10 Aplikasi Remote PC yang Aman untuk Dipakai

Bisakah melakukan kontrol jarak jauh pada sebuah PC? Jawabannya tentu saja bisa. Teknologi yang selalu berkembang menghasilkan banyak penemuan baru. Kontrol PC jarak jauh pun kini bisa Anda lakukan dengan menggunakan aplikasi remote PC.

Ada beberapa tipe orang yang membutuhkan aplikasi remote PC terbaik. Tipe pertama adalah orang yang memiliki PC di rumah dan ingin mengontrolnya meskipun berada di luar rumah. Jadi, mereka bisa menggunakan PC-nya di mana pun, bahkan bisa lintas platform sekalipun, seperti halnya remote TV.

Tipe kedua adalah mereka yang bekerja dalam tim. Dengan sistem remote, kolaborasi antaranggota dalam tim akan menjadi lebih mudah. Lalu, masih ada juga orang-orang lain yang membutuhkan aplikasi remote PC gratis untuk mempermudah pekerjaan.

Rekomendasi Aplikasi Remote PC Terbaik

Sekarang ini memang sudah ada banyak aplikasi untuk sharing screen layar secara online, seperti Zoom atau Google Meet. Namun, kendali tetap ada pada satu orang. Orang lain yang melihat screen tidak bisa mengambil alih kontrol PC tersebut.

Padahal, untuk kebutuhan-kebutuhan tertentu, orang lain yang tidak di depan PC juga membutuhkan akses ke PC tersebut. Oleh karena itu, aplikasi remote PC jarak jauh pun diperlukan. Berikut adalah daftar rekomendasi aplikasi yang recommended untuk Anda pakai.

1. TeamViewer

TeamViewer

Teamviewer kompatibel untuk semua jenis PC, seperti Windows, Linux, Mac. Aplikasi ini juga kompatibel untuk smartphone Android atau iOS. Aplikasinya pun bisa Anda unduh gratis melalui website resminya.

Baca Juga :  10 Aplikasi Penguat Sinyal untuk HP Android Terbaik 

Melalui aplikasi, Anda bisa melakukan kolaborasi dengan sesama pengguna dalam waktu yang sama atau realtime. Anda bisa melakukan panggilan suara, panggilan video, atau chatting. Lalu, Anda juga bisa mengambil kendali atas PC orang lain.

Lalu, dengan sistem cloud, aplikasi ini juga memungkinkan Anda melakukan remote untuk lintas device. Anda bisa melakukan kontrol atas PC Anda di mana pun Anda berada.

Terakhir, yang tak kalah penting, aplikasi ini sudah di-install lebih dari 2.5 miliar pengguna. Lalu, setiap tahunnya ada lebih dari 320 pengguna aktif. Apakah Anda tertarik untuk menggunakan aplikasi ini juga?

2. AnyDesk

Aplikasi kedua yang paling populer ketika kita membicarakan aplikasi remote PC ringan adalah AnyDesk. Jika dibandingkan dengan TeamViewer, AnyDesk merupakan aplikasi yang baru. Namun, aplikasi ini sangat recommended karena aksesnya yang ringan, yakni hanya berukuran 3,8 MB saja.

Untuk kebutuhan mendesak yang tidak rutin, Anda bisa menggunakan versi trial yang bisa Anda akses secara gratis. Lalu, untuk kebutuhan bisnis, Anda bisa berlangganan.

AnyDesk saat ini sudah diunduh hingga 500 juta pengguna. Para pelanggan pun cukup percaya dengan aplikasi remote PC online ini. Salah satu fitur terbaiknya adalah mampu merekam saat sedang sesi remote.

3. ConnectWise Control

aplikasi remote pc gratis

Selanjutnya, ada juga aplikasi ConnectWise Control yang bisa Anda manfaatkan untuk remote PC. Aplikasi ini memiliki sistem antarmuka yang cukup rumit, tetapi konfigurasi setup yang ada di dalamnya sangat sederhana. Sistem keamanannya pun sangat bisa diandalkan.

Untuk kebutuhan profesional, aplikasi ini berbayar. Jika Anda hanya membutuhkan aplikasi ini untuk beberapa kali saja, Anda bisa menggunakan versi trial. Versi trial bisa Anda nikmati selama 7 hari tanpa perlu mencantumkan kartu kredit. Anda hanya perlu membuat akun dan mengunduh aplikasinya.

4. VNC Connect

aplikasi remote pc ringan

Rekomendasi aplikasi selanjutnya adalah VNC Connect. Aplikasi remote PC ini juga bisa Anda andalkan karena memiliki sistem keamanan yang canggih.

