Cek Penerima PIP Online 2023, Mudah Banget

Cek Penerima PIP Online 2023, Mudah Banget – PIP atau Program Indonesia Pintar merupakan salah satu program yang ditawarkan oleh pihak pemerintah.

Dan sangat sayang sekali, ternyata masih lumayan banyak yang belum tahu gimana cara cek penerima PIP online. Maka dari itu, bagi anda yang juga belum tahu gimana caranya, bisa simak ulasan kami berikut ini ya. 

Tentang PIP

Sebagaimana sudah dibahas sekilas sebelumnya, bahwasanya PIP ini merupakan salah satu bantuan dari pihak pemerintah. Dan kalau kita perhatikan, pihak pemerintah mulai sering memberikan banyak bantuan kepada masyarakatnya. Termasuk PIP ini.

Dan tentu saja, adanya bantuan model ini akan sangat membantu bagi mereka yang memang membutuhkannya. Nantinya, bantuannya bisa dalam bentuk uang, sehingga dapat dipergunakan sesuai dengan kebutuhan si anak atau si siswa yang mendapatkannya.

Buat anda yang mungkin belum menemukan atau mendapatkan bantuan, tampaknya harus tahu cek penerima PIP onlinnya deh. Dalam hal ini, anda akan menemukan apakah ada nama anda atau nggak di daftar penerimanya. Kan lumayan kalau misalnya ada.

Bisa buat tambah tambah biaya pendidikan ke depan. Namun sebelum membahas cara cek penerima PIP, kita akan bahas dulu nih seputar PIP itu sendiri. Karena tadi, kita baru bahas kulitnya saja.

PIP ini merupakan salah satu program yang ditawarkan oleh pemerintah untuk para siswa atau peserta didik, sesuai dengan nama program yang ditawarkan. Yang mana, bantuan ini akan diberikan kepada mereka yang berasal dari keluarga ekonomi ke bawah, atau kurang mampu, atau bisa juga rentan.

Nantinya, bantuan yang diberikan dalam bentuk uang tunai, kemudian akses yang dibutuhkan, kesempatan belajar, dan yang lainnya. Namun sayangnya, nggak semua siswa bisa mendapatkan kesempatan tersebut.

Adapun jenjang pendidikan yang bisa mendapatkan kesempatan PIP ini mulai dari jenjang yang paling rendah, yakni dari sekolah dasar, kemudian sekolah menengah pertama, sampai dengan sekolah menengah atas. So, bisa dikatakan adil, atau rata ya.

Untuk tujuan diadakannya program ini tentu tidak lain dan tidak bukan adalah untuk memberikan bantuan kepada para pelajaran yang kurang mampu.

Hal ini supaya pendidikan yang ada di tanah air bisa merata. Bukan hanya mereka yang berduit saja yang bisa mendapatkan kesempatan belajar, melainkan juga mereka yang tidak berduit juga. Yakni dengan menggunakan dan mengandalkan program dari pemerintah ini.

Dengan adanya peluang mendapatkan PIP, tentu sudah nggak ada lagi nih alasan anak anak kita bermalas malasan, tidak ingin belajar dan malas sekolah.

Dan kami tegaskan lagi ya, bahwasanya protam ini diberikan oleh pemerintah kepada mereka yang kurang mampu, atau ekonominya menengah ke bawah. Maka dari itu, jika anda memiliki rezeki yang berlimpah, tidak perlu ikuti mendaftar dan sampai memalsukan data hanya untuk mendapatkan kesempatan di PIP ini.

Karena bagaimanapun, ini adalah kesempatan mereka yang kurang beruntung dari segi ekonomi. Berikan kesempatan kepada mereka saja ya.

Nggak usah mengambil hak orang lain dengan berlagak kurang mampu. Karena secara tidak langsung, anda sedang mendoakan diri anda sendiri, agar menjadi orang yang tidak mampu, sehingga layak mendapatkan bantuan dari pemerintah tersebut. 

Kuota Siswa Penerima Program Indonesia Pintar 

Jika di bagian atas kami masih membahas jenjang mana saja yang bisa mendapatkan kesempatan program ini, maka yang berikutnya akan kami bahas nih berapa sih kuota siswa yang bisa mendapatkan program Indonesia pintar ini?

