6 Emulator PS1 Terbaik Untuk PC/Laptop dan Android

Deskripsi: Informasi cara menggunakan emulator PS1. Lengkap dengan rekomendasi software emulator terbaik untuk PC maupun Android yang bisa kamu pilih sesuai keinginan.


Playstation 1 merupakan konsol generasi pertama milik Sony. Konsol ini terbilang sukses di pasaran.

Meski dirilis pertama kali tahun 1994 di Jepang, gim-gim miliknya masih sering dimainkan hingga saat ini.

Hal tersebut karena adanya aplikasi emulator PS1. Melalui aplikasi ini, kita bisa memainkannya meski tanpa konsol.

Saat ini, kita bahkan sudah bisa download emulator PS1 for Windows 10. Selain itu, juga masih bisa digunakan di seri-seri Windows sebelumnya.

Bahkan, telah hadir juga emulator yang bisa kita pasang di Android, loh.

6 Emulator PS1 Terbaik untuk PC dan Android

Perlu kamu ketahui, emulator ini bisa dijalankan di PC/laptop dengan spek yang rendah. Begitu juga di Android, kita tidak perlu memiliki PC/laptop dan smartphone dengan spek tinggi.

Nah, berikut kami paparkan beberapa jenis emulator PC terbaik dan juga untuk Android yang bisa kamu pasang dan gunakan.

1. ClassicBoy (Untuk Android)

ClassicBoy

Bagi yang ingin memainkan game PS1 secara mobile, aplikasi ini bisa menjadi solusi untuk HP milikmu.

Aplikasi ini merupakan salah satu emulator PS1 Android terbaik yang banyak direkomendasikan.

ClassicBoy bisa kamu download langsung di Play Store. Setelah terpasang, silahkan download game PS1 yang bisa dicari melalui Google.

Selain untuk PS1, emulator android ini juga bisa dimainkan untuk jenis game klasik lainnya.

2. Emulator ePSXe (PC dan Android)

Emulator ePSXe

Software yang satu ini sudah sangat populer. Karena, merupakan salah satu emulator yang banyak diandalkan untuk PC/laptop.

Selain itu, saat ini juga telah hadir aplikasi ePSXe yang bisa kamu gunakan di HP Android. Aplikasi ini menawarkan banyak sekali fitur opsi yang bisa kita kustomisasi.

Tidak hanya itu, juga terdapat banyak plugin dan bios ePSXe PC yang bisa dipilih. Bios dan plugin-nya, bisa diunduh secara terpisah.

3. Mednafen (Untuk PC/Laptop)

Mednafen

Software emulator ini hanya tersedia untuk PC saja. Mednafen bahkan disebarkan secara gratis, artinya siapa saja bebas menggunakannya.

Aplikasi ini dibuat oleh sekelompok developer dan juga relawan. Selain bisa memainkan Playstation 1, juga bisa memainkan game-game dari konsol NES dan Game Boy.

4. PcsxR (Untuk PC)

PcsxR

Emulator yang satu ini tergolong sudah cukup lama. Bahkan, sudah digunakan dari tahun 2010-an.

Saat ini, aplikasi tersebut sudah memiliki sejumlah perkembangan. Bahkan, diklaim lebih responsif dan juga mampu menghasilkan gambar yang lebih bagus.

PcsxR memiliki size yang terbilang kecil. Jadi, siapa saja yang ingin memainkan game PS1, bisa langsung mengunduhnya secara cepat kapan saja.

5. FPse (Untuk Android)

FPse

Melalui aplikasi ini, kamu bisa memainkan semua game PS1 dengan grafik memukau. Karena, aplikasi tersebut memungkinkan kita untuk menggunakan software OpenGL.

Selain itu, desain interface-nya pun terbilang menarik dan mudah ketika memilih game kesayangan.

6. EmuBox (Untuk Android)

EmuBox

Emulator untuk Android ini, sama seperti ClassicBoy. Kita tidak hanya bisa memainkan game PS1 saja, juga game lain dari SNES, GBC, NDS, dan GBA.

