Fitur Komunitas di WhatsApp yang Perlu Anda Tahu

Fitur Komunitas di WhatsApp yang Perlu Anda Tahu – Di Indonesia sendiri, whatsapp atau yang biasa disingkat dengan WA merupakan aplikasi berkirim pesan instan yang paling ramai digunakan. Dan biasanya, di setiap negara pasti punya satu aplikasi berkirim pesan yang populer, begitupun yang terjadi di negara kita.

Nah, tentu saja ada banyak sekali alasan mengapa wa menjadi pilihan nyaris semua masyarakat tanah air. Salah satunya adalah fitur yang ditawarkan terus bertambah, seiring dengan perjalanan. Apalagi, fitur fitur yang ditawarkan oleh wa adalah fitur yang benar benar sangat bermanfaat bagi para penggunanya loh.

Salah satu fitur terbaru yang memang belum lama ini dikeluarkan oleh mereka adalah fitur komunitas. Beberapa di antara anda pasti sudah ada yang pernah mendengar nama fitur ini, atau bahkan ngeliat sendiri fitur tersebut di aplikasi wa yang anda gunakan.

Dengan bantuan aplikasi wa, setiap orang bisa dengan mudah berkomunikasi jarak jauh dengan siapapun. Termasuk dengan orang orang yang saat ini sedang berada di luar negeri. Ok, kali ini kita akan bahas sesuatu yang berbau wa ya. Salah satunya adalah fitur komunitas di whatsapp. Simak ulasannya berikut. 

Tentang Fitur Komunitas di Whatsapp

Tampaknya, masih belum begitu banyak pengguna whatsapp yang menggunakan fitur satu ini ya. Sebagian besarnya mungkin hanya sebatas mengetahui ada fitur baru saja, tanpa ada rasa penasaran buat mencobanya, tapi tetap penasaran.

So, bagi anda yang dari kemarin hanya mantengin fitur tersebut, belum berani nyoba karena bingung apa fungsinya, maka bisa simak penjelasannya kali ini dulu deh. 

Secara sederhana, fitur ini dihadirkan untuk meningkatkan standar tentang cara organisasi berkomunikasi dengan tingkat keamanan dan privasi yang mungkin nggak bakalan bisa anda dapatkan ketika menggunakan platform yang lainnya.

Sebagaimana halnya fitur fitur wa yang lainnya, fitur ini juga sudah pasti sangat membantu kok.  Selain itu, ia juga bisa banget digunakan dengan mudah dan cepat. Karena hingga kini, nggak ada satupun fitur wa yang ribet penggunaannya. Maka dari itu, nggak perlu ragu ketika mau menggunakan fitur yang satu ini. 

Fitur pada Komunitas di Whatsapp

Ketika menggunakan fitur tersebut, maka ada beberapa hal yang bisa anda lakukan. Hal ini karena akan dibantu dengan fitur fitur menarik yang ada di dalam komunitas tersebut. Jadi, ya semacam fitur di dalam fitur.

Sesuai dengan namanya, fitur satu ini merupakan fitur yang memungkinkan siapapun buat membangun atau membuat komunitasnya sendiri dengan sangat mudah. Anda bisa dengan mudah membuat grup grup lewat aplikasi satu ini.

Yang menjadi keunggulannya, grupnya bakalan aman banget, dengan jangkauan yang juga tergolong sangat luas. Lantas apa saja sih yang fitur yang ada di dalam fitur komunitas di Whatsapp? Berikut beberapa fitur yang ditawarkan oleh pihak developernya. 

Admin Dapat Menghapus Pesan Orang Lain

Fitur pertama, para admin di berbagai komunitas bisa banget menghapus pesan yang dikirimkan oleh para anggota komunitas. Hal ini karena pihak wa sudah menyediakan fitur untuk menghapusnya. Yang mana, fitur ini nggak bakalan bisa ditemukan pada fitur grup ya.

Yang mana, fitur grup yang memunkginkan si pengirim pesan saja yang bisa menghapus pesannya sendiri, admin hanya sebatas bisa mengingatkan, layaknya para penghuni grup yang lainnya. 

Maka, jika nantinya anda adalah seorang admin di sebuah komunitas, maka anda bisa menghapus pesan yang dikirimkan oleh anggota komunitas, jika memang merasa pesan tersebut kurang pantas atau yang lainnya.

Misal, ada salah satu anggota yang mengungkapkan kata kata kasar dan tidak pantas, maka sebagai admin, anda bisa menghapus pesan yang dikirimkan oleh orang tersebut. Dan hadirnya fitur ini meski digunakan dengan bijak oleh para admin.

Bukan malah menghapus pesan pesan yang tidak sesuai dengan pendapatnya. Bukan, bukan seperti itu. Maka dari itu, cobalah untuk memilih admin yang memang bijak, bisa membedakan mana pesan yang pantas dan harus dihapus, mana yang tetap bisa dipertahankan.

Bukan justru dengan seenak hatinya menghapus pesan pesan yang sebenarnya masih sangat layak ada di dalam komunitas. 

Jeda dan Lanjutkan di Voice Note

Sebagaimana penggunaan fitur wa yang lainnya, di dalam fitur komunitas di Whatsapp, anda juga bisa menemukan yang namanya fitur voice note. Nah menariknya, di sini anda bisa banget menjeda kemudian melanjutkan voice note yang ingin disampaikan.

