Bisa Dicoba! 9 Cara Mengatasi IndiHome Lemot Secara Mandiri

Apa yang akan kamu lakukan saat internet IndiHome di rumah tiba-tiba lemot? Apakah kamu akan membiarkannya dan bodo amat? Atau kamu justru akan marah-marah ke customer service IndiHome langsung? Nah, ternyata ada beberapa cara mengatasi IndiHome lemot yang bisa kamu lakukan sendiri, lho.

Wifi IndiHome yang lemot memang bisa terjadi kapanpun karena berbagai faktor. Bisa karena FUP sudah limit, penggunaan devisa yang melebihi batas, atau karena memang server sedang error. 

Nah, berikut beberapa cara memperbaiki Indihome yang lemot. Kamu tidak perlu memanggil teknisi karena cara-cara ini dapat kamu lakukan sendiri di rumah.

1. Mengubah Settingan DNS ke yang Paling Cepat

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan merubah settingan DNS wi-fi. Menurut beberapa orang, cara pertama ini terbukti lebih efektif untuk meningkatkan kecepatan internet saat internet Indihome down massal

Langkah merubah settingan DNS IndiHome ke DNS yang lebih kuat juga cukup mudah. Bila kamu memiliki komputer yang selalu terhubung dengan koneksi internet Indihome, kamu bisa mengikuti cara berikut:

  1. Langkah pertama, klik start menu.
  2. Pada kolom search, ketikan control panel’’.
  3. Lanjut dengan masuk ke menu network and internet, pilih network and sharing center, lalu klik adapter settings.
    cara mengatasi speed indihome lemot
  4. Langkah selanjutnya, klik kanan pada ethernet atau wifi jaringan yang kamu gunakan, klik properties.
    cara mengatasi modem indihome lemot
  5. Tahapan berikutnya, ketuk menu internet protocol version 4 (TCP/IPv4).
  6. Pilih menu use the following DNS server addresses.
  7. Masukkan DNS (1,1,1,1) atau (8,8,8,8)  cloudflare dan open DNS
    cara mengatasi jaringan internet indihome lemot
  8. Terakhir, klik icon OK dan Apply.

Cara ini tidak akan merugikan pihak Indihome, namun jika terjadi kerusakan, maka pihak Indihome juga tidak bertanggung jawab. Kamu bisa melakukan penyelesaian dengan merubah atau mereset pengaturan awal.

2. Melakukan Pembatasan Jumlah Pengguna

Batasi Pengguna WiFi

Saat akan memilih speed internet IndiHome, kamu pasti juga tahu tentang batasan jumlah penggunanya. Contohnya seperti internet dengan kecepatan 10 mbps, maka batas device yang sebaiknya terkoneksi ke internet hanya 3-5 device

Bila jumlah alat atau device yang terhubung ke internet lebih dari itu, wajar jika koneksi Internet lemot. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu merubah settingan jumlah device atau perangkat yang terhubung ke internet sebagai salah satu cara mengatasi speed IndiHome lemot.

Selain dengan membatasi jumlah pengguna melalui pengaturan IndiHome, kamu juga harus berkomunikasi dengan keluarga untuk sepakat tidak membagikan password ke orang sembarangan. Alternatif lain, kamu juga bisa mengganti kata sandi secara bertahap setiap harinya. Dijamin internet akan auto stabil!

Buat yang belum tau, silahkan baca artikel mengenai Cara Membatasi Pengguna WiFi dan Bandwith WiFi ini.

3. Posisikan Router di Tempat yang Pas dan Ideal

Atur Posisi Router

Apabila koneksi internet merupakan sesuatu yang nyata dan bisa kamu lihat, maka bentuknya akan melingkar dengan radius beberapa meter dari routernya. Agar koneksi internet lebih stabil, tentu sebaiknya tempatkan router di tengah-tengah ruangan. Ini juga bertujuan agar koneksi internet merata.

Bila perlu, kamu bisa menempatkan router atau titik akses point di dekat tempat kamu bekerja atau tempat yang biasa kamu pakai untuk mengakses internet. Hindari meletakkan router di dekat dinding atau pada bagian pojok ruangan karena penyebaran internetnya tidak bisa merata.

4. Customize Settingan Router

Bagi yang belum tahu, sebagai pemilik internet IndiHome, kamu bisa mengatur sendiri settingan dari router, lho. Hal ini bisa kamu lakukan demi kenyamanan dan mendapat  kecepatan saat mengakses internet.

Beberapa pengaturan yang bisa kamu ubah sebagai bentuk cara mengatasi koneksi Indihome lemot adalah sebagai berikut:

  • Mengganti settingan DNS bawaan ke settingan DNS tercepat
  • Mengatur jumlah pengguna WiFi
  • Melakukan pemblokiran terhadap orang yang terkoneksi atau device asing yang tidak kamu kenal
  • Merubah settingan channel bawaan ke settingan channel yang berbeda

5. Kecepatan Internet Maksimal dengan Kabel LAN

Gunakan LAN

Sebagai informasi untuk kamu, koneksi internet wireless atau tanpa kabel umumnya memiliki kecepatan yang berbeda dari apa yang provider klaim. Misalnya seperti koneksi internet Indihome yang mengklaim kecepatannya bisa mencapai 10 mbps. Faktanya, mungkin kamu tidak akan mendapatkan koneksi secepat itu.

