Cara Membuat Link WhatsApp Secara Otomatis & Manual

Cara Membuat Link WhatsApp

Apakah Anda ingin chat dengan orang lain melalui WhatsApp tanpa menyimpan nomornya? Jika iya, maka Anda harus tahu cara membuat link WhatsApp. Melalui link WA tersebut, pengguna WhatsApp bisa menghubungi Anda tanpa harus menyimpan nomor terlebih dahulu.

Biasanya link WhatsApp ini dimanfaatkan oleh pebisnis online, untuk memudahkan konsumen bertanya-tanya jika ada produk maupun jasa yang membuat mereka tertarik. Mereka hanya tinggal klik link tersebut, otomatis chat WhatsApp dengan seller akan terbuka.

Apakah Anda memiliki online shop dan belum memanfaatkan fitur ini? Tenang, berikut bisa Anda pelajari langkah-langkahnya.

Cara Membuat Link WhatsApp Otomatis

Secara sederhana, Anda bisa membuat link whatsapp secara otomatis dengan klik wa.me/62(No WA Tujuan) di browser atau mana saja asal masih terhubung dengan internet. Bisa juga dengan berbagai cara berikut:

1. Melalui Website wa.wizard.id

Jika Anda tidak ingin ribet, maka bisa membuat link WA melalui website wa.wizard.id. Di sana Anda bisa membuat dengan cepat, yaitu hanya dengan memasukkan nomor telepon dan template teks.

Cara ini bisa Anda lakukan PC, tablet maupun smartphone, asalkan terkoneksi dengan jaringan internet yang aktif.

Berikut bisa disimak langkah-langkahnya:

Pertama buka browser dan kunjungi website wa.wizard.id, yaitu di alamat

  • Begitu tiba di beranda website, Anda tinggal memasukkan nomor WhatsApp yang digunakan.
  • Ingat, karena sudah ada kode negara Indonesia (+62), maka Anda tidak perlu menuliskan 0 lagi, jadi langsung saja (misal 82244443333).
  • Jika sudah, selanjutnya isi pesan WhatsApp otomatis atau template sesuai selera.
  • Selanjutnya klik Generate Link.
  • Tunggu beberapa saat hingga pembuatan link WA diproses, jika sudah Anda bisa klik Copy Link untuk menyalin link yang sudah jadi tersebut.

Tunggu beberapa saat hingga pembuatan link WhatsApp diproses, jika sudah Anda bisa klik Copy Link untuk menyalin link yang sudah jadi tersebut

  • Selesai, sekarang Anda bisa menggunakan link tersebut agar konsumen yang berminat bisa langsung chat pribadi tanpa harus menyimpan nomor HP.

2. Melalui Website wa.link

Berikutnya ada website WA.link, yang merupakan WhatsApp link generator paling populer dan sering digunakan di seluruh dunia. Melalui website ini, Anda bisa membuat link WhatsApp yang memungkinkan pengguna lain bisa langsung chat Anda dengan sekali klik.

Cara satu ini otomatis dan bisa Anda lakukan dengan cepat tanpa menunggu lama. Berikut bisa diikuti langkah-langkahnya:

Pertama buka WAlink di alamat berikut

  • Selanjutnya scroll layar hingga ke bawah, tepatnya di bagian Create Your Link Here.
  • Selanjutnya masukkan nomor HP yang yang digunakan sebagai akun WhatsApp untuk urusan bisnis.

Selanjutnya masukkan nomor HP yang yang digunakan sebagai akun WhatsApp untuk urusan bisnis

  • Sebelumnya pastikan terlebih dahulu kode negara sudah benar (karena sudah ada kode negara +62, Anda tidak perlu memasukkan 0, jadi cukup 83377779999).
  • Selanjutnya masukkan template atau isi pesan WhatsApp yang diinginkan, misalnya saja ‘Halo, saya ingin bertanya lebih lanjut tentang produk’.
  • Jika sudah, Anda bisa klik Preview untuk melakukan pratinjau.
  • Jika sudah yakin dengan hasilnya, bisa klik “Generate My WA.link”.
  • Tunggu beberapa saat hingga link WhatsApp diproses, jika sudah Anda bisa Copy Linkatau Download QR” (jika ingin menggunakan kode QR).
  • Selesai, sekarang Anda bisa membagikan link tersebut di media sosial, website atau melalui email.

Jika Anda ingin membuat link yang lebih cantik di website WA.link, maka bisa mendaftar di WA.link premium. Di sana Anda bisa kustomisasi link agar lebih estetik dan mempresentasikan brand milik Anda.

3. Melalui Website chatwith.io

Cara berikutnya adalah melalui website chatwith.io, yang gratis dengan proses yang cepat. Selain melayani pembuatan link WhatsApp, website ini juga melayani pembuatan profil WhatsApp Business dan WhatsApp Landing Page.

Berikut bisa langsung disimak tutorial cara pembuatannya:

Pertama buka browser (PC, tablet dan smartphone) dan masukkan URL berikut

  • Selanjutnya masukkan nomor HP WhatsApp yang Anda gunakan, jangan lupa untuk menyertakan kode negara (misal 6281233335555).
  • Jika sudah, selanjutnya masukkan pesan selamat datang, misalnya saja ‘Saya butuh bantuan tentang’, ‘Berapa harga’, ‘Saya ingin bekerja sama dalam’ dan lain sebagainya (sesuaikan dengan bisnis yang Anda jalankan).
  • Jika sudah yakin tidak ada yang salah, Anda bisa klik Create Your WhatsApp Link.
  • Tunggu beberapa saat hingga link selesai dibuat, jika sudah Anda bisa menyalin link tersebut dengan klik Copy and Share Link.

