5 Cara Melacak Nomor HP Mudah Tanpa Aplikasi Tambahan

Jika suatu hari Anda kehilangan HP, mungkin Anda akan menghubungi nomor di HP tersebut untuk melacak HP Anda. Namun, bagaimana jika seseorang sengaja mematikan HP Anda? Tentu cara ini kurang efektif. Tapi, Anda bisa melakukan beberapa cara melacak nomor HP yang cukup mudah berikut ini.

Di era yang serba canggih, melacak nomor HP bukanlah suatu hal yang sulit. Anda bisa memanfaatkan berbagai aplikasi yang tersedia di perangkat Anda. Baik aplikasi bawaan maupun aplikasi pihak ketiga. Lantas, bagaimana dan apa saja cara yang bisa Anda lakukan untuk melacak nomor HP?

Cara Melacak Nomor HP dengan Mudah

Sebenarnya, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk melacak keberadaan nomor HP. Agar Anda tidak bingung, berikut ini beberapa pilihan cara melacak nomor hp tidak dikenal yang bisa Anda lakukan sendiri.

1. Pakai Google Maps 

Tahukah Anda? Anda bisa memanfaatkan Google maps untuk melacak nomor HP, lho. Cara yang bisa Anda lakukan untuk melacak keberadaan nomor HP menggunakan Google maps adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan ponsel atau perangkat yang Anda gunakan terhubung ke internet
  2. Buka dan jalankan Google maps
  3. Selanjutnya, masuk ke menu Akun dan pilih menu Friend list atau Daftar teman
    Buka Akun Google
  4. Ketuk opsi Berbagi lokasi
    Berbagi Lokasi
  5. Pilih opsi Hingga dinonaktifkan dan ketuk Lainnya
    Berbagi Lokasi Real Time
  6. Undang nomor yang akan Anda ketahui lokasinya
  7. Anda bisa klik nomor kontak yang akan Anda lacak keberadaannya

Untuk bisa menggunakan cara ini, Anda sebelumnya harus sudah mendaftarkan nomor Anda. Jika Anda khawatir suatu saat ponsel Anda atau keluarga Anda hilang, Anda sebaiknya segera daftarkan nomor tersebut ke Google Maps.

Sebab, jika nomor sudah terdaftar di Google Maps sejak awal, maka Anda tidak perlu terlalu khawatir. Terlebih jika suatu saat terjadi sesuatu pada ponsel Anda maupun nomor orang-orang yang ada di daftar teman Google maps Anda

2. Melacak Lokasi HP dengan Google Android Device Manager

Google Android Device Manager atau yang populer dengan sebutan Google Find My Device merupakan salah satu aplikasi yang cukup populer untuk melacak keberadaan ponsel. Aplikasi ini bisa Anda pakai sebagai cara melacak lokasi nomor HP tanpa diketahui oleh pemegang HP yang sedang Anda lacak.

Bagaimana cara melacak nomor HP dengan Google ADM? Berikut langkah mudahnya:

  1. Unduh dan instal aplikasi Google Find My Device
    Google Find My Device
  2. Setelah proses pengunduhan dan penginstalan selesai, bukan dan jalankan aplikasi
  3. Login menggunakan akun Google
    Login dengan Akun Google
  4. Cari dan ketuk opsi find my device, pilih perangkat yang akan Anda lacak lokasinya.
  5. Terakhir aplikasi Google ATM akan secara otomatis menunjukkan lokasi terkini dari nomor HP atau ponsel yang sedang Anda lacak keberadaannya

Sayangnya, aplikasi ini membutuhkan informasi terkait ponsel atau nomor pada HP yang sedang Anda lacak. Misalnya seperti akun Google. Meski begitu, ini cukup efektif sebagai salah satu cara melacak HP yang hilang.

3. Lacak Nomor HP dengan Website Truecaller

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk melacak nomor HP adalah dengan website truecaller. Website ini merupakan salah satu website pelacak dan blokir spam terbaik di dunia. Bahkan, Anda bisa melacak hampir semua kode nomor telepon di semua negara.

