10 Rekomendasi Game PC Survival Seru dan Menegangkan

Para gamers pasti sudah tidak asing dengan permainan bertahan hidup atau survival game. Biasanya, game PC survival mampu memberikan sensasi tersendiri untuk para pemainnya. Adrenalin yang terpacu dengan sensasi menegangkan akan membuat Anda ketagihan untuk terus bermain.

Selain itu, game ini juga cocok bagi Anda yang ingin merasakan hidup di desa terpencil atau sendirian. Tanpa harus pergi jauh dan mencari waktu kosong yang panjang, Anda bisa merasakannya dengan bermain game bertahan hidup.

Begitu banyak jenis survival game, namun yang mana permainan yang terbaik? Berikut ini terdapat rekomendasi game PC survival terbaik untuk Anda coba.

1. Ark Survival Evolved

Ark Survival Evolved

List pertama untuk game PC survival adalah Ark Survival Evolved. Ini adalah game PC survival gratis, yang tentu saja menjadi salah satu kelebihannya. Selain itu, kualitas desain grafisnya juga tidak main-main. Banyak orang yang berpendapat bahwa grafis game ini sangat nyaman bagi mata pemain.

Game PC survival offline ini juga ternyata dapat Anda mainkan secara online, loh. Dengan begitu, Anda dapat memainkan game ini bersama teman Anda untuk pengalaman bermain yang lebih menyenangkan.

Di game ini, Anda diharuskan berburu dino untuk dijadikan hewan peliharaan ataupun santapan. Namun, berhati-hatilah pada saat berburu. Jangan sampai Anda memburu dino pemangsa seperti Carnotaurus.

2. This War of Mine

game pc survival open world

Game ini tentu menawarkan sensasi menegangkan untuk Anda. Di sini, Anda akan masuk ke dunia yang penuh peperangan dan menjadi ahli strategi untuk dapat bertahan hidup dari perang yang sedang berlangsung.

Di awal permainan, Anda akan memilih cerita yang ingin Anda mainkan. Dan di setiap cerita, akan ada 2 hingga 4 karakter yang tidak dapat Anda tentukan.

Baca Juga :  6 Emulator PS1 Terbaik Untuk PC dan Android

Seperti halnya game survival pada umumnya, setiap karakter memiliki skill-nya masing-masing. Anda dapat menggunakan kemampuan setiap karakter untuk bisa bertahan hidup.

Berbagai kegiatan umum seperti makan, tidur, membuat senjata, dan lain sebagainya dapat Anda lakukan ketika siang hari. Namun, aksi yang sebenarnya harus Anda lakukan terjadi ketika matahari sudah tenggelam. 

3. Raft

Raft

Seperti namanya, game ini tentu berkaitan dengan rakit-merakit di dalamnya. Pada game ini, Anda akan dilepaskan di tengah laut tanpa ketersediaan bahan makan dan minum. Bahkan, tidak ada peralatan yang memadai untuk bisa bertahan hidup.

Cara untuk bertahan hidup yang harus Anda lakukan adalah membuat sebuah hunian di atas rakit yang kecil. Untuk bisa membuatnya, Anda bisa mengambil dan memanfaatkan barang-barang yang melewati Anda selama mengapung.

Selain itu, Anda juga bisa menyelam untuk mendapatkan makanan. Anda juga bisa mengunjungi pulau untuk mendapatkan barang-barang yang bisa Anda gunakan untuk bertahan hidup. Seru, kan?

4. Subnautica

game survival pc offline

Latar belakang hutan di game bertahan hidup pasti sudah banyak Anda temukan. Kini Anda bisa mencoba latar laut yang dalam untuk mendapatkan sensasi dan pengalaman baru dalam bermain game. Ceritanya yang berbeda membuat Subnautica menjadi salah satu game PC survival terbaik.

Di game ini, Anda akan terdampar di tengah lautan yang berada di planet antah-berantah setelah kapal yang Anda tumpangi jatuh. Sedikitnya perlengkapan memadai membuat Anda harus bisa bertahan hidup dengan sumber daya yang berada di lautan.

Anda harus melakukan penjelajahan untuk bisa kembali ke tempat asal. Ingatlah, semakin jauh Anda menjelajah, semakin banyak pula bahaya dan ancaman yang harus Anda atasi.

5. Minecraft

Minecraft PC

Minecraft pasti sudah tidak asing lagi bagi Anda. Game ini cukup populer hingga sekarang. Bahkan, pemainnya setiap bulan mencapai 126 juta players.

