Cara Mengatasi WhatsApp Nggak Bisa Masuk

Cara Mengatasi WhatsApp Nggak Bisa Masuk – Whatsapp, atau yang bisa disingkat dengan WA merupakan media sosial yang kerap digunakan banyak orang. Terlebih lagi oleh masyarakat Indonesia.

Bahkan sebenarnya, WA bisa kita katakan sebagai aplikasi berkirim pesan instan utamanya masyarakat kita loh. Wajar kalau kemudian, banyak orang yang mungkin akan sangat khawatir ketika WA nya bermasalah.

Misal, nggak bisa login. Meskipun termasuk aplikasi terkenal sejagat raya, namun kendala atau permasalahan tersebut sangat mungkin dialami oleh pengguna WA.

Karena memang, semua aplikasi mempunyai risiko tersebut. Nah, kalau berada di situasi seperti itu, apa yang akan anda lakukan? Panik?

Bingung? Pasti ya. Tapi tenang, karena ada solusinya kok. Dan kali ini, kami akan bahas 10 cara mengatasi Whatsapp nggak bisa masuk. 

Cara mengatasi Whatsapp nggak bisa masuk

Ke sepuluh cara ini nantinya bisa anda pilih ya. Tapi yang jelas untuk mengetahui akan menggunakan cara yang mana, anda meski mencari tahu dahulu kira-kira apa penyebab yang membuat wa anda nggak bisa login atau nggak bisa masuk.

Karena bagaimanapun, dengan mengetahui penyebabnya bakalan mempermudah anda untuk mengatasinya. Percaya deh. Dan hal ini nggak cuma berlaku buat aplikasi satu ini saja.

Tapi juga berlaku pada permasalahan yang terjadi, apapun masalahnya. Oke, daripada penasaran, simak 10 cara mengatasi whatsapp nggak bisa masuk berikut ini. 

Periksa nomor wa kembali

Cara mengatasi wa yang nggak bisa login pertama ini termasuk cara yang paling mudah dan simpel, tapi berpengaruh besar terhadap berhasil nggaknya anda masuk.

Apalagi nih, satu angka yang salah aja, bakalan fatal. Dalam artian, hanya karena satu angka yang salah, anda nggak bisa masuk, alias fail.

Baca Juga :  10 Aplikasi Desain Rumah Android, Ciptakan Hunian Impian

Gagal. Maka dari itu, nggak ada salahnya untuk mencoba cara yang satu ini. Periksalah nomor yang digunakan seteliti mungkin. Supaya nomornya gampang dideteksi oleh pihak WA. 

Pastikan nomornya bisa digunakan

Selain harus memastikan kalau nomornya sudah benar, anda juga meski memastikan kalau nomornya memang benar-benar bisa digunakan. Jangan sampai, nomor yang anda gunakan justru nomor yang sudah tidak aktif lagi.

Hal ini karena nomor WA yang bisa digunakan memang hanya nomor yang dapat menerima panggilan dan sms biasa.

Kalaupun saat ini ada orang-orang yang menggunakan nomor yang sudah tidak aktif lagi pada WA mereka, percayalah, cepat atau lambat WA nya nggak bakalan bisa diakses lagi oleh mereka.

Karena penulis sendiri telah mengalami hal tersebut. Solusinya, gunakan nomor baru yang masih aktif ya. 

Pastikan bahwa nomornya sudah terdaftar

Adapun cara mengatasi whatsapp yang nggak bisa masuk berikutnya adalah dengan memutuskan kembali, kalau anda sudah mendaftarkan nomor tersebut ke wa.

Jangan sampai, mengatakan wa nya nggak bisa login, padahal anda belum daftar ya. Karena kalau belum daftar, sudah pasti anda nggak bisa mengakses aplikasi dan segala fitur menariknya.

Kalau ternyata memang belum daftar, maka solusinya ya daftarkan saja nomor tersebut. Lagipula, proses pendaftarannya mudah kok. Karena sudah tersedia kolom pendaftaran atau registrasi yang bisa anda gunakan.

Proses pendaftarannya sendiri hanya perlu waktu beberapa menit doang. Tapi, kami ingatkan sekali lagi, untuk menggunakan nomor yang aktif ya. 

Verifikasi via panggilan

Ketika akan login atau masuk ke aplikasi wa, anda memang harus melalui yang namanya proses verifikasi ya. Yang mana, proses verifikasi ini bisa dipilih menggunakan apa.

Boleh menggunakan telepon atau via sms. Kalau ternyata memang verifikasi via sms agak sulit, maka gunakan saja yang telpon. Karena ini nggak susah kok.

Menggunakan aplikasi versi terbaru

Nah, tahukah anda, bahwasanya ketika aplikasi yang anda gunakan adalah versi lawas, maka aplikasi tersebut bakalan susah buat digunakan. Termasuk susah juga kalau mau masuk ke aplikasi.

Apalagi nih, pihak WA juga tergolong lumayan sering khan melakukan pembaharuan, dan sebagai pengguna wa, akan jauh lebih baik kalau benar-benar menggunakan versi yang terbarunya.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Aplikasi belajar bahasa Inggris di HP Android

Biar bisa menikmati fitur terbaru, dan mendapatkan pengalaman menarik.  Bahkan biasanya, update an aplikasi versi juga biasanya bakalan memperbaiki bug yang ada di versi sebelumnya. 

