10 Rekomendasi Aplikasi Mind Mapping Terbaik

10 Rekomendasi Aplikasi Mind Mapping Terbaik  – Pernah mendengar istilah mind mapping? Beberapa di antara anda pasti sudah banyak yang nggak asing dengan istilah mind mapping ya. Jadi, mind mapping atau yang biasa disingkat dengan mind map adalah pemetaan pikiran.

Yang kalau kita artikan secara sederhana berarti sebuah metode atau cara untuk memaksimalkan pikiran manusia. Dan biasanya, pembuatan mind map ini bertujuan untuk membuat pemetaan, agar memudahkan seseorang untuk mengingat atau mempelajari sesuatu.

Kalau dulunya sih, pembuatan mind map dilakukan di atas kertas. Tapi seiring dengan perkembangan teknologi, tampaknya hal tersebut sudah mulai ditinggalkan. Karena dengan adanya aplikasi mind mapping terbaik, orang orang lebih suka membuat mind map secara digital.

Apalagi nih, dengan bantuan aplikasi, maka hasilnya akan jauh lebih menarik dan keren dibandingkan dibuat secara manual di atas kertas. Untuk anda yang berniat membuatnya, bisa coba gunakan beberapa rekomendasi aplikasi berikut ya. 

Aplikasi mind mapping terbaik

Masing masing aplikasi hadir dengan versi terbaik mereka. Dan yang perlu dipahami adalah, setiap pengembang aplikasi menawarkan sistem yang berbeda.

Kemudian fitur dan keunggulan yang berbeda pula. Sehingga sebagai calon pengguna, anda bebas menentukan akan menggunakan aplikasi yang mana. Karena nggak ada batasan dan halangan akan menggunakan yang mana. 

Ayoa

Rekomendasi aplikasi pertama ini punya nama yang tergolong cukup unik kan? Meskipun diberi nama dengan ciri khas yang unik, namun aplikasi ini tetap sangat recomended loh buat digunakan. Anda bisa memanfaatkannya saat akan membuat mind mapping yang menarik. 

Aplikasi ayoa sendiri merupakan aplikasi yang dibuat dengan basis awan, yang siap menyatukan keunikan atau kekreatifan dari mind mapping dengan manajemen, kemudian dikolaborasikan. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi terbaik yang nggak hanya bisa dan cocok digunakan untuk individu saja.

Tapi juga sangat cocok dan pas jika digunakan oleh tim. Dengan bantuan aplikasi ini, anda dapat menciptakan sebuah mind map yang keren, menarik, indah, memungkinkan juga untuk memantau pekerjaan, berkolaborasi dengan yang lain, dan lain sebagainya.

Apalagi dengan tampilannya yang menarik loh. Proses pembuatannya juga nggak bakalan memakan waktu yang lama.  Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh aplikasi ayoa ialah banyak gaya yang terinspirasi dari mind map traditional, yang biasa digambar menggunakan tangan loh.

Wah, kebayang dong gimana bagusnya hasil mind map yang dibuat dengan aplikasi satu ini. Selain itu, pihak aplikasi juga menyediakan pilihan. Ada yang organic mind map, ada juga yang speed mind map. Kalau untuk yang organic, ialah cabang yang halus dengan lengkungan, sementara speed ialah cabang kotak dengan tata letak otomatis. 

Dan masih banyak fitur keren lainnya yang bisa anda manfaatkan. Jika tertarik menggunakan aplikasi satu ini, silahkan download ayoa sekarang juga. Dan nikmati berbagai macam keunggulan yang dimilikinya. 

LucidChart

Nggak berbeda jauh dengan aplikasi mind map terbaik sebelumnya. Di mana, aplikasi ini juga punya nama yang unik. Ia nggak sih? Nah, hal paling menarik dari lucidchart ialah menyediakan hampir seluruh jenis kebutuhan mind map. Mulai dari yang diagram alur super sederhana, sampai yang benar benar kompleks. 

