10 Aplikasi Keyboard Laptop Virtual

Aplikasi Keyboard Laptop

Sering mengalami keyboard laptop tidak berfungsi padahal pekerjaan sedang banyak-banyaknya? Tidak perlu khawatir, kini Anda bisa menggunakan aplikasi keyboard laptop yang bersifat virtual.

Seperti yang telah diketahui, keyboard menjadi komponen yang sangat penting sebagai media input. Tentu saja penggunaannya pun tidak bisa dipisahkan dalam penggunaan gadget sehari-hari.

Terdapat berbagai macam pekerjaan yang membutuhkan keyboard sebagai elemen penting. Di antaranya adalah dokumen berupa Excel, Word, dan lain-lain.

Oleh karena itu, kerusakan pada keyboard dapat mengganggu produktivitas penggunanya. Berikut beberapa aplikasi keyboard virtual yang bisa digunakan untuk laptop.

1. Free Virtual Keyboard

Free Virtual Keyboard Laptop

Aplikasi ini sangat cocok bagi Anda yang mencari keyboard virtual yang sederhana saja. Keyboard ini akan ditampilkan secara virtual di layar monitor PC/laptop Anda.

Kekhawatiran tidak perlu lagi dirasakan ketika hardware keyboard Anda sedang bermasalah. Aplikasi Free Virtual Keyboard ini juga sama sekali tidak membebani memori penyimpanan dibanding aplikasi sejenis.

Ukuran virtual keyboard ini hanya sekitar 196 KB dan mudah digunakan. Selain itu, penggunaannya tidak membutuhkan instalasi dan cepat digunakan.

Kemudahan tersebut membuat aplikasi ini menjadi keyboard portable yang banyak digunakan. Meski memiliki ukuran memori yang kecil, pengguna tetap dapat melakukan kustomisasi sederhana.

Di antaranya adalah mengubah ukuran, warna, dan transparansi keyboard virtual. Jika ingin mengubah ukuran tampilan keyboard dengan cepat, caranya cukup drag secara perlahan lalu atur ukurannya sesuai kebutuhan.

2. Click N-Type

aplikasi keyboard laptop Click N-Type

Aplikasi ini dapat diinstal  dengan mudah di kala perangkat keras keyboard Anda sedang mengalami hambatan. Aplikasi ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna, salah satunya mengatur menu login.

Anda bisa memilih beberapa layout keyboard sesuai dengan selera. Menariknya, pengguna juga dapat mendesain layout sendiri agar tampilan keyboard virtual tidak membosankan.

Ukuran keyboard ini bisa disesuaikan dengan resolusi layar desktop. Berbagai konfigurasi pun bisa dilakukan, termasuk konfigurasi macro.

Saat dengan mode macro, pengguna bisa mengetik kata-kata sebanyak 255 karakter hanya dengan alat bantu berupa mouse. Setelah itu, frase tersebut akan terekam, caranya dengan klik Alt+.

Aplikasi ini juga sangat bermanfaat ketika Anda hendak mengoreksi dokumen. Hal ini karena adanya fitur word prediction dan word completion yang disediakan.

3. Touch-It Virtual Keyboard

Touch-It Virtual Keyboard Laptop

Touch-It Virtual Keyboard menjadi bisa menjadi andalan ketika keyboard Anda mendadak bermasalah. Aplikasi ini bisa dimanfaatkan secara gratis dengan leluasa.

Penggunaannya pun tidak ribet, Anda cukup menggunakan mouse sebagai alat bantu. Selain itu, akses aplikasi ini juga bisa dilakukan via layar login.

Beberapa tombol fungsi bisa digunakan ketika Anda hendak mengerjakan tugas tertentu. Aplikasi ini layak dimiliki sebagai bentuk pencegahan ketika hardware keyboard Anda rusak.

Terlebih ketika Anda sedang mengerjakan sesuatu yang urgent. Tentunya, aplikasi ini bisa menjadi pilihan yang tepat karena bisa menjadi solusi yang terbaik.

Tampilan virtual keyboard ini juga bisa dibuat pada posisi yang tepat di desktop Anda. Dengan demikian, pengguna bisa memakainya kapanpun ketika dibutuhkan.

4. Virtual Keyboard

Virtual Keyboard Laptop

Aplikasi keyboard laptop berikutnya adalah Virtual Keyboard. Software ini memiliki fungsi dasar yang mumpuni untuk segala kebutuhan penginputan karakter.

Anda hanya tinggal menyiapkan mouse untuk mengoperasikan keyboard virtual ini. Menariknya, terdapat berbagai macam tema yang bisa diterapkan pada keyboard.

Fitur sederhana namun unik ini sangat membantu agar pengguna tidak merasa bosan dengan tampilan standar. Fitur pad numeric juga dapat diaktifkan dan dinonaktifkan sesuai kebutuhan.

Pengguna dapat mengaturnya dengan mudah melalui menu opsional. Agar tampilan lebih menarik, Anda bisa mengatur transparansi dari virtual keyboard sesuai selera.

Setelah itu, mulailah geser-geser tampilan keyboard sesuai posisi yang dibutuhkan. Aplikasi ini cukup kompatibel di berbagai perangkat, misalnya PC Mobile, tablet PC, dan perangkat dengan touchscreen.

