Cara Mengatasi Masalah Tidak Bisa Live Instagram

Cara Mengatasi Masalah Tidak Bisa Live Instagram – Live merupakan salah satu fitur terbaru yang dihadirkan oleh pihak instagram ke dalam aplikasi mereka. Dan tidak berapa lama setelah peluncurannya, ternyata banyak orang orang yang berminat menggunakannya.

Hal ini mungkin karena fitur tersebut termasuk fitur yang trend, keren, dan mudah digunakan. Biasanya, para pengguna instagram menggunakan fitur tersebut ketika sedang melakukan sebuah acara seminar, atau acara yang lainnya.

Atau bahkan, hanya sekedar ingin menyapa para pengguna instagram yang lain. Sayangnya, ada beberapa kendala yang bisa membuat anda tidak bisa live. Lantas, bagaimana cara mengatasi masalah tidak bisa live instagram? Tenang saja, kali ini kami akan membahas beberapa cara yang bisa anda lakukan.

Cara mengatasi masalah tidak bisa live di instagram

Sebenarnya, cara mengatasi yang paling ampuh adalah dengan mencari tahu dahulu, apa penyebabnya. Iya kan? Karena dengan mengetahui masalahnya, maka anda bisa mencari solusi terbaik untuk mengatasinya.

Dan kali ini, selain akan memberikan solusi, kami juga akan menjelaskan atau menyebutkan, sebenarnya apa yang menjadi masalahnya. Menarik sekali bukan? So, daripada penasaran, mending simak langsung penjelasan berikut. 

Ada Kendala pada OS Smartphone Android

Cara mengatasi masalah tidak live instagram yang pertama ialah terdapat kendala pada os ponsel anda. Dalam hal ini, anda meski melakukan pengecekan terhadap os android yang digunakan terlebih dahulu.

Hal ini karena memang, pihak instagramnya sudah memberikan ketentuan, bahwa yang bisa menggunakan fitur ini hanyalah android yang sudah menggunakan os di atas 5.0.2. Maka jika anda masih menggunakan os lollipop ke bawah, sangat wajar jika akhirnya anda gagal menggunakannya.

Lantas jika memang ternyata os yang digunakan oleh ponsel anda masih lollipop ke bawah, solusi yang mesti dilakukan adalah dengan menggantinya dengan os yang baru. Karena nantinya, bukan hanya fitur live saja yang tidak bisa dilakukan dengan ponsel anda. Tapi juga yang lainnya. 

Update Instagram ke Versi Terbaru

Cara yang kedua adalah dengan mengupdate instagram atau aplikasinya ke versi yang terbaru. Sebagaimana kita tahu, bahwasanya instagram ini merupakan salah satu aplikasi yang rajin banget mengeluarkan versi terbaru mereka.

Dan sebagaimana kebanyakan aplikasi, ketika sudah ada versi yang terbaru, dan anda masih terus menerus menggunakan versi yang lama, sudah pasti akan ada beberapa fitur yang tidak bisa digunakan. Sehingga, cara mengatasinya ya dengan mengupdatenya ke aplikasi yang terbaru.

Adapun cara mengupdatenya masih terbilang mudah. Karena sama seperti cara update aplikasi aplikasi yang lain. Dalam hal ini, anda bisa memanfaatkan aplikasi google play store. Buka aplikasi tersebut, lalu ketikkan tulisan kata nama aplikasi.

Dalam hal ini adalah instagram. Ketika sudah muncul, maka anda lihat, apakah ada tulisan update di sebelah kanan? Jika ada, maka tinggal klik saja pada tulisan tersebut, dan tunggu sampai proses updatenya selesai. Mudah sekali bukan? Cara satu ini juga bisa dilakukan saat anda akan mengupdate aplikasi lainnya.

Kendala OS di iOS

Cara mengatasi masalah tidak bisa live instagram yang berikutnya jika masalahnya ada pada os pada ios ponsel anda. Sebagaimana sudah disebutkan di poin pertama, bahwasanya yang baru bukan hanya osnya saja, tapi juga iosnya.

Hal ini agar membuat anda bisa menikmati berbagai macam fitur fitur yang ada. Baik itu di instagram atau di aplikasi yang lain. Maka pastikan untuk mengupdate ios terbaru ya. 