Baca Juga :  Download WhatsApp MOD 2022 (WA MOD) + Anti Banned Terbaru

Bukan hanya itu saja, aplikasi ini bahkan juga punya banyak sekali template yang dimanfaatkan saat anda akan membuat mind mapping. Hal ini tentu akan sangat membantu ya. Selain memungkinkan buat digunakan secara individu, aplikasi ini juga bisa banget digunakan saat anda ingin berkolaborasi dengan orang lain atau tim lain.

Ada segudang keunggulan dan fitur menarik yang ditawarkan oleh pihak pengembangnya. Seperti fitur buat kolaborasi secara real time, kemudian manajemen tim dengan akses, manajemen perubahan dengan history, dan lainnya. Kabar yang baik lainnya adalah, ia merupakan aplikasi yang sudah kompatibel dengan berbagai jenis perangkat.

Mulai dari yang sistem operasi windows, kemudian macos, sampai dengan linux. Dan masih banyak integrasi yang lainnya. Kemudian, aplikasi ini juga punya kemampuan yang sangat hebat dalam hal menghubungkan data.

Yakni, dengan menautkan data, maka anda bisa menghubungkan diagram dengan bentuk yang dibuat ke data yang sudah disimpan di bagian spreadsheet.

Nah nantinya, perubahan yang ada akan langsung tertera di spreadsheet. Gimana, menarik banget kan? Untuk anda yang penasaran dengan berbagai macam keunggulan dan fitur kerennya, bisa cobain aplikasi satu ini ya. 

SimpleMind

Rekomendasi aplikasi  mind mapping terbaik yang berikutnya adalah simplemind. Bagi anda yang suka menggunakan aplikasi yang simpel simpel, bisa mencoba aplikasi yang satu ini deh. Kareena aplikasi menyediakan berbagai macam pilihan toolbar yang tergolong lengkap.

Sehingga, anda nggak perlu lagi nebak nebak fitur apa yang ada. Menarik banget kan? Di mana, masih belum begitu banyak loh aplikasi jenis ini yang menyediakan fitur toolbar ke dalam aplikasi mereka. Jadi, ini bener bener menjadi nilai plus banget bagi aplikasi simple mind. 

Selain itu, pihak pengembang aplikasi juga sudah menyediakan banyak pilihan tata letak, yang memungkinkan anda buat mengontrol tampilan sesuai dengan kebutuhan, lengkap dengan nuansa sesi brainstorming. Kalau anda menggunakannya lewat ponsel, maka ada hal menarik yang bisa anda lakukan.

Yakni menambahkan memo suara loh, dengan video ke mind map yang tengah anda buat. Menarik banget kan? Adapun hal terpenting yang mesti diperhatikan ketika menggunakan aplikasi ini adalah usahakan untuk menyimpan mind  map yang sudah anda buat ke awan, bukan ke penyimpanan lokal.

Karena ketika menyimpannya ke bagian awan, maka anda dapat mengaksesnya ke berbagai perangkat. Salah satu fitur unik dan unggulan yang dimiliki oleh aplikasi ini adalah memungkinkan anda buat mengimpor file pdf otomatis. Yang nantinya pihak aplikasi bisa mengubahnya menjadi mind map. 

Scapple

Pernah mendengar nama aplikasi satu ini? Beberapa di antara anda tampaknya masih agak asing dengan aplikasi pembuat mind mapping terbaik yang satu ini. Jadi, scapple ini merupakan aplikasi yang unik, yang dikembangkan oleh seorang penulis, dan tentunya untuk kepentingan menulis.

Meskipun demikian, namun aplikasi ini tetap sangat recomended dan memungkinkan buat digunakan saat anda ingin membuat mind map kok. Karena seorang penulis juga kerap membuat mind map untuk ide ide tulisan mereka.  Adapun penulis yang membuatnya adalah sekelompok literature and latte, yang sudah ada dari tahun 2006.

Untuk tujuan awalnya adalah mengembangkan keterampilan yang dimiliki oleh para penulis yang tergabung. Dan untuk saat ini, ia termasuk ke dalam salah satu aplikasi pembuat mind map yang populer di berbagai kalangan loh.

