10 Aplikasi Penyimpanan Awan Terbaik untuk Android

10 Aplikasi Penyimpanan Awan Terbaik untuk Android – Dewasa ini, hampir semua orang memiliki gaya narsisme yang luar biasa. Iya kan? Dan siapa sangka, jika hal tersebut membuat ruang penyimpanan ponsel menjadi lebih mudah penuh.

Hal ini karena ukuran foto atau video yang digunakan untuk memenuhi gaya narsisme memang memakan ruang penyimpanan yang lumayan besar. Jika sudah demikian, bagaimana solusinya? Karena menghapus foto dan video tentu sesuatu yang sangat sulit, dan tidak mungkin dilakukan.

Karena setiap foto dan video adalah sebuah momen berharga yang tidak akan bisa diulang kembali. Nah, daripada menghapusnya, mending gunakan aplikasi penyimpanan awan terbaik saja.

Ada yang sudah pernah mendengar istilah penyimpanan awan? Buat yang belum, bisa simak daftar aplikasi, plus penjelasan singkat mengenai penyimpanan awan tersebut. 

Pengertian Penyimpanan Awan

Penyimpanan awan, atau yang biasa disebut dengan cloud storage merupakan sebuah model penyimpanan masa kini yang sangat penting dipertimbangkan.

Bahkan, bisa menjadi aplikasi wajib yang digunakan pada tiap ponsel. Hal ini karena dengan adanya penyimpanan awan, memungkinkan siapapun untuk tidak perlu lagi repot repot membawa hard drive setiap harinya kemana mana.

Penyimpanan awan ini memungkinkan siapapun untuk mengunggah atau menyimpan berbagai macam jenis file. Mulai dari foto, video, word, pdf, atau yang lainnya. Hanya saja, penyimpanan model ini hanya bisa diakses ketika anda terhubung ke jaringan internet saja.

Penyimpanan awan termasuk salah satu model penyimpanan yang sangat aman digunakan. Maka dari itu, tidak perlu ragu untuk menggunakannya.

Untuk penggunaan aplikasi, ada yang gratisan, dan ada juga yang berbayar. Jika menggunakan yang gratisan, biasanya anda akan diberikan kapasitas penyimpanan sekian GB, beda halnya ketika menggunakan yang berbayar. 

Berikut 10 Aplikasi Penyimpanan Awan Terbaik

Berikut ini merupakan 10 aplikasi penyimpanan awan terbaik yang bisa dipertimbangkan:

1. Google One

Rekomendasi pertama merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh pihak google one. Di mana, google one sendiri adalah sebuah aplikasi yang bisa anda gunakan untuk memperluas penyimpanan, dan membantu siapapun untuk memaksimalkan penggunaan google.

Karena saat menggunakannya, maka anda bakalan bisa mengelola penyimpanan dengan sangat mudah. Mulai dari google drive, kemudian gmail, foto, video dan yang lainnya. Google one bakalan melakukan pencadangan secara langsung, alias secara otomatis.

Mulai dari kontak, kemudian foto, pesan, dan yang lainnya. Nah pencadangan ini akan dicadangkan ke penyimpanan yang disebut dengan cloud. Kabar baiknya, jika nantinya ada yang rusak, atau hilang, anda bisa banget loh memulihkannya ke ponsel yang baru.

2. My Cloud

Aplikasi penyimpanan awan terbaik yang berikutnya adalah aplikasi My Cloud. Jika android yang saat ini anda gunakan memiliki ruang penyimpanan yang sekarat, alias tersisa hanya beberapa MB lagi, maka kami sarankan buat menggunakan aplikasi my cloud saja.

Karena dengan menggunakan my cloud, maka anda bisa banget menyimpan semua file file atau dokumen berharga dengan sangat mudah. Karena kini, menyimpan file dan folder yang berharga tidak harus dilakukan di hardisk. Tenang saja, karena aplikasi ini merupakan aplikasi yang sangat aman buat digunakan. 

