Cara Menggunakan Aplikasi Gojek dan Layanannya

Cara Menggunakan Aplikasi Gojek dan Layanannya – Gojek, menjadi aplikasi layanan transportasi online terbesar saat ini. Keberadaannya yang menggemparkan tahun 2015 silam ternyata telah membuatnya semakin terkenal dan semakin digandrungi oleh banyak orang.

Apalagi dengan segudang inovasi inovasi menarik yang ditawarkannya. Jika sebelum tahun 2015 orang orang hanya mengandalkan transportasi umum dengan sistem pemesanan yang manual, atau konvensional, maka setelah tahun 2015 semuanya perlahan mulai berubah.

Di mana, semakin banyak orang orang yang beralih ke aplikasi gojek, yang notabenenya adalah aplikasi penyedia pemesanan kendaraan online yang bukan hanya menawarkan satu dua layanan menarik saja, tapi cukup banyak.

Bahkan, karena banyaknya pengguna aplikasi, tidak heran jika para drivernya pun terus bertambah setiap harinya. Kabar baiknya, di dalam aplikasi gojek bukan hanya ada layanan pemesanan transportasi berupa motor saja.

Tapi juga banyak layanan lainnya yang patut buat dicoba. Kayak pemesanan makanan online, kemudian kendaraan mobil, membeli tiket bioskop, membeli pulsa, transfer transfer, membayar tagihan, go mart atau belanja online, dan lain sebagainya.

Nah pada artikel kali ini kami akan membahas cara menggunakan aplikasi gojek, dan juga beberapa layanannya ya. Dalam artian, bukan hanya membahas gimana sih cara memesan gojek online di sini. Tapi juga beberapa layanan yang tersedia di dalam aplikasi. Berikut ulasannya.

Cara Menggunakan Aplikasi Gojek

Bagi yang sudah terbiasa menggunakan aplikasi gojek pasti beranggapan bahwasanya artikel ini kurang menarik. Iya kan?

Tidak menjadi masalah tentunya. Karena mungkin bagi orang lain, pembahasan ini juga perlu, sebab merak baru saja akan mulai mencoba beberapa layanan yang ada. Oleh karena itu, yuk simak penjelasannya berikut ini.

Cara memesan layanan go ride

Jadi, yang dimaksud dengan layanan go ride ini adalah layanan untuk memesan ojek online di aplikasi gojek. Dan tidak bisa dipungkiri, bahwasanya layanan satu ini termasuk salah satu layanan yang paling ramai digunakan dan diminati oleh masyarakat luas.

Terlebih lagi oleh mereka yang tinggalnya di kota besar. Mulai dari Jogja, Jakarta, Semarang, Palembang, Medan, sampai dengan Bali. Jumlah penggunanya yang sudah sangat banyak tentu sebanding dengan banyaknya driver mereka.

Sehingga, tidak perlu khawatir nggak mendapatkan driver ya. Namun sebelum kita bahas cara memesan layanan go ride nya, pastikan dulu bahwa anda sudah mendownload aplikasi, dan sudah membuat akun. Kalau belum, bisa simak caranya.

Anda bisa membuka aplikasi google play store ataupun app store pada ponsel. Kemudian, bisa ketikkan tulisan ‘gojek’ pada kolom pencarian. Begitu hasilnya sudah terlihat, tinggal klik saja pada tombol install. Tunggu sampai aplikasi terpasang ke ponsel secara sempurna.

Nah kalau sudah, aplikasi masih belum bisa digunakan nih. Karena anda mesti daftar dulu, alias buat akun. Tenang, caranya gampang kok. Tinggal buka saja aplikasi gojek yang sudah terdownload tadi, kemudian klik pada tombol sign up, masukkan seluruh data yang sudah tertera di layar.

Masukkan semua datanya dengan baik dan benar ya. Kalau sudah, maka pihak aplikasi bakalan mengirimkan kode verifikasi ke nomor yang tadi didaftarkan. Lanjutkan dengan memasukkan kodenya. Selesai deh. Dan sekarang, barulah anda bisa menikmati semua layanannya.

Dan layanan pertama yang akan kita bahas adalah go ridenya. Jika masih ada di dalam aplikasi, anda bisa langsung pilih yang layanan go ride, masukkan lokasi tujuan dan penjemputan pada kolom yang sudah tersedia.

Dengan demikian, maka pihak aplikasi bakalan langsung mengkalkulasikan biaya yang mesti dibayarkan nantinya. Kalau anda merasa harganya cocok dengan budget yang ada, maka tinggal klik saja pada menu order. Lalu, tunggu sampai pihak aplikasi berhasil mendapatkan driver yang paling dekat.

Kalau sudah dapat, maka pihak drivernya bakalan menghubungi anda, sebagai bentuk konformasi penjemputan sudah tepat. Selesai deh. Karena sekarang, anda cuma perlu menunggu sampai drivernya sampai. Semudah itu. 

