Cara Pesan GrabBike Melalui Ponsel dengan Mudah

Cara Pesan GrabBike Melalui Ponsel dengan Mudah – Beberapa tahun terakhir, nyaris semua orang sudah pernah menikmati layanan ojek online. Karena memang, beberapa tahun itu pula mulai bermunculan transportasi yang berbasis online.

Keberadaannya bahkan sudah mulai booming beberapa tahun terakhir. Yang mana, dengan adanya transportasi online, setiap orang bisa melakukan pemesanan kendaraan dengan sangat mudah dan cepat. Baik itu dalam bentuk motor ataupun mobil.

Bahkan untuk saat ini saja, sudah ada lebih dari 10 aplikasi yang bisa digunakan. Nah, salah satu aplikasi yang bisa digunakan adalah grab. Siapa sih yang nggak kenal dengan aplikasi grabbike? Yang notabenenya adalah rival dari pihak gojek?

Pasti hampir semua kita tahu, atau bahkan hanya sekedar kenal saja. Walaupun mempunyai nama yang sangat terkenal, namun tetap saja masih ada beberapa yang belum tahu bagaimana cara pesan grabbike melalui ponsel.

Oleh karena itu, kami akan membahas hal tersebut. Yang mana, ini akan membantu siapapun yang ingin mencoba menggunakan grab nantinya. 

Profil Aplikasi Grab

Sebelum membahas cara pesan grabbike melalui ponsel, tentu kurang afdhal rasanya jika kita tidak membahas tentang ataupun profil aplikasinya terlebih dahulu. Iya kan? Karena semakin kenal dengan aplikasinya, maka anda bakalan semakin yakin untuk menggunakannya.

Jadi, grabbike ini telah beroperasi beberapa tahun di tanah air, dan sudah tersebar di berbagai kota. Bahkan, sudah beroperasi nyaris di semua kota yang ada di Indonesia. Hanya saja, memang ada beberapa layanan yang masih tersedia terbatas, alias hanya bisa diakses oleh mereka yang tinggal se jabodetabek.

Tapi tenang, karena layanan yang paling pentingnya sudah tersebar di seluruh kota kok, dan beroperasi selama sehari semalam, alias selama 24 jam setiap harinya. Sehingga akan membuat siapapun merasa terbantu ketika akan menggunakan layanan grabbike yang ditawarkan.

Grabbike merupakan sebuah layanan transportasi online yang menjadi kompetitor terbesarnya gojek. Kalau untuk jumlah armada atau drivernya sudah pasti sangat banyak. Selain itu, setiap harinya juga ada banyak sekali orang orang yang menggunakan layanan mereka.

Hal ini karena harga yang ditawarkan oleh pihak aplikasi masih tergolong sangat terjangkau. Belum lagi ditambah dengan diskon ataupun promo yang diadakan. Sehingga, nggak usah khawatir kalau masalah tarifnya.

Apalagi, tarif yang ditawarkan sangat transparan. Dalam artian, sebelum memesan, anda sudah bisa melihat sendiri berapa tarif atau ongkos yang nantinya akan dibayar.

Yang mana, jika anda merasa cocok dengan tarif tersebut, tinggal melakukan pemesanan, dan bisa melakukan pembayaran ketika sudah sampai, sesuai dengan yang tertera. Sementara jika merasa tarif tersebut terlalu mahal, maka anda tidak perlu melakukan pemesanan. Gampang banget kan?

Cara Pesan GrabBike melalui Ponsel

Berikut ini merupakan beberapa cara pesan grabbike melalui ponsel yang bisa anda lakukan:

Download aplikasi

Ketika akan melakukan pemesanan, maka hal pertama yang meski dilakukan adalah dengan mendownload aplikasi grabbikenya terlebih dahulu. So, cara mendownloadnya sangat mudah. Karena tidak kalah mudahnya dengan cara mendownload aplikasi aplikasi lain.

Hanya saja, anda meski memastikan bahwasanya ponsel anda memang sudah kompatibel dengan grab bike, ataupun sebaliknya. Misal, ponsel yang sudah didukung oleh aplikasi ialah android dan iOS. Jika ponsel anda menggunakan salah satu sistem operasi tersebut, maka bisa langsung mendownload aplikasinya.

Caranya, silahkan pergi ke aplikasi yang biasa digunakan untuk mendownload aplikasi sebagaimana biasanya. Kalau bagi yang menggunakan iOS, maka anda bisa menggunakan aplikasi app store, sementara yang menggunakan android, dapat menggunakan google play store.

Jika sudah terbuka aplikasinya, anda bisa pergi ke menu pencarian, dan ketikkan nama aplikasi yang sedang dicari. Dalam hal ini, anda bisa mengetikkan tulisan ‘grabbike’.

