10 Rekomendasi Aplikasi Live Streaming PC Ringan

Live streaming kini menjadi salah satu kegiatan yang sangat berkembang di era digital. Hal ini juga membuat masyarakat tertarik untuk menjadi live streamer yang bisa mendatangkan penghasilan. Lalu, mana saja aplikasi live streaming PC yang sekiranya bisa menjadi rekomendasi? 

Mungkin Anda sudah pernah menonton live streaming dari berbagai web atau platform. Misalnya saja YouTube, Nimo TV, Twitch, atau situs yang lainnya. Selain seru dan menghibur, dalam live streaming ada proses interaksi dengan para penonton, sehingga sifatnya lebih interaktif. 

Lalu bagi Anda yang ingin melakukan kegiatan live streaming namun bingung untuk memilih aplikasi yang mana yang recommended, jangan khawatir. Simak rekomendasi aplikasi live streaming PC 2022 yang bisa Anda jadikan pilihan berikut.

Rekomendasi Aplikasi Live Streaming PC

Menjadi seorang live streamer di era digital seperti ini termasuk sebagai salah satu hal yang cukup menjanjikan keuntungan. Sebenarnya siapa pun Anda bisa menjadi seorang live streamer, baik untuk game atau konten hiburan lainnya. Yang terpenting, konten Anda harus menarik dan tetap konsisten.

Pada artikel kali ini, kami punya 10 rekomendasi aplikasi bagi Anda yang hendak melakukan live streaming. Semua rekomendasi ini bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan serta preferensi pribadi Anda. Tanpa perlu berlama-lama lagi, berikut adalah rekomendasinya.

1. Wirecast

Wirecast

Rekomendasi aplikasi pertama bagi kamu yang tertarik untuk melakukan live streaming di PC adalah Wirecast. Aplikasi yang satu ini memiliki berbagai fitur yang memudahkan Anda dalam menyiarkan tayangan secara live apa pun jenisnya. Segala kebutuhan  Anda  akan live streaming akan menjadi terasa mudah.

Baca Juga :  10 Aplikasi Remote PC yang Aman untuk Dipakai

Kompatibilitas dari aplikasi ini juga sangat luas. Hampir segala perangkat, card, dan kamera apa pun bisa Anda koneksikan dengan Wirecast. Fitur-fiturnya juga tergolong lengkap, mulai dari komposisi tayangan audio dan video, switching gambar, hingga streaming live secara lokal. Sangat menarik, bukan?

2. XSplit

aplikasi live streaming pc gratis

Untuk rekomendasi yang kedua yang bisa jadi pilihan adalah Xsplit. Bila Wirecast adalah aplikasi live streaming PC yang cocok Anda pilih sebagai pemula, maka kali ini sedikit berbeda. XSplit cocok untuk Anda yang benar-benar ingin mendalami dunia live streaming secara profesional.

Bagaimana tidak? XSplit juga punya fitur yang lebih lengkap dari Wirecast. Salah satu fitur kuncinya adalah kemampuan untuk menggunakan plugin dari pihak ketiga, sehingga Anda bisa lebih bebas berkreasi. Ada opsi gratis dan berbayar memang, namun, pembaruan versinya juga lebih cepat.

3. Lightstream

Lightstream

Lalu, ada Lightstream yang merupakan aplikasi live streaming PC ringan. Sebab Anda tidak perlu mengunduhnya sebagai aplikasi. Secara konsep, aplikasi ini agak berbeda dengan yang sebelumnya.

Sebab, Lightstream menggunakan basis cloud sehingga Anda tidak perlu benar-benar memikirkan kinerja laptop menjadi berat ketika membuka aplikasi. Meskipun demikian, fitur-fiturnya pun tidak kalah dengan aplikasi live streaming lain yang berbasis software.

Karena basisnya adalah aplikasi live streaming berbasis cloud, pastinya tidak akan memengaruhi kinerja dari laptop atau komputer dengan signifikan. Sehingga menghemat memori serta pemrosesan video Anda. Fiturnya juga lengkap, jadi wajar bila aplikasi satu ini jadi favorit banyak orang.

4. GeForce Experience

aplikasi live streaming pc selain obs

Aplikasi rekomendasi keempat ini dikhususkan untuk Anda pengguna graphic card Nvidia GeForce. Untuk menggunakannya, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sedikit pun. GeForce Experience adalah aplikasi bawaan kartu grafis dan fiturnya sudah cukup mendukung.

Untuk fitur keunggulannya adalah kemampuan untuk melaksanakan pengaturan pada game agar menjadi optimal. Jadi, Anda tidak perlu lagi repot-repot untuk melakukan setting. Selain itu, GeForce Experience ini juga tidak terlalu berat untuk Anda jalankan.

