7+ Cara Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Inggris dengan Mudah

Cara Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Inggris dengan Mudah – Bahasa Inggris menjadi salah satu bahasa internasional yang sangat sangat baik jika dikuasai. Hal ini karena dengan penguasaan bahasa Inggris yang baik, ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan.

Mulai dari mempermudah anda saat akan mengikuti sebuah tes, mendapatkan beasiswa keluar negeri, mendapatkan pekerjaan, dan yang lainnya. Itulah mengapa, sejak duduk di bangku sekolah dasar kita mendapatkan materi ini.

Nah, salah satu materi yang menarik buat dipelajari adalah gimana sih Cara Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Inggris. Iya kan? Buat anda yang sudah terbiasa, dan mempunyai banyak kosa kata dalam bahasa inggris pasti sudah bisa membuat sendiri teks untuk memperkenalkan diri.

Berbeda halnya dengan mereka yang baru belajar, dan belum punya banyak kosa kata dalam bahasa inggris. Tapi tenang saja, karena kali ini kami bakalan memberikan contoh Cara Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Inggris yang nantinya bisa anda gunakan saat diminta atau saat dibutuhkan.

Sesuai dengan namanya, memperkenalkan diri berarti anda akan memperkenalkan diri anda ke orang lain. Dan ini membutuhkan penguasaan yang baik. Sehingga, saat ada momen untuk memperkenalkan diri, anda memang harus membuat teksnya sebagus mungkin.

Agar nggak sampai malu maluin diri sendiri. Oke, daripada penasaran, berikut ini merupakan teks yang bisa digunakan, atau pembahasan seputar Cara Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Inggris yang bisa anda terapkan ya.

Tenang saja, teksnya sudah siap digunakan dan bener bener bisa membuat anda lebih percaya diri deh. Yang penting, kuasai teks dan kuasai panggungnya ya. 

Cara Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Inggris 

Dalam bahasa Inggris, memperkenalkan diri disebut dengan self introduction. Yakni sebuah kegiatan memperkenalkan diri kita ke orang lain, atau ke ranah publik. Dan materi ini merupakan materi yang sangat sangat dasar loh.

Sehingga, memang akan sangat sangat bagus jika dimaksimalkan. Bahkan, anda pasti sudah pernah mendapatkan materi satu ini kan ketika duduk di bangku sekolah? Nah kalau misalnya ada yang sudah lupa, nggak masalah kok.

Karena kan akan kami bahas Cara Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Inggris buat anda. Berikut ini merupakan Cara Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Inggris yang bisa anda lakukan. 

Persiapkan Diri dengan Baik

Cara Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Inggris yang pertama adalah dengan mempersiapkan diri anda sebaik mungkin.

Yes, yang namanya akan berkenalan, atau memperkenalkan diri, tentu anda harus benar benar mempunyai persiapan yang matang. Adapun persiapan ini bisa meliputi beberapa hal. Kayak penampilan anda nantinya akan seperti apa, kemudian kira kira, apa saja sih yang mesti dipersiapkan saat akan memperkenalkan diri.

Untuk teks perkenalan diri dalam bahasa Inggrisnya bisa anda dapatkan di bagian akhir ya. Jadi nggak usah khawatir. Menurut Lingoneo, yang notabenenya adalah sebuah organisasi bahasa di negara Jerman, disebutkan bahwasanya ada tiga hal yang meski anda sebutkan ketika akan memperkenalkan diri nih.

Dan ini sangat penting buat diperhatikan dengan baik. Agar perkenalan yang anda sampaikan bisa diterima dengan baik, dan berkesan di hati para pendengar atau yang menyaksikannya.

Adapun tiga hal tersebut ialah beginning an introduction, kemudian ending an introduction, hingga dengan furthering a conversation. Untuk yang pertama adalah beginning. Yang dimaksud dengan beginning introduction adalah bagian pembuka.

Yes, bagian awal saat anda akan memperkenalkan diri sendiri. Dan biasanya nih, bagian pembuka ini isinya hanya sebatas sapaan kepada para pendengar, kemudian nama anda. Lalu, anda bisa melanjutkannya dengan beberapa informasi mengenai diri anda.

Usahakan untuk memperkenalkan diri sejujur jujurnya, tanpa harus ada bagian bagian yang ditambahkan ya. Lalu, anda bisa juga menambahkan bagian umur, kemudian pekerjaan, dan yang lainnya. Sementara untuk di bagian yang akhir, adalah penutup.

Sebagaimana menyampaikan perkenalan atau penampilan pada umumnya, perkenalan diri di depan umum juga akan jauh lebih baik jika menggunakan bagian penutup. Adapun bagian penutupnya bebas, tapi berikanlah kalimat yang bagus.

Seperti nice to meet you. Dan kalimat tersebut merupakan salah satu kalimat yang paling umum digunakan dalam ending introduction, alias penutupan perkenalan diri. Atau, jika anda punya kalimat penutup yang kiranya lebih bagus, dan lebih keren juga nggak jadi masalah sih. Tergantung keinginan aja deh.

Artikulasi yang Baik

Cara Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Inggris  yang kedua adalah menyampaikannya dengan menggunakan artikulasi yang sangat sangat baik. Artikulasi sendiri merupakan penyampaian. Yakni pelafalan tiap kata dan kalimat yang anda ucapkan saat memperkenalkan diri.

