Cara Memperbesar Ukuran JPG dan Foto

Memperbesar Ukuran JPG dengan Photoshop

Deskripsi: Cara Memperbesar Ukuran JPG dengan Mudah. Ukuran File Foto / Image dengan Resolusi Kecil Bisa Anda Perbesar Menggunakan Beberapa Cara di Bawah.


Adakalanya kita menemukan sebuah foto yang bagus tetapi kualitas resolusinya rendah. Sedangkan, foto untuk kebutuhan tertentu dibutuhkan dalam kondisi resolusi yang tinggi.

Ketahui bagaimana cara memperbesar ukuran foto (jpg) dengan menggunakan berbagai aplikasi dan software. Bahkan ada yang langsung menggunakan situs di browser tanpa kamu harus install aplikasi.

Saat ingin mengunggah foto di sosial media, kualitas resolusi foto tersebut perlu kamu perhatikan. Semakin tinggi resolusinya maka akan semakin bagus tampilan gambar tersebut.

Jika ada foto penting yang perlu ditampilkan di sosmed tetapi resolusinya rendah, simak bagaimana langkah-langkah memperbesar ukuran foto (jpg) berikut.

1. Memperbesar Ukuran JPG dengan Photoshop

Memperbesar Ukuran JPG dengan Photoshop

Adobe fotoshop merupakan salah satu software yang dapat digunakan untuk merubah ukuran gambar, baik memperkecil ukuran foto atau memperbesar.

Bila kamu memiliki gambar yang ingin dirubah ukurannya, bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka software adobe Photoshop di laptop atau komputer
  • Ambil menu open, lalu pilih gambar di komputer yang akan diperbesar ukurannya
  • Ambil menu ‘image’ di bagian atas layar software lalu klik, pilih sub menu ‘image size’
  • Selanjutnya isi kolom pixel dimention, naikkan angkanya jika ingin diperbesar. Isi width dan height sesuai ukuran yang dibutuhkan.
  • Centang semua kolom scale style, constrain proportions, dan resample image.
  • Pilih menu bicubic sharper (best for reduction)
  • Tekan oke, lalu cek ukuran gambar yang tersimpan di komputer apakah sudah sesuai dengan ukuran yang diinginkan atau belum.

Software Photoshop juga tersedia dalam bentuk portable yang lebih memudahkan kamu tanpa harus menginstalnya di komputer atau laptop.

Photoshop sebagai salah satu program desain grafis yang terkenal memiliki fitur-fitur lain yang lebih lengkap untuk mengedit foto.

Bukan hanya ukuran yang lebih besar tetapi juga tingkat kecerahan dan kualitas gambar yang lebih bagus.

2. Memperbesar Ukuran Foto dengan Let’s Enhance

Let's Enhance

Aplikasi memperbesar ukuran foto ternyata juga bisa kamu temukan di situs-situs khusus yang dibuat untuk kebutuhan ini.

Tanpa harus menginstall sebuah aplikasi, kamu cukup mengunjungi sebuah website. Salah satunya adalah Let’s Enhance. 

Bagaimana cara meningkatkan ukuran foto di situs ini? Berikut langkah-langkahnya:

  • Kunjungi situs https://letsenhance.io/boost
  • Setelah website terbuka, klik kolom ‘Click here to upload image’ lalu unggah gambar yang ingin kamu tingkatkan ukurannya.
  • Pada tampilan selanjutnya, pilih menu upscalling, lalu ambil kolom photos and art jika yang ingin kamu perbesar adalah foto.
  • Pilih menu advance setting lalu tingkatkan ukuran sesuai kebutuhan.

Pada versi gratis, website ini hanya menawarkan ukuran 4 kali pembesaran. Bila ingin lebih tinggi bisa mengambil versi premium.

  • Setelah itu klik ‘start processing’ untuk memulai proses meningkatkan ukuran.
  • Sebelum menggunakan website ini, kamu diminta untuk membuat akun.

Nah, setelah proses memperbesar selesai, kamu bisa langsung download hasil gambarmu dari website ini.

