indonesia pada tahun 2014 lalu, hingga kini Grab telah menjadi salah satu jasa transportasi online yang banyak diandalkan.

Tentunya bagi Anda yang baru ingin menggunakan jasa ini, terlebih dahulu ketahuilah kelebihan dan kekurangan Grab sebagai berikut :

Kelebihan :
  • Banyak promo dan diskon makanan
  • Bisa mengantarkan ke dua tempat sekaligus tanpa harus order lagi
  • Profil driver dan kendaraan yang bisa Anda lihat di aplikasi
  • Jarak tempuh tanpa batas
  • Standar pelayanan yang baik
  • Kualitas kendaraan yang terjaga
Kekurangan :
  • Layanan yang sedikit
  • Tidak bisa melakukan pembayaran menggunakan dua cara sekaligus
  • Batasan penggunaan akun di perangkat yang berbeda
  • Hanya ada OVO untuk pembayaran non tunai
  • Tidak bisa melakukan lebih dari satu kali order di satu waktu

2. Kelebihan dan Kekurangan Gojek

Kelebihan dan Kekurangan Gojek

Gojek sendiri telah lama bergelut di dunia transportasi online, tentunya soal pengalaman ia tidak diragukan lagi.

Hal tersebut terbukti dari banyaknya kelebihan yang dibawanya, namun Gojek juga  mempunyai beberapa kekurangan. Untuk lebih jelasnya berikut kelebihan dan kekurangan Gojek :

Kelebihan :
  • Mempunyai banyak jenis layanan
  • Pembayaran yang lebih fleksibel
  • Satu akun untuk semua kebutuhan
  • Penggunaan yang responsif
  • Bisa melakukan beberapa order di satu waktu
  • Banyak promo dan diskon
Kekurangan :
  • Memiliki jarak tempuh terbatas
  • Sedikitnya informasi driver
  • Terbatasnya koneksi bank dan akun Gopay
  • Tidak bisa memesan di tujuan berbeda di satu waktu

Transportasi online sekarang ini memang sudah menjadi salah satu kebutuhan masyarakat, dimana Grab dan Gojek menjadi ojek online yang paling favorit. Persaingan Grab vs Gojek memang tidak ada habisnya bila dibicarakan.

Agar lebih mudah untuk memilih jasa ini, sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda dalam menggunakan transportasi online tersebut.

Baca Juga:

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like