5. On-Screen Keyboard Portable

On-Screen Keyboard Portable

Aplikasi ini menjadi alternatif berikutnya untuk dapat menginput built-in keyboard di PC Anda. Keyboard virtual ini sangat mumpuni di hampir setiap sistem OS PC.

On-Screen Keyboard Portable memungkinkan penggunanya untuk mengingat pengaturan yang telah dipilih pengguna. Sebagai contoh, ketika pengguna memilih item atau menu tertentu pada tampilan.

Posisi keyboard virtual ini secara default berada di atas layar sehingga mudah digunakan. Karena sifatnya yang portable, Anda bisa menggunakannya ketika keyboard yang biasa digunakan sedang bermasalah.

6. Wosk

Aplikasi Keyboard Laptop Wosk

Bagi Anda yang menginginkan keyboard virtual yang simple, Wosk adalah pilihan yang sangat tepat. Terutama bagi mereka yang menggunakan perangkat dengan teknologi touchscreen.

Hal ini merupakan alternatif yang tepat ketika keyboard fisik tiba-tiba mengalami gangguan. Pengguna hanya tinggal menyediakan mouse agar Wosk bisa beroperasi sebagaimana mestinya.

Tidak hanya itu, keyboard virtual ini juga menyediakan seluruh karakter khusus yang biasa digunakan. Termasuk tombol fungsi keyboard dan angka yang tidak dapat dipisahkan dari pekerjaan sehari-hari.

Menariknya, pengguna juga dapat dengan mudah menyembunyikan keyboard ini dengan memilih opsi Hide.

7. Comfort On-Screen Keyboard Pro

Comfort On-Screen Keyboard Pro

Aplikasi ini pada dasarnya berbayar, namun pengguna dapat mencobanya dengan versi trial. Aplikasi ini kompatibel bagi pengguna OS Windows Vista, XP, 7, 8, dan Windows 10.

Keyboard ini juga mendukung berbagai bahasa untuk memenuhi kebutuhan pengetikan Anda. Peralihan ke bahasa lainnya juga sangat mudah dilakukan hanya dengan satu kali klik.

8. Hot Virtual Keyboard

Hot Virtual Keyboard

Aplikasi keyboard laptop ini menjadi salah satu yang banyak digunakan berbagai kalangan. Hal ini karena fitur-fitur canggih di dalamnya yang dapat membantu pekerjaan Anda lebih efektif.

Terlebih di kala keyboard fisik sedang tidak berfungsi dan Anda sedang mengerjakan tugas tertentu. Aplikasi ini dikenal lebih akurat dan efisien digunakan untuk berbagai tujuan.

Aplikasi ini cukup user friendly karena dirancang khusus agar penggunanya nyaman ketika menggunakannya dengan jari.

Hot Virtual Keyboard telah menyediakan versi trial yang bisa dicoba. Namun, pengguna juga tidak akan rugi ketika ingin membeli versi full.

9. Neo’s SafeKeys v3

Neos SafeKeys v3

Aplikasi ini bersifat lebih aman karena mendapat perlindungan dari infeksi keylogger maupun malware. Selain itu, aplikasi ini akan sangat membantu ketika hendak login tanpa keyboard fisik seperti biasanya.

Menariknya, Neo’s SafeKeys v3 juga memiliki perlindungan dari screenlogger. Screenlogger dikenal berbahaya karena dapat mencuri informasi yang sensitif.

10. EyesBoards

EyesBoards

Aplikasi ini sangat cocok digunakan bagi Anda yang bekerja menggunakan OS Window. Hal ini karena EyesBoard sangat mendukung layar login.

Dengan demikian, pengguna tidak akan kesulitan ketika hendak masuk ke Windows setelah PC dinyalakan.

Keunggulan aplikasi ini adalah telah support berbagai bahasa. Selain itu, tata letak huruf dan angka akan beradaptasi secara otomatis sesuai dengan lokal input yang dilakukan saat itu.

Dengan demikian, pengguna akan sangat dimudahkan ketika hendak berpindah input.

Mendapati kerusakan pada keyboard fisik memang dapat membuat panik seseorang. Hal ini karena kerusakan tersebut seringkali tidak mengenal waktu.

Bahkan ketika Anda sedang mengerjakan tugas, keyboard bisa saja tidak berfungsi tiba-tiba. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan aplikasi keyboard laptop yang bisa diandalkan kapan saja.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Cara Download Scribd

Cara Download File di Scribd

Scribd menjadi salah satu situs yang banyak dikunjungi untuk mengunduh berbagai file. Bagaimanakah cara download file di Scribd yang mudah dan bebas biaya? Sebagian pengajar atau mahasiswa tentu sudah mengenal…
Selengkapnya

Aplikasi Penguat Sinyal WiFi

Deskripsi: Daftar Rekomendasi Aplikasi Penguat Sinyal Wifi. Tips Untuk Memperkuat Sinyal Wifi Agar Internet Semakin Lancar dan Ngebut Tanpa Lemot. Saat pekerjaan menumpuk atau sedang asyik main game lalu tiba-tiba…
Selengkapnya