Belajar Rumus Ranking Excel

Rumus Rank Excel

Bagi para guru di sekolah, pekerjaan merangking nilai siswa bukanlah pekerjaan mudah. Pasalnya, guru harus benar – benar jeli melihat setiap nilai – nilai siswa yang ada dan mengurutkan nilai tersebut dari yang paling besar ke terkecil.

Kini pekerjaan memeringkatkan nilai bisa semakin mudah karena sudah ada rumus ranking Excel yang sangat mudah digunakan. Untuk rumus yang lain, silahkan kunjungi Rumus Excel.

Rumus Ranking Excel: Fungsi RANK

fungsi rumus rank excel

 

Fungsi RANK adalah fungsi pemeringkatan pertama yang ada di Excel. Fungsi ini bisa Anda temukan pada Microsoft Excel versi terbaru hingga versi 2007 ke bawah. Sintaks penulisan fungsi RANK pada Microsoft Excel adalah sebagai berikut:

=RANK (Angka; Referensi; [order])

Keterangan:

  • Referensi: Referensi yang dimaksud di sini bisa berupa referensi dalam bentuk cell Excel, array, ataupun kelompok angka yang dijadikan sebagai acuan untuk memeringkatkan
  • Angka: Bagian ini adalah angka yang akan dicari posisi peringkatnya
  • Order: Order hanya terdiri dari dua pilihan angka, yaitu 1 dan 0. Order 0 artinya pengurutan angka dilakukan secara menurun atau descending. Sementara jika Anda isi angka 1, artinya pengurutan angka dilakukan secara meningkat atau ascending.

Bagian Referensi harus ditambahkan tanda $ yang bisa diperoleh dengan cara mengklik suatu cell kemudian tekan tombol “F4” pada keyboard. Misalnya untuk cell D4 maka secara otomatis cell akan berubah menjadi $D$4 ketika ditekan tombol F4. Jika Anda ingin mengurutkan data angka pada kolom B2 sampai B10, maka rumusnya adalah:

=RANK (B2; $B$2:$B$10; 0)

Selanjutnya rumus tersebut tinggal diseret dari kolom B2 menuju kolom B10. Order 0 artinya pengurutan dilakukan dari data tertinggi hingga data terendah. Hasilnya adalah nilai tertinggi menjadi peringkat 1 dan nilai terendah menjadi peringkat 9.

Rumus RANK.EQ

Rumus Rank.EQ

Selain fungsi RANK, Microsoft Excel juga menyediakan fungsi baru yaitu RANK.EQ yang hanya tersedia pada Microsoft Excel versi terbaru hingga 2010 saja. Sintaksis penulisan fungsi RANK.EQ sebagai berikut:

=RANK.EQ (Angka; Referensi; [order])

Keterangan:

  • Angka: data angka yang sedang dicari posisi peringkatnya
  • Referensi: Referensi adalah kumpulan data angka yang menjadi objek pemeringkatan
  • Order: Perintah pengurutan apakah menurun atau meningkat. Order 0 artinya diurutkan secara menurun sementara order 1 artinya meningkat atau ascending

Rumus RANK.AVG

Rumus RANK.AVG

Berbeda dengan dua fungsi sebelumnya, fungsi RANK.AVG tidak hanya berguna untuk memeringkatkan nilai yang ada pada sekelompok data, namun juga menambahkan rata – rata dari jumlah nilai tersebut.

Dengan cara ini, apabila terdapat data nilai yang sama di Excel, maka Excel akan mencari nilai rata – rata pada peringkat dengan nilai yang sama.

Berikut adalah sintaks penulisan fungsi RANK.AVG:

=RANK.AVG (Angka; Referensi; [order])

Keterangan:

  • Angka: nilai data yang sedang dicari posisi rangkingnya
  • Referensi: Sekelompok data yang menjadi objek pemeringkatan. Referensi bisa berupa daftar angka, array atau referensi
  • Order: Order adalah perintah khusus ke Excel untuk memeringkatkan data apakah menurun (order 0) atau meningkat (order 1)

Misalnya jika Anda ingin mencari rangking pada kelompok data di kolom H1 sampai H10, maka rumus yang dituliskan adalah:

=RANK (H1; $H$1:$H$10; 1)

Order yang digunakan adalah 1, artinya pemeringkatan dilakukan secara meningkat. Nilai terendah akan menempati rangking 1 sementara nilai tertinggi menempati rangking 10.

Terlepas dari fungsi pemeringkatan yang Anda pilih, pastikan Anda memahami cara penulisan atau sintaks yang benar. Pasalnya, salah tanda operator bisa menyebabkan rumus tidak dapat bekerja untuk memeringkatkan data.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Fungsi Keyboard Laptop

Fungsi Keyboard Komputer

Deskripsi: Mengenal Fungsi Keyboard pada Komputer / Laptop / PC. Memanfaatkan Tombol CTRL + untuk Meringkas dan Mempercepat Pekerjaan. Bagi Anda pengguna komputer untuk pekerjaan sehari-sehari, sebaiknya pahami fungsi keyboard…
Selengkapnya