10 Rekomendasi Game Open World PC dengan Spesifikasi Terbatas

Seringkali PC yang memiliki spesifikasi rendah membuat user kesulitan dalam beraktivitas, termasuk bermain game. Spesifikasi yang kurang mumpuni membuat PC mudah panas dan terjadi lag ketika bermain. Apalagi bermain game Open World PC yang terbilang cukup berat karena tampilan grafisnya.

Tetapi tak perlu lagi khawatir, kini Anda tetap dapat bermain game Open World PC terbaik tetapi tetap ringan untuk laptop Anda. Rekomendasi game Open World PC di bawah ini dapat Anda mainkan di RAM 1 GB hingga 2 GB, bahkan dapat dimainkan di OS pentium.

1. Grand Theft Auto: San Andreas

GTA San Andreas

Grand Theft Auto atau GTA pasti sudah tidak asing lagi bagi Anda, para gamers. Series GTA yang satu ini merupakan salah satu game terlaris karena keseruan yang dimilikinya.

Alur cerita yang ada pada game ini sangat menarik. Dalam game ini, CJ atau tokoh utama yang Anda mainkan harus kembali ke tempat asalnya setelah ibunya dibunuh. Selain mencari pembunuh ibunya, CJ juga harus bisa mengembalikan nama baiknya.

Game Open World games PC multiplayer ini sudah bisa Anda mainkan di sistem operasi Windows XP dan CPU Pentium III.

2. The Elder Scrolls IV: Oblivion

game open world pc ringan

Selanjutnya ada game yang dirilis oleh Bethesda. Game Oblivion booming karena dapat dimainkan di PC dengan spesifikasi terbatas. Hanya dengan CPU Pentium saja dan RAM 1024 MB, gamers sudah bisa memainkan Oblivion.

Ketika Anda keluar pertama kali dari gorong-gorong, Anda akan melihat dunia yang sangat besar dan tidak terbatas untuk dijelajahi. Anda bisa bertemu dengan raksasa atau melihat kesibukan Imperial City.

Terdapat banyak sekali senjata, dan peralatan lainnya yang tersebar di dunia ini. Anda bisa berkelana, mengambil, atau mencuri untuk mendapatkan barang-barang tersebut. Kemudian, Anda juga bisa melakukan beberapa tugas sebagai bentuk leveling agar dapat meningkatkan skill karakter Anda.

Baca Juga :  Rekomendasi RPG Android Game dengan Visual dan Storyline Memukau

3. Saint Row: The Third

Saint Row The Third

Akan ada banyak misi dengan berbagai adegan stun, serta mini game yang cukup seru di Saint Row. Anda bisa menghancurkan kota, melindungi teman, dan menggunakan senjata.

Selain itu, di dalam game Open World PC offline ini terdapat dua hal penting yaitu respect dan money. Respect yang Anda dapatkan akan membuat Anda menaikkan level dan memiliki banyak skill terbaru. Akan tetapi, Anda harus mengaktifkannya menggunakan uang. Cara mendapatkannya adalah dengan menyelesaikan berbagai misi.

Spesifikasi untuk bermain Saint Row: The Third hanyalah OS Windows XP dengan RAM 2 GB. Sangat terjangkau, bukan?

4. Just Cause 2

game open world pc offline

Game Open World PC free berikutnya adalah Just Cause 2. Ketika bermain, Anda akan memerankan karakter yang bernama Rico Rodriguez di sebuah daerah bernama Panau. Misi Anda sebagai Rico Rodriguez adalah membuat pemerintah Panau yaitu Panay dapat turun dari jabatannya.

Selain itu, Anda juga harus membunuh mentor lama Panay yaitu Tom Sheldon. Anda memiliki kebebasan di sini, mau menjalankan misi atau berjalan-jalan saja. Tapi ketahuilah bahwa progress game ini berdasarkan misi yang telah Anda selesaikan.

Tak perlu spesifikasi tinggi, spec yang dibutuhkan hanya dengan Windows Vista dan CPU Athlon saja. Selain itu, RAM yang diperlukan juga hanya sebesar 2 GB.

5. Fallout 3

Fallout 3

Fallout 3 cukup berbeda dengan game lainnya yang ramai dengan tampilan Imperial City. Di sini, Anda akan melihat tampilan dunia yang sepi dan juga sangat gersang. Tidak ada kendaraan yang dapat Anda gunakan karena kehancuran yang terjadi di dunia.

