10 Aplikasi Kasir Android, Bantu Kelola Bisnis Jadi Lebih Mudah

Aplikasi kasir Android dapat menjadi alternatif dalam mengelola keungan pada bisnis, terutama bagi Anda para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapat dari aplikasi ini.

Seperti kepraktisan, efisiensi, dan tentu saja hemat karena Anda tidak perlu mempekerjakan karyawan khusus di bagian ini. Harga mesin kasir yang mahal saat ini tidak perlu lagi Anda khawatirkan. 

Cukup melalui aplikasi pada smartphone Android Anda, semua transaksi keuangan bisa Anda lakukan dengan lebih mudah dan murah tentunya.

Rekomendasi Aplikasi Kasir Android Terbaik

Berikut ini rekomendasi aplikasi kasir Android yang bisa membantu mengelola keuangan pada bisnis Anda.

1. Loyverse POS

Aplikasi kasir android gratis

Rekomendasi aplikasi kasir Android gratis yang pertama adalah Loyverse POS yang tersedia di Play Store maupun AppStore. Aplikasi ini memiliki rating dari pengguna sebesar 4.4 dari lima dengan ukuran file sebesar 21 MB di Android. 

Beberapa fitur yang tersedia dalam aplikasi ini di antaranya metode pembayaran yang beragam baik tunai maupun nontunai, bisa cetak struk maupun electronic receipt, menyingkat daftar item belanjaan, dan lain-lain. Keunggulan lainnya adalah aplikasi ini dapat beroperasi tanpa perlu terhubung ke jaringan internet.

Kini Anda tidak perlu pusing dalam mengelola keuntungan bisnis Anda karena Loyverse POS dapat menjadi ‘karyawan’ keuangan Anda. 

2. Majoo

Aplikasi kasir toko gratis

Aplikasi kasir toko gratis selanjutnya adalah Majoo. PT Majoo Teknologi mengembangkan beberapa fitur dalam aplikasi kasirnya tersebut seperti inventori karyawan, akuntansi, royalti pelanggan, kasir online hingga analisis bisnis.

Baca Juga :  10 Aplikasi Scan Android Gratis Terbaik 2022

Fitur lainnya yaitu pendataan harga produk dan stok, laporan penjualan secara real time, voucher toko, dapat mengeluarkan invoice dan konsinyasi serta memberi rekomendasi waktu penjualan yang prime time

Jika Anda tertarik dan saat ini sedang memiliki bisnis sendiri, Anda bisa mengunduh aplikasi ini di Play Store dengan ukuran file 80 MB.

3. Buku Warung

Buku Warung, nama aplikasi ini mungkin terdengar jadul. Namun di balik itu, fitur yang tersedia di aplikasi ini sangat lengkap. Semua fitur tersebut bisa Anda dapatkan secara gratis, sehingga akan menguntungkan bisnis Anda.

Beberapa hal yang bisa Anda dapatkan dengan aplikasi Buku Warung seperti mencatat arus penjualan bisnis, membuat laporan usaha, mengelola stok dengan efisien hingga mengirimkan tagihan pembelian.

Selain itu, Anda juga bisa menjual pulsa, token listrik, dan saldo e-wallet. Tidak hanya satu jenis usaha, Buku Warung memungkinkan Anda mengelola bisnis lebih dari satu toko. Cukup worth it, bukan?

4. Omega POS

Aplikasi kasir android bisa print

Omega POS merupakan salah satu aplikasi kasir Android bisa print yang terhubung dengan printer khusus. 

Keunggulan dari aplikasi ini salah satunya adalah adanya manajemen stok dan analisis konsumen berdasarkan barang yang terjual. Berkat keunggulannya ini, Anda dapat memaksimalkan data untuk meningkatkan hasil penjualan.

Fitur lainnya adalah sistem multitoko, manajemen pelanggan, dan sistem pencatatan barang yang keluar. Namun fitur di Omega POS tersebut hanya gratis selama 14 hari dan selebihnya harus berlangganan sebesar Rp165.000 per bulan.

5. Kasir Pintar

Aplikasi Kasir Pintar merupakan aplikasi Point of Sales untuk membantu pengusaha dalam mengelola hasil penjualan. Aplikasi ini tersedia secara gratis untuk periode 30 hari dan dapat berlangganan setelahnya.

Kasir Pintar menyediakan beberapa fitur unggulan seperti kasir digital, memantau kinerja karyawan dan cabang usaha serta membantu mengelola stok barang dengan manajemen yang canggih.

