10 Aplikasi Scan PC Terbaik dan Ringan

Ingin scan dokumen tapi tidak mempunyai mesin scanner? Tenang saja, Anda bisa menggunakan aplikasi scan PC.

Aplikasi ini bukanlah aplikasi pemindai dari PC melainkan aplikasi editing foto yang bisa mengubahnya ke dalam file PDF atau yang lainnya. Dengan menggunakan aplikasi ini Anda bisa mendapatkan dokumen seperti hasil scan. Selain bisa mengubah PDF,  aplikasi-aplikasi ini juga mempunyai fitur editing lainnya.

Untuk menggunakan aplikasi scanner di PC ini Anda perlu memotret terlebih dahulu dokumen yang ingin Anda scan. Kemudian pindahkan ke PC lalu gunakan aplikasi ini untuk editing agar hasilnya sama dengan hasil scanner. Rata-rata ukuran dari aplikasi ini juga kecil sehingga ringan untuk semua jenis PC.

Rekomendasi Aplikasi Scan PC Ringan

Lalu aplikasi scan apa saja yang bisa digunakan di PC? Berikut ini adalah beberapa rekomendasi aplikasi scan terbaik di PC dengan ukuran yang relatif ringan.

1. Camscanner

Aplikasi scanner untuk PC gratis

Aplikasi scanner untuk PC gratis yang pertama adalah Camscanner. Tidak hanya tersedia untuk Windows dan Mac saja, aplikasi ini juga bisa Anda gunakan di HP Android. Dengan aplikasi ini Anda tidak hanya bisa melakukan scan saja tapi juga bisa melakukan edit foto scan dan mengaturnya dalam folder.

Di dalam aplikasi ini juga sudah dilengkapi dengan teknologi OCR, yang bisa membuat hasil foto yang Anda buat bisa lebih jelas. Dokumen Anda akan terlihat asli seperti di-scan dengan mesin.

Camscanner juga sudah dilengkapi dengan teknologi sinkronisasi yang membuat Anda bisa berbagi dokumen. Anda hanya perlu menyimpan dokumen dalam cloud lalu bagikan. Ukuran dari aplikasi ini sekitar 55 MB.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Aplikasi Bank Digital Terbaik

2. Scanspeeder

aplikasi scanner di PC

Jika Anda ingin download aplikasi yang ringan untuk scan di PC dengan OS Windows, maka Scanspeeder menjadi pilihan yang tepat. Aplikasi ini termasuk ringan karena hanya membutuhkan ruang 35 MB saja. Selain itu, aplikasi ini juga support untuk OS Windows Vista.

Dengan aplikasi ini Anda bisa membuat dokumen yang Anda foto terlihat lurus dan jelas seperti hasil mesin scanner. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan teks pada foto yang Anda scan.

Aplikasi ini tersedia dalam mode gratis, namun fiturnya hanya terbatas saja. Jika Anda membutuhkan fitur yang lebih lengkap bisa mencoba menggunakan yang berbayar.

3. Paperscan

aplikasi scan PDF

Rekomendasi aplikasi scan PDF yang selanjutnya adalah Paperscan. Aplikasi ini merupakan aplikasi scanner yang sudah dilengkapi dengan OCR. Adanya teknologi ini akan membuat hasil scan Anda menjadi lebih bagus.

Selain scan, ada banyak fitur lainnya yang bisa Anda nikmati seperti pemberian signature pada dokumen, dan lain sebagainya. Paperscan juga tersedia dalam berbagai bahasa sehingga bisa digunakan oleh siapa saja.  Ukurannya ringan, hanya sekitar 40 MB.

4. Readiris Pro 17

Ingin aplikasi yang profesional untuk scan dokumen? Readiris Pro 17 adalah pilihan yang tepat. Aplikasi ini bisa Anda gunakan di semua tipe Windows dan OS Mac. Ukurannya juga tidak terlalu besar sehingga tidak memberatkan PC Anda, hanya 20 MB saja.

Dengan aplikasi ini Anda juga bisa convert berbagai bentuk file ke file bentuk PDF. Anda juga bisa menambahkan komentar ataupun note pada PDF hasil scanner.

Aplikasi ini bisa Anda dapatkan secara gratis dengan mencoba versi trialnya. Namun untuk penggunaan jangka panjang Anda harus berlangganan setiap bulannya. 

5. Adobe Acrobat

Ingin download aplikasi scanner Windows 10 yang mumpuni? Anda bisa mencoba Adobe Acrobat. Aplikasi Adobe memang tidak perlu diragukan lagi dalam hal editing. Anda bisa melakukan scanner sekaligus editing dengan menggunakan aplikasi ini.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Aplikasi Live Streaming PC Ringan

Ada banyak fitur menarik yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan Adobe Acrobat, termasuk fitur OCR. Anda juga bisa melakukan editing dengan penambahan gambar maupun kata-kata.