Baca Juga :  Download YoWhatsApp for iOS & Android

Saat pertama kali mengeluarkan aplikasi, pihak developernya mengundang para penggunanya mengklik 2 kali di sebuah kanvas kosong secara bebas agar bisa membuat catatan yang dibutuhkan. Dan para penggunanya bisa mengulangi hal tersebut sesuai dengan keinginan dan kebutuhan untuk melepaskan brain dump awal.

Kemudian, aplikasi ini juga telah didukung dengan pengimporan file teks, gambar, dan juga pdf. Aplikasi ini mempunyai tampilan yang sederhana, sehingga mudah digunakan dan dipahami, atau bahkan dikuasai oleh banyak orang. Termasuk bagi mereka yang masih pemula untuk urusan seperti ini. 

Di dalamnya, anda akan menemukan berbagai macam fitur fitur keren yang menarik, yang siap membantu anda menciptakan sebuah alur pikiran yang sederhana dan menarik.  Hanya saja, pihak aplikasi belum mmemungkinkan aplikasi mereka untuk menyisipkan audio dengan video ke dalam mind map.

Aplikasi ini juga masuk ke dalam salah satu aplikasi yang ringan loh. Jadi, nggak bakalan menguras tenaga dan dompet deh.

Pihak aplikasi menyediakan masa uji coba atau trial secara gratis selama sebulan. Selama sebulan tersebut anda bisa memanfaatkan aplikasi sebaik mungkin kah. Jika kiranya cocok dan sesuai, maka anda baru bisa menggunakannya.

FreeMind

Adapun rekomendasi aplikasi mind mapping terbaik yang berikutnya adalah aplikasi freemind. Aplikasi ini juga menjadi salah satu aplikasi terbaik yang recommended buat dipertimbangkan.  Anda bisa menggunakannya dengan sangat mudah dan cepat.

Selain bisa digunakan untuk membuat mind map, masih banyak hal lain yang bisa anda lakukan. Mulai dari ngelacak pekerjaan, kemudian menciptakan basis pengetahuan, dan yang lainnya deh. Di dalamnya anda dapat menemukan berbagai macam fitur menarik.

Seperti fitur buat drag and drop, mengcopy dan paste informasi, dan yang lainnya. Untuk anda yang tertarik dengan aplikasi ini, bisa mencobanya langsung dengan mendownload aplikasinya. Kemudian mencoba membuat mind map di dalamnya. 

Canva

Selama ini, banyak yang ngira kalau aplikasi canva nggak bisa digunakan untuk membuat mind map. Dan mungkin anda juga sempat berpikiran demikian. Padahal sebenarnya, aplikasi ini juga sangat memungkinkan untuk anda gunakan saat akan membuat peta pikiran loh. 

Untuk saat ini, hampir semua orang mengenal baik aplikasi satu ini. Dan untuk saat ini pula, sudah ada jutaan orang yang menggunakannya, yang berasal dari berbagai macam belahan dunia. Hal ini mungkin karena banyaknya keunggulan yang ditawarkan oleh pihak developer aplikasi.

Mulai dari template yang beragam, tampilan yang menarik, elemen yang beragam, dan yang lainnya. Anda juga bisa menambahkan ikon, bentuk, dan yang lainnya. Sangat wajar kalau kemudian banyak para pendidik dan pebisnis yang memanfaatkan aplikasi ini untuk kepentingan mereka.

Pihak aplikasi menyediakan penggunaan versi yang gratis dan berbayar loh. Bagi yang ingin menggunakannya secara gratis, bisa. Bagi yang ingin menggunakannya secara berbayar juga bisa.  Hal yang paling mengejutkan adalah, di dalam aplikasi ini tersedia lebih dari 8000 an template.

Wah, banyak banget kan? So, untuk anda yang masih bingung nih mau membuat mind mapping di aplikasi mana, kami sarankan untuk menggunakan canva saja.

Karena pembuatan mind map menggunakan aplikasi satu ini tergolong cukup mudah untuk dilakukan. Tersedia alat pelurus yang siap membantu anda.  Hanya saja, penggunaannya memang akan lebih nyaman ketika menggunakan perangkat komputer ya.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Aplikasi dan Situs untuk Belajar Mengetik 10 Jari Terbaik

Padlet

Jika anda tengah mencari aplikasi mind mapping terbaik yang kolaboratif, maka padlet adalah pilihan yang paling tepat. Karena memungkinkan anda untuk membuat dokumen, halaman web, sampai dengan board.  Tampilannya juga sangat menarik dan intuitif loh.