Fitur ini sangat membantu siapapun yang lebih suka mengirimkan pesan dalam bentuk suara, alias voice note ya. Gunakan saja fitur ini, agar pesan yang disampaikan lebih mudah dicerna, dan lebih mudah sampainya. Anda Juga jadi nggak perlu capek capek ngetik lagi kan?

Ketika menyampaikan voice note, maka anda bisa menjeda atau berhenti sejenak, kemudian melanjutkan pesan suara kembali. Tentu ini bakalan membantu banget, terlebih lagi bagi anda yang akan mengirimkan pesan suara cukup panjang.

Perlu jeda atau berhenti sejenak, agar bisa mengambil nafas, dan melanjutkan pesan berikutnya. Dan dengan demikian, pasti akan membuat pesannya bisa tersampaikan dengan baik, dan berkualitas juga.

Melakukan Panggilan dengan Banyak Orang

Fitur lainnya yang bisa anda temukan di dalam fitur komunitas adalah fitur buat menelepon atau memanggil orang lain dengan jumlah yang banyak. Dalam sebuah komunitas, diskusi menjadi hal yang sangat penting dilakukan, demi kemajuan komunitas yang sedang diurus kan?

Maka, dengan hadirnya fitur telepon hingga lebih dari 8 orang ini tentu akan sangat membantu. Sebab memungkinkan anda dan teman teman komunitas buat saling terhubung di jaringan secara cepat dan mudah, saat akan membahas sesuatu yang penting.

Menariknya lagi, fitur satu ini ditawarkan dengan sangat baik oleh pihak wa nya. Karena banyak hal menarik yang sudah didukungnya. Sehingga panggilan yang dilakukan menjadi lebih berkualitas dan menyenangkan saat digunakan. 

Fitur Reaction Menggunakan Emoji Keren

Perlu dicatat sih, bahwasanya fitur memberikan reaksi pesan orang lain dengan menggunakan emoji atau emot merupakan fitur yang nggak hanya bisa digunakan di komunitas saja. Tapi bisa banget digunakan di luar komunitas, entah itu ketika anda sedang chattingan dengan seseorang, ataupun ketika di dalam grup.

Dan ini merupakan salah satu fitur yang terbaru, dan memang baru beberapa hari ini saja adanya. Dengan adanya fitur reaction dengan menggunakan emoji, maka akan membuat siapapun bisa memberikan reaksinya yang digambarkan lewat emoji.

Dan ini pasti ngebantu banget, terutama oleh mereka yang memang agak males kalau mau memberikan reaksi yang aneh aneh. Kabar baiknya, fitur ini bisa digunakan dengan sangat mudah dan cepat. Cara menggunakannya hanya sebatas teman saja pada bubble chat, tekan agak lama, hingga muncul fitur reactionnya.

Lalu, anda bisa dengan bebas memilih mana reaction yang sesuai dengan tanggapan anda. Apakah yang bahagia, marah, sedih, atau yang lainnya. 

Mendengarkan Pesan Suara Sebelum Dikirimkan

Adapun fitur yang berikutnya ialah fitur yang memungkinkan anda buat mendengarkan pesan suaranya terlebih dahulu sebelum akhirnya dikirimkan ke komunitas. Mengapa sih fitur ini ada, atau apa pentingnya fitur satu ini? Bagi anda yang sudah terbiasa dengan dunia voice note, pasti ngerasa nggak begitu membutuhkan fitur ini.

Beda halnya dengan mereka yang memang sangat jarang menggunakan voice note. Sehingga membuat mereka kurang percaya diri, dan meski mendengarkan voice notenya berkali kali.

Yang jika sudah merasa pas, merasa yakin, dan tidak ada yang salah barulah mau mengirimkannya. Karena mereka meski memastikan bahwasanya nggak ada kalimat yang salah, atau yang lainnya. Menarik sekali bukan?

Nomor Kontak Tidak Bisa Dilihat oleh Siapapun

Salah satu hal menarik yang ditawarkan oleh pihak wa lewat fitur mereka satu ini adalah nomor kontak wa anda yang nggak bakalan diketahui atau bisa dilihat oleh siapapun. Bukankah ini sangat sangat menarik?

Hal ini menunjukkan bahwasanya sangat aman memasuki komunitas manapun yang kiranya sesuai dengan keinginan dan kebutuhan anda. Maka dengan keunggulan yang demikian, sudah nggak perlu lagi ada yang ditakutkan ketika mau bergabung ke dalam komunitas kan? So, buang jauh jauh rasa takut anda, dan masuklah ke dalamnya. 

Keluar Komunitas tanpa Ada yang Tahu

Selain membuat nomor ponsel anda nggak bisa diketahui dan dilihat oleh siapapun, dengan bergabung ke dalam komunitas pun anda bisa keluar dengan bebas, tanpa takut diketahui oleh para penggunanya. Sehingga, kalau mau keluar, ya tinggal keluar saja. Semenarik itu. 

Oke, itulah dia sekilas mengenai fitur komunitas di Whatsapp yang mesti diketahui. Namun sebelum menggunakan fitur ini, pastikan bahwasanya anda menggunakan aplikasi yang versi terbaru ya. Karena fitur ini hanya tersedia di versi yang terbarunya.

Kalau wa anda masih yang lama, silahkan di update terlebih dahulu, sebagaimana anda mengupdate aplikasi aplikasi yang lainnya. Demikian untuk kali ini, semoga bermanfaat, semoga membantu, dan selamat mencoba ya,