Rekomendasi Aplikasi Video Call Terbaik 2022

Rekomendasi Aplikasi Video Call Terbaik 2022 yang Bisa Dicoba – Beberapa tahun belakangan, tampaknya makin banyak masyarakat kita yang menjadikan video call sebagai sarana komunikasi jarak jauh terbaik ya.

Karena dengan video call, kita nggak cuma bisa mendengar suara lawan bicara, tapi juga tahu lawan bicara kita sedang apa, melihat wajahnya, sedang berada di mana, dan dengan siapa.

Aplikasi video call memungkinkan setiap orang terhubung dengan orang lain yang jaraknya berjauhan. Dan ia kerap dijadikan sebagai alat terbaik untuk melepaskan rindu loh.

Bahkan semenjak pandemi, penggunaan video call kayaknya semakin meningkat. Sebab, banyak orang yang harus video call untuk sekedar merayakan lebaran bersama, meski hanya lewat virtual. 

Dan yang menariknya lagi, video call nggak cuma dapat digunakan kalau anda ingin melepaskan rindu, tapi juga bisa digunakan kalau mau interview.

Hal ini karena sudah cukup banyak pihak perusahaan yang menawarkan interview lewat video call dengan menggunakan aplikasi video call terbaik. Nah, kan ada banyak tuh aplikasi model ini.

Kira-kira, aplikasi mana sih yang recomended buat anda gunakan? Buat yang masih penasaran dan belum tahu, bisa simak beberapa rekomendasinya berikut.

Aplikasi video call terbaik

Dalam artikel ini, kami akan merekomendasikan lebih dari 10 aplikasi yang bisa anda pertimbangkan.

Yang mana, aplikasi aplikasi beirkut adalah aplikasi aplikasi yang memang super populer, dan telah digunakan jutaan orang.

Google Meet

Sesuai dengan namanya  ya, aplikasi ini merupakan aplikasi besutan atau keluaran dari Google, yang memungkinkan siapapun untuk bertemu online dengan saling bertatap-tatapan.

Kalau sejauh ini sih, produk dari Google memang belum pernah gagal deh. Termasuk software mereka yang satu ini. Ketika menggunakan Google meet, anda bisa menikmati berbagai macam keunggulan yang menarik.

Kayak mudah digunakan, nggak begitu boros kuota, dan lain sebagainya. Dan berdasarkan pengalaman penulis, anda cuma perlu mengklik link google meet yang dibagikan orang lain saja sudah membuat anda berada di dalam sebuah video call loh.

Aplikasinya bisa anda gunakan secara gratis. Dan memungkinkan buat anda gunakan kalau mau video call dengan banyak orang.

Jadi, wajar dong kalau kemudian banyak pihak perusahaan atau kampus yang menggunakan google meet saat mereka mengadakan sebuah acara.

Selain itu, pembuatan link video callnya juga mudah. Yang penting, pastikan dulu kalau anda sudah terhubung ke akun gmail ya. 

Zoom

Sejauh ini, Zoom masih tetap aplikasi video call terbaik nomor satu ini. Dan ia merupakan saingan beratnya aplikasi pertama. Zoom juga nggak berbeda jauh dengan Google Meet.

Cuma bedanya, penggunaan zoom membutuhkan paket internet yang besar. Karena nyedot kuota lumayan gede. Tapi menariknya, jumlah orang dalam sebuah forumnya banyak banget loh.

Apalagi kalau anda menggunakan yang versi berbayar. Nah sebenarnya, zoom masih bisa kok digunakan yang versi gratisannya. Cuman, durasinya dibatesin. Cuma sekitar 40 menitan doang.

Jadi, kalau misalnya anda mau ngobrol panjang dengan orang lain, melakukan video call menggunakan zoom, nggak ada salahnya buat menggunakan yang versi berbayarnya.

Karena mereka ngebandrol harga yang tergolong terjangkau, alias ramah kantong loh.