Sehingga membuat anda bisa menggunakannya dengan sangat mudah dan enjoy tentunya. Untuk saat ini, yang menggunakan aplikasi satu ini bukan hanya dari kalangan individu saja loh. Tapi juga kerap digunakan oleh perusahaan.

Karena memang sebagus itu. Anda bisa mengaksesnya lewat komputer ataupun lewat ponsel.  Pihak pengembang aplikasi juga sudah menyediakan berbagai macam alat terbaik untuk membuat mind map. So, tunggu apalagi, download aplikasinya sekarang, dan buat mind map terbaik anda. 

Stormboard

Adapun rekomendasi yang lainnya adalah stormboard. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi pembuat mind mapping terbaik yang sederhana. Ia menawarkan pembuatan sticky note.

Yakni dengan mengelompokkan catatan anda ke berbagai bagian layar, agar mewakili koneksi pembuatan awal peta pikirannya, lalu anda bisa menambahkan korelasi atau hubungan antara yang satu dengan yang lainnya dengan menggunakan garis.

Di dalamnya juga sudah tersedia gaya rapid fire. Yang bakalan ditampilkan sticky note baru saat anda memposting sesuatu yang sama seperti yang sebelumnya.

Aplikasi ini akan membantu banyak dalam proses pembuatan mind mapping anda nantinya. Dan untuk saat ini sudah sangat banyak orang orang yang menggunakannya. Sekarang adalah giliran anda.

GitMind

Git Mind juga termasuk ke dalam salah satu aplikasi terbaik yang harus dipertimbangkan. Kabar baiknya, anda bisa menggunakan aplikasi secara gratis loh. Pihak aplikasi siap membantu anda menciptakan sebuah mind map dengan sangat mudah dan cepat.

Hampir semua jenis kebutuhan peta pikiran ada di dalamnya. Mulai dari peta pikiran yang sederhana sampai dengan yang rumit. Selain itu, di dalamnya juga sudah ada galeri template yang bisa anda manfaatkan. Sebagaimana aplikasi lainnya, di dalam gitmind juga tersedia berbagai macam fitur keren yang hebat hebat.

Mulai dari tema yang bergaya prenade, kemudian kolaborasi tim, project management, outline mode, sampai dengan pemulihan peta riwayat.

Hanya saja, kini belum tersedia aplikasi untuk versi yang selluler ya. Bagaimana, apakah anda tertarik dengan fitur fitur yang ada di dalamnya? Kalau penasaran, download aplikasinya sekarang, dan silahkan buat peta pikiran anda sekarang juga.

Mindomo

Nah, kalau aplikasi yang satu ini sih, nggak kalah kerennya dengan aplikasi aplikasi sebelumnya. Pihak aplikasi membuat atau mengkonsep aplikasi mereka dengan gabungan antara versi yang gratis dengan yang berbayar. Ia diperuntukkan bagi para pengguna mac os, linux, dan juga windows. 

Selain itu, aplikasi ini juga tetap memungkinkan buat disinkronisasikan dengan ipad dan android. Sehingga bisa anda kerjakan secara tim atau bergantian.

Pihak aplikasi memberikan 3 buah mind map yang gratis, dengan keterbatasan fitur. Oleh karena itu, akan lebih baik jika menggunakan yang versi berbayar saja kan? Kalau memang memungkinkan, nggak ada salahnya deh menggunakan yang versi berbayar. Lagipula, harganya nggak begitu mahal loh.

Nah, itulah dia beberapa rekomendasi aplikasi mind mapping terbaik yang patut untuk anda pertimbangkan penggunaannya. Kalau masih bingung, coba deh untuk membaca ulasan para pengguna sebelumnya. Karena ini bakalan membantu banget loh. Semoga bermanfaat, semoga membantu, dan selamat mencoba ya.