Berikut ini tutorial melacak nomor HP menggunakan web pelacakan nomor hp truecaller.

  1. Buka browser favorit Anda dan masukkan kata ‘’truecaller’’ dan tap tombol search atau telusuri
  2. Ketuk hasil pencarian yang paling atas dan nantinya akan muncul tampilan seperti berikut
    TrueCaller
  3. Ketuk opsi masuk di bagian kiri tampilan layar untuk login terlebih dahulu. Untuk login, Anda bisa menggunakan akun email maupun akun microsoft
    Login TrueCaller
  4. Setelah berhasil masuk, langsung tap kolom search dalam website seperti berikut
    Lacak HP dengan TrueCaller
  5. Nantinya, website akan menampilkan beberapa informasi terkait nomor yang Anda lacak. Mulai dari nama, lokasi, sampai berbagai opsi terkait nomor tersebut. 

Truecaller menjadi salah satu pelacak nomor HP online gratis yang bisa Anda coba untuk menemukan lokasi ponsel atau nomor ponsel. 

4. Melacak Keberadaan Nomor Ponsel dengan IMEI

Salah satu cara simple yang bisa Anda lakukan untuk melacak nomor ponsel saat ponsel hilang adalah dengan nomor IMEI. Tentu saja IMEI yang harus Anda siapkan adalah IMEI dari ponsel Anda yang hilang. 

Umumnya, nomor IMEI akan tertera di kotak penyimpanan ponsel yang Anda dapatkan saat Anda membeli ponsel baru. Berikutnya, Anda bisa mengunduh aplikasi pelacak IMEI melalui Play Store, dan masukkan kode IMEI tersebut.

Sayangnya, cara ini akan sangat kurang efektif jika kardus atau kotak penyimpanan ponsel Anda hilang, rusak atau lupa di mana Anda menaruhnya.  

5. Lacak Nomor HP dengan Kode Dial

Selain dengan website atau dengan aplikasi bawaan ponsel, Anda bahkan bisa cek keberadaan ponsel meski hanya dengan memanfaatkan kode dial. Berikut ini tutorial melacak nomor ponsel menggunakan kode dial.

1. Telkomsel

Bagi Anda pengguna Telkomsel, Anda bisa langsung ketikkan angka kode dial *250#. Nantinya, layar akan menampilkan berbagai opsi. Anda bisa langsung klik Lihat & Edit daftar teman. Berikutnya, masukkan nomor yang ingin Anda lacak keberadaannya.

2. Indosat

Untuk tutorial penggunaan kode dial pelacakan nomor Indosat bisa Anda mulai dengan ketikkan angka kode dial *777*6*6# lalu kirimkan. Nantinya, akan muncul berbagai opsi seperti Lokasi keluarga, Lokai Belanja, dan berbagai lokasi lainnya. Pilih opsi Lokasi Keluarga.

3. XL

Untuk melacak kartu XL, langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah ketikkan kode dial *123*573*1#. Nantinya, terdapat beberapa opsi lokasi, Anda bisa langsung memilih opsi Lokasi Keluarga dan masukan nomor XL yang hilang.

Sebagai catatan, tutorial pengecekan kode dial ini bisa berubah sewaktu-waktu, Anda bisa memastikannya terlebih dahulu.

Penutup

Terkadang, ponsel hilang bukan menjadi masalah besar. Justru yang jadi masalah adalah hilangnya seluruh data di HP. Oleh sebab itu, tidak jarang banyak orang berusaha melacak keberadaan HP, salah satunya dengan melacak nomor HP maupun email. 

Itulah tadi 5 cara melacak nomor HP yang hilang atau Anda anggap sebagai spam atau mengganggu Anda. Untuk mencari ponsel yang hilang, Anda bisa memanfaatkan nomor ponsel dan juga alamat email dan melakukan cara di atas.

Tinggalkan komentar