10 Rekomendasi Aplikasi Info Jalur Arus Mudik Terbaik

10 Rekomendasi Aplikasi Info Jalur Arus Mudik Terbaik di HP Android – Nggak kerasa ya, sebentar lagi lebaran. Nah momen lebaran selalu menjadi ajang masyarakat muslim untuk mudik, alias pulang kampung, bertemu dengan sanak saudara yang di kampung.

Melepas rindu, bernostalgia, dan bercerita banyak hal. Sayangnya, karena mayoritas masyarakat akan memilih untuk mudik, sudah tentu menyebabkan jalanan macet, ia kan? Menariknya, permasalahan tersebut sudah bisa diatasi dengan menggunakan aplikasi info jalur arus mudik terbaik. 

Karena dengan menggunakan aplikasi model ini, anda dapat memantau dan mencari informasi jalur mana saja yang mengalami macet, dan mana jalur alternatif agar terhindar dari kemacetan. Selain itu ada juga loh aplikasi aplikasi yang bisa digunakan untuk memantau kemacetan yang terjadi, ngeliat kondisi jalanan, dan yang lainnya.

Gimana, keren banget kan? Buat yang berencana akan mudik di lebaran tahun depan bisa banget mencoba menggunakan aplikasi satu ini. Berikut adalah beberapa rekomendasi aplikasi yang mungkin berminat untuk anda gunakan.

Aplikasi info jalur arus mudik terbaik

Oh ya, masing masing aplikasi mempunyai fitur yang berbeda, dan sistem yang berbeda ya. Sehingga nantinya, anda bisa menyesuaikan saja dengan kebutuhan aplikasi yang anda mau. Tapi yang jelas, aplikasi aplikasi berikut merupakan aplikasi terbaik yang harus anda pertimbangkan dengan baik.

Google Maps

Dewasa ini siapa sih yang nggak kenal dengan google maps? Kayaknya, hampir semua orang sudah populer dengan aplikasi yang satu ini. Nah, google maps sendiri merupakan aplikasi besutan dari google. Sebagaimana aplikasi aplikasi besutan google yang lain deh, mana pernah produk mereka gagal dan mengecewakan. Ia kan?

Menariknya masih banyak pengguna google maps yang belum tahu kalau ternyata aplikasi satu ini juga bisa banget digunakan untuk mendapatkan informasi mengenai arus mudik. Karena pihak aplikasi siap memberikan informasi kepada anda mana saja jalur yang sedang macet, dan ini akan diberitahu lewat tanda dengan warna merah di aplikasi.

Sementara kalau jalannya macet banget, pihak aplikasi bakalan memberikan tanda berupa warna kuning pada jalanan. Nah kalau lancar, jalan nya akan berwarna biru. Bahkan, masih banyak keunggulan lain yang ditawarkan oleh pihak google. Salah satunya adalah akan memberitahukan dimana letak letak tempat yang mungkin anda butuhkan.

Kayak pom bensin terdekat, masjid, di sekitar, dan yang lainnya. Kabar baiknya lagi, nyaris semua ponsel sudah dibekali dengan google maps, alias ia sudah menjadi aplikasi bawaan nyaris semua ponsel. Sehingga tinggal digunakan saja, nggak perlu repot repot untuk mendownloadnya kembali.

Tapi kalau memang ponsel anda belum dibekali dengan aplikasi ini, bisa download lewat aplikasi google play store yang ada pada ponsel.

Caranya gampang banget kok. Seperti mendownload aplikasi aplikasi lain pada umumnya. Google maps juga punya tampilan yang sederhana loh. Sehingga bisa digunakan dengan mudah, dan cukup cepat tanpa kendala yang berarti. 

Waze

Waze merupakan salah satu aplikasi info jalur arus mudik terbaik yang sangat ramai digunakan oleh orang orang. Karena nggak kalah bagusnya dengan aplikasi besutan google sebelumnya.

Aplikasi waze juga siap memberikan informasi kepada anda mengenai jalur mudik mana saja yang kena macet, mana yang lancar, sampai dengan menunjukkan jalan tercepat yang bisa anda tempuh, biar sampai lebih cepat. Tenang saja, karena jalan yang dipilihkan benar kok.

Yang pasti, pihak aplikasi bakalan memberikan bantuan kepada anda ketika akan menemukan jalan keluar dengan rute yang mudah, dan nggak membuat bingung tentunya.

Sebagaimana aplikasi google maps, aplikasi satu ini juga siap memberitahukan anda dimana letak pom bensin terdekat loh. Yang mana, ini pasti sangat membantu kan? Terlebih lagi ketika bensin kendaraan sudah menipis. 

