Cara Screenshot HP OPPO dengan Mudah

Screenshot Layar Panjang

Deskripsi: Fitur screenshot sudah tersedia pada ponsel Oppo. Bila masih bingung mengoperasikannya, berikut cara screenshot Oppo yang mudah diaplikasikan.


Seiring perkembangan zaman, screenshot sudah menjadi fitur wajib yang ada pada setiap ponsel pintar.

Hal ini dikarenakan fungsinya yang sangat penting, seperti untuk membagikan halaman pada layar, mengabadikan ruang obrolan, atau bahkan menyimpan foto yang tidak bisa diunduh.

Fitur screenshot sendiri sudah tersedia pada jenis ponsel seperti Oppo. Cara menggunakannya juga mudah, tetapi tidak semua pengguna tahu bagaimana mengoperasikannya.

Berikut akan dijelaskan berbagai cara screenshot Oppo terlengkap yang bisa langsung diaplikasikan pada ponselmu.

1. Cara Screenshot HP OPPO yang Paling Umum

Cara Screenshot OPPO

Cara menangkap layar seperti ini adalah cara yang paling umum dilakukan oleh para pengguna ponsel pintar.

Sama seperti jenis smartphone lainnya, OPPO juga memungkinkan aktivitas menangkap layar dengan memanfaatkan tombol power dan volume.

Caranya cukup sederhana:

  1. Buka halaman yang ingin kamu simpan sebagai tangkapan layar.
  2. Tekan tombol Power dan Volume Turun secara bersamaan. Biasanya tombol Power pada ponsel Oppo ada pada bagian kanan, sedangkan tombol Volume berada di sebelah kiri.
  3. Tekan kedua tombol tersebut bersamaan selama kurang lebih 2 detik.
  4. Layar akan berkedip putih sesaat sebagai tanda proses menangkap layar sedang berlangsung. Bila tidak sedang dalam mode bisu, biasanya akan disertai suara seperti nada shutter kamera.
  5. Hasil tangkapan layar akan dipertunjukkan sesaat pada layar ponsel atau bisa juga langsung tersimpan sebagai file foto di galeri.

Cara screenshot Oppo paling mudah ini tidak hanya memanfaatkan tombol Volume Turun. Beberapa pengguna juga ada yang menggantinya dengan menekan tombol Power dan Volume Naik. Namun, cara seperti ini tidak berhasil pada beberapa tipe HP OPPO.

2. Screenshot Oppo dengan Tiga Jari

SS dengan Cara Swipe Down

Bila kamu kesulitan untuk menekan tombol Power dan Volume di saat bersamaan, kamu bisa mengganti cara menangkap layar tersebut dengan hanya menggunakan tiga jari saja.

Namun, sebelum itu pastikan kamu telah mengaktifkan fitur Quick Gesture di ponsel Oppo milikmu. Cara screenshot Oppo tiga jari ini tidak akan bekerja bila fitur tersebut belum diaktifkan.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pertama, masuk ke menu Settings (Pengaturan).
  2. Cari opsi Gesture and Motion (Gestur dan Gerakan).
  3. Aktifkan pilihan Screenshot 3 jari dengan cara menggeser bentuk lingkaran putih ke sebelah kanan atau sampai garis horizontal pada lingkaran tersebut berubah warna menjadi hijau.
  4. Bila sudah aktif, kamu bisa kembali ke halaman yang ingin disimpan sebagai tangkapan layar.
  5. Selanjutnya, hal yang perlu kamu lakukan hanyalah menggesekkan tiga jari tangan ke layar secara bersamaan. Ingat, kamu harus menggerakkan jarimu dari atas ke bawah, bukan sebaliknya karena memiliki fungsi yang berbeda.
  6. Layar akan berkedip putih sesaat dan akan disertai nada shutter kamera bila suara di ponselmu aktif. Hal ini menandakan proses perekaman layar sedang dilakukan.
  7. Bila sudah selesai, hasil tangkapan layar akan secara otomatis disimpan dalam bentuk file gambar. Kamu bisa memeriksanya langsung pada menu galeri yang tersedia.

Baca Juga:

3. Screenshot Layar Panjang

Screenshot Layar Panjang

Saat menemukan artikel yang bagus pada sebuah halaman website, tentu rasanya ingin menyimpan keseluruhan artikel tersebut untuk dibaca lagi di lain waktu.

Biasanya pengguna akan mengkhawatirkan satu tangkapan layar yang tidak bisa menyimpan keseluruhan artikel secara lengkap atau bila dilakukan berulang kali tentu akan sangat merepotkan.

Tenang, kamu sudah tidak perlu mengkhawatirkan hal itu lagi. Sekarang sudah tersedia fitur screenshot layar panjang pada ponsel Oppo yang memungkinkan penggunanya menyimpan tangkapan layar yang lebih panjang dari layar ponsel.

Penasaran? Berikut langkah-langkah cara screenshot Oppo panjang yang bisa langsung kamu praktikan:

  1. Buka halaman artikel yang ingin kamu screenshot panjang.
  2. Tangkap layar dengan menekan tombol Power dan tombol Volume Turun bersamaan atau usapkan tiga jarimu ke layar dari atas ke bawah bila telah mengaktifkan fitur Quick Gesture.
  3. Layar akan berkedip yang menandakan proses merekam layar sedang berjalan. Kamu hanya perlu menunggu sampai menu screenshot muncul di layar.
  4. Bila sudah muncul, silakan pilih opsi screenshot panjang untuk meneruskan hasil tangkapan layarmu.
  5. Gulir halaman ke bawah untuk menambah panjang tangkapan layar. Kamu bisa berhenti sampai pada bagian yang diinginkan.
  6. Setelah selesai, jangan lupa untuk klik Save (Selesai) untuk menyimpan hasil tangkapan layar panjang.
  7. Sama seperti hasil tangkapan layar dengan cara lainnya, hasil screenshot panjang juga akan disimpan dalam bentuk foto. Kamu bisa memeriksanya langsung melalui menu galeri yang telah tersedia.

Cara seperti ini tidak hanya digunakan untuk menyimpan artikel yang bagus. Pengguna juga bisa menggunakannya untuk menyimpan ruang obrolan yang panjang. Langkah-langkah di atas juga berlaku sebagai cara screenshot chat Oppo.

4. Screenshot OPPO dengan Aplikasi

Bila kamu terbiasa merekam layar dengan bantuan aplikasi, kamu juga bisa melakukan cara ini pada ponsel Oppo milikmu.

Kamu bisa pilih dan unduh aplikasi screenshot yang telah tersedia di Play Store. Biasanya, aplikasi screenshot akan memberikan fitur merekam layar yang lebih banyak dan beragam.

Kamu bahkan bisa menangkap layar hanya dengan menggoyangkan ponsel bila tombol screenshot aplikasi telah diaktifkan.

Cara screenshot Oppo pakai aplikasi ini bisa kamu coba dengan pilihan aplikasi seperti Screenshot Easy atau Screenshot Touch.

Itulah berbagai cara screenshot Oppo yang bisa dengan mudah kamu aplikasikan pada HP Oppomu. Mudah, bukan?

Kamu bisa pilih satu cara yang paling nyaman untuk kamu gunakan ketika ingin merekam sesuatu yang penting pada layar ponselmu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like