Cara Mengembalikan Video yang Terhapus di Android

Mudah dan cepat, inilah berbagai cara mengembalikan video yang terhapus di Android . Cukup dengan menggunakan aplikasi, file yang terhapus pun akan kembali.


Bukan sekali dua kali pengguna ponsel tidak sengaja menghapus video yang penting. Namun sayangnya, tidak semua orang bisa mengembalikannya.

Cara mengembalikan video yang terhapus di Android sendiri tergolong cukup mudah. Agar mengetahui cara mengembalikannya, silahkan simak artikel ini hingga selesai.

Di komputer, jika kita tidak sengaja menghapus file, khususnya video, bisa dikembalikan melalui recycle bin. Lalu, bagaimana dengan ponsel Android? Sama dengan komputer, ada banyak cara yang juga bisa kita tempuh untuk mengembalikannya.

Cara Mengembalikan File Video di Android dengan Aplikasi

cara kembalikan video yang terhapus di android

Ada cukup banyak aplikasi Android yang tersedia di Play Store. Salah satu di antaranya adalah aplikasi untuk mengembalikan file terhapus. Berikut kami bagikan cara mengembalikan video yang terhapus di HP Oppo dan merk lainnya:

1. Aplikasi Dr. Fone

Aplikasi untuk mengembalikan video terhapus ini, tergolong cukup populer. Selain untuk Android, bahkan tersedia juga untuk iOS. Tidak hanya video, bahkan fiturnya mampu mengembalikan file foto, hingga pesan chat yang terhapus.

Untuk menggunakannya, kamu tinggal men-download dan memasangnya pada ponsel. Setelah itu, silahkan pilih menu recovery untuk mengembalikan file yang terhapus. Tunggu sampai proses scanning selesai, maka file video yang terhapus pun akan kembali seperti semula.

2. Aplikasi GT Recovery

Aplikasi ini tergolong sangat direkomendasikan untuk mengembalikan file yang terhapus. Untuk mengembalikannya, kamu tidak perlu mengaktifkan root di HP. Sama seperti Dr. Fone, GT Recovery juga dilengkapi dengan sistem pemindaian otomatis. Semua file yang terhapus bisa dipulihkan, bahkan SMS sekalipun.

Cara mengembalikan video yang terhapus di HP Vivo y91, semakin mudah dengan aplikasi ini. Kamu tinggal memasangnya, kemudian buka. Setelah itu, silahkan kamu pilih jenis file atau data apa yang ingin dikembalikan, lalu pilih scan. Tunggu beberapa saat, maka file pun akan kembali.

3. Aplikasi Recycle Master

Sesuai namanya, fungsi aplikasi ini sama seperti recycle bin di komputer. Kamu bisa menambahkannya di HP Android yang biasa dipakai. Dengan kehadirannya, kamu tidak perlu takut kehilangan video yang tidak sengaja terhapus.

Cara menggunakannya pun sangat mudah. Setelah terpasang di ponsel, maka aplikasi akan langsung berperan layaknya recycle bin. Kamu tidak perlu melakukan pemindaian untuk mengembalikan file yang hilang. Kamu hanya perlu memilih file backup apa yang ingin dikembalikan.

4. Undeleter Recover File & Data

Aplikasi ini bisa kamu gunakan pada ponsel yang sudah di-root. Selain itu, ada juga panduan otomatis untuk melakukan root di HP. Semua file, mulai dari file txt, hingga file video, bisa dikembalikan dengan cara mudah dan cepat.

Sama dengan kebanyakan aplikasi lain, untuk memulihkan file yang terhapus, kamu harus melakukan scan terlebih dahulu. Pilih menu direktori, kemudian scan. Setelah proses pemindaian selesai, file yang terhapus pun akan kembali.

5. EaseUS MobiSaver

Berikutnya, ada aplikasi yang tidak kalah menarik. EaseUS MobiSaver, merupakan salah satu aplikasi yang powerfull. Bahkan, aplikasi ini mampu mengembalikan semua data yang hilang akibat virus. Kamu juga bisa mengembalikan semua jenis file yang terformat.

Baca Juga :  10 Launcher Terbaik untuk Android

Cara menggunakannya sangat mudah. Silahkan unduh di Play Store, kemudian install. Jalankan aplikasi, kemudian pilih menu video yang ingin dikembalikan. Setelah itu, EaseUS MobiSaver akan melakukan scanning secara otomatis. Setelah selesai, file pun akan kembali.

6. Video Recovery

Aplikasi yang satu ini, tergolong yang paling umum digunakan. Selain mampu mengembalikan video yang terhapus di ponsel, juga bisa mengembalikan video di SD card. Fiturnya sudah banyak membantu pengguna Android.

Silahkan unduh dan pasang terlebih dahulu aplikasi Video Recovery untuk mengembalikan file video. Setelah itu, silahkan pilih menu recovery. Silahkan tunggu hingga proses pendeteksian selesai. Setelah selesai, file pun akan kembali.

7. DigDeep

Aplikasi lain yang tidak kalah membantu adalah DigDeep. Kamu bisa mengandalkannya untuk mengembalikan video yang terhapus di Android. Cara mengembalikan video yang terhapus di brankas file ini, tergolong mudah sekali digunakan. Silahkan unduh dan pasang terlebih dahulu untuk menggunakannya.

Cara penggunaannya yaitu cukup memindai data yang terhapus. Silahkan periksa video mana yang hilang, lalu kembalikan saat itu juga melalui aplikasi ini. Selain berbagai cara di atas, kamu juga bisa mencoba Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk.

Cara Mengembalikan Video Terhapus di Android Melalui PC

cara kembalikan video yang terhapus di android lewat laptop

Selain melalui aplikasi di ponsel,  juga terdapat cara mengembalikan video yang terhapus di Android tanpa aplikasi di HP kamu. Kita bisa menggunakan PC atau laptop untuk melakukannya. Ada beberapa software yang bisa digunakan, di antaranya seperti Data Recovery atau Easeus Mobisaver versi PC.

Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Download dan pasang salah satu software yang kami rekomendasikan di atas pada PC atau laptop. (Sebagai catatan, software di atas hanya bisa dijalankan untuk versi OS Windows saja).
  2. Setelah terpasang, buka software tersebut.
  3. Silahkan koneksikan HP Android kamu pada PC atau laptop sampai terdeteksi oleh software.
  4. Sesudah terdeteksi, silahkan lakukan proses scanning.
  5. Silahkan kamu pilih jenis file apa yang ingin dikembalikan. Dalam kasus ini, kamu pilih file video yang terhapus.
  6. Silahkan kamu klik tombol recovery.
  7. Pilih lokasi penyimpanan file video baru hasil recovery tadi.
  8. Terakhir, silahkan klik Ok. Video yang terhapus pun kembali.

Kesimpulan

Hilangnya video yang penting di HP Android, bukan berarti akhir dari segalanya. Ada banyak cara mengembalikan video yang terhapus di file manage yang kami bagikan di atas. Silahkan kamu pilih salah satu solusinya.

Bagi yang malas scanning, kamu juga bisa memilih aplikasi yang fungsinya mirip recycle bin. Silahkan pilih sesuai kemudahan masing-masing.

Cara mengembalikan video yang terhapus di Android, ternyata bisa dicegah dan diatasi dengan sebuah aplikasi. Pastikan salah satu aplikasi di atas kamu pasang di HP untuk mengembalikan video yang hilang.

Baca Juga :

Tinggalkan komentar