6 Contoh Alat Musik Ritmis Tradisional, Modern, dan Cara Menggunakannya

Contoh Alat Musik Ritmis Tradisional, Modern dan Cara Menggunakannya – Untuk saat ini, banyak loh orang orang yang pengen banget bisa menggunakan alat musik. Karena memang semenyenangkan itu kalau kita bisa main musik.

Kayak, bisa dijadikan hiburan yang dimainkan saat sedang gundah atau galau. Nah sebelum belajar menggunakan musik, anda meski tahu dulu seputar alat musik.

Salah satunya adalah alat musik ritmis ya. Buat anda yang pengen banget belajar musik ritmis modern, kemudian yang tradisional, bisa banget nih simak ulasan kami berikut ini. 

Pengertian Alat Musik Ritmis

Jadi, bisa bermain musik sebenarnya nggak cuma membuat anda punya hiburan atau kegiatan ketika sedang galau. Melainkan juuga bisa membuat anda mempunyai kebangggan tersendiri. Apalagi jika anda bisa memainkannya secara sempurna.

Yang mana, ini akan membuat anda bisa terkenal, dan diundang di berbagai acara.  Menariknya, kalau sedang membahas alat musik, maka kita meski menentukan dulu jenis alat musik seperti apa yang mau dipelajari.

Dan untuk kali ini, yang kita bahas adalah alat musik ritmis modern dan juga tradisional, lengkap dengan cara menggunakannya ya. Kita akan bahas dari pengertian alat musik ritmis itu sendiri. Apa sih yang dimaksud dengan alat musik ritmis?

So, yang dimaksud dengan alat musik ritmis, adalah alat musik yang nggak menghasilkan suara. Wah, unik ya? Karena berbeda dengan alat musik lainnya yang biasanya pasti bakalan mengeluarkan nada.

Hal inilah yang membuat alat musik ritmis sangat sangat nggak bisa kalau dimainkan sendirian, sehingga ia membutuhkan teman. Nah yang menjadi catatan lainnya, alat musik ritmis juga mempunyai kaitan yang sangat serat dengan  ketukan dan birama.

Mungkin, bagi anda yang baru tahu pengertiannya saja sudah bingung dan beranggapan bahwasanya alat musik satu ini adalah alat musik yang susah buat dimainkan. Padahal sebenarnya nggak susah susah banget kok. Karena di dalamnya sudah tersedia tombol khusus yang bisa dimainkan.

Yang mana, tombol tombol tersebut khusus dibuat, agar bisa mengeluarkan nada. Nantinya, anda dapat memainkan alat musik tersebut sesuai dengan alat musik ritmis yang digunakan. Dan yang paling menariknya lagi, ada segudang fungsi dari alat musik ritmis itu sendiri.

Untuk fungsi yang paling umumnya adalah sebagai pengiring lagu. Bagi anda yang lagi bernyanyi, biasanya kan butuh yang namanya tambahan nih buat mengiri lagu tersebut, nah anda bisa menggunakan alat musik ritmis buat pengiringnya.

Hal ini karena alat musiknya telah ada nadanya, dan bisa banget buat bernyanyi. Bahkan, ketika anda bernyanyi kemudian diiringi dengan alat musik ini, jadinya bakalan lebih keren, dan lebih enak aja didengarnya. Fungsi yang kedua ialah bisa membuat instrumen menjadi lebih sempurna dan lebih lengkap.

Nah dengan demikian, anda bakalan lebih senang mendengarkannya. Yang berikutnya, adalah sebagai pergantian gerak koreografi, sebagai penanda bagian bagian tertentu pada lagu, sebagai penentu tempo, dan lain sebagainya.

Contoh Alat Musik Ritmis

Setelah mengetahui pengertian dari alat musik ritmis, anda pasti bertanya tanya dan sangat penasaran, apa saja sih contoh dari alat musik ritmis itu? Buat yang penasaran banget, bisa langsung simak beberapa contoh berikut ini ya.

