Cara Menjaga Keamanan Data Pribadi

Cara Menjaga Keamanan Data Pribadi – Belum lama ini, publik digemparkan dengan sosok bernama Bjorka. Yang notabenenya telah berhasil membobol dan membagikan data data pribadi beberapa petinggi negara. Mulai dari presiden, kemudian gubernur DKI Jakarta, dan yang lainnya.

Selain momen tersebut, ada juga waktu dimana banyaknya kebocoran data terjadi. Dan kasus model inilah yang telah membuat banyak orang mulai aware akan keamanan data data pribadi mereka. Hal ini bertujuan agar data data yang dimiliki tidak sampai bocor.

Karena jika sampai bocor dan jatuh ke tangan orang yang tidak bertanggung jawab, data tersebut bisa disalahgunakan, yang pada akhirnya akan menimbulkan berbagai macam kerugian.

Lantas, bagaimana sebenarnya cara menjaga keamanan data pribadi di era kini? Buat yang penasaran dan belum tahu bagaimana caranya, dapat simak, dan pahami beberapa cara berikut. 

Pengertian data pribadi

Oke, sebelum kita membahas seputar cara menjaga keamanan data pribadi, sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan data pribadi itu? Ya, kita akan bahas pengertiannya terlebih dahulu.

Berdasarkan situs katadata.id, yang merupakan saduran dari draft Rancangan Undang Undang Perlindungan Data Pribadi, bahwasanya yang dimaksud dengan data pribadi ialah setiap data mengenai kehidupan seseorang.

Baik itu data yang teridentifikasi atau dapat diidentifikasi secara tersendiri, atau dikombinasikan dengan informasi yang lainnya. Baik itu secara langsung maupun tidak langsung lewat sistem elektronik atau non elektronik.

Nah berdasarkan pengertian tersebut, kira kira apa saja yang termasuk data pribadi? Tentu, ada lumayan banyak data pribadi. Mulai dari kartu identitas, kemudian nama, nomor telepon, nomor kartu identitas, nama orang tua, alamat rumah, dan yang lainnya.

Dan yang menjadi perhatian saat ini adalah, password media sosial yang anda miliki juga termasuk ke dalam salah satu data pribadi yang mesti dilindungi. Mengapa demikian? Ya karena ketika ada orang lain yang mengetahui password media sosial anda, ia bisa melakukan hal hal yang tidak baik lewat akun anda.

Melakukan penipuan misalnya. Maka dari itu, usahakan untuk selalu melindungi semua data pribadi dengan baik. Nah yang menjadi pertanyaannya adalah, seberapa pentingnya kah melindungi atau menjadi data pribadi? Tentu, sangat penting ya.

Dan semua orang meski melindungi dan menjaganya sebaik mungkin. Karena menurut Dirjen Aplikasi dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, ada banyak sekali alasan mengapa melindungi data pribadi menjadi hal yang sangat penting dilakukan oleh siapapun.

Dan yang paling disayangkan, tidak sedikit masyarakat indonesia yang menyadari hal tersebut. Lantas, apa saja manfaatnya? Tentu, yang pertama adalah untuk menghindari adanya ancaman akan pelecehan seksual, kekerasan berbasis gender online, perundungan online, dan yang lainnya.

Kemudian, untuk mencegah adanya penyalahgunaan data pribadi oleh pihak pihak yang tidak memiliki tanggung jawab, dan ini juga bisa melindungi anda dari terjadinya pencemaran nama baik.

Bagaimana, sangat krusial kan? So, usahakan untuk selalu menjaga data data pribadi semaksimal mungkin. Karena dengan melindunginya sebaik mungkin, maka akan ada hal hal buruk yang bisa dihindari.

Cara menjaga keamanan data pribadi

Setelah kita membahas pengertian dari data pribadi dan seberapa penting menjaganya, sekarang kita baru akan membahas mengenai cara menjaga keamanan data pribadi. Karena kurang lengkap rasanya jika membahas data pribadi tapi tidak membahas bagaimana cara menjaganya.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Aplikasi Keuangan PC Terbaik

Berdasarkan situs tirto.id, menurut kemenkominfo dan siberkreasi, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan oleh tiap orang untuk menjaga data data pribadi mereka supaya tetap aman.

Gunakan kata sandi yang susah dan menggantinya secara rutin

Untuk cara menjaga keamanan data pribadi pertama, ialah dengan menggunakan kata sandi yang agak susah, dan juga menggantinya secara rutin. Cara satu ini merupakan cara paling sederhana, dan paling mudah dilakukan. Namun kerap luput dari perhatian orang orang.

Pentingnya membuat sandi yang susah atau sulit ini bisa anda buat dengan mengkombinasikan simbol, tanda baca, angka, huruf kapital, dan huruf kecil ya. Dan inilah alasan mengapa membuat kata sandi dengan menggunakan tanggal lahir dan sama sangat tidak dianjurkan.

Kemudian, jangan lupa juga untuk mengganti kata sandi akun media sosial anda secara rutin atau berkala. Supaya tidak mudah lupa, kami sarankan anda buat mencatat tiap kali mengganti sandi yang baru. Agar tidak sampai lupa dan salah memasukkan sandi pastinya. 

Gunakan kata sandi yang berbeda

Adapun cara yang kedua adalah dengan menggunakan kata sandi yang berbeda pada tiap akun. Alasannya sederhana, yakni agar ketika ada satu akun yang diretas, akun lain tidak ikuti diretas, sebab anda menggunakan kata sandi yang berbeda.

Meskipun tergolong agak sepele, siapa sangka jika ternyata nyaris semua orang justru membuat satu sandi untuk banyak akun. Iya kan? Maka, cobalah untuk membedakan sandi antara satu akun dengan yang lain. 

Perhatikan url yang digunakan

Cara menjaga keamanan data pribadi yang berikutnya adalah dengan memperhatikan alamat url lewat lampiran email dan juga situs yang anda kunjungi. Hal ini untuk memastikan bahwasanya situs yang dimasuki adalah situs yang aman. Karena tidak bisa dipungkiri, ada beberapa situs yang bisa dan mau mencuri data data anda. 

Tidak memberikan informasi pribadi 

Sayangnya, masih cukup banyak orang orang yang dengan sukarela memberikan informasi mengenai data data pribadi mereka ke media sosialnya. Iya kan? Terlebih lagi ketika ada trend trend beberapa tahun lalu. Salah satunya adalah trend untuk menyebutkan nama panggilannya.

Meskipun terkesan dan terlihat remeh, namun ketahuilah bahwasanya ini juga termasuk salah satu kegiatan membeberkan atau membocorkan data pribadi ke muka umum. So, jangan asal ikut trend ya. 

Nah bagaimana, cukup mudah kan? Yes, cara menjaga keamanan data pribadi di atas memang tergolong mudah. Namun tetap kerap luput dari perhatian tiap orang.

Dan sekarang, cobalah untuk memperhatikan dan memperhatikan beberapa cara di atas. Demikian pembahasan kali ini. Semoga bermanfaat, dan selamat mencoba.