Cara Meredupkan Layar Komputer

Cara Meredupkan Layar Komputer

Deskripsi: Ketahui beberapa cara meredupkan layar komputer. Mengingat setiap komputer memiliki cara yang berbeda-beda, simak pembahasannya di sini.


Ketika menggunakan komputer terkadang beberapa orang lebih suka dengan tampilan layar yang sangat terang. Ada juga yang lebih suka menggunakan layar yang kurang terang.

Masalahnya terkadang setelah dipakai orang lain, layar jadi terlalu terang. Oleh karena itu Anda perlu tahu cara meredupkan layar komputer dengan berbagai teknik.

Mungkin Anda akan terkejut karena beberapa caranya tidak lazim seperti yang sering dilakukan. Sebab memang ada trik-trik khusus jika Anda ingin meredupkan tingkat kecerahan layar komputer.

Setelah tahu trik ini, Anda bisa mencobanya untuk mengatur layar yang lebih redup lagi.

1. Meredupkan Layar dengan Tombol Keyboard

Cara meredupkan layar komputer Lewat Monitor

Salah satu kelebihan dari komputer PC adalah Anda bisa menggunakan beberapa tombol langsung untuk mengatur kecerahan layar. Biasanya lokasi tombol-tombol ni terletak pada bagian bawah layar komputer atau bagian samping.

Cara meredupkan layar komputer dengan teknik ini juga sangat mudah sekali. Sebab Anda tinggal memencetnya saja maka secara otomatis akan berubah.

Secara umum biasanya pada PC tidak memungkinkan untuk melakukan pengaturan pencahayaan lewat sebuah software.

Saat ini beberapa komputer telah menyediakan software khusus yang bekerja seperti laptop. Anda bisa mengatasinya dengan mudah tanpa harus mencari terlebih dahulu tombol-tombolnya lewat bantuan software ini.

2. Meredupkan Lewat Menu Personalize

Menu Personalize

Cara selanjutnya adalah dengan memanfaatkan menu pengaturan personalize yang ada pada Windows 7.

Jika Anda sering melakukan pergantian wallpaper layar, maka tentunya sudah tidak asing dengan menu pengaturan ini.

  • Caranya masuk terlebih dulu ke halaman awal Windows pada komputer Anda.
  • Setelah itu arahkan kursor mouse pada semua area yang kosong tanpa ada shortcut.
  • Kemudian klik kanan dan secara otomatis akan muncul kotak dialog dengan beberapa menu pilihan.
  • Tahap selanjutnya langsung saja Anda klik tulisan “Personalize” untuk melakukan penyesuaian tingkat kecerahan layar komputer.
  • Kemudian jika sudah masuk ke dalam menu Personalize, carilah kembali tulisan “Display”. Lokasi menu ini biasanya terletak di sekitar pojok kiri bawah. Pada menu inilah Anda akan menemui beberapa pengaturan tingkat kecerahan layar komputer.
  • Untuk bisa mengatur tingkat kecerahan layar komputer, Anda bisa mengklik tulisan “Adjust Brightness”.

Ini merupakan cara manual untuk melakukan penyesuaian pada tingkat kecerahan layar komputer. Hasilnya juga bisa lebih maksimal dan bisa Anda atur sesuai dengan selera.

3. Menu Klik Kanan Windows 10

Cara meredupkan layar komputer Klik Kanan Windows 10

Nah mungkin Anda bertanya-tanya lalu bagaimana cara meredupkan layar komputer untuk Windows 10. Sebab di dalam menu “Personalize” Windows 10 tidak terdapat pilihan pengaturan kecerahan komputer.

  • Caranya Anda bisa mengarahkan kursor ke lokasi yang kosong di halaman Windows awal.
  • Kemudian klik kanan maka akan muncul menu-menu termasuk menu Personalize.
  • Tapi pada Windows 10 ini Anda tidak akan menggunakan Personalize. Namun perhatian tulisan tepat di atas Personalize dengan kata “Display Setting”. Pada menu inilah Anda baru bisa melakukan penyesuaian tingkat kecerahan layar komputer.
  • Setelah Anda mengklik tulisan “Display Setting” maka akan muncul halaman menu pengaturan yang cukup lengkap sekali. Bahkan pada Windows 10 ini Anda bisa mengatur kecerahan layar dengan beberapa tipe seperti night light, resolution, scale dan layout dan lain-lain.
  • Jika Anda hanya ingin fokus untuk mengatur kecerahan layar komputer, maka carilah tulisan “Brightness and Color” dan setelah itu “Change Brightness”.
  • Aturlah kecerahan layar Windows 10 sesuai dengan selera dan kenyamanan Anda.
  • Terakhir Anda tidak perlu melakukan penyimpanan pengaturan.

Karena secara otomatis pengaturan kecerahan yang baru sudah diaplikasikan, Anda bisa langsung saja keluar dari menu pengaturan tersebut.

4. Lewat Shortcut Windows+X

Lewat Shortcut Windows+X

Jika ingin cara yang jauh lebih simpel dan cepat, Anda bisa menggunakan kombinasi tombol di keyboard atau disebut juga dengan shortcut.

