11 Game Offline PC Jadul yang Pernah Jaya di Masanya

Age of Empires

Deskripsi: Walaupun saat ini banyak game keren yang bisa dimainkan, 11 game offline PC jadul ini akan bikin kamu kangen memainkannya.


Zaman sudah semakin maju dengan spek komputer yang semakin mumpuni.

Namun, ada kalanya, game offline PC berikut ini justru akan membuat kamu kangen karena pernah terkenal pada masanya.

1. Zuma Deluxe

game offline PC Zuma Deluxe

Siapa yang belum pernah bermain Zuma Deluxe? Mini game yang populer di jaman 90an ini hampir dimainkan oleh setiap orang.

Bahkan, cukup aneh kalau di komputer atau laptop tidak memiliki Zuma Deluxe. Permainan dengan gameplay yang sederhana ini justru mudah untuk dilakukan bahkan oleh semua orang.

Cara memainkan permainan PC offline 90an ini adalah dengan menembakkan bola ke deretan bola yang sewarna. Kamu harus menyelesaikan stage yang disediakan sebelum mencapai stage akhir.

2. Hang A Roo

game offline PC Hang A Roo

Game offline 90an ini merupakan game tebak kata. Game dengan karakter kanguru ini menyajikan beberapa clue dan kamu harus menebaknya hingga terbentuk suatu kata dalam bahasa Inggris.

Ada batasan nyawanya. Jika kamu berhasil, maka kanguru tersebut akan terbebas dari gantungan. Sedangkan jika tidak, hingga kesempatan habis, maka kanguru tersebut akan cemberut, dan kemudian mati.

3. Solitaire

game offline PC Solitaire

Permainan offline ini bahkan hingga saat ini masih ada di PC terutama yang menggunakan OS Windows.

Untuk memainkannya, kamu hanya perlu menyusun kartu dari yang terkecil (yang ditumpuk di paling atas) hingga kartu terbesar atau K (paling bawah).

Kamu bisa memilih apakah akan memainkan kartu dengan tingkat kesulitan rendah maupun tinggi. Walaupun terkesan sederhana, namun, permainan kartu ini cukup menguras emosi dan pikiran kamu.

4. Pinball

game offline PC Pinball

Jika kamu anak 90an, game pinball adalah salah satu game favorit untuk dimainkan. Game ini mengharuskan kamu untuk melontarkan bola dari pegas untuk memulai permainan.

Setelah itu, kamu harus mengupayakan agar bola tersebut tidak masuk ke lubang paling bawah agar permainan kamu tidak mati.

Ada tantangan tersendiri. Misalnya melontarkan bola hingga mengenai bagian tertentu sehingga skor yang kamu miliki menjadi semakin tinggi.

Karena cara memainkan game tersebut mudah, membuat game offline jadul ini bisa dimainkan oleh siapa saja, termasuk anak kecil.

5. Commandos

game offline PC Commandos

Game jaman 90an ini cukup asing di telinga. Walaupun begitu, commandos termasuk sebagai salah satu game jadul populer yang pernah ada.

Game perang pc dengan tema Perang Dunia II ini mengkombinasikan antara strategi dan kecakapan agar pasukan Commandos dari Sekutu bisa menang.

Terlihat sederhana namun game commandos cukup susah untuk ditaklukkan bahkan jarang ada tutorial untuk memenangkan game ini.

Karena kepopulerannya, game dengan icon prajurit ini membuat Commandos kemudian dibuat versi baru yang bisa kamu mainkan.

6. Myst

game offline PC Myst

Kalau kamu ingin merasakan berkeliling dunia lewat game, Myst bisa jadi pilihan. Game yang dibuat oleh Cyan pada tanggal 24 September 1993 ini merupakan game puzzle petualangan.

Seiring dengan perkembangannya, game ini tidak hanya dapat dimainkan di PC namun juga di PSP, Nintendo DS bahkan android dan iOS.

Permainan PC yang memiliki penjualan terbanyak di decade tersebut memungkinkan kamu untuk menjelajah ke berbagai belahan dunia menggunakan buku magis.

Untuk menyelesaikan misi, kamu harus menemukan halaman buku yang hilang. Setelah itu, kamu bisa memilih, apakah menyelamatkan 1 dari 2 bersaudara yang terperangkap dalam buku tersebut atau meninggalkan keduanya di dalam buku.

Karena seru untuk dimainkan ditambah memiliki suara dan visual yang bagus, myst jadi salah satu permainan PC jadul yang wajib dimainkan.

7. Bounce Blitz House

Bounce Blitz House

Game ini termasuk game favorit anak perempuan. Untuk memainkannya, kamu harus menukar posisi bola hingga terbentuk bola dengan posisi sejajar dan warnanya sama.

Ada beberapa tantangan yang akan kamu hadapi sebelum menyelesaikan permainan, diantaranya adalah:

  • Bom waktu yang bisa meledak kapan saja.
  • Motif yang beragam yang akan menyebabkan kamu kesulitan untuk menyelesaikan permainan.

8. Age of Empires

Age of Empires

Di tahun 97an, Age of Empires pernah mengalami kepopuleran hingga sekuel keduanya rilis di tahun 1999.

Saat memainkannya, kamu bisa menggunakan unit mobil sedan belang biru kala melakukan cheat.

Dengan beberapa kendaraan tersebut, kamu bahkan bisa menyerang wilayah musuh dengan lebih mudah.

Baca Juga:

9. Varmintz Deluxe

Varmintz Deluxe

Varmintz Deluxe termasuk sebagai salah satu permainan offline klasik yang hingga saat ini masih ada. Walaupun memiliki grafis 2D yang sederhana namun, permainan ini masih seru untuk dimainkan.

Misi yang perlu kamu jalankan juga tidak terlalu rumit. Kamu hanya perlu menjalankan Varmintz untuk mengambil telur. Namun, kamu harus melewati tantangan seperti menyerang jalan dan sungai.

10. Minesweeper

Minesweeper

Permainan ini termasuk permainan jadul yang menguras emosi. Bukan karena kamu harus berpikir keras untuk mengalahkan musuh namun harus menebak kotak yang berisi angka dan terhindar dari bom.

Kamu akan semakin gregetan saat hampir semua kotak sudah terbuka, ternyata kamu salah perhitungan dan membuka bom atau jebakan.

Alhasil, kamu harus mengulang lagi dari awal. Walaupun terkesan menjengkelkan, namun permainan ini cukup ‘nagih’.

11. Feeding Frenzy

Feeding Frenzy

Game dari GameHouse ini cukup terkenal di tahun 90an. Game ini memungkinkan kamu, sebagai ikan kecil di permainan ini, bisa memakan hiu di level 3.

Tidak hanya itu, di permainan ini kamu harus melakukan misi seperti menangkap mutiara, menghindari ubur-ubur hingga menaklukkan predator.

Itulah daftar game offline PC yang mayoritas sudah ada di tahun 90an dan beberapa diantara dibuat lagi dengan versi terbaru agar tetap bisa dimainkan.

Dari sekian banyak game tersebut, kira-kira jenis game mana yang membuat kamu kangen untuk memainkannya lagi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
cara main mobile legend di pc dengan emulator

Cara Main Mobile Legend di PC

Panduan lengkap cara main mobile legend di PC/Laptop tanpa lag. Cara download mobile legend di PC. Spesifikasi minimum PC untuk mobile legend. Dan cara setting control keyboard & mouse PC…
Selengkapnya