3. Google Drive

Dewasa ini, siapa sih yang tidak kenal dengan google drive? Tampaknya, hampir semua orang kenal, terlebih lagi para pengguna android. Ya, karena ia merupakan salah satu fasilitas dari google yang sangat sayang sekali jika tidak dimaksimalkan sebaik mungkin.

Nah kabar baiknya, ia adalah aplikasi yang sudah terinstall pada setiap android, meski anda belum pernah atau tidak pernah mendownloadnya sebelumnya. Dan kini, sudah ada lebih dari 5 miliar orang yang menggunakannya. Gimana, menarik sekali bukan?

Google drive, sesuai namanya, ia merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh pihak google ya, dan benar benar sangat recomended buat anda gunakan. Para pengguna, akan diberikan ruang penyimpanan secara cuma cuma, alias gratis sebesar 15 GB.

Baca Juga :  10 Aplikasi Ramalan Zodiak Terbaik di Android

Dan nantinya, jika ternyata 15 GB tersebut masih kurang, silahkan diupgrade saja hingga 100 GB, dengan harga yang masih tergolong cukup terjangkau.

Google drive memiliki segudang keunggulan. Selain memberikan ruang penyimpanan gratis dengan kapasitas yang lumayan besar, ia juga hadri dengan tampilannya yang sederhana, sehingga mudah dipahami dan digunakan. 

4. Microsoft OneDrive

Berikutnya adalah aplikasi Microsoft OneDrive. Kini, aplikasi microsoft onedrive merupakan salah satu aplikasi penyimpanan awan terbaik yang cukup favorit di berbagai kalangan. Hal ini karena ia bisa anda sambungkan atau hubungkan langsung ke seluruh perangkat yang menggunakan windows.

Dan ketika pertama kali menggunakan, setiap pengguna akan mendapatkan ruang penyimpanan gratis sebesar 5 GB. Sebagaimana halnya google drive, anda juga bisa mengupgrade kapasitas ruang penyimpanannya menjadi lebih besar.

Kabar baiknya, harga upgrade kapasitas ruang penyimpanan yang ditawarkan oleh aplikasi terbilang cukup terjangkau loh. Ramah kantong deh pokoknya.

5. G Cloud Backup

Aplikasi penyimpanan awan terbaik untuk android yang berikutnya adalah aplikasi G Cloud Backup. Jika dibandingkan dengan aplikasi lain, mungkin nama aplikasi ini agak asing, dan masih belum sepopuler beberapa rekomendasi yang lainnya.

Namun tenang saja, karena ia tetap recomended dan tidak kalah berkualitasnya kok dengan rekomendasi rekomendasi yang lain. Aplikasi yang satu ini dikembangkan oleh genie9 ltd. Bagi pengguna yang baru, akan diberikan kapasitas penyimpanan secara gratis sebesar 7 GB.

Setelah kapasitas gratisnya habis, maka anda bisa kok mengupgradenya. Hal ini supaya lebih banyak foto, video, dan file lain yang bisa anda simpan ke dalamnya.

Salah satu keunggulan yang ditawarkan oleh aplikasi ialah menyediakan kapasitas penyimpanan sebesar 50 MB gratis setiap harinya.  Wah, bukankah ini sangat menarik?

6. MEGA

Berikutnya adalah aplikasi Mega. Jika kurang puas dengan beberapa rekomendasi di atas, cobain deh menggunakan aplikasi mega. Yang mana, pihak developernya juga menawarkan kapasitas penyimpanan gratis yang bisa digunakan oleh penggunanya, yakni 5 sampai dengan 10 GB.

Lumayan besar lah ya. Nah kabar baiknya, jika anda mau membuat akun, maka kapasitas penyimpanan gratis yang diberikan jauh lebih besar, yakni 50 GB.

