5 Cara Mengaktifkan Bluetooth Di Laptop Dengan Mudah

Bluetooth adalah sebuah teknologi yang membantu kita dalam proses saling bertukar data dan informasi melalui berbagai perangkat yang berbeda tanpa menggunakan kabel. Banyak orang memilih menggunakan teknologi ini karena dirasa lebih praktis. Namun, kenyataannya masih banyak pemilik laptop yang tidak tahu bagaimana cara mengaktifkan bluetooth di laptop mereka.

Jika kamu adalah salah satu dari mereka tidak perlu kuatir karena kamu bakal menemukan beberapa cara untuk melakukan hal tersebut dengan mudah di artikel ini. Simak informasi penting berikut untuk membantu kamu mengerti cara mengaktifkan bluetooth di komputer.

5 Cara Mengaktifkan Bluetooth Di Laptop

Tahukah kamu bahwa mengaktifkan Bluetooth di laptop atau komputer relatif mudah dilakukan? Walaupun kamu dapat dengan mudah mengaktifkannya dengan aplikasi tambahan, namun, cara berikut ternyata tidak ribet untuk kamu lakukan. Masih tidak percaya? Simak caranya sebagai berikut:

1. Menggunakan Tombol Fn di Keyboard

Gunakan Tombol Fn

Cara pertama mengaktifkan Bluetooth adalah cukup dengan menggunakan keyboard laptop atau komputer kamu, yaitu menggunakan kombinasi tombol fn dengan tombol lain. Posisi tombol fn berada di sebelah tombol ctrl di bagian kiri bawah keyboard. 

Tombol ini umumnya menjadi shortcut untuk berbagai fungsi, misalnya untuk mengaktifkan atau menonaktifkan sesuatu. Sebelum mengaktifkan Bluetooth, sebaiknya kamu cermati terlebih dahulu tombol f1 – f3 yang ada di laptop kamu. Pasalnya, salah satu tombol tersebut memiliki gambar ikon Bluetooth sehingga kamu tinggal menekan gabungan antara tombol FN + F1/F2/F3 secara bersamaan. 

Setelah itu akan muncul simbol Bluetooth di sistem tray laptop kamu. Munculnya ikon tadi menandakan bahwa Bluetooth di laptop kamu sudah aktif sehingga kamu dapat menggunakannya kapan saja kamu mau.

2. Menggunakan Dongle Bluetooth

Dongle Bluetooth

Cara mengaktifkan bluetooth di laptop Windows 7 yang tidak memiliki Bluetooth bawaan adalah dengan menggunakan alat yang bernama dongle. Bluetooth USB ini adalah sebuah hardware yang memiliki fungsi untuk menjadi penghubung antar perangkat yaitu dengan menggunakan Bluetooth sebagai saluran penghubungnya. 

Alat berupa modem USB ini dapat kamu bawa ke mana-mana dan simpan ke dalam saku karena bentuknya mungil. Kamu hanya perlu memasang dongle tersebut di USB port laptop atau komputer kamu.

Beberapa produk Bluetooth dongle sudah dilengkapi dengan sistem plug-and-play sehingga kamu dapat langsung menggunakannya begitu terhubung dengan perangkat kamu. 

Namun, ada jenis dongle yang mengharuskan kamu untuk sebelumnya menginstal driver terlebih dahulu. Tentukan jenis Bluetooth dongle sesuai dengan kebutuhan dan pilihan yang kamu inginkan agar kamu dapat memaksimalkan koneksi nirkabel kamu dengan nyaman.

3. Mengaktifkan Melalui Device Manager

Hidupkan Bluetooth Laptop

Ada cara mengaktifkan bluetooth di PC Windows 7 lain yang dapat kamu coba adalah dengan mengaktifkannya melalui Device Manager. Cara ini dapat kamu terapkan pada berbagai merek laptop dan komputer yang umum kamu jumpai di pasaran misalnya HP, Dell. ASUS, Acer dan lainnya.

Berikut Langkah-langkah yang harus lakukan:

  • Tekan secara bersamaan gabungan tombol Windows + X pada tampilan layar desktop kamu atau klik kanan ikon Windows di kiri bawah layar.
  • Maka akan muncul tampilan jendela di sebelah kiri, lalu pilih dan klik pada bagian Device Manager
  • Setelah Device Manager terbuka, klik pada ikon Bluetooth yang ada di tampilan tersebut
  • Maka akan muncul beberapa pilihan perangkat Bluetooth yang ada. Klik kanan pada perangkat yang kamu pilih, kemudian pilih Enable device untuk mengaktifkannya
  • Jika kamu ingin menonaktifkan perangkat tersebut, maka kamu hanya perlu menekan pilihan Disable Device. Tidak sulit, kan?

4. Menginstal Driver Bluetooth

CD Driver Laptop

Menginstal driver Bluetooth adalah cara selanjutnya yang dapat kamu lakukan sebagai cara mengaktifkan bluetooth di laptop Windows 10 maupun Windows 7 dan 8. Jika driver Bluetooth belum terpasang di sistem operasi laptop kamu belum, maka kamu tidak dapat menyalakan Bluetooth. Untuk itu kamu perlu menginstal driver Bluetooth lebih dulu.

Kamu dapat melakukannya dengan menggunakan driver yang umumnya berupa CD atau DVD bawaan dari merk perangkat kamu. Tidak perlu panik jika kamu tidak dapat menemukannya karena kamu dapat mengunduhnya secara online. Pastikan tipe yang kamu unduh sesuai dengan Bluetooth bawaan laptop kamu ya.

5. Mengaktifkan Melalui Pengaturan (Settings)

Settings Laptop

Kamu juga dapat menyalakan Bluetooth melalui Settings di laptop kamu. Berikut cara mengaktifkan bluetooth di laptop Windows 8 dan juga Windows versi lain:

  1. Klik pada ikon Start menu di laptop kamu, kemudian pilih “PC Settings”
  2. Setelah menu Settings terbuka, pilih Devices, kemudian klik pada pilihan “Bluetooth and other devices”
    Settings Bluetooth
  3. Aktifkan dengan cara menggeser tombol pada bagian “On”
    Aktifkan Bluetooth
  4. Bluetooth kamu sudah aktif dan siap untuk kamu gunakan kapan saja

Kamu dapat memilih salah satu cara di atas yang kamu anggap paling mudah dan praktis untuk dikerjakan. Pastikan bahwa perangkat kamu mendukung pemakaian Bluetooth sehingga kamu dapat memilih salah satu cara mengaktifkan bluetooth di laptop untuk mengaktifkannya.

Pastinya sekarang kamu sudah dapat menggunakan koneksi Bluetooth kamu untuk menunjang kegiatan kamu, bukan? Jangan lupa untuk selalu update software di laptop kamu agar dapat berfungsi maksimal.

Tinggalkan komentar