10 Aplikasi Menggambar di Android Paling Populer dan Gratis

Dengan semakin meningkatnya pengguna Android, aplikasi berbasis Android semakin banyak yang mencari. Salah satu kelompok aplikasi yang banyak dicari adalah aplikasi menggambar di Android. Aplikasi menggambar berguna untuk mereka yang menyukai seni, entah sebagai hobi ataupun profesi.

Pada umumnya penggunaan aplikasi pada sistem operasi Android memang tidak sulit dan pengunduhannya pun tidak ribet berkat adanya Google Play Store.

Jika Anda termasuk satu dari mereka yang mencari aplikasi untuk menggambar di smartphone atau tablet Android, Anda membaca artikel yang tepat. Berikut hasil kurasi kami terhadap aplikasi di Android khusus untuk menggambar dengan urutan jumlah download tertinggi.

10 Aplikasi Menggambar di Android Terpopuler

Berikut daftar aplikasi menggambar di Android mulai dari yang paling populer dan banyak diunduh..

1. Ibis Paint X

Ibis Paint X

ibis Paint X adalah salah satu aplikasi menggambar HP Android gratis yang patut Anda coba. Aplikasi yang rilis sejak awal 2014 ini telah di-download lebih dari 100 juta kali. Ukuran file aplikasi yang hanya sebesar 27 MB membuatnya tidak terlalu banyak membutuhkan ruang kosong pada ponsel pintar Anda. 

Dengan spesifikasi Android minimal versi 4.4 atau Android Kitkat, Anda sudah dapat menggambar dengan lebih dari 140 brush yang berbeda menggunakan aplikasi gratisan ini. Brush yang tersedia seperti dip pens, felt tip pens, paintbrush dan masih banyak lagi. Tentu aplikasi Android ini juga bisa untuk menggambar manga. 

Selain itu, ibis Paint X mampu merekam proses menggambar Anda dengan hasil berupa video. Video tersebut pun dapat Anda bagikan ke sesama pengguna, karena ibis Paint X mendukung fitur Social Networking Service (SNS). Dengan demikian, Anda dapat belajar menggambar dari video yang pengguna lain buat dan sebaliknya.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Aplikasi Kamera Android Terbaik Paling Hits

2. PicsArt Color Paint

PicsArt Color Paint adalah salah satu aplikasi menggambar di Android HP yang populer. Dengan jumlah download lebih dari 50 Juta, PicsArt Color Paint memiliki fitur seperti texture brush yang memungkinkan Anda menggambar tidak hanya dengan warna, namun juga dengan tekstur. 

Selain itu, fitur andalan lainnya adalah autorecovery. Fitur ini membantu Anda untuk tidak pernah kehilangan gambar yang Anda buat dengan cara recovery. Aplikasi menggambar yang berukuran 17 MB dan tersedia secara gratis ini tidak memunculkan iklan, sehingga tidak akan ada distraksi iklan yang mengganggu Anda. 

3. SketchBook

SketchBook

Siapa yang tidak kenal aplikasi ini? Sketchbook merupakan salah satu aplikasi untuk menggambar di Android yang mendapat rekomendasi editor di Google Play Store. Meski muncul dengan ukuran file cukup besar, yakni 100 MB, aplikasi saingan PicsArt Color ini juga tinggi peminat dengan jumlah download lebih dari 50 juta kali. 

Aplikasi ini cocok untuk Anda yang suka dengan gambar sketsa. Pasalnya, alat brush seperti pensil, airbrush, dan semacamnya, memiliki efek seperti aslinya. Brush tersebut dapat Anda kustomisasi sesuai keinginan. Karena dikembangkan untuk keperluan sketsa, antarmuka aplikasi ini bersih, sehingga Anda bisa fokus.  

4. Adobe illustrator Draw

aplikasi menggambar di hp gratis

Pecinta seni dan estetika mana yang tak kenal Adobe? Perusahaan yang banyak melahirkan aplikasi desain dan editing ini tentu tidak mau kalah saing. Dengan produknya berupa Adobe Illustrator Draw (AID) di Android, saat ini aplikasi tersebut berhasil mendapat jumlah download lebih dari 10 juta kali.

Adobe Illustrator Draw dapat berguna untuk membuat ilustrasi atau sketsa dengan lima tipe pen yang berbeda. Transparansi, ukuran dan warnanya pun dapat Anda sesuaikan di sini. Saat gambar sudah jadi, Anda bisa melakukan zoom terhadap gambar yang Anda buat di sini hingga 64x. 