Berbeda jika kamu menggunakan koneksi internet melalui kabel. Meskipun tidak sama persis dengan klaim dari Indihome, setidaknya kecepatan koneksi internetnya bisa mendekati kecepatan internet maksimal. Ini bisa jadi solusi dan cara mengatasi jaringan Indihome yang lemot. 

Kegunaan kabel LAN untuk koneksi internet, biasanya akan besar jika kamu memakai divais seperti komputer. Namun, belakangan ini kamu bisa mengkoneksikan smartphone ke LAN menggunakan kabel konektor khusus.

6. Pakai Repeater untuk Memperluas Penyebaran Koneksi Internet

Bila kamu punya rumah seluas 100 meter seperti rumah Tiktokers Siska kohl atau rumah kamu tembok semua, ini akan membuat koneksi internet jauh lebih lambat. 

Hal ini karena banyak halangan antara perangkat yang kamu pakai dengan routernya. Oleh sebab itu, kamu memerlukan alat penguat sinyal tambahan.

Ada beberapa pilihan alat yang bisa kamu gunakan. Misalnya dengan menggunakan router mahal alih-alih router gratis pemberian Indihome, dengan  Alat wifi extender, atau dengan alat bernama wifi mesh. 

Kamu bisa mencari informasi seputar ketiga device umum penguat sinyal tersebut melalui internet ataupun YouTube. 

Yang pasti, device atau perangkat tersebut hanya bisa berfungsi sebagai penguat sinyal ke bagian sisi rumah yang tidak bisa terjangkau koneksi internet. Bukan untuk menambah kecepatan internet.

7. Hapus Cache Browser di Perangkat

Selain karena router atau koneksi internetnya memang kurang stabil, ternyata perangkat atau smartphone yang kamu pakai juga berpengaruh terhadap koneksi internet. Salah satunya bisa karena cache browser yang terlalu banyak.

Cache merupakan salah satu berkas dalam perangkat yang yang menjadi penyumbang terbesar mengapa penyimpanan cepat habis. Padahal, penyimpanan yang sudah penuh akan membuat perangkat lebih lambat. Hal inilah yang mungkin saja membuat koneksi internet seolah menjadi lemot.

Oleh sebab itu, sebaiknya kamu membersihkan penyimpanan secara berkala untuk mengurangi jumlah cache yang menumpuk.

8. Meningkatkan Speed Internet

Memiliki banyak perangkat yang harus selalu terhubung dengan internet, tetapi internet kamu memiliki kecepatan atau speed yang kecil? Mungkin inilah yang menjadi salah satu faktor kenapa koneksi internet Indihome kamu lambat.

Jika seperti ini, sudah saatnya kamu meningkatkan kecepatan internet sebagai salah satu cara mengatasi jaringan Indihome lambat.

Bila sebelumnya kecepatan internet Indihome hanya 20 mbps yang hanya terbatas untuk kurang dari 10 perangkat, kamu bisa meningkatkan ke kecepatan internet yang lebih tinggi. Misalnya: 50 mbps hingga 100 mbps untuk pengalaman berselancar di internet yang lebih baik.

9. Hubungi Customer Service

Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan jika kendala koneksi internet lemot bukan karena berbagai penyebab seperti di atas, kamu bisa langsung menghubungi pihak CS Indihome atau Telkom. 

Kamu bisa menghubungi melalui berbagai cara mulai dari akun Facebook, Twitter, atau bisa telepon langsung ke 147. Nantinya, langkah pertama yang akan CS lakukan adalah dengan merestart jaringan pusat. Bila kendala belum terselesaikan, pihak Telkom akan memberikan tiket dan teknisi akan segera mendatangi rumah kamu.

Penutup

Indihome merupakan salah satu layanan internet dengan jangkauan terluas di Indonesia. Namun, bukan berarti Indihome punya internet yang selalu stabil. Adakalanya koneksi internet mendadak lemot atau mati. 

Koneksi internet Indihome yang lemot bisa disebabkan oleh beberapa faktor eksternal. Misalnya seperti kabel yang terputus, router yang rusak, atau karena adanya redaman tinggi. Ini juga bisa karena berbagai gangguan lainnya.

Nah, berbagai cara mengatasi Indihome lemot di atas bisa kamu lakukan sebagai bentuk penanganan pertama apabila internet mati atau lemot. Kamu tak perlu langsung mengundang teknisi dan mencoba mengusahakannya sendiri terlebih dahulu.

Tinggalkan komentar