10 Aplikasi Scan Android Gratis Terbaik 2022

Di era digital, atas nama efisiensi dan efektivitas, banyak perusahaan atau instansi membutuhkan dokumen elektronik dalam bentuk softcopy. Oleh karenanya, scanner berguna untuk mengubah dokumen hardcopy menjadi softcopy. Saat ini, untuk melakukannya, Anda hanya butuh aplikasi scan Android.

Hal ini berbeda dengan sebelumnya, di mana ketika Anda ingin melakukan scan dokumen, Anda harus menggunakan hardware seperti printer atau scanner. Namun, seiring dengan banyaknya inovasi, scan sudah dapat Anda lakukan melalui smartphone. Sehingga ketika butuh mendadak, Anda langsung bisa eksekusi.

Anda dapat mengunduh aplikasi scanner di Google Play Store secara cuma-cuma. Namun ada banyak pilihan aplikasi di sana. Bagaimana memilihnya? 

Rekomendasi Aplikasi Scan Dokumen di Android

Berikut kami rekomendasikan 10 aplikasi scanner gratis yang dapat Anda operasikan di Android mulai dari yang paling populer.

1. CamScanner

aplikasi scan gratis di android

Hasil karya perusahaan asal Tiongkok INTSIG Information Co., Ltd, CamScanner pertama kali rilis pada tahun 2011. Melansir dari situs resminya, aplikasi scanner yang dapat beroperasi pada sistem operasi Android, iOS, MacOS, Windows dan Web browser ini telah diunduh hingga 700 juta kali.

Hanya dengan foto dokumen, Anda dapat mengubah foto tersebut menjadi file PDF. Aplikasi scan gratis di Android dan iOS ini dapat mengoptimasi kualitas dokumen Anda dengan cara memperjelas text dan grafis pada dokumen. Pasalnya, CamScanner punya teknologi Optical Character Recognition (OCR) untuk mengenali teks pada gambar.

2. TapScanner

TapScanner adalah produk dari software developer bernama Tap-Mobile. Aplikasi scan dokumen yang rilis sejak tahun 2017 ini dapat melakukan scan, import, dan membagikan dokumen Anda dengan berat aplikasi 20 MB. Dengan fitur auto cropped-nya, Anda tidak perlu susah payah mengedit dokumen Anda. 

Baca Juga :  10 Rekomendasi Aplikasi Recording Android Terbaik dan Ringan

Selain itu, aplikasi ini juga dapat membantu Anda membubuhi dokumen dengan tanda tangan digital. Jika Anda rasa ukuran file PDF-nya terlalu besar, Anda dapat mengurangi ukuran PDF, sehingga pengiriman dokumen jadi lebih mudah. Dengan segala kemudahannya, TapScanner telah diunduh lebih dari 50 juta kali.

3. SwiftScan

aplikasi scanner terbaik android

Salah satu aplikasi scanner terbaik Android selanjutnya adalah SwiftScan. Produk dari perusahaan asal Los Angeles, Maple Media, aplikasi ini rilis di Google Play Store sejak pertengahan tahun 2014. Anda dapat membuat scan dokumen ataupun scan QR code menggunakan SwiftScan secara gratis dengan kualitas tinggi. 

Menggunakan kamera untuk melakukan scan dokumen mudah Anda lakukan di sini. Pasalnya, teknologi yang intuitif memungkinkan kamera Anda memotret dan melakukan cropping dokumen secara presisi dengan SwiftScan. Produk scan yang dihasilkan juga tinggi, yakni mulai dari 200 dots per inch (dpi).

4. Genius Scan

aplikasi scan dokumen di hp

Genius Scan merupakan aplikasi scan dokumen di HP yang dikembangkan oleh The Grizzly Labs, perusahaan perangkat lunak asal Prancis. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk melakukan scan secara cepat pada dokumen yang Anda inginkan dan mengubahnya dalam bentuk PDF.

Tidak hanya melakukan scan, Genius Scan juga dapat membantu Anda mengatur dokumen scan Anda dengan fitur tagging, Smart Document names, dan Cloud. Sejak kemunculannya di pasar aplikasi Google Play Store di tahun 2013, Genius Scan hingga saat ini sudah di-download lebih dari 5 juta kali pengguna Android.

5. Easy Scanner

Easy Scanner adalah aplikasi scanner Android besutan software company asal Vietnam bernama Bfery. Menggunakan Easy Scanner, Anda dengan mudah dapat melakukan scan terhadap dokumen, nota, tiket, laporan, hingga sertifikat Anda dan mengubahnya menjadi bentuk digital. 

