5 Emulator PS4 Terbaik untuk PC atau Laptop

PCSX4

Deskripsi : Emulator PS4 untuk PC atau laptop baru benar-benar bisa bekerja dan digunakan tahun ini, sementara ada PCSX4, PS4Emus, PS4 EMX, Orbital, dan yang terakhir SNES.


Emulator PS4 di tahun lalu mungkin masih prank, hoax, atau cuma sekedar wacana saja. Akan tetapi, akhirnya ada kabar gembira bagi kamu semua pecinta game PS atau Playstations. Mulah awal tahun ini, sudah ada emulator yang benar-benar bekerja dengan baik pada PC atau Laptop.

Game emulator ps4 yang tersedia juga lebih dari satu macam, sehingga kamu tidak stuck pada satu pilihan. Apa saja game emulator yang berhasil dan bisa digunakan tersebut?

1. PCSX4

PCSX4

Untuk pengguna laptop atau PC 64 bit baik itu Windows 7, 8 sampai terbaru Windows 10, bisa menjalankannya dengan mudah. Sementara untuk pengguna 32 bit, saat ini belum bisa menggunakan PS4 emulator 2020 PCSX4. Walaupun, OS yang kamu punya sudah diperbaharui dengan update terbaru.

Dari segi performa, PCSX4 bisa dibilang sangat baik karena mampu bekerja di 60 fps atau frame per seconds. Gambar yang dihasilkan tidak mengalami penurunan kualitas dan pergerakannya halus berkat jumlah fps yang baik.

Sayangnya, selain hanya bisa bekerja di Windows 32 bit, masih ada spesifikasi lain yang harus dipenuhi untuk bisa menjalankannya. Spesifikasi ini cukup berat, maklum emulator baru saja diluncurkan tahun ini.

Untuk spesifikasi minimal paling tidak GPU harus AXV dan SSE-4.2 GPU. Sementara untuk GPU yang digunakan adalah AMD Radeon 780 dan GTX 60 supaya mendukung 60 fps. Lalu, jangan lupa jumlah RAM dan memori yang tersisa jangan sampai mepet ya.

2. PS4Emus

PS4Emus-PS4-Emulator

Apabila kamu penggemar emulator PS, pasti sudah tahu PS4Emus bukan? Emulator satu ini memang sudah ada semenjak era emulator PS untuk PC dimulai pada 2013 lalu. Jadi, jangan heran kalau best PS4 Emulator for Windows 10 pasti memasukan emulator satu ini di jajaran teratas.

Kelebihan yang membuat PS4Emus istimewa adalah kemampuannya yang bisa digunakan baik online maupun offline. Emulator ini juga termasuk mudah diInstall dan tidak ribet dari segi penggunaan.

Kalau kamu termasuk pecinta game yang hobi gonta-ganti atau mencoba game baru, PS4Emus paling cocok. Kamu bisa menginstal banyak game dengan mudah tanpa kesulitan berkat interface yang gampang dipahami.

Untuk masalah spesifikasi, sama halnya dengan PCSX4, perlu PC atau laptop high end untuk bisa memainkannya dengan lancar. Jadi, apabila spesifikasi komputer rendah, sebaiknya tunda niat untuk mengunduh aplikasi satu ini ya. Nanti kalau dipaksakan, laptop cepat lag dan kamu juga tidak bisa menikmati permainan.

Baca Juga:

3. PS4 EMX

PS4 EMX

PS4 EMX untuk sementara ini masih dalam tahap pengembangan dan belum diluncurkan. Akan tetapi, PS4 EMX bukan pemain lama di bidang emulator PS. Jadi, kamu bisa berharap emulator satu ini pada akhir tahun sudah bisa ikut meramaikan pasar emulator Playstations.

Dari PS4 Compatibility list yang sempat dibagikan, spesifikasi untuk menjalankan emulator ini relatif sedang. RAM yang disyaratkan minimal 2  Gb saja, sementara untuk AMD adalah Nvidia, dan perlu 50 GHZ processor.  Selain data yang dibagikan, belum ada lagi detail tambahan, semoga spesifikasi tidak naik ya.

4. Orbital PS4 Emulator

Orbital PS4 Emulator

Kabar gembira bagi kamu pengguna Linux, pasalnya bukan saja untuk Windows, para pecinta Linux juga bisa menggunakannya. Dikeluarkan pada awal Februari lalu, Orbital PS4 emulator hingga saat ini masih terus dikembangkan. Supaya semakin banyak orang yang bisa menggunakannya, serta lebih mudah.

Kelebihan yang dimiliki oleh Orbital diantaranya adalah dari segi mapping dan kontrol joystick. Kemudian resolusi yang dihadirkan juga lumayan bagus sehingga gambar tidak pecah.

Sayangnya, untuk bisa menggunakan aplikasi ini minimal RAM dan spesifikasi lain cukup tinggi. Pada RAM minimal 16 GB ditambah ekstensi AVX yang digunakan untuk menjalankan emulator nantinya.

5. SNES Station Emulator

snes-station

Satu lagi pemain lama di dunia emulator yaitu SNES Station Emulator yang sudah hadir sejak jaman emulator PS1. Bagi kamu pengguna Windows atau Mac OS, bisa menggunakan SNES dengan mudah tanpa hambatan.

Hanya saja, kekurangan terbesar SNES adalah cara instalasi yang cukup sulit dan butuh cukup waktu. Untungnya, untuk mengatasi hal ini pihak developer menghadirkan tutorial mudah di media sosial tentang bagaimana cara instalasinya.

Jadi, asalkan kamu mengikuti instruksi dengan tepat dan sesuai, tidak ada kata gagal. Kamu pasti bisa menginstal SNES dengan mudah dan bisa menggunakannya.

Spesifikasi Detail Untuk Bisa Menginstal PS4 Emulator

Di atas memang sudah disebutkan spesifikasi yang harus dimiliki laptop atau PC untuk bisa menjalankannya. Nah, di bagian ini spesifikasi tersebut akan dijelaskan dengan lebih detail supaya kamu bisa menggunakannya dengan lancar. Silahkan lihat detail spesifikasinya di bawah ini ya :

  • Pertama pastikan Directx 12 yang terpasang, kemudian lihat framework apakah sudah 3.5, VC++2015 atau belum.
  • Kedua, minimal PC atau laptop harus sudah termasuk 4 core dengan AXV dan SSE-4.2 GPU.
  • Kemudian pastikan Cache Image harus dienkripsi 256 bit
  • Prosesor yang digunakan minimal x86-64 dengan AVX ekstensi
  • Komputer atau laptop harus memiliki OpenGL
  • RAM minimal 2- 16 Gb
  • Komputer dan laptop minimal 64 bit

Apabila perangkat yang kamu gunakan tidak memiliki spesifikasi di atas, maka emulator tidak bisa digunakan. Kalaupun bisa, hasilnya tidak maksimal, pecah, macet, dan terakhir program bisa forced close. Sementar untuk RAM harus selalu diperhatikan karena jarang yang masih kompatibel dengan 2 Gb.

Itu dia daftar daftar emulator PS4 yang benar-benar bisa berjalan di PC atau laptop kamu. Ingat ya, sebelum melakukan download pastikan spesifikasi perangkat yang kamu miliki cocok. Supaya download tidak sia-sia dan kamu bisa bermain game PS4 dengan lancar tanpa hambatan.

Untuk info seputar game lainnya silahkan kunjungi: Thelastsurvivors

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like