3. Memperbesar Ukuran Foto dengan Aplikasi Waifu2x

Waifu2x

Aplikasi memperbesar foto di android yang bisa kamu gunakan salah satunya adalah waifu2x. Silakan langsung mengunduh aplikasi ini di playstore jika ingin menggunakannya. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Buka aplikasi lalu pilih menu ‘select image’ untuk memilih gambar dari galeri yang ingin kamu perbesar ukurannya.
  • Pada kolom noise reduction bisa kamu pilih high untuk mengurangi efek noise pada gambar.
  • Pilih scale lalu ‘none’ untuk normal 2x jika ingin meningkatkan kualitas gambar dua kali lipat.
  • Selanjutnya pilih menu ‘convert’ dan biarkan proses berlangsung.
  • Sebelum mengunduh gambar yang sudah kamu perbesar, kamu bisa memilih format yang sesuai. Kamu bisa menggunakan format JPEG atau PNG.

4. Memperbesar Ukuran Foto dengan Aplikasi Remini

Remini

Aplikasi android untuk memperbesar foto jpg yang selanjutnya adalah remini. Kamu bisa langsung mengunduh aplikasi ini di playstore sebelum menggunakannya. Lalu ikut langkah-langkah berikut untuk memperbesar ukuran foto yang kamu inginkan:

  • Buka aplikasi remini ini, sebagian menunya berbayar jadi perlu kamu perhatikan mana yang versi free.
  • Jangan lupa sebelum menggunakan aplikasi ini silakan membuat akun lebih dulu.
  • Bila ingin memperbesar foto, pilih menu Enhance’ lalu pilih foto yang ingin kamu perbesar ukurannya.
  • Bila ingin memperbesar foto, klik tanda ceklis hijau di sebelah kanan, lalu kamu juga bisa memotong bagian yang akan kamu hilangkan dari gambar.
  • Setelah tanda ceklis hijau kamu tekan, sistem akan memproses peningkatan ukuran gambar, lalu setelah selesai bisa langsung kamu download dari aplikasi ini.

Walaupun ukurannya berubah, kamu tidak akan menemukan kualitas yang berkurang pada gambar yang diperbesar tersebut.

Aplikasi ini terbilang simpel dan mudah digunakan, akan tetapi dalam sehari kamu hanya dibatasi bisa menggunakannya secara gratis sebanyak 3 kali saja. Lebih dari itu tidak bisa.

Baca Juga:

Penutup

Nah, bagaimana menurut kamu aplikasi hp memperbesar ukuran foto ini?

Beberapa cara memperbesar gambar di atas bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan jenis foto yang ingin ditingkatkan ukurannya. Bila merupakan foto dari kamera ponsel maka cukup menggunakan aplikasi android yang lebih simpel dikerjakan melalui hp.

Namun, jika ingin meningkatkan ukuran gambar dari kamera profesional, lebih disarankan menggunakan software seperti fotoshop yang memang dikhususkan untuk desain profesional.

Bagaimanapun tampilan sebuah gambar dengan resolusi yang tinggi akan terlihat lebih bagus dan menarik, terlebih lagi jika tujuannya untuk diposting di media sosial.

Cara memperbesar ukuran foto (jpg) di atas bisa kamu pelajari sesuai dengan jenis aplikasi yang digunakan. Apa jenis foto yang kamu butuhkan dan untuk tujuan apa, bisa kamu sesuaikan perangkat apa yang paling sesuai untuk memperbesarnya. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

4 Cara Cek Nomor Smartfren

Cara Cek Nomor Smartfren – Smartfren saat ini sudah jadi salah satu operator atau provider dengan peminat yang cukup banyak. Salah satu alasan yang mendasarinya adalah Smartfreen menyediakan penawaran paket…
Selengkapnya

Ukuran Kertas A4

Deskripsi: Ukuran Kertas A4 dalam Berbagai Satuan (MM, CM, Inci dan Pixel). Keunggulan Kertas A4 dalam Berbagai kegunaan. Cara Setting Print Kertas Ukuran A4. Kertas dengan ukuran A4, menjadi kertas…
Selengkapnya