Baca Juga :  20 Game PC Offline Petualangan

Ketika mulai bermain, Anda akan melihat sebuah insiden sebelumnya. Ceritanya, saat itu Anda berusia 11 tahun dan harus keluar dari bunker untuk bisa menemukan Ayah Anda yang kabur.

Ketika Anda keluar dari bunker, Anda akan melihat dunia yang sangat berbeda dari sebelumnya, yaitu dunia yang hancur karena bom nuklir yang dijatuhkan ketika perang antara USA dan China. Sebisa mungkin Anda harus bisa survive di dunia yang sangat berbahaya dan berbeda dengan bunker ini.

Dengan RAM 1 GB dan CPU Pentium saja, Anda sudah bisa memainkan game Fallout 3. Sangat cocok bagi Anda yang memiliki spec laptop rendah.

6. Mafia

game open world pc mid -end

Cikal bakal game Open World selain GTA adalah Mafia. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan selama bermain, seperti halnya seorang Mafia pada umumnya. Di sini, Anda bisa mencuri mobil untuk berkeliling kota dan pastinya menyelesaikan berbagai misi sebagai seorang Mafia.

Permainan ini cukup legendaris di kalangan para gamers. Pasalnya, Mafia sudah lama dirilis dan juga menjadi inspirasi game Open World yang ada hingga saat ini.

Yang terpenting dari game ini adalah Anda tidak harus memiliki spesifikasi dewa untuk memainkannya. Hanya dengan prosesor Intel Pentium III, Anda sudah dapat menikmati keseruan game ini. 

7. Far Cry 2

Far Cry 2

Open World game PC ringan ini memiliki tampilan yang cukup realistis. Hal terbaik dari Far Cry 2 adalah adanya sistem masa penggunaan terhadap senjatanya. Jadi, jika Anda gunakan terus-menerus, maka senjata Anda cepat rusak. Termasuk juga efek penyebaran dan ledakan api yang terjadi.

Di seri kedua Far Cry ini, ceritanya yang terbilang sederhana. Anda tidak akan menyelamatkan orang di dalam permainan ini. Hanya dengan prosesor Intel III, Anda bisa mencoba bermain untuk membunuh seseorang. Game ini bisa dimainkan dengan minimal RAM 1 GB saja.

Baca Juga :  10 Game Android Bola Terbaik Wajib Unduh 2022

8. Gothic 3

Gothic 3

Seri Gothic 3 terbilang cukup berbeda dengan seri sebelum-sebelumnya. Gothic 3 memiliki space yang sangat luas. Anda juga memiliki kebebasan untuk menjelajah setiap tempat yang ada pada peta.

Meskipun permainan ini pertama rilis pada tahun 2006, ketegangan yang ada tetap worth it untuk Anda coba. Selain itu, hanya dengan RAM 1024 MB saja, Anda sudah bisa memainkan Gothic 3.

9. Sleeping Dogs

Sleeping Dogs

Selanjutnya ada game yang berlatar belakang Hong Kong, yang akan menarik hati Anda. Ketika memainkannya, Anda akan berperan sebagai mantan polisi yang harus bisa menghancurkan sebuah sindikat pembuat onar di sana. 

Jalan ceritanya cukup  menarik dan juga didukung dengan desain grafisnya yang menakjubkan. Namun, game ini cukup mirip dengan sensasi yang dimiliki dengan GTA. Jadi, jika Anda suka bermain GTA, Anda harus mencoba Open World PC game satu ini.

Minimum requirements untuk Sleeping Dogs terbilang cukup rendah, yaitu RAM 2 GB dan sudah bisa dimainkan di OS Vista.

10. Prototype

game open world pc kentang

Kalau Anda sudah bosan dengan konsep game menyelamatkan seseorang, Prototype bisa menjadi pilihan yang tepat. Alur cerita Prototype cukup plot twist dan pastinya akan membuat Anda penasaran.

Ingin tahu rasanya menjadi orang jahat? Di game ini, jika biasanya Anda menolong warga biasa, kali ini mengharuskan Anda untuk melawan warga di sana. Hanya membutuhkan RAM 1 GB, Anda sudah bisa merasakan menjadi karakter yang tidak baik pada game ini.

Itulah 10 rekomendasi game Open World PC yang dapat Anda mainkan dengan PC kentang. So, siapa bilang bermain game harus memakai PC dengan spec dewa?