Cara Menggunakan Format Factory untuk Konversi File

Cara Menggunakan Format Factory untuk Konversi File – Ketika melihat sebuah file, hal pertama yang meski diperhatikan adalah ekstensi, atau format file yang digunakan. Iya kan? Karena tiap file yang tersimpan, baik itu ponsel ataupun di laptop pasti menggunakan formatnya masing-masing.

Nah nantinya, filenya bisa dipindahkan dan dibuka ke perangkat lain. Sayangnya, nggak semua perangkat sudah didukung dengan segudang format loh. Misal nih, anda nggak bisa membuka file .wma pada ponsel, namun bisa membukanya lewat komputer.

Pasti ada yang pernah mengalaminya kan? Kalau sudah demikian, anda tentu berusaha, bagaimana caranya agar tetap membuka file tersebut. Salah satu cara yang bisa dilakukan agar bisa membuka file yang formatnya tidak pas ialah dengan mengkonversinya.

Dan untuk proses konversi tersebut, sudah ada banyak aplikasi yang bisa digunakan. Salah satunya adalah aplikasi format factory. Berikut ini merupakan penjelasan singkat mengenai format factory, lengkap dengan cara menggunakan format factory untuk konversi file yang bisa anda perhatikan dengan baik. 

Keunggulan aplikasi

Jadi, yang dimaksud dengan format factory sendiri adalah sebuah perangkat lunak yang cukup populer di berbagai kalangan. Ia digunakan untuk melakukan konversi media. Keberadaannya tergolong sangat membantu siapapun, yang memang ingin mengkonversi filenya ke dalam berbagai jenis format.

Dewasa ini, ada banyak sekali format yang sudah didukung oleh pihak aplikasi. Mulai dari yang mengubah format musik, video, audio, gambar, ataupun yang lainnya. Aplikasi satu ini hadir dengan segudang keunggulannya. Tidak heran jika akhirnya banyak orang yang memilih menggunakan aplikasi format factory.

Bahkan, beberapa tahun lalu, ia sudah menjadi satu satunya aplikasi yang dipercayai oleh jutaan orang loh. Yakni orang orang yang mau mengkonversi file k dalam berbagai format. Ada segudang keunggulan yang bisa anda temukan ketika menggunakannya.

Dan keunggulan tersebut bisa saja tidak anda temukan pada aplikasi aplikasi lain yang sejenis. Nah, berikut ini merupakan beberapa keunggulan yang dimiliki oleh aplikasi: 

Mendukung konversi berbagai macam jenis format file

Keunggulan yang paling umum, dan paling menarik adalah aplikasinya yang sudah mendukung konversi berbagai macam jenis format file. Dan tampaknya, inilah alasan pertama mengapa banyak orang berbondong bondong menggunakannya.

Karena aplikasi lain, bisa saja hanya sebatas mengkonversi beberapa ekstensi atau format saja. Bahkan, ada kok aplikasi yang hanya bisa mengkonversi secara khusus. Kayak hanya untuk konversi yang audio saja, video saja, atau yang lainnya. 

Dukungan Format File Multimedia iPhone dan iPod

Keunggulan yang kedua ialah sudah bisa digunakan di perangkat yang menggunakan sistem operasi iOS. Nah, kita tidak bisa pungkiri bahwasanya tidak sedikit aplikasi yang hanya bisa digunakan lewat android saja. Namun aplikasi kece ini bahkan juga sudah bisa digunakan lewat perangkat yang iOS.

Bukankah ini sangat menarik? So, bagi yang menggunakan sistem operasi tersebut, dan masih bingung mau menggunakan aplikasi format factory yang mana, kami rekomendasikan buat menggunakan aplikasi ini saja. 

Fitur DVD Ripper

Fitur ini berfungsi ketika anda mau mengubah DVD menjadi file video. 

Mampu Memperbaiki Kerusakan File Video atau Audio

Untuk yang berikutnya ialah bisa memperbaiki file audio atau video yang rusak. Jika ada beberapa video dan audio anda yang tidak bisa dibuka karena rusak, maka cobain deh menggunakan aplikasi satu ini. Karena ia juga mempunyai kemampuan untuk memperbaiki file yang rusak loh.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Aplikasi Belajar Terbaik

Itu artinya, hanya dengan satu aplikasi saja, anda sudah bisa menikmati segudang fungsi yang menarik. Aplikasi format factory bakalan membuat filenya bisa terbuka, walaupun formatnya beda dari format sebelumnya. Bukankah ini sangat menarik? 