Baca Juga :  10 Aplikasi Karaoke PC Terbaik di MacOs dan Windows

Dengan interface ‘antarmuka’ yang sederhana dan intuitif, aplikasi ini mudah Anda gunakan. Apalagi dengan adanya fitur dark mode, memudahkan Anda yang tidak terlalu suka terpapar banyak cahaya. Sejak peluncurannya di tahun 2016 hingga sekarang, aplikasi ini telah di-download lebih dari 1 juta kali dengan rating 4.6.

6. PhotoScan

PhotoScan adalah salah satu produk aplikasi scanner gratis terbaik yang dikembangkan oleh Google. Dengan keunggulan glare-free-nya, PhotoScan membantu Anda mendapatkan hasil scan yang jelas, alih-alih buram. Selain itu, PhotoScan juga memiliki fitur cropping otomatis dengan mendeteksi tepi dokumen.

Dengan keunggulan fitur tersebut, Anda tidak perlu membuang waktu melakukan cropping manual. Aplikasi yang rilis pada akhir 2016 ini telah mengantongi jumlah download di Google Play STore sebanyak 10 juta kali. Sementara itu, untuk rating sebagai indikator kepuasan pengguna adalah 4.4 dalam skala 5. 

7. Tiny Scanner

aplikasi scan dokumen tanpa watermark

Tiny Scanner merupakan aplikasi buatan Beesoft Apps, sebuah perusahaan perangkat lunak yang berbasis di New South Wales, Australia. Jika Anda terganggu dengan adanya watermark yang biasa muncul pada scanner gratisan, mungkin Anda perlu mencoba Tiny Scanner. 

Selain gratis, Tiny Scanner juga merupakan aplikasi scan dokumen tanpa watermark. Watermark merupakan tanda yang transparan, yang muncul pada sebuah dokumen. Hal ini tentu selain mengganggu estetika dokumen, juga dapat berpotensi menutupi bagian dokumen, sehingga terlihat kurang profesional.

8. TurboScan

aplikasi scanner gratis terbaik

Aplikasi scanner gratis terbaik selanjutnya adalah TurboScan. Aplikasi karya Piksoft Inc., Perusahaan perangkat lunak di California ini memiliki teknologi algoritma yang cepat dalam mendeteksi tepian dokumen, mengeliminasi bayangan dan memperbaiki kontras warna dengan otomatis. 

Baca Juga :  Cara Daftar Grab

Selain itu, Anda juga dapat menggabungkan beberapa dokumen menjadi satu. Sehingga dokumen tersebut tidak tercecer. Tidak hanya menggabungkan, Anda juga dapat mengatur ulang atau menghapus susunan halaman dokumen. Aplikasi ini telah di-download lebih dari 1 juta kali dengan rating 4.7. 

9. Adobe Scan

Siapa yang tak kenal Adobe? Salah satu produknya yang berupa aplikasi scan masuk kategori editor’s choice di Google Play. Dengan total download lebih dari 100 juta kali dan rating pengguna sebesar 4.8, menjadikan Adobe Scan salah satu aplikasi scanner terbaik Android.

Rilis pada bulan Mei 2017, Adobe Scan memiliki berbagai keunggulan. Sebagai scanner portable, aplikasi ini dapat mengidentifikasi text secara otomatis. Ini membuat hasil scan-nya pun dapat ditingkatkan dari segi kejelasan dan kejernihannya. Sementara, Anda juga dapat menyimpan dokumen dalam bentuk PDF atau JPEG.

10. Microsoft Lens – PDF Scanner

Microsoft Lens yang sebelumnya bernama Microsoft Office Lense, dapat membantu Anda memotong, memperbaiki gambar maupun dokumen, sehingga menjadi lebih mudah dibaca. Tak diragukan lagi, aplikasi garapan Microsoft memiliki standar yang tinggi dalam membuat produk perangkat lunak. 

Selain untuk pekerjaan, aplikasi ini juga dapat membantu Anda yang dalam masa sekolah. Kegunaanya adalah untuk melakukan scan handout atau catatan, sehingga dapat tersimpan dengan rapi. Aplikasi scanner ini sudah mengudara sejak 2015, telah diunduh lebih dari 10 juta kali, dengan rating 4.8. Memuaskan, bukan?

Kesimpulan

Selain aplikasi scan Android yang telah dielaborasi di atas, ada aplikasi yang juga dapat Anda coba, seperti Document Scanner SDK, Fast Scanner, dan Simple Scan.

Untuk menentukan mana paling tepat, dapat Anda lakukan dengan mencoba aplikasinya secara langsung.