Cara Menggunakan Google Drive Untuk Menyimpan File

Cara Menggunakan Google Drive Untuk Menyimpan File – Beberapa tahun terakhir tampaknya semakin banyak orang-orang yang mulai menggunakan sistem penyimpanan berbasis awan atau cloud. Hal ini tentu karena banyak sekali keunggulan yang ditawarkan oleh sistem penyimpanan berbasis Cloud tersebut.

Salah satu aplikasi penyimpanan awan terbaik yang kerap kali digunakan oleh banyak masyarakat tanah air adalah Google Drive. Proses Penyimpanan file di Google Drive sebenarnya terbilang sangat mudah dan cukup cepat. Namun bagi yang pertama kali menggunakannya tentu masih kerap mengalami beberapa kendala.

Nah bagi Anda yang baru pertama kali akan mencoba menyimpan beberapa file pada Google Drive bisa banget membaca ulasan kami mengenai cara menggunakan Google Drive untuk menyimpan file berikut ini.

Cara membuat dan mengedit berkas

Pada tahapan yang pertama kita akan mencoba membuat dan juga mengedit berkas yang akan kita simpan ke Google Drive. Yang mana berkas yang akan disimpan bisa berbentuk dokumen apapun. Mulai dari Word, PowerPoint, Excel dan lain sebagainya. Berikut adalah tutorial lengkapnya.

Mengklik di tombol Create

Cara menggunakan Google Drive untuk menyimpan file yang pertama adalah dengan mengklik di menu create atau menu bertuliskan baru di sebelah kiri atas. Begitu mengklik menu tersebut, maka anda bakalan menemukan beberapa sub menu. Di sini, tinggal pilih saja mana jenis file yang akan dibuat.

Jika anda ingin membuat yang ekstensinya seperti word, maka tinggal pilih yang dokumen. Kalau misalnya mau membuat file yang seperti power point, bisa mmeilih yang presentasion, semnetara kalau mau membuat yang seperti excel, tinggal pilih yang spreedsheet.

Pilih saja mana yang akan anda buat. Kalau sudah, maka pihak aplikasi bakalan langsung mempersiapkan halaman kosong, sesuai jenis yang anda pilih. Nantinya, halaman kosong tersebut bisa diisi dengan kebutuhan.

Mengatur tampilan berkas baru

Begitu halaman kosongnya sudah tampil, maka anda  dapat mengatur bagian tampilannya. Yakni, isi dari file yang akan anda simpan nantinya. 

Ubah nama berkas

Setelah isi file selesai, kami sarankan anda untuk mengubah nama berkasnya. Adapun tujuan mengubah nama berkasnya ialah memudahkan anda ketika akan mencari file tersebut, plus menjadi pembeda antara yang satu dengan yang lainnya. Lantas, bagaimana cara mengubah nama berkasnya?

Tenang, karena caranya terbilang sangat mudah kok. Karena anda hanya sebatas perlu mengklik di bagian teks yang warnanya abu abu, yang bertuliskan untitled (file type) yang letaknya ada pada bagian atas halaman kerja anda.

Dengan demikian, maka bakalan muncul jendela yang bisa anda gunakan saat akan mengubah namanya berkasnya. Sekarang, isi sesuai dengan nama berkas yang anda butuhkan. Dalam hal ini, kami sarankan anda untuk memberikan nama yang mudah dipahami, agar anda mudah mencari file tersebut ketika dibutuhkan. 

Sunting berkas 

Cara menggunakan google drive untuk menyimpan file yang berikutnya adalah dengan menyunting berkas. Cara satu ini perlu dilakukan ketika anda belum menyelesaikan fila yang sedang dibuat ya. Jika sudah selesai, anda bisa melanjutkan cara yang berikutnya.

Kabar baiknya, sistem pembuatan file menggunakan google drive tergolong sangat mudah dan sederhana. Karena nggak berbeda jauh dengan proses pengeditan di ms word pada umumnya. Mengapa demikian? Karena anda bisa kok mengedit mengedit dengan cepat. Bisa copy paste atau yang lainnya.

