Cara Download Game PS2 dan PS3 di PC

Panduan Cara Download Game PS2 / PS3 di PC / Laptop Secara Cepat dan Mudah. Download Game PS2 / PS3 Favorit Anda dan Mainkan Sesuka Anda.


PS memang menjadi primadona sebagai vendor game offline. Daftar game yang dimilikinya pun sangat beragam dan bervariasi. Banyak game-game dari PS yang kemudian diadopsi di komputer atau PC.

Bukan hanya itu, beberapa di antara game yang ada di PS juga ada yang diangkat ke layar kaca. Game dari hasil adopsi acara di dunia nyata seperti Moto GP, Sepakbola, dll juga ada di sini.

Lalu, bagaimana cara download game PS2/ PS3 di PC? Berikut adalah cara yang bisa anda lakukan:

Cara Download Game PS 3

Cara download game ps3 di laptop

Anda bisa memainkan sejumlah game dari konsol Play Station (PS) lewat laptop atau PC. Salah satu konsol game terpopuler saat ini adalah PS 3.

Anda yang belum sempat membeli konsol game ini karena masalah biaya, atau tak sempat memilikinya karena telah kehabisan (karena kini telah muncul PS4), bisa memainkan game PS 3 jika memiliki PC atau laptop yang mumpuni.

Sebelum mendownload game PS 3, anda membutuhkan sebuah aplikasi bantuan bernama emulator. Emulator adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan anda untuk mengemulasi game-game yang ada dalam sebuah konsol seperti Play Station.

Emulator yang digunakan adalah Emulator PS 3 bernama RPCS3 – Playstation 3.

Langkah download game PS3 di Laptop/PC

Berikut ini adalah cara mendownload dan memainkan game PS 3 ke laptop atau PC anda.

  1. Langkah pertama adalah mengunduh aplikasi RPCS3. Setelah terunduh, install RPCS3 di laptop atau PC anda. Anda juga membutuhkan LLE Modules yang bisa anda cari terlebih dahulu di google (biasanya ada dalam instruksi penginstalan RPCS3).
  2. Jika sudah punya RPCS3 dan LLE Modules, yang anda perlu lakukan selanjutnya adalah menyalin (copy) folder bernama “dev_flash” yang berada di dalam LLE Modules ke dalam folder RPSC3.
  3. Lalu bukalah RPCS3 anda, pilih menu Config, kemudian settings. Centang 4 file dalam tampilan jendela yakni libresc.prx, librtc.prx, libsre.prx, dan libspurs_jq.prx.
  4. Pindah ke tab Graphic, dan pilih kartu VGA mana yang akan digunakan. Kemudian klik OK.
  5. Langkah selanjutnya adalah menyiapkan game PS3 yang ingin anda mainkan di laptop. Anda harus memiliki file game yang khusus untuk PS3. Ada berbagai situs yang menyediakan file game PS3 dan dapat diunduh secara gratis.
  6. Jika emulator dan Game sudah siap, maka kita kembali membuka aplikasi RPCS3. Biasanya pertama kali membuka aplikasi tersebut, maka akan diminta mendownload BIOS terlebih dahulu. Silahkan tekan “Yes” saja, karena nanti akan diarahkan pada link BIOS yang sesuai dengan pc atau laptop anda.
  7. BIOS sudah didapat lalu install dan pastikan letak BIOS sama dengan folder menyimpan file PSCS3.

Jika BIOS sudah terinstal, tutup aplikasi PSCS3 lalu buka kembali. Anda bisa memainkan game yang anda download tadi dengan membuka file lalu pilih “Load From”. Cari ROM game yang didownload, klik, dan anda bisa menikmati game.

Baca Juga:

Cara Download Game PS 2

Cara download game ps2

Selain PS3, anda juga bisa memainkan game-game versi sebelumnya dari Play Station, yakni Play Station 2 (PS2). Meski sudah lewat masa jayanya, masih banyak penggemar PS 2 dan game-game yang ada di dalamnya.

Tentu setiap orang memiliki selera yang berbeda-beda. Begitu juga dalam bermain game. Ada sebagian dari mereka yang sudah terlanjur cocok dan nyaman dengan PS2.

Mereka tetap memilih PS2 karena dirasa sudah cocok dan tidak perlu beradaptasi lagi dengan mode gaya bermain PS3/PS4 yang merupakan versi terbaru dan di atasnya.

Langkah download game PS2 di Laptop/PC

Bagi anda yang ingin bernostalgia memainkan game PS2 di laptop atau PC, berikut langkah-langkahnya:

  1. Sama seperti halnya PS3, di PS 2 ini anda juga memerlukan emulator. Emulator yang digunakan adalah PCSX2 –Play Station 2. Unduh dan instal terlebih dulu PCSX2 ke laptop anda. Atur juga PAD (jika anda bermain menggunakan keyboard), jika anda bermain menggunakan Controller atau stik PS2 tidak perlu mengaturnya.
  2. Jika sudah melakukan penginstalan PCSX2, maka jangan lupa untuk mengatur BIOS. Ekstrak file BIOS yang sudah didownload sebelumnya. Pada menu pemilihan Bios, klik browse lalu cari file BIOS-nya. Pilih refresh list dan gunakan BIOS yang ingin kamu gunakan.
  3. Langkah ketiga adalah mempersiapkan game yang akan dimainkan. Pastikan anda sudah mendownload ISO Game PS 2.
  4. Ada banyak sekali situs di internet yang menyediakan file ISO game PS 2, di antaranya situs CoolROM, RomsMania, dan PortalRoms. Anda bisa mendownloadnya secara gratis melalui situs-situs tersebut.
  5. Setelah mendownload ISO game PS 2 yang sudah anda tentukan, Buka kembali PCSX2, pilih menu CDVD, kemudian Iso selector dan cari file ISO gamenya.

Jika sudah ditentukan ISO gamenya, langkah selanjutnya adalah menjalankan game tersebut. Pilih menu System, kemudian Reboot CDVD (full) atau Reboot CDVD (fast). Setelah itu, game akan berjalan.

3 comments
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
situs download game gratis

Cara Download Game di Laptop

Informasi sepuat panduan cara download game di laptop / PC ringan. Situs untuk download game di laptop secara gratis, mudah dan Cepat. Sebagian besar orang menggunakan game untuk mengusir rasa…
Selengkapnya
Sniper Ghost Warrior 2 (2010)

7 Rekomendasi Game PC RAM 2 GB

Deskripsi: Untuk gamer dengan perangkat yang pas-pasan, berikut ini rekomendasi Game PC RAM 2 GB paling seru untuk dimainkan. Laptop dan PC gaming keluaran terbaru rata-rata telah memiliki minimal RAM…
Selengkapnya