Cara Membuat Google Form

Membuat Google Form

BlogPress.ID – Google, salah satu perusahaan raksasa di bidang teknologi informasi, memiliki banyak sekali platform yang dapat digunakan secara gratis, seperti Google Form.

Jika ingin membuat formulir online, Anda dapat mencobanya. Selain gratis, cara membuat google form juga sangat praktis. Google Form adalah sebuah inovasi yang dapat Anda akses melalui Drive.

Platform ini berfungsi untuk membuat kuesioner, pertanyaan, dan formulir pendaftaran yang dilakukan secara online melalui Google.

Kelebihan dari Google Form juga sangat banyak dan dapat membantu meringankan pekerjaan Anda. Data yang dimasukkan pada Google Form dapat langsung diubah ke dalam berbagai bentuk, seperti sheet dan diagram.

Semuanya otomatis. Jadi, Anda tak perlu memindahkannya satu persatu. Menariknya lagi, kita tidak hanya memperoleh data dalam satu bentuk, tetapi juga beberapa bentuk sekaligus.

Cara Membuat Google Form

Sebelum membuat Google Form, Anda harus mempunyai akun Google terlebih dahulu. Jika belum memilikinya.

Anda harus membuatnya sebelum mulai menggunakan layanan Google Form. Setelah memiliki akun Google, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Login Akun Google Drive

Login pada akun Google Drive Anda dengan mengklik link berikut https://drive.google.com/

login google drive

Setelah masuk pada akun Google Drive Anda, klik tulisan “New” pada pojok kiri atas.

membuat form

Kemudian Klik “More”, lalu pilih Google Form.

pilih Google Form

2. Isi Judul dan Deskripsi

Halaman awal Google Form akan muncul. Gantilah judul Google Form sesuai dengan kebutuhan Anda, misalnya “Formulir Pendaftaran Guru Privat”.

Di bagian bawah judul, Anda juga bisa menambahkan deskripsi mengenai formulir yang dibuat.

judul Google Form

Setelah mengisi judul dan dekskripsi, Anda dapat mulai membuat pertanyaan. Google Form memiliki banyak sekali bentuk pertanyaan.

Anda dapat melihat bentuk pertanyaan yang Ada pada Google Form dengan mengklik tombol drop down pada tulisan “Multiple Choice”.

isi judul dan dekskripsi

3. Isi Pertanyaan

Setelah itu pilihlah bentuk pertanyaan sesuai kebutuhan Anda. Pada pertanyaan pertama, untuk nama biasanya diajukan dalam bentuk pertanyaan “Short Answer”.

Short Answer

Kemudian, Anda dapat menambah pertanyaan dengan menekan tombol “Add Question” dan tentukan bentuk pertanyaan yang ingin digunakan. Sesuaikan bentuk pertanyaan dengan  kebutuhan Anda.

Add Question

Jika Anda ingin membuat pertanyaan dengan bentuk jawaban yang panjang, maka “Paragraph” adalah bentuk yang tepat.

Bentuk ini sangat cocok digunakan untuk mengajukan pertanyaan berupa alasan, sinopsis cerita, pengalaman, dan lain sebagainya.

Paragraph

Jika Anda membutuhkan responden untuk mengunggah sebuah dokumen, maka Anda dapat memilih pertanyaan dengan bentuk “File Upload”.

File Upload

Ada juga bentuk pertanyaan “Checkboxes”. Anda dapat memilih bentuk ini jika menginginkan responden untuk menjawab pertanyaan dengan pilihan jawaban yang telah ditentukan.

4. Pilih Opsi Jawaban

Untuk menambahkan opsi jawaban, Anda cukup mengklik tombol “Add option”. Seketika Anda akan dapat menuliskan opsi jawaban lainnya.

Jika ingin menghapus pertanyaan yang telah dibuat, Anda dapat menekan tombol tong sampah.

Selain itu, Anda dapat mengatur apakah pertanyaan tersebut wajib diisi atau tidak. Jika ya, maka Anda harus mengaktifkan tombol “Required”.

Tombol ini berfungsi agar responden mengisi pertanyaan tersebut dan tidak akan dapat mengirim formulir jika tidak mengisinya.

Add option

5. Google Form Selesai Dibuat

Setelah semua hal di atas selesai dibuat, klik tombol “Send”. Halaman “Send form” akan muncul.

Anda dapat memilih apakah ingin mengumpulkan e-mail dari responden atau tidak. Anda juga dapat menentukan ingin menyebarkan form melalui e-mail atau link.