Baca Juga :  10 Rekomendasi Situs Pembuat Undangan Terbaik

Log Out Akun Instagram/keluarkan akun anda

Untuk cara mengatasi masalah tidak bisa live instagram yang berikutnya ialah dengan keluar, atau log out dari akun instagram anda. Cara satu ini juga terbilang cukup ampuh dalam menyelesaikan beberapa permasalahan pada aplikasi.

Termasuk ketika ada fiturnya yang tidak bisa digunakan. Kalau sudah selesai log out, maka anda bisa mencoba untuk log in kembali. Gimana, apakah cara ini berhasil? Jika tidak, cobalah untuk melakukan cara cara yang lainnya.

Koneksi Internet

Koneksi internet yang bermasalah juga dapat membuat beberapa fitur aplikasi bermasalah. Dan ini bukan hanya terjadi pada aplikasi instagram saja. Melainkan juga terjadi pada aplikasi aplikasi yang lainnya. Dan tidak bisa dipungkiri, bahwa sebenarnya ini merupakan masalah yang sangat umum, dan sering dialami oleh banyak orang. Terlebih lagi bagi mereka yang menggunakan jaringan internet lewat wifi. Saat akan melakukan live, maka anda membutuhkan koneksi internet yang bagus dan stabil. Maka dari itu, pastikan bahwa koneksi internet anda memang stabil dan kuat. 

Lakukan Install Ulang Aplikasi Instagram

Selain dapat mencoba beberapa cara di atas, anda juga bisa mencoba cara yang satu ini. Yang penting, jangan lupa untuk menyimpan informasi log in anda ya. Nah, sebelum menginstall kembali, itu artinya anda meski menguninstall aplikasinya terlebih dahulu.

Dan bisa dikatakan, bahwa cara mengatasi masalah tidak bisa live yang satu ini merupakan sebuah hack. Dan hacknya tergolong cukup manjur buat dicoba. Karena sebagian besar berhasil.

Selain bisa diterapkan pada aplikasi instagram, cara yang satu ini juga bisa anda lakukan jika menemukan masalah pada aplikasi yang lain kok. Dan biasanya, ketika menginstall kembali, atau mendownload aplikasi instagram yang baru, maka anda pasti akan menginstal yang terbaru kan?

Inilah keunggulannya. So, jika sudah berkali kali mencoba, namun masih juga gagal, kami rekomendasikan dan sarankan anda buat menguninstallnya dan memasangnya kembali. 

Restart Smartphone

Tahukah anda, bahwa ternyata, dengan merestart ponsel, maka ada beberapa sistem yang bermasalah yang diperbaiki. Dan inilah mengapa, merestart ponsel bisa dikatakan sebagai salah satu cara terampuh untuk mengatasi berbagai permasalahan.

Termasuk ketika anda tidak bisa live di instagram. Untuk cara merestart ponselnya sendiri tentu beragam ya. Karena tiap ponsel pasti menawarkan cara restart yang berbeda.

Yang penting, tinggal di sesuaikan saja dengan ponsel yang digunakan. Sebagai pengguna ponsel, anda tentu lebih tahu bagaimana cara merestart nya. Iya kan?

Hapus Aplikasi Yang Tidak Digunakan / Cache Junk

Sementara untuk cara yang terakhir adalah dengan menghapus aplikasi yang tidak lagi digunakan. Hal ini karena memang, salah satu penyebab mengapa anda gagal melakukan live instagram ialah memori yang sudah nyaris penuh, dan dipenuhi oleh sampah sampah dan aplikasi yang tidak lagi digunakan.

Dan saat ini terjadi, maka performa ponsel bakalan memburuk, dan kerjanya tidak maksimal. Maka dari itu, sebelum live di instagram, akan lebih baik jika anda membersihkan ponsel terlebih dahulu.

Yakni dengan menghapus aplikasi yang telah selesai digunakan. Hal ini agar performa ponsel menjadi stabil dan maksimal kembali. 

Demikian beberapa cara mengatasi masalah tidak bisa live instagram yang meski dipahami, lengkap dengan masalahnya. Bagi anda yang suka live, tentu tutorial yang satu ini sangat membantu dan bermanfaat kan? So, yuk segera atasi permasalah yang ada dengan beberapa tutorial di atas.

Oh ya, jangan lupa buat membagikannya juga ya. Supaya makin banyak teman teman anda yang bisa mengatasi masalah ini sendiri tanpa harus panik. Semoga bermanfaat, selamat mencoba, dan semoga membantu.