Cara Menggunakan Ok Google Bahasa Indonesia

Cara Menggunakan Ok Google Bahasa Indonesia – Tahukah anda, bahwa Google merupakan search engine terbesar, plus terpopuler se dunia. Di mana, pihak Google terus menerus melakukan perbaikan, menambahkan pembaharuan, dan yang lainnya, demi menarik perhatian semua orang.

Nah, salah satu pembaharuan yang dilakukan oleh pihak Google ialah dengan menghadirkan Ok Google, yang bisa digunakan oleh siapapun. Layanan menarik ini merupakan layanan mesin pencarian dengan menggunakan suara.

Dan sebagai pengguna setia Google, anda pasti sudah tidak asing lagi kan dengan layanan suara yang ditawarkan mereka.

Tapi sebenarnya, bagaimana cara menggunakan Ok Google bahasa Indonesia, kemudian apa saja sih kelebihan menggunakan layanan ok Google dibandingkan dengan mencarinya sendiri di Google? Buat yang penasaran, silahkan simak penjelasan berikut. 

Cara menggunakan Ok Google

Gencarnya pihak google melakukan iklan komersial, tentu membuat banyak orang tertarik dan ingin menggunakan produk produk mereka. Termasuk produk ok Google ini. Teknologi canggih yang ditawarkan memang patut diapresia, dan dicoba oleh semua orang.

Sebelum menggunakan layanan ok Google, anda meski memastikan bahwasanya aplikasi Google yang sudah terpasang pada ponsel adalah yang versi terbaru. Jika ingin memperbaharuinya, maka bisa dilakukan hanya dengan mengandalkan google play store saja.

Di mana, anda bisa banget membuka aplikasi Google App, kemudian pilih yang ikon dengan huruf G warnanya adalah warna ciri khasnya pihak Google, di bagian kiri, terdapat menu, pilih yang ikon berbentuk garis tiga buah. Pilih setelan, kemudian klik suara, klik lagi di bagian deteksi ok Google.

Jika sudah selesai memastikan bahwa aplikasi Google pada ponsel adalah versi terbaru, sekarang anda bisa mencentang pada tulisan dari Google App. Sekarang, kita akan mengaktifkan oke Googlenya ya. Silahkan berikan tanda centang ada di samping tulisan ‘dari semua layar’ ataupun selalu aktif.

Kemudian masukkan model suara anda ke google. Sebagai catatan, pihak android biasanya mempunyai fitur perintah suara bawaan. Sehingga, ketika anda sudah mengaktifkan setelan ‘dari semua layar’ ini akan membuat layanan perintah suara yang lainnya tidak lagi bisa berfungsi.

Sama sekali. Kita ambil contoh bagi yang menggunakan Samsung S6. Jadi, ponsel tersebut sudah menyediakan sebuah layanan perintah suara, yakni S-Voice, dengan menggunakan Hi Galaxy.

Maka, ketika anda sudah mengaktifkan yang ok google dengan memilih setelan yang dari semua layar, maka layanan bawaan dari Samsungnya tidak akan lagi berfungsi seperti biasa. Gampang kan? 

Syarat menggunakan ok Google

Jadi, selain meski mengetahui cara menggunakan Ok Google, anda juga meski mengetahui apa saja sih syarat menggunakan layanan ok Google tersebut? Karena ini akan sangat membantu siapapun yang mungkin, nantinya akan menggunakan layanan Ok Google.

Karena jika sudah mengetahui syarat yang diharuskan, dan ternyata perangkat anda tidak mendukung, anda tidak perlu lagi repot repot buat memaksakan perangkat. Iya kan?

Syarat pertama ialah google App yang terpasang pada ponsel meski di atas yang versi 3.5. Kemudian, ponsel ataupun tabel meski menggunakan sistem operasi paling tidak v4.4.

Berikutnya, anda juga meski mengaktifkan setelan aktivitas suara dan radio agar bisa memberikan perintah kepada si Googlenya. Kabar baiknya, ada banyak sekali perintah yang bisa anda berikan kepada pihak Google. Kalau mau menggunakannya, anda dapat memberikan perintah saja. 

Baca Juga :  10 Rekomendasi Aplikasi Recording Android Terbaik dan Ringan

Daftar perintah yang ada pada layanan

So, ada banyak sekali perintah perintah menarik yang akan dibantu oleh pihak Google. Dalam hal ini, ada yang namanya perinya khusus untuk aplikasi, kemudian ada juga perintah umum, dan yang lainnya. Anda bisa menggunakan layanan perintah manapun, yang kiranya sesuai kebutuhan.

Jika ingin menggunakan yang layanan perintah umum, bisa banget, begitupun layanan perintah khusus. Contohnya apa saja? Berikut adalah beberapa contohnya. 

Perintah Umum

Untuk layanan perinta yang memang paling ramai, dan sering kali digunakan oleh para pengguna layanan perintah umum.

Contohnya, ketika anda sedang mencari resep masakan rumahan yang lezat, kemudian bertanya apa sih yang dimaksud dengan global warming, dimana letak supermarket terdekat, siapa nama penulis buku Harry Potter, siapakah ayah dari presiden, sampai kapan presiden menjabat, berapa lama presiden menjawab, dan yang lainnya.

Ada banyak sekali perintah dan pertanyaan umum yang anda berikan. Nah nantinya, pihak Google bakalan langsung melakukan perintah yang diberikan. Jika menggunakan pencarian google biasa, maka anda meski mengetikkan apa yang sedang anda cari.

Sementara jika menggunakan layanan Ok Google, itu artinya anda hanya perlu mengucapkannya saja, tanpa harus repot repot buat mengetikkannya kembali. 

Perintah khusus

Secara umum, yang dinamakan dengan perintah khusus adalah perintah yang anda berikan kepada pihak Google saat ia akan melakukan pekerjaan yang berkaitan dengan aplikasi. Misalnya nih, mengirimkan pesan lewat wa, atau lewat aplikasi apapun.

Dan untuk melakukannya, anda meski menyebutkan bagian nama aplikasinya ya. Misal, ketika anda mau memberikan perintah untuk menscan tanda terima di sebuah aplikasi. Maka tinggal katakan saja, ‘ok Google, scan terima di (nama aplikasinya).

Hanya dengan demikian saja, pihak aplikasi bakalan langsung membukakan aplikasi yang anda sebutkan tadi, kemudian langsung mencari bagian scan tanda terima. Bukankah ini sangat mudah? Jika ingin memberikan perintah, silahkan berikan yang spesifik.

Agar pihak Google langsung membukakan aplikasi, dan melakukan perintah sesuai dengan anda inginkan. Karena jika anda hanya memberikan perintah secara global, maka aplikasi hanya sebatas membukakan aplikasi yang anda sebutkan, kemudian menawarkan beberapa pilihan yang bisa anda sesuaikan lagi dengan kebutuhan.

Layanan layanan keren ini patut digunakan dan dicoba oleh semua pengguna setia Google ya. Karena memang semudah dan semenarik itu. 

Nah bagaimana, sudah jelas ya? Nantinya, tinggal lihat dahulu apakah perangkat yang anda gunakan sudah memenuhi syarat penggunaan Ok Google? Jika sudah, bisa lanjutkan dengan mempraktekkan cara menggunakan Ok Google yang sudah kami jelaskan di atas. Demikian pembahasan kali ini, semoga membantu.