Send form

Inilah bentuk formulir yang akan diterima oleh responden untuk diisi.

bentuk formulir yang akan diterima oleh responden

Bentuk pertanyaan yang disediakan oleh Google Form sangat beragam. Hal tersebut tentunya dibuat agar platform ini dapat digunakan oleh banyak pengguna sesuai kebutuhan mereka.

Pelajari Juga:

Fungsi Google Form

Saat ini banyak sekali orang yang menggunakan Google Form. Platform ini memiliki banyak sekali manfaat yang dapat memudahkan pekerjaan kita pada kehidupan sehari-hari, seperti berikut ini.

1. Formulir RSVP Acara

Ini adalah formulir yang dibuat untuk mendata jumlah peserta yang datang. RSVP berasal dari bahasa Perancis: répondez s’il vous plaît.

Jika menerima undangan atau formulir yang terdapat tulisan RSVP, Anda harus meresponsnya dengan konfirmasi kedatangan. Apakah Anda akan datang pada acara tersebut atau tidak.

Konfirmasi kedatangan ini sangat diperlukan dan bermanfaat bagi penyelenggara acara. Jadi, mereka bisa mengetahui dan mendata berapa jumlah kursi, suvenir, dan konsumsi yang harus disediakan untuk para tamu.

2. Formulir Pemesanan

Biasanya formulir ini dibuat oleh pengurus suatu organisasi atau kantor yang ingin mengadakan acara atau memesan barang untuk perusahaan.

Dengan membuat formulir pendaftaran pemesanan melalui Google Form, Anda dapat langsung mengetahui berapa jumlah barang yang harus dipesan beserta ukurannya.

Hal ini bertujuan agar kaus yang dipesan sesuai dengan kebutuhan dan ukuran anggota.

3. Formulir Lamaran Kerja

Untuk seorang staf HRD perusahaan, Anda dapat membuat formulir lamaran kerja secara online melalui Google Form dengan praktis. Data yang Anda terima pun dapat langsung disajikan dalam bentuk statistik sesuai kebutuhan.

4. Formulir Pendaftaran

Jika Anda akan menyelenggarakan sebuah lomba secara online, maka cara termudah untuk mendata pesertanya adalah melalui Google Form.

Anda dapat membuat formulirnya terlebih dahulu lalu menyebarkan link-nya di poster lomba maupun media sosial.

Tak hanya mengisi data secara tertulis, Anda juga dapat menyediakan bagian unggah file agar responden dapat mengunggah karya lomba yang diikutsertakan.

Hal ini tentunya sangat praktis dan efisien daripada harus mengirimkan secara manual melalui e-mail.

5. Formulir untuk Masukan Pelanggan

Sebagai bahan audit dan perbaikan, beberapa perusahaan terkadang memberikan formulir pada pelanggannya untuk mengisi pendapat mereka atas pelayanan yang telah diberikan.

Namun, cara tersebut cukup ribet dan membuang kertas. Nah, sebagai ganti kertas, Anda dapat membuat formulir tersebut secara online.

Yang perlu Anda lakukan cukup menyediakan koneksi internet sehingga para pelanggan dapat menggunakannya untuk mengisi formulir.

Data yang Anda peroleh dari Google Form ini dapat langsung dilihat statistiknya tanpa harus diolah satu persatu dulu seperti data pada formulir cetak. Sangat praktis dan mudah, bukan?

Selain yang telah disebutkan di atas, masih banyak lagi bentuk-bentuk formulir lain yang dapat dibuat secara online melalui Google Form.

Fasilitas pada platform ini sangat banyak dan dapat digunakan sesuai kebutuhan Anda. Hampir semua bentuk formulir yang Anda bayangkan, dapat dibuat melalui Google Form.

Contohnya seperti pengaturan data responden, Anda dapat mengaturnya apakah hanya bisa diisi oleh pemilik akun Google atau semua orang.

Anda juga dapat mengatur apakah responden boleh mengisi data dirinya sebagai anonim atau tidak. Selain itu, pilihan bentuk pertanyaannya pun sangat banyak. Ingin pertanyaan dengan jawaban panjang, pendek, atau checkbox, semuanya ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Cara Aktivasi Windows 10

Cara Aktivasi Windows 10

BlogPress.ID – Sebagai pengguna sistem operasi Windows dari Microsoft, Anda wajib melakukan upgrade ke sistem terbaru mereka. Selain itu, Anda harus belajar cara aktivasi Windows 10 secara permanen. Sistem operasi…
Selengkapnya