Cara Membersihkan History Pencarian di Google Chrome

Anita Apprilia

Cara Membersihkan History Pencarian di Google Chrome

Cara Membersihkan History Pencarian di Google Chrome – Sampai saat ini Google chrome masih menjadi salah satu web browser yang paling banyak digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Terutama oleh mereka yang notabenenya merupakan user dari Android.

Hal ini lantaran pihak Google sudah bekerja sama dengan Android. Sehingga ketika anda menggunakan Android maka aplikasi Google Chrome akan secara otomatis terinstal atau terpasang ke dalam perangkat yang anda miliki.

Itu artinya Ketika anda akan melakukan browsing sesuatu sudah nggak perlu lagi repot-repot untuk mendownload Google Chrome secara manual yang mungkin bakalan memakan paket data Anda nantinya. Ada banyak sekali alasan yang membuat masyarakat dunia kerap berbondong-bondong untuk menggunakan Google Chrome.

Karena sebagaimana kita ketahui juga bahwasanya Google Chrome ini merupakan sebuah aplikasi Prambanan atau aplikasi browser  yang ditawarkan oleh pihak Google. Yang mana Google sendiri merupakan sebuah perusahaan teknologi terbesar sedunia. Dan mereka kerap menghadirkan produk-produk yang sangat berkualitas tinggi kepada para penggunanya.

Sehingga banyak orang yang memang benar-benar merasa puas dengan produk-produk buatan Google dan gak pengen menggunakan produk-produk yang lainnya. Apalagi nggak sedikit produk-produk Google yang ditawarkan secara gratis, sehingga kita nggak perlu repot-repot untuk mengeluarkan sejumlah uang cuma untuk menggunakan produk-produk berkualitas mereka.

Diantara banyaknya aplikasi keluaran dari Google, Google Chrome ini adalah salah satu aplikasi yang memang sangat sering digunakan oleh masyarakat. Hal ini lantaran Iya berfungsi untuk menjelajahi ataupun mendapatkan berbagai macam informasi-informasi yang ada di internet. Bahkan Anda juga bisa menggunakan Google Chrome ketika ingin mengakses media sosial loh.

Maka dari itu bisa kita katakan bahwasanya Google Chrome ini mempunyai fungsi yang cukup kompleks. Ketika kita akan mencari sesuatu di internet maka memang sudah selayaknya kita menggunakan aplikasi Google Chrome.

Karena nantinya kita bisa menjelajahi berbagai macam informasi secara cepat dan mudah hanya dengan mengetikkan saja kata kunci yang sedang kita cari.

Nggak itu saja karena ternyata layanan yang ditawarkan oleh Google ini sudah terintegrasi dengan berbagai macam produk-produk dari Google yang lainnya. Mulai dari Google Drive kemudian Google meet ataupun yang lainnya. Yang jika kita perhatikan seluruh produk-produk tersebut memang membantu kita.

Kita lebih lagi ketika pandemi melanda ya. Yang mana produk-produk dari Google ternyata mendukung proses pembelajaran online ataupun rapat-rapat online, dan ternyata masih banyak juga produk-produk lain yang mendukung pekerjaan-pekerjaan kita agar menjadi lebih mudah dan sederhana.

Nah biasanya untuk memudahkan para penggunanya pihak Google menawarkan sebuah fitur. Fitur ini akan menyimpan berbagai macam penjelajahan anda di internet atau penjelajahan selama anda browsing. Dengan tujuan untuk memudahkan anda ketika akan menjelajahi kembali informasi yang sama tanpa harus mengetik ulang.

Fitur tersebut adalah fitur history. Namun sayangnya masih cukup ramai di antara kita yang kurang nyaman dengan adanya fitur history ini. Dan gak usah khawatir karena sebenarnya cara membersihkan history pencarian di Google Chrome tergolong gampang kok. Sehingga kalau misalnya anda merasa informasi history pencarian di Google Chrome adalah sesuatu yang privasi, maka Anda bisa menghapusnya.

Dalam hal ini anda bisa menghapus semua penjelajahan sesuai dengan rentang waktu yang diinginkan. Atau kalau misalnya pengen lebih simple ya Tinggal menghapus aja semua data history yang ada. Oke buat Yang penasaran langsung saja simak cara membersihkan history pencarian di Google Chrome berikut ini.