Untuk cara ini Anda bisa aplikasikan hampir pada semua versi Windows.

  • Pertama langsung saja Anda klik secara bersamaan kombinasi tombol ”Windows + huruf X”. Secara otomatis akan muncul beberapa pilihan menu.
  • Carilah menu dengan tulisan “Mobility Center”. Perlu diperhatikan bahwa pada beberapa versi Windows tidak ada tulisan tersebut. Tapi diganti dengan tulisan “Windows Mobility Center” dengan isi menu yang sama.
  • Klik saja tepat pada tulisan tersebut untuk mengatur kecerahan layar komputer.

Setelah Anda klik maka akan muncul kumpulan beberapa pengaturan dasar komputer. Ada beberapa pilihan di dalam menu ini seperti pengaturan pencahayaan, pengaturan suara, sinkronisasi komputer, pengaturan baterai, external display dan juga proyektor.

  • Untuk melakukan pengaturan tingkat kecerahan pilih saja pada tulisan “Display Brightness”.
  • Maka, akan terlihat sebuah jarum besar yang bisa Anda geser ke kanan dan ke kiri. Menggeser ke kanan akan meningkatkan kecerahan dan ke kiri akan menurunkan kecerahan.
  • Sesuaikan saja dengan apa yang diinginkan.
  • Jika sudah selesai dan cocok, Anda bisa langsung menutup menu tersebut.

Cara ini menawarkan tampilan pengaturan yang lebih sederhana dibandingkan cara sebelumnya.

5. Memanfaatkan Tombol Fn+Simbol Kecerahan

Memanfaatkan Tombol Fn+Simbol Kecerahan

Ada juga cara dengan menggunakan tombol Fn+ simbol kecerahan. Setiap komputer memiliki kombinasi tombol Fn yang berbeda-beda.

Biasanya lokasi kombinasi tombol ini sama dengan beberapa tombol F1, F2, F3 dan seterusnya. Jika Anda perhatikan maka akan terlihat sebuah simbol kecil-kecil pada tombol itu.

  • Carilah simbol dengan bentuk seperti matahari bersinar dan meredup. Karena setiap komputer memiliki lokasi tombol yang berbeda-beda. Ada yang menempatkannya pada F5 dan F6, ada yang berada di F8 dan F9 dan lain-lain. Jadi Anda harus mencarinya sendiri.
  • Kemudian tekan tombol tulisan Fn + simbol matahari redup untuk mengurangi kecerahan dan matahari cerah untuk meningkatkan kecerahan.

Cara ini paling disukai karena sangat mudah dan cepat. Namun sayangnya tidak semua komputer memiliki sistem tombol Fn.

6. Menggunakan Slider Windows 10

Cara meredupkan layar komputer Slider Windows 10

Cara meredupkan layar selanjutnya ini cukup unik dan tidak terduga. Ternyata Anda bisa saja memanfaatkan gambar baterai yang ada pada pojok bawah layar komputer Windows 10.

  • Arahkan kursor mouse menuju ke simbol baterai atau slider yang ada di sisi bawah dan klik saja simbol tersebut.
  • Nah jika sudah Anda klik, maka akan muncul menu informasi baterai. Tepat di bawahnya ada pengaturan mengenai kecerahan layar komputer.
  • Klik saja pada menu tersebut dan Anda bisa langsung mengatur kecerahan sesuai dengan selera. Namun ini biasanya berkaitan dengan mode penggunaan baterai. Semakin cerah maka konsumsi baterai semakin tinggi begitu juga sebaliknya.
  • Jika tidak bisa Anda geser,pilih saja “Best Battery Life” untuk menurunkan kecerahan dan “Best Performance” untuk layar yang sangat cerah.

7. Slider Windows 7

Slider Windows 7

Cara seperti di atas juga bisa Anda lakukan pada Windows 7. Caranya sangat mudah sekali yaitu ikuti beberapa arahan di atas sampai muncul menu informasi baterai.

Nah pada menu informasi baterai ini ada dua tulisan yang bisa Anda klik. Pilih saja pada tulisan “Adjust Screen Brightnes” untuk mengatur kecerahan layar.

Penting sekali mengetahui beberapa cara meredupkan layar komputer. Mengingat setiap komputer memiliki cara yang berbeda-beda. Setelah tahu beberapa cara di atas, Anda bisa mencobanya satu persatu.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Rumus Rata-rata Excel

Deskripsi: Belajar Rumus Rata-rata Excel: Fungsi Average / Fungsi AVERAGE pada Data Teks atau Kosong / Rumus Manual Rata-rata Excel. Fungsi rata–rata atau average pada Excel merupakan salah satu fungsi…
Selengkapnya
Cara Aktivasi Windows 7

Cara Aktivasi Windows 7

Deskripsi: Cara Aktivasi Windows 7 Secara Permanen. Aktivasi Win 7 Ultimate 32 Bit/64 Bit dengan Product Key atau Serial Key Windows 7. Meski dikeluarkan sekitar sepuluh tahun lalu oleh perusahaan…
Selengkapnya