HERE WeGo

Sementara untuk rekomendasi yang lainnya adalah here wego. Aplikasi here wego juga merupakan salah satu aplikasi yang harus dipertimbangkan dan anda gunakan. Sebab dengan menggunakannya anda bakalan tahu dan punya informasi tentang kemacetan yang terjadi di jalanan.

Aplikasi menarik ini juga punya banyak fitur yang keren yang bisa digunakan. Kayak peta, dan informasi jalanannya yang lengkap. Nah, salah satu keunggulan yang dimiliki oleh here wego, yang tampaknya akan sangat sulit ditemukan di aplikasi yang lain adalah penggunaannya yang nggak butuh internet.

Karena mayoritas aplikasi model ini pasti membutuhkan internet agar bisa digunakan. Ia kan? Jadi gimana, yakin nggak tertarik buat menggunakan here wego?

Oh ya, basisnya yang nggak harus terhubung ke internet akan sangat membantu anda ketika sedang tidak punya paket internet, dan saat ada di daerah daerah yang memang sedang tidak ada jaringannya ya. So, ini bener bener bagus banget, dan kami sangat merekomendasikan anda buat mendownload dan menggunakannya.

NTMC TV

Untuk rekomendasi aplikasi jalur arus mudik terbaik yang berikutnya adalah NTMC TV. Nah, aplikasi ini juga bisa banget digunakan saat anda mau memantau kondisi jalur mudik nantinya. Ia merupakan aplikasi yang ringan, dan gampang digunakan.

Informasi yang bisa anda dapatkan dari aplikasi ini juga bisa saja informasi yang berasal dari POLDA loh. Menarik kan? Untuk fitur unggulan yang dimilikinya adalah siap memberikan informasi jalur secara real time. Yang berarti, anda bisa melihat tayangan langsung kondisi jalanan.

Nggak cuma itu saja, bahkan aplikasi ini juga menyediakan fitur berupa video on demand loh, yang akan membuat pemantauan anda tentang kondisi jalan bakalan lebih mudah, karena basisnya adalah video.

Keberadaaan aplikasi ini diharapkan bisa banget membantu orang orang yang mau mudik dengan aman ya. Untuk yang tertarik dan penasaran dengan fitur fitur keren yang disediakan oleh pihak developernya, bisa banget mendownload aplikasinya sekarang.

GIS Hubdat

Ketika terjebak di kemacetan, salah satu cara yang bisa anda lakukan agar tetap bisa bergerak adalah dengan mencari jalur yang alternatif. Ia kan? Dan mencari jalur alternatif juga bisa dilakukan saat anda nggak mau terkena macet. Kabar baiknya, di aplikasi ini anda bisa melakukan hal tersebut.

Karena pihak aplikasi bakalan memberikan informasi mengenai jalur alternatif yang bisa anda tempuh nantinya. Bahkan, aplikasi satu ini juga siap banget memberikan informasi mengenai kondisi jalanan lewat cctv yang mereka punya. Bukankah ini sangat menarik?

Oh ya, agak sama dengan beberapa aplikasi sebelumnya, ketika menggunakan GIS Hubdat, anda juga bisa dengan mudah menemukan informasi mengenai tempat makan terdekat, pom bensin, tempat ibadah, atau yang lainnya. 

Maps, GPS Navigation & Directions, Street View

Sementara rekonendasu yang berikutnya adalah aplikasi Maps, GPS Navigation & Directions, Street View. Pernah mendengar nama aplikasinya? Aplikasi ini juga merupakan aplikasi yang sangat membantu anda ketika akan mudik atau sedang mudik. Karena bisa membuat anda merencanakan rute jalur mudik loh.

Nggak cuma itu saja, anda bahkan dapat berangkat ke tujuan menggunakan rute yang sudah dibuat oleh pihak aplikasi Maps, GPS Navigation & Directions, Street View. Menarik sekali bukan? Salah satu keunggulannya adalah sudah tersambung atau terhubung ke beberapa aplikasi lain.

Seperti photos panoramio, kemudian youtube, sampai dengan aplikasi yang bisa menggambarkan tentang kondisi cuaca. Dan yang paling jelas, ia juga akan membantu anda terlepas atau terhindar dari macet lewat fitur yang telah disediakan.

LM – Info Traffic Lalu Lintas

Penasaran dengan aplikasi yang selanjutnya? Untuk yang selanjutnya adalah aplikasi LM – Info Traffic Lalu Lintas. Ada yang pernah mendengar nama aplikasi LM – Info Traffic Lalu Lintas ini? Jadi, ia merupakan salah satu aplikasi yang juga recomended banget buat digunakan.