Seperti namanya, mine di sini artinya Anda harus bisa menambang. Kemudian craft adalah membuat kerajinan atau membuat peralatan. Fungsi peralatan di sini adalah agar Anda bisa menjalani misi dengan maksimal.

Baca Juga :  4 Emulator PS2 untuk PC dan Android

Meski begitu banyak bentuk kotak sejauh mata memandang, area dalam game ini terbilang cukup luas. Tampilannya juga sangat nyaman untuk mata setiap kali memainkannya.

Minecraft juga bukan hanya tentang bermain. Terdapat banyak softskill yang akan Anda dapatkan untuk bisa bertahan hidup. Game ini sangat cocok bagi kamu yang suka bermain game dengan mengambil hikmah.

6. The Elder Scrolls V: Skyrim

Skyrim

Meski sudah satu dekade sejak game ini Bethesda rilis, Skyrim tetap eksis hingga sekarang. Karakter yang digunakan pada game PC survival Open World ini adalah diri Anda sendiri. Anda dapat menentukan penampilan, sifat, dan skill yang ingin Anda miliki.

Tampilan wilayah dunia yang ada di game ini juga cukup luas. Anda membutuhkan waktu lama untuk bisa selesai menjelajahi seluruh wilayah yang ada di Skyrim. Dan dengan luasnya wilayah, akan banyak hal menarik yang bisa Anda temukan ketika bermain.

Ketika Anda bermain, Anda akan merasa masuk ke dalam game tersebut. Anda harus mencari uang, membuat makanan, memiliki rumah, pasangan, hingga menjadi ksatria kerajaan agar dapat bertahan hidup.

7. Don’t Starve: Shipwrecked

game pc survival ringan

Sebuah game dengan nuansa tropis ini sangat menarik untuk Anda mainkan. Cara memainkannya adalah dengan berpindah dari satu pulau ke pulau lainnya untuk bisa memiliki resource penting.

Akan tetapi, Anda perlu mengingat bahwa setiap benda yang Anda gunakan akan hancur setelah Anda pakai. Maka dari itu, Anda harus mengumpulkan resource atau senjata sebanyak-banyaknya.

Yang membuat game ini begitu menegangkan adalah banyaknya monster menyeramkan di lautan. Begitu banyak kondisi yang harus Anda pertimbangkan sebelum berpindah pulau. Jangan lupa untuk memprediksi kedalaman laut sebelum Anda memutuskan untuk menyebrang.

Baca Juga :  9 Game Populer dan Viral Tahun 2022

8. Scum

game survival pc terbaik

Game ini menceritakan ketika Anda terlempar dari pesawat menuju sebuah pulau. Anda hanya memakai jumpsuit dan berusaha untuk bertahan hidup di sini. Ada banyak orang yang menaruh perhatian terhadap game ini. Pasalnya, banyak hal menarik dan juga pelajaran untuk diambil.

Game PC survival online dan offline ini mengajak Anda untuk berkelana untuk menjarah barang di pulau tersebut. Walaupun bertahan hidup adalah hal yang serius, Scum juga menyenangkan untuk dimainkan.

9. DayZ

DayZ

Seperti halnya pandemi yang terjadi di dunia nyata, ada pula game bertema pandemi, lhp! Game DayZ mengangkat tema mengenai wabah penyakit mematikan.

Pandemi yang terjadi menyebabkan adanya wabah misterius dan menginfeksi makhluk hidup dengan penyakit yang mengerikan. Setiap penyintas, termasuk Anda, harus bisa bertahan hidup dengan mencari makanan, air, dan obat-obatan.

Untuk bisa mendapatkannya, Anda bisa membunuh atau menghindari setiap makhluk yang terinfeksi. Anda juga dapat bekerja sama dengan pemain lain agar bisa bertahan selama pandemi ini terjadi.

10. The Forest

The Forest

Last but not least adalah The Forest. Permainan ini merupakan game mengenai kanibal di sebuah hutan. Anda memiliki peran sebagai seseorang yang selamat dari sebuah insiden pesawat jatuh dan harus bertahan hidup sendirian di sebuah hutan yang penuh dengan kanibal.

Anda harus mengumpulkan makanan, menjaga diri, dan membersihkan luka karena insiden pesawat. Sebisa mungkin bangunlah tempat berlindung sebelum malam tiba. Manfaatkan setiap tumbuhan dan hewan-hewan yang ada di sana sebagai langkah untuk bertahan hidup, meski ada juga yang beracun.

Game PC survival ringan ini akan memberikan pengalaman baru bermain game, sehingga layak Anda coba.

Demikian 10 rekomendasi game PC survival yang masih eksis hingga saat ini. Apakah Anda sudah ingin segera mencoba salah satunya?