Aplikasi Hotspot PC

10 Aplikasi Hotspot PC Terbaik dan Mudah Digunakan

Salah satu trik yang bisa dilakukan untuk internet di PC/laptop adalah dengan aplikasi hotspot PC. Anda bisa gunakan aplikasi di bawah ini.


Menggunakan internet di smartphone memang sudah bukan hal yang asing lagi. Namun, untuk beberapa keadaan, penggunaan internet di PC juga diperlukan.

Meskipun frekuensinya tidak sesering ketika Anda menggunakan smartphone. Salah satu trik yang bisa dilakukan untuk internet di PC/laptop adalah dengan aplikasi hotspot PC.

Aplikasi sejenis ini memang diperlukan ketika Anda ingin menggunakan Wi-Fi yang terhubung dengan perangkat Android. Hal ini karena internet sudah seperti kebutuhan pokok di era modern saat ini.

Salah satunya adalah ketika Anda membutuhkan koneksi internet, baik untuk pekerjaan maupun mengerjakan tugas bagi siswa/mahasiswa.

Mungkin belum banyak mengetahui bahwa laptop juga bisa dijadikan sebagai hotspot. Artinya, perangkat desktop tersebut bisa dijadikan Wi-Fi sehingga Anda bisa melakukan browsing dan lain-lain.

Apa sajakah aplikasi tersebut? Simak ulasannya berikut ini:

1. mHotspot

mHotspot

Pengguna PC berbasis Windows 7, 8, dan Windows 10 tampaknya wajib meng-install aplikasi hotspot satu ini. Software ini mampu membuat jaringan Wi-Fi sendiri untuk berbagai keperluan.

Fitur-fitur di dalamnya pun tidak kalah menarik dan berguna untuk tugas-tugas Anda ketika mengakses internet. Di antaranya adalah fitur freeware, sharing jaringan Wi-Fi, bebas membuat pengaturan SSID, dan lainnya.

Bagi pengguna yang ingin mengetahui alamat IP dan Mac address perangkat terhubung, aplikasi ini bisa menampilkannya.

Kemampuan satu ini cukup unik dan tidak terdapat di aplikasi sejenis. Bagi pengguna yang membutuhkan fitur ini, tentunya bisa menjadi keunggulan yang menarik.

2. Baidu Wi-Fi Hotspot

Baidu Wi-Fi Hotspot

Aplikasi Baidu Wi-Fi Hotspot tampaknya memang sudah cukup populer. Anda bisa menemukan beberapa fitur yang tersemat di dalamnya.

Tentunya, fitur-fitur tersebut akan sangat bermanfaat ketika Anda membutuhkannya. Di antaranya adalah fitur pendeteksi adapter Wi-Fi, blacklist, track table, dan freeware.

Sisi menarik dari aplikasi hotspot ini adalah fitur blacklist yang cenderung jarang ditemui. Pengguna bisa bebas memilih perangkat mana saja yang bisa terhubung dan perangkat mana yang di-blacklist.

Dengan demikian, tidak semua perangkat akan diizinkan untuk terhubung dengan Wi-Fi yang digunakan. Aplikasi ini kompatibel untuk desktop berbasis Windows.

3. Connectify

Aplikasi Hotspot PC

Aplikasi ini sudah cukup banyak digunakan berbagai kalangan untuk mengakses internet di PC. Connectify dapat di-install di komputer maupun laptop dengan mudah.

Interface software ini tampak sederhana sehingga relatif mudah dipahami siapapun. Oleh karena itu, Anda tidak akan kesulitan menggunakannya sejak pertama kali.

Menariknya, terdapat fitur tersemat yang bisa digunakan. Fitur tersebut adalah pengguna dapat melakukan pengaturan SSID Hotspot.

Fungsi utama dari aplikasi ini sendiri adalah untuk mendapatkan koneksi internet menggunakan kabel atau modem yang terhubung dengan jaringan 3G dan 4G.

Sayangnya, Connectify hanya memberikan keleluasaan penggunaan secara gratis selama 30 menit. Setelah itu, Anda perlu membeli lisensi untuk mendapatkan akses tanpa batas.

4. MaryFi

MaryFi

Software hotspot PC ini sangat cocok bagi Anda yang tidak suka dengan software yang memakan memori terlalu besar. Karena MaryFi hanya menggunakan sedikit ruang penyimpanan pada komputer dan laptop Anda.

Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk membuat jaringan Wi-Fi dengan mudah. Keunggulan utama dari MaryFi adalah kemampuannya untuk bisa menjadi repeater yang mumpuni.

Dengan demikian, sinyal Wi-Fi yang didapatkan lebih kuat untuk mengakses berbagai hal. Pengguna juga dapat mengontrol perangkat apa saja yang terkoneksi dengan jaringan yang dibuat. Tidak semua perangkat dapat terhubung dengan jaringan Wi-Fi Anda.

5. Virtual Router

Virtual Router

Aplikasi ini sangat mumpuni untuk membuat jaringan Wi-Fi di PC Anda. Terutama untuk desktop berbasis Windows. Menariknya, pengguna tidak memerlukan router lagi untuk memperkuat jaringan.