Perangkat lunak ini pun sudah didukung oleh kontrol game eksternal seperti gamepad. Aplikasinya pun tergolong populer. Bahkan, sudah banyak sekali orang yang mengunduhnya di Play Store.

Baca Juga:

Cara Memainkan Game PS1 di PC

Untuk memainkan semua game Playstation 1 di PC, silahkan kamu download terlebih dahulu emulatornya.

Pilih salah satu dari beberapa emulator yang kami informasikan di atas. Sesudah itu, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Jika hasil download berupa RAR, silahkan ekstrak terlebih dahulu. Setelah muncul icon emulator, silahkan kamu klik atau buka.
  2. Instal aplikasi dengan mengikuti petunjuk yang sudah ada.
  3. Pastikan kamu mengunduh emulator lengkap dengan bios-nya. Jika tidak disertakan bios-nya, silahkan kamu unduh secara terpisah.
  4. Setelah aplikasi terinstal, silahkan masukkan bios ke dalam folder bios pada folder instalan emulator. Setelah itu, silahkan kamu buka emulator dengan mengklik dua kali.

Umumnya, bios yang sudah ditempatkan pada folder instalan, sudah secara otomatis akan terbaca. Jadi, kamu bisa langsung menggunakan emulator.

  1. Silahkan kamu siapkan game PS1 yang ingin dimainkan. Jika belum memilikinya, silahkan download terlebih dahulu. Informasi tempat download game PS1, sudah mudah ditemukan di Google.
  2. Jika game PS1 hasil download-an berbentuk RAR silahkan ekstrak terlebih dahulu. Maka akan keluar file game berbentuk ISO.
  3. Silahkan kamu mulai mainkan game melalui emulator. Pilih game tadi di tempat di mana kamu menyimpannya.

Cara Memainkan Game PS1 di Android

Seperti yang kami singgung di atas, selain di PC, kita juga bisa memainkannya di Android. Bagi yang penasaran ingin mencoba, silahkan kamu ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Silahkan pilih salah satu emulator PS1 terbaik untuk Android. Setelah itu, cari lalu unduh di Play Store.
  2. Silahkan pasang aplikasi di smartphone.
  3. Setelah terpasang, jangan dulu dibuka. Silahkan kamu unduh terlebih dahulu game PS1, atau bisa dengan memintanya kepada teman.

Selanjutnya, ekstrak game hingga muncul file game berbentuk ISO. Taruh file game tersebut di SD Card untuk nantinya dipindai dan dijalankan.

  1. Langkah nomor 3 di atas, bisa dilewati jika kamu sudah memiliki game PS1 di HP.
  2. Untuk memainkannya, silahkan kamu buka aplikasi. Setelah itu, pilih menu “Jalankan permainan” (menu menjalankan permainan akan berbeda-beda di setiap aplikasi). Kemudian, kamu pilih atau klik game yang akan dimainkan.

Sebagai informasi tambahan, game PS1 tergolong cukup besar. Artinya, akan memakan ruang penyimpanan. Jadi, siapkan SD Card dengan size yang besar, ya.

Emulator PS1 menjadi solusi bagi para gamer yang ingin bernostalgia memainkan game-game Playstation 1. Bagi yang kangen game-game jadul, yuk, unduh salah satu aplikasi di atas untuk memainkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Sniper Ghost Warrior 2 (2010)

7 Rekomendasi Game PC RAM 2GB

Deskripsi: Untuk gamer dengan perangkat yang pas-pasan, berikut ini rekomendasi Game PC RAM 2GB paling seru untuk dimainkan. Laptop dan PC gaming keluaran terbaru rata-rata telah memiliki minimal RAM 4GB.…
Selengkapnya
Game PS3

10 Rekomendasi Game PS3 Terbaik

Hadirnya berbagai game PS3 terbaik, menjadikan PlayStation 3 mampu menduduki puncak kejayaannya. Meski hadir PlayStation 4 dan PlayStation 5, namun deretan permainan PS3 seolah tidak dapat tergantikan. Pada awal kemunculannya,…
Selengkapnya