Baca Juga :  10 Aplikasi Keyboard Laptop Virtual

Sistem keamanannya menggunakan end to end encryption. Lalu, Anda juga bisa menambahkan sistem keamanan yang lebih tinggi lagi untuk mencegah akses dari pihak yang tidak diinginkan. Fitur lain yang menarik di aplikasi ini adalah ada sesi recording saat remote, kemudahan berbagi file, dan fitur real time chat.

5. FixMe.IT

aplikasi sejenis teamviewer

Anda juga bisa menggunakan FixMe.IT untuk kebutuhan remote PC. Aplikasi ini memiliki fitur yang tak kalah keren dengan aplikasi yang lainnya. Fitur-fitur remote PC di FixMe.IT kemudian dibedakan menjadi fitur gratis dengan fitur berbayar.

Untuk kebutuhan standar, fitur gratis sebenarnya sudah cukup untuk Anda. Namun, jika ingin fitur yang lebih bagus, seperti two way desktop sharing, multi-window control, powerful scaling settings, hingga multi-monitor navigation, Anda perlu fitur berbayar.

6. Remote PC by iDrive

remote komputer dari hp

Khusus untuk Anda yang enggan mengunduh aplikasi dengan berbagai alasan, aplikasi remote PC iDrive bisa menjadi solusinya. Perangkat lunak ini tidak perlu Anda unduh. Anda hanya perlu menggunakan browser untuk mengakses smartphone, laptop, atau tablet.

Kelebihan dari aplikasi ini adalah adanya fitur Always on yang membuat Anda bisa mengontrol PC secara otomatis. Proses transfer file pun bisa Anda lakukan dengan lebih mudah. Tak hanya itu, ada juga fitur unattended access.

7. Zoho Assist

Zoho Assist

Selanjutnya, ada juga Zoho Assist yang bisa Anda manfaatkan untuk remote PC. Aplikasi ini tersedia untuk Windows, Mac, dan juga Linux. 

Semua fitur yang ada di dalamnya bisa Anda gunakan secara gratis. Pengaturannya juga tidak mudah. Klien pun tak perlu software jika ingin berbagi remote PC dengan Anda.

8. LogMein Pro

remote desktop windows 10

Khusus untuk para perusahaan yang mempunyai budget, Anda bisa menggunakan LogMein Pro. Aplikasi ini adalah investasi yang bagus untuk Anda. Fitur di dalam aplikasi ini sangat lengkap dan cocok untuk mengakomodasi kebutuhan kolaborasi untuk perusahaan yang anggota timnya sangat banyak.

Baca Juga :  Download Instagram Plus

Pasalnya, LogMein Pro mendukung pengguna yang banyak. Semua pengguna bisa bertukar file secara lebih mudah. Proses sharing screen pun bisa dilakukan siapa saja selama dalam satu server yang sama. Anda bisa mempelajari fitur LogMein Pro di sini.

9. Microsoft Remote Desktop

microsoft remote desktop

Microsoft pun memiliki aplikasi untuk remote PC. Aplikasi tersebut diberi nama Remote Desktop. Seperti namanya, aplikasi ini hanya tersedia untuk Windows. Fitur-fitur yang ada di dalamnya pun tak berbeda jauh dengan aplikasi-aplikasi sejenis.

Anda perlu mengunduh aplikasinya terlebih dahulu untuk mendapatkan fitur remote PC.

10. Chrome Remote Desktop

Chrome Remote Desktop

Untuk Anda yang ingin produk populer yang tidak hanya tersedia di Windows, pilihan terakhir yang bisa Anda coba adalah Chrome Remote Desktop. Aplikasi ini tersedia untuk Windows, Mac, Linux, iOS, dan Android.

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini dibuat oleh Chrome. Fitur remote PC yang ada di aplikasi ini juga mirip dengan aplikasi sejenis. Untuk mengunduhnya, cukup ketikkan keyword “Chrome Remote Desktop”. Halaman paling atas akan muncul website remotedesktop.google.com. Unduh saja dari situ.

Dengan aplikasi ini, tak hanya membantu hal-hal terkait pekerjaan antaranggota tim, Anda yang memiliki masalah dengan software PC pun akan terbantu. Anda tidak perlu datang langsung ke teknisi atau tempat service laptop. Anda hanya perlu download aplikasi remote PC dan menginstalnya.  

Dari 10 aplikasi di atas, beberapa aplikasi bisa Anda gunakan secara gratis dan ada juga yang berbayar. Anda tinggal pilih aplikasi remote PC yang paling cocok dengan kebutuhan. Semoga informasi ini bermanfaat!