Hal ini karena ‘virtual router’ yang ada di dalamnya. Selain itu, software ini bersifat opensource sehingga Anda tidak perlu mengkhawatirkan penggunaannya.

Tampilan interface pun begitu sederhana dan memudahkan seorang pemula untuk menggunakannya.

Bagi Anda yang ingin menghemat penyimpanan memori, aplikasi ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Virtual Router tidak memiliki background process sehingga lebih menghemat ruang penyimpanan.

6. MyPublicWiFi

MyPublicWiFi

Aplikasi ini berjenis sharing Wi-Fi freeware yang mudah digunakan berbagai kalangan. Pada dasarnya, aplikasi ini memiliki cara kerja dengan software sejenis.

Pengoperasiannya adalah dengan cara mengubah adapter PC menjadi sebuah AC (Access point)sampai terhubung dengan internet via Wi-Fi. Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan firewall yang dapat dikontrol pemilik akses internet.

Dengan demikian, Anda bisa mengendalikan perangkat mana saja yang bisa mengakses internet via Wi-Fi yang telah dibuat.

Hal ini tentunya dapat menghemat penggunaan data internet karena tidak semua orang bisa nebeng dengan perangkat Anda.

7. SeventhGate

Software Hotspot PC

Jika Anda mencari aplikasi hotspot PC gratis, SeventhGate adalah jawabannya. Meskipun dapat diakses secara Cuma-Cuma, fungsi dasarnya pun sama seperti aplikasi sejenis.

SeventhGate dapat membuat jaringan Wi-Fi yang handal untuk mengakses internet. Selain itu, terdapat pula fitur lainnya yang membuat aplikasi ini layak di-install.

Di antaranya adalah fitur sharing file, membuat private network, dan membuat LAN Game bagi mereka yang suka bermain game.

Menariknya, aplikasi ini juga memiliki fitur additional background yang tidak terlalu memakan ruang memori. Bagi Anda yang suka dengan aplikasi gratisan, tentunya SeventhGate layak untuk dicoba.

8. HostedNetworkStarter

HostedNetworkStarter

Aplikasi ini termasuk ke dalam software pembuat hotspot yang layak diinstall di perangkat PC Anda. HostedNetworkStarter banyak direkomendasikan karena kualitasnya membuat jaringan Wi-Fi yang mumpuni.

Fitur di dalamnya pun begitu beragam dan bisa dieksplorasi oleh penggunanya. Misalnya adalah fitur menampilkan notifikasi ketika terdapat kesalahan konfigurasi jaringan Wi-Fi.

Dengan demikian, pengguna dapat mengetahui alasan mengapa akses internet tidak dapat dilakukan di perangkat PC. Aplikasi ini juga terintegrasi dengan perangkat mobile seperti Android dan iPhone.

9. OSToto Hotspot

OSToto Hotspot

Aplikasi OSToto Hotspot menjadi software berikutnya yang bisa Anda coba untuk membuat jaringan Wi-Fi. Bagi pemula yang baru pertama kali ingin menggunakan hotspot di PC, aplikasi ini bisa menjadi pilihan yang jitu.

Hal ini bukan tanpa alasan, OSToto Hotspot memiliki interface yang mudah dipahami sekalipun Anda belum pernah menggunakannya.

Terdapat pula fitur tracking dan blacklist yang menjadi unggulan aplikasi hotspot ini. Anda bisa mengatur mana saja gadget yang boleh terhubung dan dapat mengakses Wi-Fi Anda.

Selain itu, aplikasi ini dapat menjaga privasi penggunanya karena tidak mengizinkan sharing file, khususnya foto dan video.

10. Antamedia

Aplikasi Hotspot PC Antamedia

Aplikasi ini bisa dibilang yang terbaik di bidangnya. Antamedia sangat mumpuni untuk membuat jaringan Wi-Fi yang handal dan memiliki akses cepat.

Menariknya, Anda bisa mengakses hotspot tanpa menggunakan router atau perangkat tambahan lainnya. Antamedia juga bisa digunakan sebagai akses Wi-Fi berbayar sehingga sangat layak dicoba.

Mengakses internet dengan jaringan Wi-Fi memang bukanlah hal yang asing lagi. Adanya aplikasi hotspot PC semakin mempermudah penggunanya untuk selalu terhubung dengan internet. Baik untuk keperluan pekerjaan atau pun pendidikan.

Dengan demikian, Anda tidak perlu repot menggunakan banyak perangkat tambahan untuk membuat jaringan Wi-Fi.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Download FMWhatsApp

Link Download FmWhatsApp

Deskripsi: FmWhatsapp adalah salah satu Whatsapp modifikasi yang dibuat khusus dengan penambahan fitur menarik. Salah satunya, dapat melihat aktivitas teman selama online. Bosan dengan fitur Whatsapp yang itu-itu saja dan…
Selengkapnya

Aplikasi Penguat Sinyal WiFi

Deskripsi: Daftar Rekomendasi Aplikasi Penguat Sinyal Wifi. Tips Untuk Memperkuat Sinyal Wifi Agar Internet Semakin Lancar dan Ngebut Tanpa Lemot. Saat pekerjaan menumpuk atau sedang asyik main game lalu tiba-tiba…
Selengkapnya