Dengan bantuan aplikasi LM – Info Traffic Lalu Lintas anda akan dibantu mengetahui informasi tentang jalur yang dapat digunakan ke tujuan. Pihak aplikasi juga bakalan memberikan informasi mengenai kondisi jalanan, supaya anda bisa terhindari dari jalanan yang macet, dan juga hal buruk di jalanan yang bisa saja terjadi.

Ada beberapa fitur menarik yang tersedia di dalam aplikasi. Salah satunya adalah fitur driving mode. Yang mana, diving mode ini merupakan sebuah fitur yang memungkinkananda buat melihat dan tahu tentang area sekitaran jalan tempat anda berada. Anda juga bisa tahu dimana saja titik kemacetan.

Tampilannya sederhana, sehingga bisa banget memudahkan anda dalam memanfaatkan setiap fitur yang tersedia di dalamnya. Gimana, tertarik untuk menggunakan aplikasi LM – Info Traffic Lalu Lintas? Jika tertarik, bisa download aplikasinya sekarang.

JMCARe

JMCare merupakan salah satu aplikasi arus jalan mudik terbaik yang dikembangkan oleh PT. Jasa Marga Tbk. Tentu, nggak kalah bagus deh dengan aplikasi aplikasi sejenis yang lainnya.

Karena dengan bantuan JMCare anda juga bisa kok memperoleh informasi mengenai alur mudik yang ada, kemudian, anda juga bisa banget menggunakan setiap fitur yang ada di dalamnya.

Salah satu fitur unggulan yang dimiliki oleh aplikasi ini adalah smart assistance. Yang mana, fitur ini siap memberikan informasi mengenai rute tercepat kepada anda. Dan yang paling menariknya lagi, aplikasi satu ini punya fitur permintaan mobil derek loh.

Dan ini bakalan menjadi fitur terbaik yang pernah ada sih. Karena memungkinkan anda buat memanggil bantuan derek kalau memang sedang mengalami masalah ketika sedang di perjalanan. 

Pihak aplikasi juga akan memberikan informasi tentang kecelakaan lalu lintas yang terjadi. So, aplikasi ini tergolong sangat baik sih. Jadi, wajib banget anda gunakan.

NTMC Mudik

Aplikasi berikutnya yang juga kami rekomendasikan adalah NTMC Mudik. Aplikasi ini nggak kalah menarik dan berkualitasnya dengan aplikasi sebelumnya. Di mana, di dalamnya sudah tersedia banyak fitur yang lengkap yang siap membantu anda untuk memantau kondisi jalanan.

Dan dengan bantuannya, anda juga bisa banget mencari jalur yang lebih cepat dan tidak terkena macet. Salah satu keunggulan yang ditawarkan oleh pihak aplikasi adalah, tersedia fitur yang bisa anda gunakan ketika akan mengakses informasi mengenai jasa raharja, jasa marga, dan info terupdate tentang musik.

Dan yang jelas, masing banyak fitur keren dan menarik lainnya yang juga bisa anda akses dengan mudah dan cepat.

Peta Mudik Metro TV

Rekomendasi aplikasi yang terakhir adalah peta mudik metro tv. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang juga bisa menjadi pilihan anda ketika akan mudik. Karena dengan peta mudik metro tv anda bisa bangte mendapatkan ifnormasi mengenai arus mudik yang akan dilewati.

Ada juga berita berita terupdate di dalamnya. Sesuai dengan namanya, ia merupakan aplikasi yang dikeluarkan oleh pihak Metro tv ya. Dan dengan aplikasi ini anda juga bisa kok menemukan tempat makan terdekat, masjid di sekitar, dan yang lainnya.

Salah satu keunggulannya adalah, tersedia informasi mengenai nomor darurat yang mungkin akan anda butuhkan nantinya ketika ada sesuatu yang terjadi di jalanan.

Nah bagaimana, keren banget kan? Yes, masing masing aplikasi punya sisi kerennya masing masing. Karena hadir menawarkan fitur yang berbeda beda, dan layanan yang berbeda pula. Maka sebagai calon pengguna yang akan mudik, anda perlu mencari tahu kira kira mana yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Fitur seperti apa yang anda butuhkan, dan informasi macam apa yang akan berguna nantinya. Setiap orang bebas menggunakan aplikasi manapun yang kiranya sesuai dengan kebutuhannya. Demikian mengenai rekomendasi dari kami kali ini. Yuk bagikan informasi ini kepada rekan rekan atau kerabat anda yang akan mudik di tahun depan.

Silahkan memilih, semoga bermanfaat, semoga membantu, dan selamat mencoba ya. Bagi yang sudah pernah menggunakan aplikasi aplikasi di atas, mungkin bisa berbagi pengalaman di kolom komentar ya.