Jika anda merasa ada beberapa informasi di perkenalan yang agak sulit disebutkan dan dijelaskan, maka kami sarankan anda buat latihan terlebih dahulu. Karena ini akan sangat membantu anda, agar bisa menyampaikan kalimat demi kalimatnya secara jelas.

Dan informasi yang didapatkan oleh para pendengarnya juga jelas pastinya. Untuk latihan pelafalan yang baik dan benarnya, anda bisa banget kok dengan meminta pendapat orang yang ada di sekitar, atau dengan berlatihan terus sendirian.

Baik itu di depan cermin, di motor, atau dimanapun. Semakin sering anda melatih diri sendiri, tentu hal ini akan semakin baik terhadap menampilkan perkenalan anda nantinya. 

Ramah

Cara Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Inggris  yang selanjutnya adala menyampaikannya dengan ramah. Karena bagaimanapun, sebagai orang yang akan memperkenalkan diri, yang namanya first impression merupakan salah satu hal yang sangat sangat penting.

Atau, yang biasa disebut dan dikenal dengan makna kesna pertama. Anda meski bisa memberikan kesan pertama yang baik kepada orang lain.

Bagaimanapun caranya. Tapi cara yang paling sederhana dan yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan atau melemparkan senyuman yang ikhlas dan tulus ketika sedang memperkenalkan diri anda. 

Kontak Mata

Berbicara di depan umum, membuat anda harus bisa menguasai panggung. Dalam hal ini, anda tidak sedang berbicara sendirian ya. Ada orang orang yang menyaksikan anda, dan menunggu kalimat demi kalimat yang akan anda keluarkan.

Maka dari itu, Cara Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Inggris satu ini mengharuskan anda buat menatap atau memberikan kontak mata kepada para pendengar atau audiens.

Jangan sampai anda hanya menunduk saja. Karena memang, dengan memberikan kontak mata kepada mereka, itu artinya anda bisa membuat mereka tertarik dengan sesi perkenalan yang anda berikan.

Dan ini merupakan Cara Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Inggris yang sangat penting. Dan nggak cuma berlaku ketika anda memperkenalkan diri menggunakan bahasa Inggris saja sih. Tapi juga berguna banget digunakan saat dalam berbagai kesempatan yang lainnya.

Sopan

Cara Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Inggris yang nggak kalah menariknya dengan Cara Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Inggris yang lainnya ialah dengan menyampaikannya secara sopan.

Dalam hal ini, anda bisa memperkenalkan diri dengan maju ke depan atau dengan berdiri, sesuai dengan yang diminta oleh pemilik acara. Kemudian, anda juga bisa menyampaikannya dengan menggunakan kata kata yang baik, tidak kasar, atau yang lainnya. 

Gestur Tubuh

Dan yang terakhir adalah memperhatikan gestur atau gerak gerik tubuh. Bagaimanapun, gestur menjadi hal yang sangat penting, meskipun banyak yang menganggapnya sebagai sesuatu yang sangat sepele. Karena pada nyatanya, gestur juga akan berpengaruh terhadap daya tarik orang lain loh. 

Adapun yang bisa anda sampaikan ketika sedang memperkenalkan diri meliputi salam pembuka, kemudian ada juga nama, kemudian alamat, sekolah dimana, atau berkuliah dimana, dan yang lainnya. 

Teks Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Inggris 

Oke, setelah membahas beberapa hal penting dalam Cara Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Inggris di atas, sekarang kami akan berikan teks untuk memperkenalkan dirinya ya. Baik itu dalam bahasa Indonesianya maupun dalam bahasa Inggris.

Dan nantinya, tinggal di sesuaikan saja dengan data anda. Kayak bagian namanya, kemudian alamat, usia, dan yang lainnya. Atau, jika kiranya ada beberapa informasi yang anda anggap kurang penting, bisa kok diskip dan diganti dengan yang lainnya. 

Hallo teman teman semua. Selamat siang. Perkenalkan, nama saya Aprilia, dan biasa dipanggil april. Saya lahir di Sumatera Utara, pada 19 April 1997, sesuai dengan nama saya.

Saya adalah anak pertama dari empat bersaudara, dan saat ini sedang menempuh pendidikan di salah satu perguruan tinggi swasta yang ada di Yogyakarta. Orang tua saya tinggal di Pekanbaru. Saya mempunyai kegemaran membaca buku dan travelling.

Jika ada diantara anda yang mempunyai hobi sama seperti saya, mungkin lain kali kita bisa agendakan traveling bersama, atau sekedar sharing tentang buku buku yang kita sukai ya. Itu dia perkenalan singkat dari saya. Senang bertemu dengan kalian semua. Selamat siang.

Hello all friends. Good afternoon. Introduce, my name is Aprilia, and usually called April. I was born in North Sumatra, on April 19, 1997, according to my name. I am the first child of four siblings, and currently studying at a private university in Yogyakarta.

My parents live in Pekanbaru. I have a passion for reading books and traveling. If any of you have the same hobbies as me, maybe next time we can schedule a trip together, or just share about the books we like. That’s a brief introduction from me. Nice to meet you all. Good afternoon.

Hello all friends. Good afternoon. Introduce, my name is Aprilia, and usually called April. I was born in North Sumatra, on April 19, 1997, according to my name. I am the first child of four siblings, and currently studying at a private university in Yogyakarta.

My parents live in Pekanbaru. I have a passion for reading books and traveling. If any of you have the same hobbies as me, maybe next time we can schedule a trip together, or just share about the books we like. That’s a brief introduction from me. Nice to meet you all. Good afternoon.