Untuk meng updatenya nggak susah kok. Caranya kayak mengupdate aplikasi pada umumnya.

Dalam hal ini, anda bisa dengan bebas mengakses aplikasi google play store, kemudian klik menu pencarian, dan ketikkan tulisan wa.

Ketika sudah muncul hasilnya, tinggal klik aplikasi wa yang dimaksud, dan klik tulisan update yang terdapat di sebelah kanan.

Membersihkan data aplikasi

Adapun cara mengatasi whatsapp yang nggak bisa masuk berikutnya adalah dengan membersihkan data aplikasi.

Dengan membersihkan aplikasi, biasanya anda bakalan ngerasain seperti menggunakan aplikasi yang benar-benar baru. Wajar kalau ternyata, cara satu ini tergolong ampuh untuk membuat aplikasi normal kembali.

Cara menghapus datanya juga mudah. Pertama, silahkan masuk ke menu pengaturan atau setting ponsel, pilih menu aplikasi, dan cari aplikasi whatsapp. 

Kalau sudah, tinggal klik saja tulisan clear data. Dan selesai. Agar hasilnya lebih maksimal, anda dapat merestart ponsel anda ya.

Mengatur waktu HP

Meski kedengarannya agak aneh, namun nggak ada yang menyangka, bahwa ternyata, dengan menyesuaikan pengaturan hp, anda bisa login ke aplikasi whatsapp.

Karena sebenarnya, pengaturan waktu di hp juga mempunyai pengaruh terhadap sebuah aplikasi.

Maka dari itu, cara yang meski dilakukan adalah dengan mengupdate waktunya, atau memperbaharui waktunya, dengan membuka bagian menu pengaturan, dan masuk ke bagian tanggal dan waktu.

Kemudian, anda dapat mengubah zona waktunya menjadi otomatis. Kalau sudah mengatur waktunya, bisa langsung coba login lagi ke aplikasinya. Dan lihat hasilnya. 

Install ulang aplikasi

Selain dapat mengatasi masalah dengan mengupdate aplikasi, anda juga bisa mengatasi permasalahan tersebut dengan menginstall aplikasi whatsapp yang digunakan.

Karena dengan meng uninstall dan menginstall kembali, itu artinya anda bakalan menggunakan aplikasi dengan versi yang benar benar baru dan fresh loh.

Cara satu ini juga dapat menghilangkan bug atau error pada aplikasi yang mungkin terjadi. Cara menginstall aplikasinya mudah. Nggak berbeda jauh dengan cara menginstall aplikasi lainnya.

Baca Juga :  10 Aplikasi Desain Grafis PC Terbaik untuk Pemula

Anda bisa membuka pengaturan pada ponsel, masuk ke bagian aplikasi, dan pilih aplikasi whatsapp. Kalau sudah, tinggal klik saja opsi uninstall.

Kalau prosesnya sudah selesai, yang terakhir tinggal install lagi aplikasinya ke ponsel anda, dan coba login kembali. Cara satu ini tergolong sangat ampuh loh. Jadi, jangan ragu buat mencobanya ya. 

Gunakanlah koneksi yang stabil

Kita nggak bisa memungkiri, bahwasanya koneksi internet yang stabil akan memberikan hasil pencarian dan penggunaan aplikasi yang maksimal. Begitupun sebaliknya.

Sehingga, ketika anda mencoba login ke aplikasi dengan menggunakan koneksi internet yang nggak stabil, lemah, maka hasilnya pasti bakalan zonk.

Solusinya, cari tempat yang jaringannya kuat dan stabil. Atau, kalau ngerasa koneksinya sudah kuat dan stabil, anda bisa mencoba mengetes atau mencari tahu, apakah jaringannya benar-benar kuat dan stabil sebagaimana yang anda kira?

Caranya mudah kok. Tinggal gunakan saja situs situs pengecek stabilitas jaringan. Saat ini sudah banyak situsnya. Anda dapat mencari situs situs model tersebut di google ya.

Login dengan ponsel lain

Ketika semua cara di atas sudah anda lakukan, dan hasilnya masih nihil, coba deh masuk ke whatsapp dengan ponsel yang lain. Kalau ternyata berhasil, itu artinya, masalahnya ada pada ponsel anda.

Dan untuk mengatasi permasalahan tersebut, anda meski mereset atau mengembalikan ponsel ke versi bawaannya.

Jika memutuskan untuk mereset ponsel, jangan lupa untuk mengamankan semua file terlebih dahulu ya.

Karena dengan mereset ponsel, maka semua data benar-benar hilang, termasuk akses login anda ke media sosial, foto foto, video, aplikasi, dan lain sebagainya. Dengan mereset ponsel, maka ponsel akan terasa seperti baru loh. 

Demikian 10 cara mengatasi whatsapp nggak bisa masuk yang dapat anda ikuti.

Gunakan cara pertama kedua, ketiga, dan seterusnya. Semoga bermanfaat ya, dan jangan lupa untuk mengamankan semua data kalau memang permasalahannya ada pada ponsel. Semoga bermanfaat.