Adobe Acrobat tersedia versi trial gratis selama 7 hari dengan ukuran sekitar 200 MB. Untuk selanjutnya Anda perlu membeli lisensinya agar bisa terus menggunakannya.

6. Abbyy FineReader

Anda yang ingin aplikasi scanner sekaligus aplikasi untuk edit PDF bisa menggunakan Abby FineReader. Aplikasi ini sudah dilengkapi dengan scan OCR yang memastikan hasil scan kamu tidak miring dan tetap jelas.

Dengan menggunakan aplikasi ini Anda juga bisa mengombinasikan berbagai file PDF sekaligus. Bahkan Anda bisa compare banyak dokumen dengan format yang berbeda-beda. Penggunaan aplikasi ini juga fleksibel dan mudah.

Untuk memastikan kemudahan penggunaannya, Anda bisa mencoba gratis aplikasi ini dengan ukuran 10 MB. Namun setelah masa trial habis Anda harus berlangganan untuk tetap bisa menggunakan aplikasi ini.

7. Docufree

aplikasi scanner PC terbaik

Salah satu aplikasi scanner PC terbaik adalah Docufree. Ini merupakan aplikasi untuk para pekerja dengan banyak file yang harus dihimpun dengan baik dan rapi.

Anda bisa melakukan scanning dengan cepat dan mudah dengan aplikasi ini. Hasil edit scanning aplikasi ini juga sangat rapi dan pasti jelas.

Salah satu keunggulan dari aplikasi ini adalah file yang bisa menata sendiri. Anda hanya perlu scan dan biarkan Docufree yang akan menatanya untuk Anda. Aplikasi ini bisa Anda dapatkan secara online tanpa download.

8. Icecream PDF Converter

Jika dokumen yang Anda scan adalah bentuk foto yang harus Anda ubah ke PDF, maka aplikasi ini cocok untuk Anda. Icecream PDF Converter merupakan aplikasi converter yang bisa mengubah berbagai file ke bentuk PDF. Selain itu, Anda juga bisa mengubah file PDF ke bentuk lain dengan aplikasi ini.

Ada banyak fitur yang bisa Anda gunakan dalam aplikasi ini termasuk fitur OCR. Anda juga bisa mengedit dokumen dengan mudah menggunakan aplikasi ini.

Baca Juga :  10 Aplikasi Antivirus Gratis Terbaik di HP Android

Aplikasi ini tersedia untuk OS Windows XP, 7, 8, dan 10. Anda juga bisa mendapatkan aplikasi ini secara gratis. Namun untuk pengalaman converter yang lebih lengkap Anda bisa mengupgradenya menjadi pro atau berbayar. Ukuran dari aplikasi ini adalah 126 MB.

9. Soda PDF

Aplikasi untuk scan PC

Aplikasi untuk scan PC yang selanjutnya adalah Soda PDF. Dengan menggunakan aplikasi ini Anda bisa melakukan convert, compress ukuran, bahkan editing. Hanya dengan satu aplikasi Anda bisa melakukan banyak hal.

Di dalam aplikasi ini juga sudah tersedia fitur OCR yang akan membuat hasil scan Anda menjadi lebih jelas. Tidak hanya itu, fitur dalam aplikasi ini juga bisa membantu Anda dalam mengatur file yang sudah Anda scan.

Anda bisa menggunakan aplikasi Soda PDF ini secara gratis selama 14 hari dalam mode trial. Untuk selanjutnya Anda bisa berlangganan atau membeli aplikasi ini. Jika Anda ingin lebih profesional bisa menggunakan versi berbayar dari awal. Ukuran aplikasi ini adalah 15 MB.

10. NAPS2 (Not Another PDF Scanner 2)

Aplikasi scan untuk PC ini bisa Anda gunakan hanya dengan sekali klik saja. Anda bisa langsung menyimpan hasil scan ke dalam bentuk PDF, JPEG, atau yang lainnya.

Fitur yang ada di dalam aplikasi ini cukup lengkap termasuk bisa memotong dan merotasi hasil scan Anda. Anda juga bisa membuat teks menjadi lebih jelas dengan teknologi OCR yang ada di dalamnya.

Aplikasi ini tersedia untuk OS Windows dan Mac. Ukuran dari aplikasi ini tidak terlalu besar hanya 3 MB sehingga tidak akan memberatkan laptop Anda. Versi dari aplikasi ini juga terus berubah, jadi jangan lupa untuk selalu cek pembaharuannya.

Banyak bukan pilihan aplikasinya? Anda bisa memilih salah satunya untuk mempermudahkan Anda dalam scan dokumen ataupun yang lainnya. Dengan aplikasi scan PC ini tentu pekerjaan Anda akan terasa lebih ringan dan bisa cepat selesai.