Dengan demikian, maka aplikasinya bakalan muncul. Tinggal klik pada aplikasi grabbike yang sudah terlihat pada layar, kemudian klik tulisan ‘install’. Kemudian tunggu sampai proses download dan instalasi selesai. Kalau sudah, ikuti langkah berikutnya ya. 

Daftar atau buat akun

Anda hanya bisa melakukan pemesanan ketika sudah mempunyai akun. Maka dari itu, silahkan buat akun atau daftar akun terlebih dahulu. Yakni dengan membuka aplikasi grab yang sudah terdownload pada ponsel. Kemudian, pergi ke menu ‘login with facebook’.

Masukkan email ataupun nomor telepon yang anda gunakan, lengkap dengan sandi facebooknya. Kemudian lanjutkan dengan mengklik tombol masuk. Dengan demikian, maka pihak aplikasi bakalan langsung melakukan verifikasi ke akun facebook tersebut.

Berikutnya, klik tombol continue. Kemudian tinggal lengkapi data yang diminta. Seperti nama lengkap, nomor telepon yang akan digunakan, hingga alamt email.

Setelah itu, pihak aplikasi akan melakukan verifikasi lagi, namun yang kali ini verifikasinya ke nomor telepon. Jangan lupa untuk memasukkan kode yang diberikan ke aplikasi, tepatnya ke kolom yang sudah tersedia. 

Cara Pesan GrabBike

Nah jika sudah selesai mendownload aplikasi, dan sudah membuat akun, maka lanjutkan dengan cara berikut. Namun sebelumnya, anda meski tahu juga bahwasanya aplikasi grabbike ini merupakan aplikasi yang bukan hanya menyediakan layanan grabbike atau layanan kendaraan motor saja.

Tapi juga ada layanan grab car, alias yang mobile. Maka ketika akan menggunakan aplikasi, bisa anda pertimbangkan dahulu akan menggunakan layanan yang mana. Keduanya sama sama menguntungkan kok.

Namun kalau berbicara tentang mana yang paling menguntungkan, maka berdasarkan pengalaman penulis, ialah dengan menggunakan yang mobil ya. Apalagi jika anda akan mengendarai atau memesannya untuk beberapa orang.

Karena nantinya, tarif yang sudah diberikan tinggal dibagi saja dengan berapa personil anda yang ikut. Cara pesan grabbike melalui ponsel pertama adalah dengan membuka aplikasi yang sudah terinstall pada ponsel. Kemudian, anda bisa melanjutkannya dengan mengklik pada ikon layanan grabbike.

Dengan demikian, maka pihak aplikasi bakalan langsung mendeteksi dimana lokasi anda saat itu. Hal ini agar memudahkan pihak drivernya ketika akan melakukan penjemputan.

Kalau anda merasa lokasi yang sudah dimasukkan oleh pihak aplikasi masih kurang pas, atau lokasi yang dideteksi masih kurang tepat, maka anda bisa kok memasukkannya secara manual. Dan jangan lupa untuk memasukkan alamat tujuannya juga ya.

Keduanya dapat dimasukkan pada kolom yang tersedia. Nah dengan demikian, maka pihak aplikasi bakalan memberikan estimasi biaya yang nantinya meski dibayarkan kepada pihak drivernya. Kalau misalnya anda merasa cocok dengan harga yang diberikan, maka tinggal klik saja tombol next.

Setelah itu, tunggu beberapa saat. Karena pihak grab akan melakukan pencarian driver yang kiranya paling dekat dan bisa mengantarkan anda dan teman teman ke lokasi tujuan. Kalau misalnya sudah ketemu drivernya, maka pihak aplikasinya juga akan memberikan informasi tentang pengemudi yang akan mengantarkan anda.

Tinggal pantau saja drivernya lewat maps yang ada. Di sana, anda bisa melihat apakah drivernya masih jauh atau sudah dekat. Jika sudah dekat, jangan lupa untuk menunggu di depan saja ya. Agar memudahkan pihak driver. Dan mempercepat prosesnya.

Dan biasanya, pihak driver bakalan menghubungi anda kok. Yakni untuk menanyakan lokasi yang lebih tepatnya. Misal, rumah cat apa, nomor berapa, dan yang lainnya. Sekarang, anda hanya perlu menunggu drivernya sampai ke titik penjemputan saja. Selesai deh. Gampang banget kan?

Penutup

Oke itulah dia sekilas tentang cara pesan grabbike melalui ponsel dengan cukup mudah dan cepat. Lengkap dengan informasi tentang aplikasi, dan cara membuat akun.  So, silahkan langsung download aplikasinya menggunakan layanan yang ada ya.

Sebagai tambahan, ada segudang layanan yang tersedia di dalam aplikasi. Jadi, selain bisa menikmati layanan kendaraan onlinenya, anda juga bisa kok menikmati layanan pemesanan makanan online, atau yang lainnya. Demikian, semoga bermanfaat, semoga membantu, dan selamat mencoba ya.

Baca Juga :