Bukah hanya itu saja, karena siapapun yang ingin mengupgrade kapasitas, bisa juga. Adapun harga yang ditawarkan masih tetap terjangkau dan ramah kantong. Dengan segudang keunggulannya, wajar jika kemudian aplikasi ini sudah berhasil di download oleh lebih dari 50 juta orang.

7. Dropbox

Aplikasi penyimpanan awan terbaik yang selanjutnya adalah dropbox. Yang mana, dropbox ini termasuk salah satu aplikasi yang terkenal, dan ramai digunakan. Bahkan kini, sudah ada lebih dari 1 milyaran orang yang menggunakannya.

Untuk pengguna dropbox sendiri, tersebar di seluruh dunia. Dengan dropbox, anda bisa menyimpan berbagai macam file, mulai dari foto, video, pdf, ppt, atau yang lainnya. Kapasitas penyimpanan yang diberikan oleh pihak developer adalah 2 GB. Namun tenang saja, karena kapasitas tersebut bisa diupgrade menjadi lebih besar.

8. Box

Berikutnya adalah aplikasi Box. Aplikasi yang menyediakan penyimpanan dengan kapasitas 10 GB secara gratis untuk semua penggunanya.

Jika merasa kapasitas tersebut masih kurang, maka anda dapat mengupgradenya juga, dengan membayar nominal yang sudah ditentukan. Untuk saat ini, sudah ada lebih dari 50 jutaan orang yang menggunakannya. Saat menggunakan box, maka anda akan menemukan berbagai macam fitur yang menarik. 

9. Amazon Drive

Untuk rekomendasi lain, ada aplikasi amazon drive. Yang mana, ia juga bisa banget digunakan untuk menyimpan berbagai macam jenis file. Sebagaimana halnya aplikasi aplikasi lain, pihak amazon drive juga memberikan kapasitas penyimpanan gratis kepada semua pengguna aplikasi.

Di mana, jika kapasitas gratisnya sudah habis, maka anda bisa banget menggunakan yang versi berbayar, yakni dengan mengupgradenya. Salah satu keunggulan yang ditawarkan oleh aplikasi ini ialah memungkinkan anda untuk mengupgrade penyimpanan berbayar dengan sistem sekali bayar saja. 

10. Mediafire

Sementara untuk rekomendasi yang terakhir adalah aplikasi Mediafire. Bagi yang mau menyimpan semua filenya dengan menggunakan aplikasi penyimpanan awan terbaik, mungkin bisa memilih aplikasi mediafire saja. Karena ia juga bisa kok digunakan untuk menyimpan berbagai macam jenis file dengan mudah.

Untuk kapasitas penyimpanan gratis yang diberikan adalah 12 GB. Yang nantinya, tetap bisa anda upgrade hingga 1 TB dengan harga yang sungguh terjangkau. 

Baca Juga :  10 Rekomendasi Aplikasi Pengelolaan Stok Barang Terbaik

Rekomendasi lain

Selain dapat menggunakan 10 rekomendasi di atas, masih ada rekomendasi lain yang juga bisa digunakan, seperti: 

Yandex.Disk

Yandex, adalah aplikasi penyimpanan awan yang mudah digunakan, dan menawarkan harga cukup terjangkau. Setiap pengguna yang baru selesai membuat akun, akan diberikan kapasitas penyimpanan secara gratis, sebesar 20 GB.

Dan kapasitas tersebut bisa diupgrade menjadi lebih besar dengan cara membayar sejumlah nominal yang sudah ditentukan.

ASUS WebStorage

ASUS WebStorage merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh pihak asus, sesuai namanya. Jika menggunakan aplikasi ini maka anda bisa menikmati berbagai macam fitur fitur yang menarik. Kalau menggunakan aplikasi ini, maka anda tidak perlu mengkhawatirkan masalah keamanannya. 

Nah itulah dia beberapa rekomendasi aplikasi kali ini. Silahkan pilih mana yang mau digunakan. Semoga bermanfaat, semoga membantu, dan selamat menikmati penyimpanan awan yang gratisan ya.

Baca Juga :