Cara Membersihkan History Pencarian di Google Chrome

Secara umum ada beberapa cara membersihkan history pencarian di Google Chrome, dan kalau kita perhatikan lagi masing-masing caranya nggak berbeda jauh kok, karena paling yang membedakan antara cara yang satu dengan cara yang lain adalah perangkat yang nantinya akan anda gunakan.

Biasanya Ketika anda akan membersihkan history pencarian di Google Chrome, ada beberapa data yang juga bisa sekalian dihapus loh. Dan perlu diketahui juga bahwasanya dengan membersihkan sampah kemudian history pencarian dan beberapa data yang lainnya akan membuat kinerja google chrome anda menjadi lebih maksimal.

Itulah alasan kenapa Anda meski menghapus data-data history pencarian ataupun data-data yang lainnya secara rutin, supaya aplikasi tersebut tetap bisa bekerja secara maksimal untuk membantu Anda menemukan berbagai macam informasi di internet. 

Dan perlu digaris bawahi juga bahwasanya membersihkan history dan juga data-data yang lain ini bukan hanya sekedar untuk melindungi privasi anda saja, tapi juga bisa menjaga keamanan dan menghindari pelacakan online yang dilakukan oleh beberapa website tertentu. 

Menghapus dengan Menggunakan Laptop ataupun Komputer

Cara menghapus history pencarian di Google Chrome pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan menggunakan perangkat laptop ataupun komputer. Jika anda lebih senang browsing dengan menggunakan laptop atau komputer maka anda juga bisa menghapusnya dengan menggunakan perangkat tersebut. 

Hal ini karena aplikasi Google Chrome adalah aplikasi yang bisa digunakan di berbagai macam jenis sistem operasi, termasuk operasi Windows. Oke untuk cara pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan mencari aplikasi Google Chrome yang terinstal atau terpasang di dalam perangkat tersebut. 

Apabila aplikasinya sudah ketemu Anda bisa membuka aplikasinya lalu klik icon yang ada di bagian sebelah kanan atas berbentuk titik tiga. Dan di sana anda akan menemukan berbagai macam menu-menu yang ada ya. Karena kita akan menghapus history maka anda bisa memilih yang menu riwayat. 

Kemudian klik lagi di menu tersebut, atau kalau misalnya Anda pengen cara yang lebih sederhana dan lebih cepat bisa gunakan short key berupa kontrol + h. Kalau sudah Demikian maka anda bakalan ngeliat data history penelusuran yang selama ini sudah pernah anda lakukan.

Dan kalau misalnya pengen menghapusnya tinggal klik saja menu hapus data penjelajahan yang terdapat di bagian kanan. Lalu Anda bakalan dialihkan lagi ke halaman penghapusan history penelusuran dan juga penjelajahan.

Dalam hal ini Anda bisa memilih rentang waktu yang akan dihapus, kami sarankan untuk memilih saja yang bagian semua, Kemudian centang data-data Yang pengen dihapus, kayak data penjelajahan, kemudian Cookies, dan berbagai macam data-data lain yang ada di sana. 

Terakhir tinggal klik saja tulisan Hapus. Dan tunggu beberapa waktu sampai proses penghapusannya selesai. Apabila sudah selesai maka anda bisa menutup Google Chrome dan membukanya kembali.

Menghapus dengan Menggunakan Ponsel Android maupun IOs

Cara menghapus history pencarian di Google Chrome berikutnya adalah Ketika anda akan menghapusnya dengan menggunakan perangkat Android ataupun iOS. Dan pada dasarnya cara yang bisa anda lakukan juga tidak berbeda jauh dengan cara yang pertama.

Yakni hanya perlu membuka saja aplikasi Google Chrome kemudian pergi ke bagian icon yang di sebelah kanan. Pilih riwayat atau History, Lalu Anda bisa mengklik di bagian hapus data penjelajahan, sementara untuk bagian rentang waktunya pilih yang semua, lalu centang seluruh Story yang pengen dihapus, kalau misalnya muncul pop up tinggal konfirmasi hapus, lalu terakhir tinggal tunggu proses penghapusannya selesai.

Nah gimana gampang banget kan? Oke itulah dia beberapa cara membersihkan history pencarian di Google Chrome yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Artikel Terkait

Bagikan: