5 Cara Cek IMEI iPhone Asli atau Palsu

Cek IMEI iPhone
Gambar dari cyberpost.co.id

Deskripsi: Berbagai cara mudah cek IMEI iPhone untuk memastikan keasliannya. Penjelasannya lengkap dengan informasi tips agar kamu tidak salah membeli iPhone.


Saat ini, mengetahui imei HP sebelum membeli wajib dilakukan khususnya untuk pengguna iPhone. Tujuannya agar kita tahu barang yang dibeli asli atau ilegal. Cek IMEI iPhone sendiri tergolong mudah. Ingin tahu caranya?

Tenang, di sini kami akan memberitahu kamu secara detail.Pada dasarnya, cara cek IMEI  iPhone 6 dan seri lainnya, tidak jauh berbeda. Ada beberapa metode yang bisa dipilih sesuai kemudahan masing-masing.

Apa Itu IMEI?

IMEI

Sebelum kami bagikan informasi cara pengecekkan IMEI di iPhone, kami sedikit bagikan informasi terkait IMEI terlebih dahulu.

International Mobile Equipment Identity adalah kepanjangan dari IMEI. Nomor seri tersebut merupakan sebuah kode produksi ponsel. Sederhananya, nomor seri tersebut merupakan akta lahir dari sebuah HP. Sehingga, antara HP dan HP lain, tidak mungkin IMEI-nya sama.

Dalam satu ponsel, kini bisa saja ada 2 IMEI berbeda. Hal tersebut berlaku bagi pengguna ponsel dual sim card. Karena, untuk tipe ponsel tersebut, masing-masing slot sim card, memiliki nomor seri yang berbeda.

Fungsi Imei iPhone

Fungsi IMEI iPhone

 

Dari nomor seri IMEI iPhone, ternyata kita bisa mengetahui cukup banyak informasi. Adapun informasi yang bisa kita ketahui, antara lain seperti:

Informasi Model dan Negara Asal

Sampai saat ini, kebanyakan iPhone yang dijual di Asia Pasifik, dikenal dengan pasar Singapura. Meski begitu, ada juga yang dirilis untuk pasaran Jepang. Keduanya biasanya memiliki sedikit perbedaan fitur saja.

Melalui situs cek IMEI iPhone, www.imei.info, kamu bisa mengetahui informasi di atas dengan memasukkan nomor serinya.

Informasi Masa Garansi dan Serial Number

Dengan melacak nomor seri dari IMEI, kamu juga bisa langsung mengetahui garansi iPhone. Cukup memasukkan nomor IMEI di situs cek IMEI iPhone online, pemiliknya bisa mengetahui informasi serial number.

Berfungsi Untuk Melaporkan iPhone yang Hilang

iPhone yang hilang, juga bisa kita temukan melalui nomor IMEI, loh. Bagi yang memiliki data penting di dalamnya, bisa langsung melaporkannya agar iPhone tidak bisa diakses oleh pencuri, atau orang yang menemukannya.

Untuk melakukan penguncian, kamu bisa langsung melakukannya di situs imei.info. Meski HP iPhone mungkin tidak bisa dikembalikan, setidaknya perangkat tidak bisa digunakan.

Cara Cek IMEI iPhone

Cara Cek IMEI iPhone
Gambar dari cyberpost.co.id

Ada banyak cara untuk mengetahui IMEI pada iPhone. Nah, berikut akan kami jelaskan cara-caranya secara detail:

1. Cara Mengecek Via iTunes

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah mencari tahunya via iTunes. Caranya pun mudah. Silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  • Sambungkan iPhone milikmu ke laptop mac.
  • Jika kedua perangkat sudah terhubung, silahkan buka iTunes.
  • Silahkan pilih atau klik simbol ponsel pada aplikasi iTunes.
  • Selanjutnya, silahkan pilih summary.

Lanjutkan dengan memilih phone number dan klik-klik phone number sampai nomor seri IMEI muncul.

2. Cara Cek IMEI iPhone dari Dusnya

Sebenarnya, ada cara praktis untuk mengetahuinya, yaitu melalui dus box-nya. Setiap kamu membeli iPhone, pada dus sudah tertera nomor seri IMEI. Ini berlaku juga untuk pembelian iPhone bekas yang masih ada dusnya.

Nomor seri IMEI pada dus, ada di bagian belakang sebelah bawah. Silahkan kamu cek untuk mengetahuinya.

3. Cara Cek IMEI iPhone dengan Kode

Trik ini tergolong klasik. Setiap HP, biasanya memiliki kode tertentu untuk mengetahui nomor seri IMEI. Silahkan kamu buka menu dial, kemudian masukkan kode *#06#.

Setelah langkah-langkah di atas diikuti, maka serial nomor IMEI pun akan langsung tampil. Mudah, bukan?

4. Cek IMEI dari Slot Sim Card

Pada iPhone, kita juga bisa melihat IMEI  melalui slot sim card. Bahkan, cara ini bisa kita lakukan pada semua versi iPhone. Mulai dari iPhone seri 3G, hingga iPhone 11, pada sim card-nya terdapat IMEI.

Namun, di setiap versi sim card iPhone, IMEI ini memiliki lokasi yang berbeda-beda. Ada yang berada di bagian atas, ada juga yang di bagian sisi kiri.

Baca Juga:

5. Cek di Sistem Pengaturan

Berbeda dengan cek IMEI Samsung, pada iPhone kita bisa mengetahuinya via pengaturan. Untuk mengeceknya, silahkan masuk ke menu Setting > General > About > IMEI. Jika sudah, maka nomor seri IMEI pun akan muncul.

Jika kamu menggunakan iPhone dengan setting Bahasa Indonesia, silahkan sesuaikan saja. Untuk mengaksesnya, silahkan kamu masuk ke menu Pengaturan>Umum>Mengenai>Tampil nomor IMEI.

Cara Cek Keaslian Nomor IMEI iPhone

Cek Imei Kemenperin

 

Kamu juga perlu mengecek keaslian nomor IMEI iPhone yang tertera. Apakah nomor IMEI yang tercantum tersebut asli atau palsu. Kamu bisa mengeceknya di Kemenperin. Bagi yang ingin mengetahuinya, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masuk ke situs cek email online, yaitu https://imei.kemenperin.go.id/
  2. Silahkan masukkan nomor IMEI iPhone yang sudah kamu ketahui melalui cara-cara di atas.
  3. Kemudian, silahkan kamu klik Check.
  4. Jika iPhone milikmu asli, maka akan muncul semua informasi perangkat secara lengkap.

Informasinya meliputi kapasitas memory, OS, tipe, dan masih banyak lainnya.

Tips Membeli iPhone Asli

iPhone Asli

Ada cukup banyak risiko jika kamu membeli iPhone yang palsu. Maka dari itu, penting bagi setiap orang yang ingin membelinya, mengetahui nomor IMEI terlebih dahulu. Agar tidak salah membeli, berikut kami paparkan tipsnya:

  1. Ketahui keaslian iPhone dari IMEI. Cek terlebih dahulu nomor serinya, kemudian masukkan ke situs imei.info. Jika asli, maka akan terdapat sejumlah informasi terkait ponsel tersebut.
  2. Pastikan iPhone tidak error ketika dikoneksikan ke iTunes maupun iCloud. Jika tidak ada kesalahan atau error, maka ponsel bisa dipastikan asli.
  3. Cek harga iPhone resmi di pasaran. Jangan tergoda dengan iPhone baru harga murah karena bisa saja palsu.
  4. Pastikan kamu hanya membelinya di Authorized Apple Indonesia. Dengan membelinya di gerai resmi, maka produk pun akan lebih terjamin.

Demikian ulasan seputar cara cek IMEI iPhone melalui beberapa langkah mudah yang telah kami bagikan di atas. Silahkan kamu pilih salah satu cara tersebut untuk mengeceknya. Selamat mencoba.

Baca informasi lainnya seputar IMEI dan iPhone.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
aplikasi pemblokir iklan

Cara Menghilangkan Iklan di Android

Deskripsi: Berbagai cara menghilangkan iklan di Android secara mudah. Mulai dari melalui aplikasi, pengaturan, dan menghapusnya melalui browser yang biasa kamu gunakan. Pernah merasa risih oleh iklan di HP Android?…
Selengkapnya