10 Rekomendasi Aplikasi Kamera Laptop Terbaik

Kapan terakhir kali kamu menggunakan kamera laptop? Apakah kamu sudah puas dengan hasil jepretan kamera dari laptop? Jika belum, kamu perlu mencoba Aplikasi Kamera Laptop berikut, untuk hasil yang lebih baik.

Jika kamu bandingkan hasil pengambilan gambar antara kamera pada laptop dan kamera yang ada di HP, tentu saja akan berbeda. Alasannya sederhana, software yang tertanam untuk kamera laptop tidak sebaik dari aplikasi HP. 

Namun, kamu masih bisa memaksimalkan kualitas pengambilan gambar dari kamera laptop dengan aplikasi dari pihak ketiga. Sehingga kualitas gambar kamera laptop jadi lebih baik.

10 Aplikasi Kamera Laptop Terbaik

Berikut ini adalah 10 rekomendasi aplikasi kamera laptop yang bagus dan fitur-fiturnya juga lengkap.

1. YouCam

YouCam

Aplikasi YouCam adalah salah satu aplikasi terbaik untuk meningkatkan kualitas gambar kamera laptop yang saat ini bisa kamu dapatkan. Kompatibel dengan hampir semua versi Windows, kamu tidak perlu bingung memilih aplikasi berdasarkan spesifikasi laptop. 

Fitur yang YouCam berikan juga sangat beragam, walau tidak semua fitur akan bisa kamu gunakan. Karena untuk penggunaan fitur tertentu membutuhkan spesifikasi hardware tinggi. 

Selain itu YouCam bukanlah aplikasi kamera laptop gratis, waktu trial untuk software ini hanya 30 hari. Setelah itu kamu harus membayar lisensi sebesar $34.99 untuk penggunaan seumur hidup.

2. ManyCam

ManyCam

Salah satu aplikasi kamera laptop yang bagus untuk zoom adalah ManyCam. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur unik, salah satunya seperti mengubah background secara virtual. Perekaman video dengan berbagai varian kualitas resolusi, dari 240 px, hingga 4K.

Fitur-fitur yang tersemat pada ManyCam tentu saja membutuhkan dukungan hardware berkualitas. Sebaiknya agar lancar dalam penggunaan ManyCam, minimal spesifikasi prosesor adalah Intel Core i5. 

Untuk bisa menggunakan ManyCam, kamu bisa berlangganan standard user mulai dari $39/ tahun. Dan untuk membuka akses video 4K, kamu bisa berlangganan studio user $79/ tahun.

3. SplitCam

SplitCam

Dengan SplitCam, kamu bisa melakukan streaming ke beberapa aplikasi lain seperti, YM, Windows Live Messenger, Gtalk dan YouTube. Aplikasi ini juga mendukung kamu langsung bisa melakukan chat interaktif dalam waktu bersamaan.

Keunggulan dari SplitCam adalah kamu bisa menggunakannya secara gratis. Kamu bisa download secara langsung melalui website SplitCam.

4. Free ScreenCast

Free ScreenCast

Aplikasi gratis selanjutnya adalah Free ScreenCast, kamu bisa melakukan perekaman video dan editing ringan menggunakan satu aplikasi saja. 

Hasil editing menggunakan Free ScreenCast mencakup banyak format sekaligus, MP4, FLV, MKV, dan berbagai format lain.

Free ScreenCast bisa kamu gunakan dalam berbagai versi windows, dan bisa kamu gunakan sebagai Aplikasi kamera Laptop Windows 7. Untuk mendapatkannya kamu bisa mendownload secara langsung dalam website resmi Free ScreenCast.

5. BandiCam

BandiCam

Bagi para streamer game, BandiCam merupakan aplikasi yang tepat jika kamu ingin melakukan streaming dan recording sekaligus. Apalagi dengan dukungan  FPS Overlay Control yang akan membuat frame rate rekaman menjadi stabil.

Keunggulan dari BandiCam adalah memiliki fitur gratis yang bisa kamu gunakan sampai kapanpun. Hanya saja, jika kamu menggunakan fitur ini, akan nampak watermark dari BandiCam. Selain itu, pada versi gratisnya, BandiCam membatasi perekaman dengan durasi 10 menit saja.