Baca Juga :  10 Aplikasi Radio Online Terbaik di Android

Bahkan yang nggak kalah menariknya lagi, di halaman kerja yang anda buka akan tersedia banyak sekali fitur fitur menarik yang akan sangat membantu dalam proses pembuatan file nantinya.

Salah satu keunggulan membuat file dengan menggunakan google drive ialah filenya yang nggak bakalan hilang selagi anda tidak menghapusnya. Termasuk ketika perangkat tiba tiba mati mendadak. Hal ini karena nantinya pihak aplikasi yang bakalan menyimpan file tersebut secara otomatis.

Download berkas Anda

Sementara untuk cara menggunakan google drive yang berikutnya adalah dengan mendownload berkas. Ini berguna bagi anda yang memang membutuhkan file tersebut dan ingin di print atau yang lainnya.

Kalau sudah selesai membuat file, maka anda dapat mendownloadnya dengan sangat mudah, prosesnya juga tergolong sangat mudah loh. Bagaimana cara downloadnya? Cukup dengan mengklik saja pada menu file yang ada di sebelah kanan atas.

Kemudian pilih yang download as, dengan demikian maka aplikasi bakalan langsung mendownload file tersebut, sesuai dengan ekstensi yang anda pilih. Dalam hal ini, anda bisa menyesuaikan ekstensinya sendiri ya. Misal, ingin menyimpannya dalam bentuk dokumen, bisa memilih yang dokumen, dan yang lainnya.

Kemudian, file tersebut bisa anda buka dengan menggunakan perangkat yang lainnya, atau mengeditnya, kapanpun dan dimanapun itu. 

Share berkas ke orang lain

Sementara untuk yang terakhir adalah dengan membagikannya ke orang lain. Selain perlu mendownloadnya, anda juga perlu membagikannya ke orang lain mungkin. Untuk cara membaikannya juga sederhana, nggak kalah mudahnya dengan cara mendownloadnya.

Anda perlu mengklik menu file yang ada di sebelah kanan bagian atas, kemudian anda akan menemukan banyak menu.

Saat akan membagikan file, anda bisa mengklik yang menu share. Dengan demikian, maka anda bakalan menemukan adanya jendela pengaturan yang bisa anda manfaatkan. Dalam hal ini, tinggal pilih saja dan masukkan siapa saja yang bisa membuka file tersebut, alias filenya bakalan dibagikan ke siapa.

Publikasikan berkas ke web

Cara menggunakan google drive untuk menyimpan yang satu ini sih opsional ya. Dan ini sangat pas jika anda akan mempublikasikan berkasnya ke web.

Caranya hanya sebatas memanfaatkan menu file, sebagaimana kedua cara sebelumnya. Untuk lebih detailnya, anda bisa mengklik menu file, dan pilih yang menu publish to web. 

Nah, itulah dia cara menggunakan google drive untuk menyimpan file yang meski anda ketahui. Dan yang pasti, dengan memanfaatkan menu file, anda bisa melakukan banyak hal. Begitupun saat anda memanfaatkan setiap menu yang ada di halaman kerja.

Bahkan, terdapat menu print pada halaman kerja yang sedang anda buka loh. Buat yang masih penasaran, bisa langsung mencoba cara menggunakan google drive untuk menyimpan file di atas, kemudian menggunakan setiap menu menu yang ada di dalamnya.

Tenang saja, semuanya bisa dimanfaatkan dan digunakan secara gratis kok. Itulah dia tutorial singkat mengenai cara menggunakan google drive untuk menyimpan file yang patut buat dicoba. Silahkan eksplor semua menu dan fitur fitur yang ada pada lembar kerja.

Kabar baiknya lagi, aplikasi google drive juga memungkinkan anda buat menyimpan file dalam bentuk gambar loh. Semoga bermanfaat, dan selamat mencoba.