Tifa

Ketika duduk di bangku sekolah, anda pasti pernah sekilas mendengar nama alat musik ritmis yang satu ini kan? Karena memang, ia menjadi salah satu pembahasan yang sangat menarik ketika duduk di bangku sekolah. Tifa merupakan alat musik yang berasal dari Papua, bagian Indonesia yang paling Timur.

Baca Juga :  5 Cara Membuat Kliping dengan Baik dan Benar

Namun, sebagai catatan, ia nggak cuma berasal dari Papua doang kok, tapi juga berasal dari Maluku, dan beberapa daerah Timur lainnya. Alat musik ritmis yang satu ini bisa dimainkan dengan dipukul. Kalau untuk bentuknya, agak mirip dengan gandeng, tapi dengan versi yang lebih panjang ya. 

Drum

Alat musik ritmis yang kedua adalah Drum. Beberapa di antara kita pasti sudah pada nggak asing lagi dengan alat musik yang satu ini. Ia merupakan alat musik yang sepaket ya, dan biasanya tiap drumnya pasti punya ciri khas suara yang berbeda beda.

Sebagaimana alat musik ritmis sebelumnya, drum juga bisa dimainkan dengan cara dipukul dengan menggunakan stik yang pada umumnya dibuat dari kayu. 

Gong

Yang selanjutnya adalah Gong. Yang mana, alat musik ritmis satu ini merupakan alat musik tradisional yang terkenal banget. Sebagaimana kedua alat musik ritmis yang sebelumnya, gong juga bisa anda mainkan dengan dipukul.

Ia dibuat dari leburan logam, sehingga suaranya akan sangat nyaring ketika anda pukul. Biasanya, ia digunakan sebagai pengiring tarian tradisional. 

Kendang

Kalau di Indonesia sendiri, Kendang adalah salah satu alat musik ritmis yang super terkenal. Untuk memainkannya, anda hanya perlu memukul bagian tengahnya doang. Alat musik yang satu ini dibuat dari kulit kerbau dan juga kulit kambing.

Bentuknya silinder, dan dibuat dengan berbahan dasar kayu. Biasanya, ia digunakan sebagai pengiring beberapa pertunjukan tradisional. Mulai dari wayang, ataupun yang lainnya.

Triangle

Contoh yang berikutnya adalah Triangle. Pernah mendengar nama alat musik ritmis yang satu ini? Mungkin, masih lumayan banyak yang asing dengan nama alat musik ini ya. Nggak masalah, karena dengan membaca ulasan ini anda menjadi tahu ada alat musik ritmis yang namanya adalah triangle.

Dan sebagai catatan, ia merupakan alat musik ritmis yang masuk ke dalam kategori modern. Sesuai dengan namanya, ia mempunyai bentuk segitiga, dan buat memainkannya, bisa dengan cara dipukul dengan stik khusus. 

Jimbe

Sementara contoh yang terakhir adalah alat musik ritmis yang bernama Jimbe. Jika alat musik yang sebelumnya merupakan alat musik modern, maka yang satu ini justru sebaliknya. Yakni sebuah alat musik tradisional, dan sebenarnya nggak asli dari negara kita loh.

Kalau untuk bentuknya, agak mirip dengan kendang. Hanya saja, untuk cara pemakaiannya, ialah dengan ditabuh pada bagian atasnya. Ia dibuat dengan menggunakan kulit binatang yang dijemur terlebih dahulu hingga kering.

Oke, gimana, menarik banget kan? Menarik banget kan pembahasan kita kali ini? Buat anda yang masih penasaran dengan alat musik ritmis yang sudah kita bahas di atas, bisa banget nih mulai mencari tahu lebih lanjut terkait dengan alat musik tersebut.

Karena sekarang, informasinya sudah lengkap kok di internet. Anda bahkan bisa mendapatkan informasi tentang semua alat musik tersebut dengan sangat mudah, dan hanya dalam waktu yang singkat. Oke demikian pembahasan kita kali ini, semoga bermanfaat, semoga membantu, dan selamat belajar alat musik ya.