Jadi, sebagaimana sudah dijelaskan, bahwasanya program yang satu ini merupakan sebuah program yang rata. Dalam artian, semua jenjang pendidikan ada. Yakni dari yang sekolah dasar, hingga sekolah menengah atas. Dan masing masing jenjang diberikan kuota.

Berapa sih kuota yang diberikan oleh pihak pemerintah di tiap jenjangnya? Bagi yang penasaran, berikut ini merupakan kuota siswa penerima program indonesia pintar yang mesti diperhatikan bagi anda yang tertarik untuk mendaftar di kemudian hari. 

SD Sekolah Dasar

Untuk kita sekolah dasarnya ialah mencapai  ya 10.360.614 siswa

SMP Sekolah Menengah Pertama

Sementara untuk yang jenjang pendidikan sekolah menengah pertama, ada 4.369.968 siswa. 

SMA Sekolah Menengah Atas

Bagi yang di tingkat sekolah menengah atas, ada 1.367.559 siswa.

SMK Sekolah Menengah Kejuruan

Yang terakhir adalah bagi yang duduk di banngku pendidikan sekolah menengah kejuruan. Dengan jumlah kuota 1.829.167 siswa. 

Dari data tersebut, bisa dilihat bahwasanya kuota yang paling besar ada di sekolah dasar ya. 

Nah utnuk masing masing nominal bantuannya juga berbeda beda di tiap tingkatan. Sudah dipastikan, bahwasanya nominal yang diterima oleh mereka yang duduk di bangku sekolah menengah atas akan lebih besar dibandingkan dengan yang duduk di sekolah dasar.

Hal ini karena memang semakin tinggi tingkat pendidikannya, maka akan semakin besar pula kebutuhan pendidikan yang mesti dipenuhi. Adapun besaran bantuan yang diberikan oleh pemerintah kepada mereka yang duduk di bangku sekolah dasar ialah 450 ribu tiap semesternya.

Kemudian 750 ribu per semester bagi yang duduk di bangku sekolah menengah pertama, dan 1 juta untuk yang duduk di sekolah menengah atas, yakni per semester nya.

Cara Cek Penerima PIP 2023  

Oke, setelah membahas beberapa hal penting di atas, sekarang kita akan bahas yang nggak lebih penting dibandingkan dengan beberapa informasi sebelumnya ya. Yakni terkait dengan cara cek penerima PIP. Yang mana, informasi ini pasti menjadi salah satu informasi yang sejak tadi anda tunggu tunggu kan?

Tetap tenang, karena kami akan berikan panduan cara cek penerima PIP nya kok. Mudah, dan praktis pastinya. Bahkan, cara cek penerima PIP ini nggak bakalan memakan banyak waktu deh. Proses pengecekannya bisa dilakukan dengan memanfaatkan situsnya kementerian.

Dalam hal ini adalah kementerian pendidikan pastinya. Dalam proses pengecekan, atau cara cek penerima PIP nya, anda bisa menggunakan situs atau browser yang biasa digunakan. Kemudian, anda bisa mengakses situs kementerian di alamat https://pip.kemdikbud.go.id/home.

Nah kalau sudah, anda akan menemukan beberapa kolom data yang meksi disini. Silahkan isi semua data yang diminta oleh situs tersebut. Sesuai dengan kolomnya masing masing ya. Kayak bagian NISN, lalu tanggal lahir, dan yang lainnya. Isi dengan baik dan benar pastinya. Jika sudah, maka anda tinggal mengklik saja tombol cari. 

Dengan demikian, maka anda bakalan menemukan informasi di sana. Terkait dengan, apakah anda merupakan salah satu penerima bantuan program tersebut atau tidak. 

Nah gimana cara cek penerima PIP nya, gampang banget kan? Ya meskipun cara cek penerima PIP tersebut tergolong gampang, tetap saja masih banyak yang belum tahu gimana caranya. Maka dari itu, anda perlu memberikan informasi atau artikel ini kepada teman teman atau orang di sekitar anda.

Biar makin banyak nih yang bisa ngecek sendiri. Apakah mereka merupakan salah satu penerimanya atau tidak. Oke, demikian ulasan cara cek penerima PIP kali ini, semoga bermanfaat, semoga membantu, dan selamat mencoba ya.