Apabila kamu ingin versi berbayarnya, kamu bisa mendapatkan dengan harga $39.95 dengan garansi seumur hidup.

6. GoPlay

GoPlay

Apabila kamu adalah seorang konten kreator, GoPlay bisa menjadi pilihan tepat. Karena selain merekam gambar dari kamera laptop, GoPlay juga memasangkan fitur editing video yang lengkap.

Selain itu, sistem navigasi dari GoPlay yang tergolong simpel, akan membantu editing video meskipun bagi pemula. Untuk versi gratis dari GoPlay, kamu hanya bisa merekam maksimum 720p. Sedangkan untuk versi berbayar, kamu bisa merekam hingga Full HD tanpa watermark.

Untuk versi Profesional dari GoPlay, kamu bisa mempersiapkan budget $4.90/ bulan. Tentu saja dengan unlock banyak fitur tambahan lain seperti, akses ke GoPlay store secara cuma-cuma.

7. Free2x Webcam Recorder

Free2X Webcam Recorder

Free2X Webcam Recorder merupakan aplikasi kamera laptop yang tidak hanya dapat kamu gunakan untuk aplikasi foto tetapi juga perekaman video. Aplikasi ini mempunyai fitur file manager sebagai ganti Window Explorer. 

Menariknya, pada saat perekaman video, kamu bisa mengatur pencahayaan, saturasi, kontras dan lainnya untuk mendapatkan hasil maksimal.

8. Bytescout Screen Capturing

Bytescout Screen Capturing

Aplikasi kamera laptop lainnya yang tidak kalah handal adalah Bytescout Sreen Capturing. Kamu bisa melakukan perekaman audio jika menggunakan aplikasi ini. 

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga dapat kamu gunakan untuk mengambil foto dan screen recording. 

Meski terkesan biasa saja, namun kamu dapat memanfaatkan fitur tersebut untuk merekam tampilan layar pada PC atau laptop. Selanjutnya hasil rekaman akan disimpan dalam format AVI atau WMV.

9. Logitech Capture

Logitech

Selanjutnya ada Logitech Capture, sebuah aplikasi kamera laptop yang mempunyai fitur multi source. Dengan fitur ini, kamu dapat merekam dari 2 webcam sekaligus, loh. 

Aplikasi cocok bagi kamu yang ingin mereview produk. Jadi, kamu dapat menunjukkan produk sekaligus muka. 

Tidak kalah menarik, aplikasi logitech capture juga memudahkan kamu mengubah kecerahan, memberi watermark, text overlay seperti layaknya di studio perekaman. 

Bagi kamu yang hobi bikin instastory cocok menggunakan aplikasi ini, sebab aspek rasio tidak hanya lanskap, melainkan juga potrait.

10. OBS Studio

OBS Studio

Aplikasi kamera laptop yang biasa digunakan oleh Youtuber Gaming adalah OBS Studio. Software aplikasi ini menawarkan fitur yang serba ada, khususnya untuk kebutuhan live streaming. 

Kelebihan aplikasi ini adalah performa yang tinggi, sehingga kamu bisa merekam video dari banyak sumber sekaligus. Sayangnya, antarmuka aplikasi ini cukup rumit, jadi sering memusingkan penggunanya. 

Untuk format perekamanan default aplikasi ini adalah FLV. Namun tidak menutup kemungkinan bagi kamu yang ingin menyimpan format MP4/ MKV. 

Kesimpulan 

Itulah 10 aplikasi kamera laptop yang bisa kamu gunakan untuk menambah kualitas pengambilan gambar zoom maupun perekaman video. Walau tidak semua gratis, namun banyak yang memberikan versi trial dengan fitur menarik. 

Tidak ada salahnya juga untuk mencoba versi berbayar dari aplikasi kamera laptop di atas, mengingat fitur yang mereka tawarkan sebanding ketika kamu mengupgrade kamera laptop.

Tinggalkan komentar