Baca Juga :  10 Situs Download Subtitle Indonesia Paling Lengkap

5. AMD ReLive

Bila aplikasi sebelumnya diperuntukkan untuk pengguna Nvidia, maka AMD ReLive adalah aplikasi live streaming PC gratis jika Anda pengguna kartu grafis AMD. Secara umum, aplikasi ini lebih memiliki fitur yang lebih baik daripada aplikasi GeForce Experience. 

Ada beberapa keunggulan dari AMD ReLive. Misalnya saja adanya fitur untuk scene editor, reka ulang game, dan gift support. Tak cuma itu saja, dengan aplikasi ini Anda bisa menghubungkannya dengan AMD Link. Sehingga streaming game Anda bisa dipindahkan ke smartphone secara mudah. Cukup menarik, ya?

6. OBS 

software live streaming pc ringan

OBS atau Open Broadcaster Software adalah salah satu aplikasi yang punya popularitas tinggi dalam dunia live streaming. Tak hanya karena tidak terlalu berat digunakan, aplikasi ini juga dapat Anda gunakan secara cuma-cuma. 

Untuk fiturnya juga sudah tergolong sangat  bagus. Fitur utama yang jadi daya tarik OBS adalah karena sifatnya yang sangat bebas untuk diutak-atik. Sebab menggunakan sistem open source. Misalnya saja menggunakan plugin yang bisa Anda kustomisasi serta fitur-fitur yang juga bisa Anda atur sendiri. 

7. Gamecaster

software live streaming gratis

Selanjutnya, Gamecaster adalah aplikasi live streaming PC selain OBS yang bisa jadi rekomendasi. selanjutnya bernama Gamecaster. Menariknya, aplikasi Gamecaster ini memiliki fitur yang bersifat interaktif. Contohnya adalah adanya sistem reward, musik, peringatan, serta menyambungkan dengan perangkat ponsel pintar Anda.

Selain itu, dengan aplikasi ini, Anda bisa melakukan pengetesan terlebih dahulu sebelum live streaming. Lalu,, Gamecaster juga bisa terhubung dengan Xbox Gamebar serta produk elektronik lain buatan microsoft. Misalnya saja beberapa produk ROG dan Asus ZenBook yang terbaru.

8. Streamlabs OBS

Streamlabs OBS ini masih berada dalam satu perusahaan dengan Open Broadcaster Software sebelumnya. Namun punya fitur-fitur yang cenderung lebih lengkap. Mulai dari segi tampilan hingga user experience, semuanya dikembangkan dengan lebih baik. Banyak yang menilai bahwa ini  adalah aplikasi live streaming PC terbaik.

Baca Juga :  10 Cara Mengatasi Telegram yang Terlalu Banyak Mencoba Ketika Akan Login

Ada beberapa fitur seperti kustomisasi tampilan, overlay, hingga kontrol jarak jauh. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan Streamlabs OBS untuk langsung terhubung ke beberapa media sosial. Mulai dari Twitch hingga Facebook. Kalau Anda menginginkan fitur lebih, Anda bisa menggunakan versi berbayarnya.

9. Vmix

Vmix

Rekomendasi aplikasi live streaming yang kesembilan adalah Vmix. Aplikasi yang satu ini menyediakan fitur yang mampu memenuhi kebutuhan live streaming dengan penggunaan yang mudah. Kompatibilitas vMix pada berbagai peralatan juga sudah sangat mendukung.

Beberapa fiturnya di antaranya adalah efek video live, animation, virtual set, hingga hosting guest. Dengan banyaknya fitur dan keunggulan tersebut, Anda bisa menggunakan versi trial-nya terlebih dahulu. Namun, untuk download aplikasi live streaming PC ini, Anda perlu menggunakan sistem operasi Windows.

10. Action!

Action

Rekomendasi aplikasi live streaming PC terakhir adalah Action!. Aplikasi yang satu ini memiliki versi gratis serta berbayar. Secara keseluruhan, segala fitur yang Action miliki sudah sangat mencukupi kebutuhan Anda untuk melakukan live streaming dengan resolusi yang tinggi.

Fitur andalan di aplikasi ini adalah adanya kemampuan untuk menambahkan tangkapan layar secara cepat. User interface dan penggunaan aplikasinya pun tidaklah rumit. Bagi Anda yang ingin mencobanya, sayangnya aplikasi ini tersedia untuk sistem operasi Windows saja.

Jadi itu dia pembahasan mengenai rekomendasi aplikasi live streaming PC. Semua aplikasi tersebut bisa jadi pilihan untuk Anda yang ingin membuat konten video secara live. Tinggal sesuaikan dengan kebutuhan, preferensi, dan kemampuan dari device yang Anda punya. Kira-kira mana aplikasi yang jadi pilihan Anda?