Mengecilkan Ukuran File Multimedia

Ukuran file yang terlampau besar merupakan salah satu faktor penuhnya ruang penyimpanan perangkat. Iya kan? Tapi tenang saja, karena ternyata, anda bisa banget loh mengecilkan ukurannya lewat aplikasi satu ini.

Anda bisa mengkompress ukuran file secara mudah dan cepat, agar ukurannya jadi lebih minimalis. Adapun file yang bisa dikecilkan ukurannya beragam loh. Bukan hanya foto saja, tapi juga file yang lainnya. 

Konversi, Zoom, dan Rotasi Semua File Gambar

Sementara untuk fungsi yang terakhir ialah bisa digunakan untuk konversi, zoom, hingga rotasi seluruh file gambar.  Jadi, kalau sudah selesai mengkonversi file gambar ke sebuah format baru, maka anda bisa banget nih  memperbesarnya, mengatur rotasi sesuai keinginan, atau yang lainnya.

Dari segudang keunggulan tersebut, jelas bahwa aplikasi ini benar benar multifungsi. Iya kan? Maka buat yang masih penasaran dan ragu menggunakannya, sudah nggak ada alasan ragu menggunakan aplikasi ini deh. Segera download, dan gunakan ia sekarang juga.

Cara Menggunakan Format Factory untuk Konversi File

 Dengan segudang penjelasan di atas, anda pasti sudah tidak sabar ingin menggunakan aplikasinya kan? Tenang saja, karena sekarang akan kita bahas bagaimana sih cara menggunakan format factory untuk konversi file yang bisa anda coba nantinya.

Sebenarnya, cara menggunakan aplikasi terbilang mudah. Namun bagi yang masih pemula pasti bertanya-tanya, karena belum pernah berpengalaman menggunakannya kan? 

Buka aplikasi Format Factory

Cara menggunakan format factory untuk konversi file pertama ialah dengan membuka aplikasi. Silahkan buka aplikasi yang sudah terinstall pada perangkat. Ketika aplikasi sudah terbuka, maka anda akan dihadapkan dengan berbagai kategori. Dalam contoh kali ini, kita akan mengkonversi file MP3 ke AMR ya. 

Pilih Jenis Media yang Ingin Dikonversi

Kalau sudah terbuka aplikasinya, anda bisa memilih yang ‘audio’ pada menu yang terdapat di sebelah kiri layar, kemudian pilih yang ‘all to mp3’.

Klik Tombol “Add File”

Lanjutkan dengan mengatur format file yang akan anda konversi. Dalam hal ini, anda bisa memasukkan saja file yang mau dikonversi. Yakni dengan cara mengklik tombol add file yang tersedia pada menu all to mp3. Lalu pilih file yang format mp3 yang mau dikonversi ke AMR nya. Klik pada file yang anda pilih, klik open.

Klik Tombol “OK” dan “Start”

Setelah filenya terpilih, maka anda bisa melanjutkan cara menggunakan format factory untuk konversi filenya dengan cara mengklik pada menu ok, kemudian lanjutkan dengan mengklik pada tombol start. 

Tunggu prosesnya

Dan terakhir, tinggal tunggu saja prosesnya sampai selesai. Anda bisa menunggu prosesnya sampai dengan angka 100 persen. Nah untuk berapa lama durasi yang dibutuhkan akan tergantung dengan seberapa besar file yang anda konversi pastinya.

Dalam artian, makin besar ukuran filenya, maka akan semakin lama pula waktu yang dibutuhkan untuk mengkonversinya. Untuk hasilnya sendiri, dapat anda lihat di menu output file ya. 

Oke itulah dia sekilas tentang cara menggunakan format factory untuk konversi file yang bisa anda coba sendiri nantinya. Tapi yang pasti, sebelum mempraktekkan dan mulai mengkonversi file, anda meski mendownload aplikasinya terlebih dahulu ya. Demikian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.