Cara Menggunakan FaceTime di Perangkat iOS

Cara Menggunakan FaceTime di Perangkat iOS – Untuk saat ini, semua orang bisa melakukan panggilan dengan sangat mudah. Baik itu panggilan video ataupun panggilan audio. Dan tampaknya hampir semua orang sudah pernah mencoba layanan ini ya.

Karena tidak bisa dipungkiri, bahwasanya kegiatan tersebut bisa dilakukan dengan mengandalkan segudang aplikasi yang sudah tersedia di internet. Mulai dari yang berbayar, sampai dengan yang gratis. Namun sejauh ini, menggunakan aplikasi yang gratisan saja sudah sangat bagus kualitasnya. Iya kan?

Nah, salah satu aplikasi yang cukup sering dan ramai digunakan adalah line. Namun sayangnya, bagi yang menggunakan idevice, tentu aplikasi yang bisa digunakan tidak sebanyak para pengguna android.

Tapi tenang saja, karena sebenarnya pihak iPhone sendiri sudah membekali produk mereka dengan aplikasi khusus yang bisa digunakan buat melakukan panggilan video maupun audio.

Nama aplikasinya adalah facetime. Yang mana, aplikasi kece bawaan dari ponsel ini merupakan sebuah fasilitas yang eksklusif, yang memang diberikan oleh pihak Apple kepada seluruh pengguna idevice.

Sayangnya, masih cukup banyak pengguna Apple yang belum tahu, bagaimana sih cara menggunakan facetime nya. Apakah anda termasuk salah satunya? Jika iya, mending simak cara menggunakannya berikut ini.

Profil facetime

Sebelum kita mulai membahas cara menggunakan facetime, kita akan bahas sekilas tentang aplikasinya ya. Bagi yang menggunakan iOS pasti sudah sangat akrab dengan istilah atau fitur ini ya. Beda halnya dengan pengguna di luar iOS.

Jadi, fitur atau aplikasi eksklusif ini bisa digunakan oleh mereka yang menggunakan idevice saja. Sehingga, bagi yang menggunakan sistem operasi windows, android, atau yang lainnya tidak bisa menggunakannya. Kecuali jika anda membeli perangkat yang menggunakan idevice.

Nah fitur satu ini memungkinkan siapapun untuk melakukan panggilan video dan audio secara mudah, dan gratis. Adapun yang dibutuhkan dalam proses panggilan hanya sebatas jaringan internet saja, sebagaimana penggunaan aplikasi panggilan video dan audio lainnya.

Karena memang, fitur ini tidak berbeda jauh kok dengan fitur fitur pada aplikasi video call yang lainnya. Namun kalau diperhatikan, layanannya lebih mirip ke aplikasi line dengan skype ya.

Untuk yang menggunakan sistem operasi iOS 7+, maka anda mendapatkan keistimewaan. Yakni bisa melakukan panggilan suara. Yakni tanpa harus melakukan video call.

Mengaktifkan fitur facetime

So, dari penjelasan sebelumnya sudah jelas bahwasanya facetime ini merupakan fitur bawaan yang tidak berbeda jauh dengan aplikasi aplikasi video call pada umumnya. Nah sebelum membahas cara menggunakan facetime, ada lagi hal yang meski kita bahas.

Yakni cara mengaktifkan fiturnya. Karena hanya dengan mengaktifkan fiturnya sajalah anda bisa memanfaatkan fitur yang satu ini. Tidak perlu khawatir, karena cara mengaktifkan fiturnya terbilang sangat mudah dan sederhana kok. Adapun caranya, ialah: 

Hal pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan membuka fiturnya, atau membuka aplikasi facetime yang ada pada perangkat. Bagi yang menggunakan iphone, nomor telepon yang anda gunakan akan secara otomatis terdaftar kok ke facetimenya.

Sehingga, akan memudahkan siapapun yang akan menghubungi anda nantinya. Buat yang ingin mendaftarkan email juga bisa. Yakni dengan pergi ke bagian pengaturan, kemudian pilih facetime, pilih gunakan ID Apple, masuk ke facetime. Gampang banget kan?

Cara Menggunakan FaceTime  

Setelah memahami kedua pembahasan di atas, sekarang kita akan mulai membahas gimana sih cara menggunakan facetime nya?