Cara memesan Go-Send

Cara menggunakan aplikasi gojek yang akan kita bahas kedua adalah yang layanan go send. Sebagai informasi, go send ini merupakan layanan yang memungkinkan para pengguna setia gojek untuk mengirimkan barang dengan bantuan pihak drivernya gojek.

Dan fitur ini terbilang belum terlalu lama adanya. Namun berhasil mencuri perhatian banyak orang. Maka dari itu, bagi anda yang mau mengirimkan barang ke orang lain, atau ke sebuah tempat tapi malas keluar rumah, go send bisa menjadi solusi yang paling tepat.

Anda cuma perlu mengandalkan fitur keren mereka saja. Gimana caranya? Untuk cara menggunakan layanan satu ini sebenarnya tidak berbeda jauh dengan pemesanan layanan go ride ya. Tinggal buka saja aplikasi gojek pada ponsel, kemudian pilih yang layanan go send.

Berikutnya masukkan lokasi pengambilan atau penjemputan barangnya, dan juga memasukkan lokasi tujuan atau alamat pengantaran barang. Kalau sudah demikian, maka pihak aplikasinya akan memberikan akumulasi biaya yang meski anda bayarkan nantinya.

Kalau sudah oke dengan harga, maka lanjutkan dengan mengklik tombol next. Tunggu beberapa saat sampai pihak driver yang akan mengantarkan barang sampai ke tempat anda, kemudian mengantarkannya ke lokasi sesuai tujuan.

Untuk ongkos kirimnya tentu sesuai kesepakatan anda dengan penerima barang ya. Apakah dibayarkan oleh anda, atau dibayarkan oleh si penerima. Jika si penerima yang meski membayar, maka anda bisa mengkonfirmasinya kepada pihak driver. 

Cara Memesan Gojek Go-Food

Sejauh ini, layanan pemesanan makanan online juga termasuk salah satu layanan yang sangat sering dimanfaatkan oleh para pengguna aplikasi. Karena dengan adanya layanan go food, siapapun dapat memesan makanan dengan sangat mudah dan cepat.

Tanpa harus keluar rumah bahkan. Adapun cara melakukan pemesanan makanan dengan aplikasi gojek adalah dengan membuka aplikasi, kemudian pilih yang layanan go food, pilih tenant makanan yang sesuai dengan keinginan. Pilih menu yang anda inginkan, dan buat pesanan.

Jika sudah, maka pesanan anda bakalan masuk ke bagian menu booking information, lanjutkan dengan memasukkan alamat tujuannya, alias alamat anda. Kemudian jangan lupa juga untuk memilih metode pembayaran.

Apakah akan menggunakan metode cash atau dengan gopay. Apabila semuanya sudah, maka tinggal klik menu order saja. Maka pihak aplikasi akan segera mencarikan driver yang siap mengantar makanan tersebut. 

Cara Memesan Go-Tix

Pengen beli tiket nonton di bioskop, tapi males ngantri? Tenang, ada aplikasi gojek yang siap membantu anda. Karena saat ini, mereka sudah punya layanan go tix loh. Di mana, layanan satu ini adalah layanan yang memungkinkan siapapun untuk melakukan pembelian tiket nonton bioskop dengan mudah.

Dan fitur ini masih tergolong baru, tapi tetap cukup recomended buat digunakan. Kapan lagi kan, bisa beli tiket bioskop tanpa harus ngantri? Caranya bagaimana? Caranya tinggal buka aplikasi, kemudian cari fitur go tix. Kemudian, pilih, apakah akan melakukan pemesanan untuk tiket bioskop ataupun event.

Kalau sudah, input tanggalnya, kursi yang anda mau, waktu, yang sesuai keinginan. Berikutnya adalah pembayaran. Dalam masalah pembayaran, anda bisa memilih, apakah akan melakukan pembayaran lewat gopay, atau dengan kartu kredit.

Sayangnya, metode pembayaran yang tersedia masih sangat terbatas. Tapi nggak apa apa, karena anda bisa memanfaatkan gopay ketika nggak punya kartu kredit. Gampang kan? Untuk tiket yang sudah anda pesan, bisa dicek di bagian menu my tickets ya. 

Oke, itulah dia sekilas tentang cara menggunakan aplikasi gojek dan beberapa layanannya. Perlu diketahui, bahwa layanan yang ada di dalam aplikasi ini lebih dari 10 loh. Adapun beberapa layanan lainnya, seperti go mart yang bisa digunakan untuk berbelanja secara online.

Kemudian ada go box, yang bisa digunakan saat anda mau pindahan ataupun mengangkat beberapa barang yang berukuran besar, go clean, yang siap membantu anda saat akan bersih bersih, dan lain sebagainya.  So kalau butuh apa-apa, nggak ada salahnya untuk mengecek apakah ada layanan di gojek?

Kalau ada, bisa gunakan layanan mereka untuk memudahkan pekerjaan anda. Demikian pembahasan tentang gojek kali ini. Semoga bermanfaat, semoga membantu, dan selamat mencoba ya.

Baca Juga :