Tunggu beberapa saat hingga link selesai dibuat, jika sudah Anda bisa menyalin link tersebut dengan klik Copy and Share Link

  • Selesai, sekarang Anda bisa membagikan link tersebut ke mana saja (sosial media, website, email) untuk mendapatkan lebih banyak konsumen.

Baca Juga:

Cara Membuat Link WhatsApp Secara Manual

Cara Membuat Link WhatsApp secara Manual

Jangan khawatir jika Anda lebih suka cara manual, karena sebetulnya WhatsApp juga telah

menyediakan fitur ini. Sudah disediakan template URL-nya, Anda hanya harus menambahkan nomor HP yang digunakan untuk akun WhatsApp. Berikut bisa disimak tutorialnya:

  • Pertama, Anda harus tahu bahwa rumus dasar link WA adalah https://api.WhatsApp.com/send?phone=.
  • Selanjutnya Anda tinggal menambahkan nomor WhatsApp ke URL di atas, tepatnya setelah “?phone=”.
  • Ingat, Anda harus memasukkan kode internasional, untuk Indonesia sendiri kode internasionalnya adalah 62.
  • Karena sudah ada kode internasional, maka tidak perlu untuk menuliskan 0 di awal.
  • Selanjutnya jangan gunakan tanda setrip (-) yang biasa digunakan untuk memisahkan nomor
  • Sesuai rumus di atas, maka link WhatsApp yang benar akan seperti ini misalnya https://api.WhatsApp.com/send?phone=6281266667777.
  • Selesai, sekarang Anda bisa share link di atas ke berbagai platform promosi yang diinginkan, mulai website, media sosial bahkan hingga email.

Cara Menambahkan Teks Default ke Link WhatsApp Secara Manual

Cara Menambahkan Teks Default ke Link WhatsApp secara Manual

Link yang telah Anda buat secara manual di atas masih kosongan, karena hanya pintasan agar konsumen bisa langsung chat di WhatsApp dengan Anda tanpa harus menyimpan nomor telepon.

Agar lebih memudahkan Anda dan konsumen, maka bisa menambahkan teks yang bisa menjadi form pemesanan atau pesan selamat datang. Berikut rumus membuat pre built text di link WhatsApp:

  • URL default adalah https://api.WhatsApp.com/send?phone=NomorTeleponWhatsApp&text=Teks.
  • Kode %20 untuk memasukkan spasi di dalam teks.
  • Kode %0A untuk ganti baris atau enter.

Berikut cara-cara membuatnya:

Ingin memiliki WhatsApp gratis dengan fitur premium yang multifungsi? Silahkan download:

Cara Memendekkan Link WhatsApp Secara Manual

Agar link WhatsApp yang telah Anda buat terlihat bagus dan mudah disalin, maka Anda bisa memendekkan link tersebut. Banyak website yang bisa Anda manfaatkan untuk memendekkan link, salah satunya adalah Bit.ly. Berikut bisa dipelajari tutorialnya:

Pertama buka website Bit.ly di alamat

  • Selanjutnya masukkan link WhatsApp yang telah Anda buat di kolom Shorten Your Link.

Selanjutnya masukkan link WhatsApp yang telah Anda buat di kolom Shorten Your Link

  • Jika sudah klik Shorten untuk menyederhanakan link tersebut (Anda juga bisa kustomisasi link jika sudah mendaftar di Bit.ly).
  • Jika proses pemendekkan link selesai, klik Copy untuk menyalin link tersebut.

Sekarang terserah Anda, ingin menggunakan cara membuat link WhatsApp mana yang menurut Anda paling mudah.

Baca Juga:

Namun jika tidak ingin ribet ketik sana-sini, Anda bisa menggunakan cara otomatis, karena tidak perlu memasukkan kode dan semacamnya. Melalui link WhatsApp ini, Anda dan konsumen akan dimudahkan dalam bertransaksi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Whatsapp MOD

Download WhatsApp MOD APK

Deskripsi: Download WhatsApp MOD APK. Mengenal Apa Itu WhatsApp MOD. Kelebihan Menggunakan WhatsApp MOD. Jenis-jenis WA MOD yang Paling Populer dan Banyak Digunakan. Watsapp jenis modifikasi ini memang dulunya dilarang.…
Selengkapnya
10 Aplikasi Karaoke PC Pilihan, Dijamin Seru

Aplikasi Karaoke PC

Ingin menikmati hiburan dengan karaoke bersama keluarga di rumah? Cobalah menggunakan aplikasi karaoke PC berikut ini. Lagunya banyak! Mengisi waktu luang dengan kegiatan menyanyi memang menjadi favorit banyak orang. Tak…
Selengkapnya
Download WhatsApp Plus

Download WhatsApp Plus APK

Deskripsi: Link Download WhatsApp Plus APK Versi Terbaru. Kelebihan dan Fitur Unggulan dari WA Plus. Cara Menggunakan WhatsApp Plus. Untuk kamu yang sehari-hari biasa berkomunikasi dengan menggukana Whatsapp, pernahkan kamu…
Selengkapnya