Baca Juga :  Download GB Instagram

Keunggulan lainnya adalah bisa melakukan manajemen pelanggan dengan mengindetifikasi kebiasaan pelanggan, mencatat aktivitas pengeluaran, dan pemasukan serta membantu mengembangkan usaha dengan toko online gratis.

6. Moka

Aplikasi kasir masa kini yang tengah tren adalah Moka. Moka telah banyak dipakai di banyak bisnis UMKM seperti Kopi Kulo, Hijup, Kokumi, Royal Enfield hingga Upnormal.

Fitur yang tersedia pun lengkap seperti sistem back office untuk mengetahui keseluruhan transaksi dari kasir, mengakses data transaksi secara real time dengan dashboard khusus, ada invoice digital yang terhubung dengan printer, dan bisa juga untuk sistem pembayaran digital.

Namun Moka hanya bisa dipakai secara gratis selama 14 hari. Untuk meng-upgrade layanan Moka, Anda dapat berlangganan secara premium dengan harga Rp299.000 per bulan.

7. Pawoon

Aplikasi kasir android terbaik

Aplikasi kasir berikutnya adalah Pawoon. Aplikasi ini memiliki tampilan yang modern namun tetap mudah dalam pengoperasiannya. Anda dapat memantau secara real time transaksi penjualan di seluruh cabang bisnis, karena sudah menggunakan sistem berbasis cloud.

Aplikasi ini tersedia secara gratis namun memiliki keterbatasan hanya untuk satu lokasi dan tidak mampu memproses lebih dari 300 transaksi per bulan. Jika Anda tidak puas dengan fitur di atas, Anda bisa berlangganan secara premium dengan harga Rp199.000 per bulan. 

Beberapa usaha bisnis franchise yang telah memakai jasa Pawoon seperti Master Cheese Pizza, Geprek Bensu, Teguk hingga Bright Cafe.

8. Olsera POS

Olsera Point of Sales (POS) menawarkan berbagai kemudahan dalam mengoperasikan aplikasi kasir dengan performa yang menjanjikan. 

Aplikasi ini telah terhubung dengan sistem aplikasi berbasis cloud sehingga dapat mengakses data transaksi penjualan secara real time. Anda juga dapat mengakses aplikasi ini dalam keadaan offline. Namun nantinya data akan secara otomatis ter-update saat terhubung ke internet.

Baca Juga :  Cara Video Call WhatsApp di Laptop

Olsera POS menyediakan tiga pilihan harga berbeda bagi pedagang yang ingin menjalankan toko online, toko fisik, maupun keduanya. Biaya berlangganannya pun beragam, mulai dari Rp149.000-179.000 dengan berbagai promo diskon menarik. Namun Anda tetap bisa mencoba aplikasi ini secara gratis di 14 hari pertama.

9. Toko Portable

Kasir toko portable merupakan salah satu software yang dapat membantu Anda untuk mengelola bisnis. Tampilan pada aplikasi ini terbilang praktis dan mudah digunakan. Aplikasi buatan Genta Tekno ini memiliki ukuran file 23 MB.

Fitur yang tersedia dalam aplikasi ini di antaranya mengumpulkan data transaksi secara otomatis, manajemen stok, pengecek harga, dan data produk serta bisa mengeluarkan invoice pembayaran. 

Selain itu, aplikasi ini cocok untuk bisnis usaha seperti warung, apotek, bengkel, franchise, dan bidang usaha lainnya.

10. Qasir

Terakhir adalah aplikasi buatan PT Solusi Teknologi Niaga yang bisa Anda unduh secara gratis di ponsel Android. Ukuran file aplikasi Qasir membutuhkan kapasitas penyimpanan sebesar 41 MB. Terdapat dua jenis mode aplikasi yang bisa Anda pilih, apakah yang gratis atau berbayar.

Qasir memiliki fitur-fitur terbaru seperti pencetakan struk, tidak ada batasan outlet cabang, pembayaran virtual, kasir digital hingga laporan penjualan 30 hari terakhir.

Namun jika memutuskan untuk berlangganan, fitur keren yang akan Anda dapatkan antara lain laporan keuangan yang lebih lengkap, absen karyawan, dan terintegrasi dengan layanan pesan antar makanan seperti Grabfood.

Beberapa aplikasi kasir Android di atas bisa menjadi solusi dalam mengoptimalkan keuntungan bisnis Anda. Cukup download secara gratis di Play Store maupun App Store sehingga dapat menghemat biaya pengeluaran untuk pembelian mesin kasir.