Sejauh ini tampaknya tidak sedikit para pengguna iphone yang lebih memilih buat menggunakan aplikasi video call yang lain dibandingkan dengan menggunakan fasilitas eksklusif ini. Iya kan? Padahal, facetime yang ditawarkan oleh pihak ponsel nggak kalah bagusnya kok dengan aplikasi video call biasanya.

Baca Juga :  Daftar Situs Jurnal Internasional yang Menjadi Rujukan

Oke, bagi yang nggak sabar buat mencobanya, bisa ikuti penjelasan berikut. Silahkan tekan pada tombol phone, yang ikonnya adalah telepon rumah. Anda bisa menemukan tombol ini di bagian halaman utama ponsel. Lalu klik yang contacts, agar bisa memilih siapa yang mau diajak melakukan panggilan dengan menggunakan facetime.

Klik saja pada nomor yang mau anda ajak. Kemudian klik tombol facetime yang ada di kontak yang tadi sudah anda pilih, tunggu beberapa saat.

Sebab pihak facetimenya sedang mencoba menghubungkan orang yang anda hubungi tadi. Apabila nomor tersebut mengangkat, atau menjawab panggilan, maka anda dapat langsung terhubung satu dengan yang lainnya, dan bisa langsung berkomunikasi lewat video.

Karena aplikasinya bakalan menampilkan wajar orang yang anda hubungi, lengkap dengan suaranya. Untuk wajah anda, ada di bagian layar sebelah kanan atas, dengan ukuran kecil disebut kotak. Nah nantinya, anda bakalan menemukan tiga buah tombol pada bagian layar.

Tiga pilihan ini akan anda temukan saat panggilan sudah terhubung. Yang pertama adalah tombol yang bisa digunakan untuk mengganti kamera, apakah akan menggunakan yang kamera depan, atau kamera belakang. Kemudian, ada tombol yang kedua, yang berfungsi buat mengakhiri panggilan.

Sementara yang terakhir, adalah tombol yang bisa digunakan untuk mendiamkan atau membisukan panggilan. Hal ini supaya orang yang anda telepon tidak akan mendengar apa yang anda katakan. Nantinya tinggal gunakan saja sesuai dengan kebutuhan anda. Gampang sekali bukan?

Penutup

Sebagaimana halnya aplikasi panggilan video call lain, anda meski terhubung ke internet agar bisa menggunakan layanan facetime ini. Maka, pastikan bahwasanya koneksi jaringan internet anda lancar dan stabil. Baik itu ketika menggunakan jaringan dari wifi ataupun paket internet.

Dan yang meski menjadi catatan adalah, tidak semua layanan facetime bisa digunakan dengan wifi. Ada beberapa yang memang hanya bisa digunakan lewat paket internet seluler biasa.

Saat akan menggunakan aplikasi untuk melakukan panggilan dengan waktu cukup lama, maka kami sarankan anda buat meletakkan ponsel di rak ataupun di sebuah penyangga. Hal ini biar nggak repot memegangnya dalam waktu yang lama.

Jika perangkat anda bisa menggunakan facetime lewat wifi, maka akan lebih baik jika menggunakan wifi saja. Karena jika tidak, maka ia bisa menghabiskan paket internet yang anda miliki. Supaya koneksi panggilannya bagus, lancar jaya, pastikan kalau perangkat yang digunakan memiliki konektivitas yang 4G bukan 3G. 

Baik, itulah dia sekilas pembahasan mengenai cara menggunakan facetime di perangkat iOS yang bisa digunakan oleh anda yang menggunakan produk dari Apple. Selain membahas mengenai cara menggunakan facetime, ada beberapa pembahasan lain yang kami berikan.

Tujuannya, agar anda memiliki gambaran mengenai fitur yang nantinya akan digunakan. Iya kan? Dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke teman teman anda yang juga menggunakan produk Apple. Supaya mereka juga bisa memanfaatkan layanan terbaik yang diberikan oleh pihak Apple.

Sayang banget kan, kalau misalnya sudah ada fasilitas, tapi nggak digunakan dengan baik? Demikian, semoga bermanfaat, dan selamat mencoba.