Skype

Kalau kita bandingkan dengan kedua aplikasi di atas, skype memang mungkin nggak setenar atau sepopuler keduanya ya.

Tapi perlu diketahui, bahwasanya skype ini merupakan aplikasi yang terkenal di seluruh dunia. Dan saking terkenalnya, sekarang skype sudah ada versi androidnya. Yang bisa anda gunakan sesuai kebutuhan.

Sekarang, sudah ada lebih dari 250 jutaan orang yang menggunakannya. Dan nampaknya, pihak pengembang aplikasi nggak mau kalah dengan zoom dan google meet.

Hal ini dapat kita lihat dari semakin seringnya mereka menghadirkan fitur-fitur menariknya.

Whatsapp messenger

Waktu pertama kali rilis, di Whatsapp memang belum ada fitur buat video callnya ya. Namun seiring dengan perkembangan teknologi,  sekarang semua orang sudah bisa video callan lewat aplikasi keren yang satu ini.

Dan sekarang, ia termasuk ke dalam salah satu aplikasi video call terbaik yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia. Kayaknya, karena tampilannya yang tergolong simpel, atau sederhana ya.

Fitur yang tersedia memang tergolong sangat terbatas. Cuma sebatas status, kirim pesan, video call, dan beberapa yang lainnya.

Namun, karena tampilannya, dan penggunaannya yang mudah, telah membuat banyak orang jatuh cinta dengan whatsapp messenger.

Dan kabar baiknya lagi, sudah banyak loh paket internet yang memberikan kuota whatsapp unlimited. Sehingga, nggak perlu khawatir nggak bisa berkirim pesan dan video callan ketika paket internetnya habis ya.

LINE

Secara umum, line nggak berbeda jauh kok dengan aplikasi video call terbaik lainnya. Hanya saja, aplikasi dengan warna hijau ini hadir dengan fitur yang jauh lebih lengkap, dan tampilan yang lebih menarik.

Ia nggak? Buat yang pernah menggunakan line, pasti tahu banget hal tersebut. Cuman sayangnya, ukuran aplikasinya yang cukup besar. Jadi, diperlukan ruang penyimpanan yang besar pula untuk menggunakannya.

Baca Juga :  Cara Download File di Scribd

Buat anda yang punya ruang penyimpanan kosong masih banyak, boleh banget mencoba sensasi menggunakan aplikasi line, yang notabenenya sempat viral beberapa waktu lalu.

Nah, kalau sekarang, sudah ada lebih dari 600 an juta orang loh yang menggunakannya. Wah, banyak banget kan? Dan pengguna tersebut berasal dari berbagai belahan dunia. 

Kualitas video yang ditampilkan ketika melakukan video call juga berkualitas banget. Kian hari, pihak developer terus melakukan pengembangan terhadap fitur yang disajikan.

Sehingga semakin membuat banyak orang penasaran dan menggunakannya. 

Salah satu keunggulan dari line ialah, ada banyak stiker unik nan lucu yang memungkinkan buat anda gunakan ketika sedang chattingan dengan orang lain.

Bagi yang suka chattingan, bisa sih nyobain aplikasi ini. Download saja lewat aplikasi google play store sekarang ya.

Messenger

Siapa sih yang nggak kenal dengan messenger? Tampaknya, hampir semua kita kenal dengan aplikasi satu ini.  Terlebih lagi para generasi old. Ia merupakan aplikasi kepunyaan facebook ya.

Dan layanan video callnya adalah salah satu layanan yang sangat ramai digunakan oleh masyarakat Indonesia. Cara menggunakannya juga tergolong mudah.

Karena anda cuma perlu membuka aplikasinya saja, dan mengklik ikon berbentuk telpon saja. Dan pilih yang video call.

Dan ketika akan melakukan panggilan video call, pastikan dulu, kalau orang yang akan anda panggil sudah menginstall aplikasi ini.

Discord

Beberapa di antara anda mungkin masih ada yang belum kenal dengan discord ya. Jadi, discord ini merupakan aplikasi android yang juga bisa banget buat anda gunakan kalau mau video call dengan orang lain.