Baca Juga :  10 Aplikasi Chatting Android Paling Populer

Produk file-nya dapat Anda buka di Illustrator atau Photoshop pada PC Anda. Dengan ekosistem Adobe yang berbasis cloud, Anda juga dapat mengakses layanan Creative Cloud lainnya – Adobe Stock, Creative Cloud libraries, dan CreativeSync. 

5. MediBang Paint

Medibang Paint

MediBang Paint adalah salah satu aplikasi menggambar di Android untuk pemula. Dengan adanya background setengah jadi, berbagai font dan kuas memudahkan pengguna baru dalam menggambar di sini. Selain itu, pengguna juga dapat mengakses lebih  dari 800 tone hingga tekstur dengan gratis. 

Aplikasi yang telah didownload lebih dari 10 juta kali ini memiliki sistem cloud. Sistem cloud tersebut memungkinkan pengguna untuk melakukan pengelolaan, backup, hingga berbagi hasil karya mereka. Lebih dari itu, Anda juga dapat berkolaborasi dengan pengguna lain dalam menggambar. Menarik, bukan?

6. PaperColor

aplikasi menggambar di android untuk pemula

Anda suka menggambar doodle, graffiti, atau lukisan? PaperColor mungkin aplikasi menggambar di Android untuk pemula yang Anda butuhkan. Pasalnya, aplikasi dengan jumlah download lebih dari 10 juta ini menyediakan tool brush yang tidak banyak. Ini tentu membuat pemula tidak kebingungan untuk memilih. 

Selain untuk menggambar, aplikasi ini juga dapat Anda gunakan untuk membuat tanda tangan atau menulis digital, namun layaknya tulisan tangan. Dengan ukuran file 14 MB, tentu ketika Anda menginstal aplikasi ini di HP, Anda tidak memerlukan ruang yang banyak.

7. Flipaclip

aplikasi menggambar di android tanpa stylus

Flipaclip merupakan aplikasi menggambar di Android besutan Visual Blasters LLC. Aplikasi dengan jumlah download hampir sama dengan PaperColor ini telah meluncur sejak pertengahan 2012. Dengan berat file sebesar 63 MB, aplikasi ini populer dengan brand untuk membuat gambar 2 dimensi atau 2D. 

Beberapa produk yang sering muncul akibat dari penggunaan aplikasi menggambar ini adalah kartun, stop motion, sketsa, meme, dan hal-hal kreatif lainnya. Selain itu, aplikasi ini juga dapat Anda gunakan untuk membuat storyboarding. 

8. ArtFlow

aplikasi menggambar anime

ArtFlow adalah aplikasi untuk menggambar di Android hasil produksinya Artflow Studio. Keunggulan dari aplikasi ini adalah kanvas atau tempat di mana Anda menggambar, memiliki lebar hingga 6144×6144. Dengan lebar yang demikian, Anda dapat menggambar dengan detail.

Baca Juga :  Cara Download PPT di Slideshare

Produk yang telah di-download lebih dari 1 juta ini merupakan aplikasi yang gratis. Meski begitu, untuk beberapa fitur lebih canggih dan pro, perlu Anda beli. Dengan ukuran file hanya 11 MB, aplikasi ini tergolong ringan dan mudah dalam pengoperasiannya.

9. Dotpict

Dotpict

Dotpict merupakan aplikasi menggambar di Android HP untuk mereka yang menyukai pixel art. Aplikasi ini seperti media sosial, di mana Anda dapat mengunggah hasil karya. Kemudian pengguna Dotpict lainnya dapat memberi respon seperti like dan comment pada karya Anda. 

Sementara itu, dalam ekosistem Dotpict, juga terdapat event yang diselenggarakan dan diikuti oleh pengguna. Dengan kata lain, Anda pun dapat membuat event yang berhubungan dengan menggambar. Aplikasi yang rilis sejak akhir 2014 ini memiliki muatan file sebesar 16 MB, cukup ringan untuk sebuah aplikasi menggambar.  

10. Paintastic

Paintastic

Paintastic adalah aplikasi untuk menggambar hasil produk dari Creativity Unlimited. Aplikasi ini cocok untuk Anda yang masih mulai belajar atau pemula dalam hal seni dan desain. Dengan interface yang sederhana, pengguna pemula tidak akan mengalami kesulitan. 

Meski untuk pemula, namun aplikasi ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Sebab tool editing-nya juga cukup lengkap – mulai dari paintbrush yang bervariasi, pixel  pen tool hingga tekstur, efek, dan filter. Tidak heran, aplikasi 15MB ini telah diunduh lebih dari 500 ribu kali.

Itulah 10 aplikasi menggambar di Android, mulai dari yang paling populer hingga yang jarang Anda dengar. Semoga rekomendasi kami bermanfaat.