Selain itu, ia juga bisa digunakan untuk mengirimkan pesan teks dan melakukan panggilan suara pada umumnya ya.  Discord mempunyai berbagai macam fitur yang menarik.

Salah satunya adalah ada fitur buat nonton orang orang yang sedang live streaming game. Nah, kalau anda suka nonton live streaming game, mungkin aplikasi ini cocok buat anda.

Dan yang paling menariknya lagi adalah, discord juga bisa buat mengubah gambar apapun yang anda punya untuk dijadikan sebagai emoji khusus yang nantinya bisa dibagikan loh. Keren banget kan?

Google Duo

Adapun rekomendasi aplikasi video call terbaik yang lainnya adalah google duo. Sama halnya dengan google meet, yang mana, aplikasi satu ini juga merupakan aplikasi yang dibuat oleh pihak google.

Dan ia bukan lagi aplikasi baru ya. Karena sudah ada sejak beberapa tahun lalu. Kalau jumlah penggunanya sendiri sudah ada lebih dari 400 ribuan orang.

Tampilannya super sederhana, dan bisa digunakan dengan sangat mudah. Untuk kualitas videonya juga nggak kalah berkualitasnya kok dengan kualitas pada aplikasi lain.

Gimana, penasaran? Kalau penasaran, coba deh download dulu, dan cobain fitur video callnya. Siapa tahu cocok kan?

WeChat

Aplikasi lainnya adalah wechat. Pernah tahu aplikasi satu ini? Jadi, wechat ini juga termasuk salah satu kompetitor dari wa dan line. Karena dengannya, anda dapat melakukan panggilan video dengan orang lain.

Selain itu, ia juga bisa digunakan untuk chatting dengan orang lain, dan melakukan panggilan suara biasanya.

Dan perlu diketahui, bahwasanya pihak aplikasi mengklaim, bahwasanya hasil video ketika video call berkualitas tinggi di dunia, dan bisa dilakukan secara gratis.

Lewat wechat, anda dapat terhubung ke orang lain dengan mudah. Mulai dari dengan keluarga, teman, kekasih, dan yang lainnya.

Jika di tengah jalan tiba tiba koneksi memburuk, tinggal dialihkan saja ke panggilan suara ataupun chatting. Gampang kan? Untuk jumlah penggunanya sudah ada lebih dari 100 jutaan orang ya.

Hangouts

Menurut penulis, aplikasi hangouts juga nggak kalah bagusnya dengan aplikasi video call terbaik yang lainnya. Dan ia agak mirip dengan aplikasi google duo.

Hangouts ini merupakan aplikasi yang ada di bawah naungan google juga.Tampilannya menarik, dan bisa digunakan dengan super mudah. Kemampuan yang ditawarkan bahkan setara dengan skype.

Karena sama sama bisa anda gunakan lewat ponsel. Aplikasinya bisa anda download dan gunakan secara gratis lewat google play store.

KakaoTalk

Apabila anda tengah mencari aplikasi video call yang dapat digunakan ke berbagai perangkat, maka kakaotalk adalah solusinya. Karena ia nggak cuma bisa digunakan di android dan ios doang.

Tapi juga bisa anda gunakan di blackberry. Penggunanya sudah lebih dari 150 jutaan orang yang berasal dari seluruh dunia.

Terlebih dari Asia. Fitur video call yang ada memang tergolong cukup baik, sehingga banyak yang tertarik menggunakannya. Selain ada fitur video call, di aplikasi juga tersedia fitur yang lain.

Seperti fitur filter suara, grup chat, dan yang lainnya. Aplikasinya bisa anda download lewat google play store, app store, atau yang lainnya. 

Telegram

Nama telegram, pasti sudah nggak asing lagi di telinga kita. Terlebih lagi di telinga anda yang suka ngikutin trend dan selalu update informasi seputar teknologi.

Pasalnya, ia memang termasuk aplikasi yang populer di tanah air, dan sempat digadang-gadang mampu menggantikan aplikasi whatsapp.

Di dalam aplikasi ini, anda nggak cuma bisa melakukan panggilan suara dan chattingan doang, tapi juga bisa banget buat video call an dengan orang lain yang jaraknya berjauhan.

Baca Juga :  10 Aplikasi Perekam Layar Android Canggih

Yang jelas, sistem keamanan aplikasi ini keren banget. Dan ada banyak keunggulan yang dimilikinya. Salah satunya ialah memungkinkan anda buat menemukan banyak film terbaru di dalamnya.

Signal

Jika kita mau melakukan perbandingan, mungkin aplikasi ini kalau tenar dengan aplikasi video call terbaik yang lainnya kan? Tapi nggak apa-apa. Hal tersebut tidak lantas membuat aplikasi signal menjadi tidak berkualitas.

Karena meskipun nggak terkenal di tanah air, namun aplikasi ini tergolong terkenal banget kok di negara yang lain. 

Hal ini dikarenakan memang kualitasnya yang baik. Ia bahkan bukan cuma bisa digunakan buat video call an saja.

Tapi juga bisa anda gunakan untuk melakukan panggilan telepon biasa seperti pada umumnya, dan melakukan chatting dengan pengguna lain. Sistem keamanan atau sistem privasinya cukup baik.

Jadi, nggak perlu khawatir data data anda bakalan tersebar ya. Yang mana, signal mempunyai yang namanya protocol ™.

Dengan sistem keamanan menggunakan enkripsi terbuka, supaya semua percakapan aman.

Tampilannya juga menarik dan mudah digunakan. Kalau penasaran dengan signal, mungkin bisa langsung download saja aplikasinya sekarang. 

OmeTV

Beberapa waktu lalu, ometv sempat viral ya. Karena banyak konten kreator yang bermain dan menggunakannya, kemudian merekam kegiatan video call mereka ke akun media sosial yang mereka miliki.

Karena aplikasi ini memungkinkan semua orang untuk ngobrol dengan orang lain secara real time.

Anda bahkan nggak cuma bisa video call dan ngobrol dengan orang indonesia, tapi juga bisa ngobrol dengan orang dari negara lain.

Karena ketika mau menggunakannya, anda dapat memilih negara mana yang ingin anda ajak berbicara.  Tampilannya memang tergolong super simpel. Sehingga dapat digunakan dengan mudah.

Viber Messenger

Rekomendasi yang terakhir adalah viber messenger. Ada segudang keunggulan dari viber messenger. Salah satunya adalah mudah digunakan.

Di dalam aplikasi viber messenger, bukan cuma tersedia fitur buat video call saja, tapi juga ada fitur buat melakukan panggilan suara biasa, dan ada grup chatnya juga. Hal paling menarik dari aplikasi ini adalah, anda bisa mengikuti grup chat yang isinya sampai 100 an orang loh. 

Yang mana, kalau ngerasa bosan, dapat bermain game yang ada di dalamnya. Kapan lagi kan, bisa main game di aplikasi model ini? 

Oke, mungkin hanya itu beberapa aplikasi video call terbaik yang dapat kami rekomendasikan. Nantinya tinggal pilih sama mana aplikasi yang kiranya cocok dengan anda.

Karena setiap orang pasti akan memilih aplikasi yang berbeda kan? Kalau kami sendiri, bisa memilih berdasarkan kebutuhan.

Jika kebutuhannya hanya sekedar video call dengan keluarga, teman, yang jumlahnya hanya beberapa saja, maka bisa menggunakan aplikasi yang ringan ringan. Dan umum digunakan.

Seperti wa, telegram, messenger, atau yang lainnya. Sementara jika yang akan diajak video call dalam jumlah banyak, maka gunakan aplikasi yang bisa menampung banyak orang.

Kayak google meet, hangout, zoom, atau yang lainnya. Bebas deh. Demikian sekilas informasi menarik dari kami. Semoga bermanfaat, dan selamat mencoba.